Ini Daftar Tempat Wisata Semarang Terbaru dan Terlengkap

Tempat Wisata Semarang Terbaru

Daftar Isi:

Tempat wisata Semarang bisa dikatakan masih kalah pamor dengan wisata pantai Bali, wisata Jakarta, wisata di Bandung dan Wisata Jogja bagi mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Namun, Semarang merupakan salah satu destinasi terfavorit di pulau Jawa.

Jika ditelusuri lebih jauh, Semarang memiliki berbagai keunikan di dalamnya. Mulai dari bangunan sejarah, keindahan alam, dan tempat wisata yang sengaja dibuat pun sangat menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata berlibur.

Seakan tak mau kalah dengan Bali, Semarang pun memiliki 4 wisata pantai dan wisata candi yang ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, Semarang juga memiliki Kota Lama yang atmosfernya sangat mirip dengan Kota Tua Jakarta. Menarik, bukan?

Asal – Usul Semarang

Seperti kata pepatah “Tak kenal, maka tak sayang“, maka sebelum menggali lebih dalam tentang kekayaan wisata Semarang, alangkah lebih baik kita berkenalan dulu dengan ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Nama “Semarang” tercetus oleh Ki Ageng Pandanaran I. Hal itu berawal dari kedatangan beliau di pulau Tirang. Beliau tertarik pada pandangannnya akan pohon asam yang jarang-jarang dan tumbuh saling berdekatan. Hingga terbentuklah kata Semarang yang merupakan gabungan dari kata “sem”, yang berarti “asam/pohon asam”, dan “arang”, yang berarti “jarang”.

Wisata Air Terjun Semarang Yang Eksotis

Indonesia memang sangat terkenal dengan destinasi wisata alamnya. Banyak daerah yang punya potensi menarik. Seperti halnya wisata alam bali yang tersembunyi, wilayah Jawa Tengah juga punya tempat wisata alam yang indah.

Tak usah jauh-jauh, wisata air terjun Semarang juga punya pemandangan yang menakjubkan. Suasana yang asri dan tenang, akan membuat pikiran menjadi relax.

Tak heran jika banyak pelancong yang datang untuk menikmati keindahan yang ditawarkan. Setapak Langkah punya rekomendasi tempatnya untuk kalian. Yuk simak!

Air Terjun Kalipancur

Wisata Air Terjun
foto: instagram.com/ho_ho_115

Di daerah Kabupaten Semarang, tepatnya di desa Nogosaren, kecamatan Getasan, ada satu wisata air terjun yang sangat eksotis. Bagaiamana tidak, pemandangan yang sangat asri bisa kalian nikmati di Kalipancur. Letaknya yang berada di pegunungan Telomoyo membuat menjadi istimewa.

Background belakang air terjun ini berupa bebatuan adesit yang menjulang tinggi. Airnya akan mengalir hingga ke rawa pening. Terdapat goa kecil yang biasanya banyak burung walet berteduh di dalamnya.

Menariknya lagi di wisata air terjun Semarang satu ini, jika kamu suka dengan wisata yang cukup ekstream, tempat ini menyediakan wisata panjat tebing. Eits! kegiatan ini hanya dilakukan untuk mereka yang sudah terlatih ya. Bagi kamu yang belum pernah sama sekali melakukan kegiatan ini, setapak sarankan jangan mencobanya.

Curug Tirto Wening

wisata air terjun
foto: instagram.com/fhniif

Masih di daerah kabupaten Semarang, kali ini setapak langkah akan bergeser sedikit ke tempat wisata Semarang wilayah Selatan. Tepatnya di desa Cemanggal, kecamatan Bergas, ada satu wisata air terjun Semarang yang sangat indah. Namanya adalah curug Tirto Wening.

Berbeda dengan kalipancur, wisata air terjun Semarang yang satu ini bisa dikatakan tak begitu besar. Meski begitu debit airnya cukup deras lho, jadi harus hati-hati ya jika bermain di tempat ini. Hal yang paling menyenangkan di tempat ini adalah udara pegunungan yang sejuk dan menenangkan.

Patut diacungi jempol juga untuk kebersihan yang terjaga di sekitar curug. Pasalnya, kamu akan menemukan kolam yang sangat jernih dan cocok untuk bermain air.

Air Terjun Semirang

Wisata Air terjun
foto: instagram.com/andixseptiawan

Tak kalah dengan yang lainnya, wisata air terjun Semirang menjadi tempat yang paling eksotis. Namun, kamu harus bersabar untuk bisa menikmati keindahannya, karena perjalanan untuk menuju tempat itu bisa dikategorikan cukup sulit. Kamu butuh waktu kurang lebih satu jam untuk bisa mencapai tempat wisata Semarang ini. Jalanan yang naik turun hingga terjal membuat traveller akan sangat tertantang.

Tak heran jika track jalanan cukup sulit, itu terjadi karena wisata air terjun Semarang ini berada di kaki gunung Ungaran. Pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah. Airnya yang jernih mengalir begitu derasnya.

Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa menuju ke wilayah Gogik, kecamatan Uangaran Barat, Semarang. Lokasinya tak cukup jauh dari pusat kota Semarang. Untuk memasuki kawasan ini, kamu cukup membayar Rp. 8000,- saja. Jam operasionalnya berawal dari jam 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Lawe Benowo Kalisidi

Wisata Air Terjun
foto: instagram.com/kamiljamroz

Masih berada di Ungaran, setapak langkah punya rekomendasi air terjun lainnya. Lawe Benowo Kalisidi, yups! itu adalah nama tempatnya. Lokasinya berada di Kalisidi, kecamatan Ungaran Barat, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Konon katanya, penamaan air terjun lawe sendiri berasal dari kata ‘selawe’ yang artinya adalah 25. Di tempat itu terdapat 25 buah air terjun. Versi lain mengatakan bahwa air yang mengalir mirip dengan benang-benang putih yang halus (lawe).

Sama halnya dengan curug yang lainnya, track untuk menuju tempat ini juga lumayan menguras energi. Kamu akan berjalan menyusuri jalan yang naik turun dan sempit. Tak usah bingung, jika merasa lelah, sesampainya di lokasi, kamu bisa meminum air yang sangat jernih dari curug ini.

Curug Gondoriyo

wisata air terjun
foto: instagram.com/curuggondoriyo_official

Kali ini, setapak langakah akan mengajak kalian menikmati wisata air terjun Semarang yang berbeda dengan yang lainnya. Keindahan yang luar biasa bisa kalian nikmati di sini. Curug Gondorio merupakan tempat wisata yang cukup unik dan menarik.

Konsep kekinian yang diusung di tempat wisata Semarang ini, membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Di tempat ini, para pelancong bisa menikmati gemerlap lampu yang disusun secara epic. Instalasi lampunya berada di bawah air terjun dan membuatnya terlihat sangat cantik.

Untuk menuju ke tempat ini cukup mudah, karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota Semarang. Tepatnya berada di desa Gondoriyo, kecamatan Ngaliyan, Semarang Barat.

Air Terjun Kembar Baladewa

wisata air terjun
foto: instagram.com/slamsr

Dari tempat wisata Semarang wilayah Barat, kita berpindah ke dusun Krajan, desa Wirogomo, kecamatan Banyubiru. Di tempat ini terdapat wisata air terjun Semarang yang asri yakni curug kembar baladewa.

Untuk menuju tempat ini, tak begitu sulit seperti kebanyakn curug lainnya. Kalian akan diajak untuk berjalan kaki sepanjang 700 meter. Meski cukup menguras tenang, namun medannya yang landai akan membuat para pemula merasa nyaman. Namun demikian, kamu harus tetap berhati-hati ya, jalanan akan sangat licin jika musim hujan tiba.

Dinamakan kembar Baladewa karena memang memiliki 2 air terjun yang kembar. Keduanya berjarak 100 meter dan mempunyai tinggi yang sama yakni 50 meter. Selain menikmati keindahan air terjun ini, kamu juga bisa menuju ke wisata sekitarnya yakni di lereng gunung selir yang mempunyai mata air hangat.

Curug 7 Bidadari

wisata air terjun
foto: instagram.com/anakhitssumowono

Last but not least, ada curug 7 bidadari yang begitu terkenal. Alamatnya berada di Tlawah, Keseneng, Sumowo, Semarang Jawa Tengah. Tempat ini sangat indah, cocok juga untuk berwisata keluarga. Terdapat camp area yang dipergunakan untuk kelurga

Selain itu, ada banyak wahana yang bisa dinikmati semabari menyaksikan air terjun yang jernih. Buat kalian yang suka berfoto, air terjun 7 bidadari ini juga menjadi spot yang instagramable lho. Namun, setiap spot untuk berfoto, kalian harus merogoh kocek lagi.

Untuk tiket masuk tempat wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp. 4000,- saja. Jam operasional curug 7 bidadari dimulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Jadi Tertarik untuk mengunjungi wisata air terjun Semarang di atas?

Wisata Religi Semarang yang Instagramable

Jika berbicara soal kota Semarang, apa sih yang ada dalam benak kalian? Yups! Ada berbagai hal yang akan mengingatkan pada kota atlas tersebut. Salah satunya adalah lumpia sebagai kuliner khasnya, lawang sewu sebagai wisata bersejarah, daerah Bandungan sebagai wisata alamnya.

Tak ketinggalan, ternyata ada juga wisata religi Semarang yang menarik perhatian lho. Buat kamu yang hobi jelajah atau meng-eksplore suatu tempat, mendatangi wisata religi ini tak ada salahnya lho.

Apa saja sih tempat religi yang rekomended di Semarang? Yuk Simak!

Firdaus Fatimah Zahra

wisata religi
foto: instagram.com/seputarsemarang

Jalan-jalan ke area Gunungpati, Semarang, kamu pasti akan menemukan gerbang yang sangat megah. Gerbang itu, bertuliskan Firdaus Fatimah Zahra yang ternyata adalah sebuah replika untuk wisata religi Semarang.

Untuk memasuki kawasan ini kamu bakal mengantri di replika imigrasi. Lalu, ketika masuk, petugas akan memberikan stamp ke tiket yang sudah kamu beli yang berbentuk passpor. Selepas dari pengecekan imigrasi, kamu akan dibawa ke replika Bandara King Abdul Aziz. Sensasinya seperti berada di dalam bandara Jeddah sungguhan.

Bangunan kedua adalah replika masjidil haram dan di depannta terdapat replika tugu jam. Lalu ada banyak replika yang digambarkan saat kita pergi untuk menunaikan ibadah haji/umroh. Wisata Religi Semarang ini cocok untuk kamu yang ingin tahu gambaran di Mekkah.

Klenteng Sam Poo Kong

wisata religi
foto: instagram.com/skinetgelato

Masyarakat kota Semarang memang beragam. Keragaman itu salah satunya ditunjukan dengan berdirinya Klenteng Sam poo Kong. Konon katanya, tempat ini merupakan petilasan dari Laksamana Zheng atau Ceng Ho yang sempat singgah di pesisi pulau Jawa pada kala itu.

Tempat wisata Semarang yang berlokasi di Jalan Simongan Raya 129 ini dikenal pula dengan nama Gedung Batu. Dengan desain dan suasana yang serba merah dan sangat kental dengan tradisi Tionghoa, klenteng ini mampu menciptakan suasana berbeda bagi para pengunjung, yakni seolah sedang berada di negeri tirai bambu.

Konon, klenteng Sam Poo Kong ini merupakan peninggalan seorang Muslim Tionghoa yang bernama Laksamana Cheng Ho atau Zheng He. Walaupun Laksamana Cheng Ho diketahui beragama Islam, namun warga setempat menganggapnya sebagai leluhur yang harus dipuja, sehingga tempat ini kini dijadikan sebagai tempat peribadatan umat Konghucu.

Bangunannya seperti cina klasik dan sangat bersih. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini haruslah menjaga kebersihan lingkungan. Wisata Religi Semarang ini banyak dikunjungi oleh warga keturunan Tionghoa. Di dalamnya terdapat tempat persembahyangan untuk orang-orang Tionghoa.

Untuk bisa berkunjung atau masuk ke tempat wisata ini, kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 sampai Rp 35.000 per orang. Sementara untuk jam operasionalnya, tempat ini buka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Alamat atau lokasi Kelenteng Sam Poo Kong ada di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Gereja Blenduk

wisata religi
foto: instagram.com/i_yok_

Bergeser ke timur kota Semarang, mari kita menilik Gereja Blenduk. Wisata Religi Semarang satu ini arsitekturnya khas bergaya Eropa kuno yang membuat Gereja ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Tempat ini dulunya dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1953 dan berdiri dengan kokohnya di atas tanah seluas 400 meter persegi.

Sebetulnya nama asli dari Gereja ini sendiri adalah GPIB Immanuel Semarang. Lalu kenapa masyarakat menyebutnya dengan Gereja Blenduk? Usut punya usut, nama itu merupaka julukan karena Blenduk mempunyai arti kubah. Di atasnya terdapat menara dengan gaya Eropa klasik nan eksotis.

Wisatawan boleh memasuki tempat wisata Semarang ini jika tak ada kebaktian. Mereka juga cukup membayar retibusinya saja sebesar Rp. 10.000,- Begitu memasuki Gereja Blenduk, pelancong akan disuguhi dengan pemandangan arsitektur klasik. Kurisnya pun masih mempertahankan kursi zaman dahulu. Uniknya, di dalamnya juga terdapat Orgel yakni alat musik kuno yang cantik.

Vihara Buddhagaya Watugong

wisata religi
foto: instagram.com/chris13jkt

Selanjutnya, Setapak Langkah akan mengajak mu untuk berjalan-jalan ke Vihara. Di Semarang ada tempat yang terkenal bernama Vihara Budhhagaya Watugong. Panamaan Vihara itu sendiri karena di dalam tempat itu terdapat sebuah watu atau batu berbentuk seperti gong.

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi wisata religi Semarang yang satu ini tak usah bingung, karena lokasinya berada di pinggir jalan Semarang-Solo. Tepatnya di depan markas kodam IV Diponegoro atau 45 menit dari pusat kota Semarang. Dibangun seluas 2, 25 hektar, pagoda ini memiliki 5 bangunan utama.

Dari kelima bangunan tersebut, ada satu yang paling terkenal yakni pagoda avalokistevara atau wisatawan biasa menyebutnya dengan sebutan metakaruna. Pagoda ini didirikan untuk menghormati dewi kwan im, yang mana bagi umat Budha, dewi ini melambangkan kasih sayang.

Masjid Agung Jawa Tengah

wisata religi
foto: instagram.com/dhimasquinn

Masjid Agung, merupakan salah satu simbol kemegahan wisata religi Semarang sejak tahun 2006. Arsitektunya yang mempunyai perpaduan antara Jawa, Roma, dan Arab membuatnya terlihat semakin menarik. Motif batik yang berada di tiap tiangnya dapat kamu lihat dengan indahnya.

Tak hanya digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat muslim, para wisatawan juga bisa berkunjung ke masjid ini untuk sekedar berfoto. Lokasinya sendiri masih berada di pusat kota Semarang yakni tepatnya di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, kecamatan Gayamsari, kota Semarang.

Menariknya, masjid ini juga mempunyai fasilitas lain seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang untuk akad nikah, museum perkembangan Islam, dan tempat makan.

Pura Agung Giri Natha

wisata religi
foto: instagram.com/maredona_acupunctureherbal

Buat kamu yang sedang mencari tempat wisata Semarang yang tenang dan hening, Wisata Religi Semarang punya jawabannya. Kamu bisa menjelajahi Pura Agung Giri Natha. Lokasinya berada di Jl. Sumbing No 12 Semarang.

Dibangun pada tahun 1984 letak Pura ini berada di ketinggian sehingga udaranya sejuk dan nyaman. Area Pura terdiri dari 3 bagian yakni nistha mandala, madya mandala dan utama mandala. Masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Nistha mandala adalah bangunan yang digunakan untuk tempat parkir, kamar mandi dan kantin. Sementara itu madya mandala berfungsi untuk kegiatan sosial yakni gedung olahraga, kesenian, dan pertemuan. Sedangkan utama mandala digunakan untuk tempat ibadah.

Klenteng Tay Kak Sie

Wisata Religi Semarang
foto: instagram.com/wisatasemarang

Jelajah wisata religi Semarang mu tak akan lengkap jika belum mampir ke Klenteng Tay Kak Sie. Tepatnya ada di gang Lombok Semarang. Tempat itu merupakan kawasan pecinan. Jika kamu memasuki kawasan itu, kamu akan diperlihatkan sebuah perahu besar yang menarik perhatian. Ini merupakan sebuah replika perahu laksamana Zheng He dan berjejar dengan klenteng Tay Kak Sie.

Tempat ibadah ini dipergunakan sebagai tempat pemujaan dewa dewi aliran Tao atau konfusianisme. Tak beda dengan Klenteng lainnya, tempat ibadah yang satu ini juga mempunyai ornamen-ornamen yang khas. Misalnya atap klenteng yang berhiaskan naga.

Tapi, jika kamu jeli memperhatikan ornamen-ornamennya, Klenteng Tay Kak Sie merupakan klenteng yang paling bagus dari segi hiasannya maupun ornamennya. Pada waktu tertentu, tempat ini mengadakan upacara keagamaan yang menarik minat wisatawan untuk melihatnya.

Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Wisata Religi Semarang
foto: instagram.com/jefrihb

Ada destinasi tempat wisata Semarang yang viral beberapa waktu yang lalu. Ternyata tempat itu adalah Masjid kapal Bahtera Nabi Nuh. Disebut demikian karena wisata religi Semarang ini memang berbentuk seperti kapal Nabi Nuh yang menyelamatkan umatnya pada saat banjir bandang.

Lokasi masjid yang unik ini berada di Semarang Barat. Tepatnya di Jl Kyai Padak RT/RW 5/5, Kel. Podorejo kec. Ngaliyan, Kota Semarang. Masjid itu luasnya mencapai 2.500 meter persegi dan memiliki 3 lantai.

Pemilik masjid ini bernama Kyai Achmad yang merupakan seorang ulama dari kota Semarang. Masjid yang terkenal dengan ‘masjid kapal ini’ sebetulnya bernama ‘As-Safinatun Najah’. Tak hanya masyarakat Semarang saja, ada banyak pelancong yang singgah di masjid unik ini. Sebagian dari mereka juga mengabadikan momen dengan berselfie di tempat ini.

Vihara Mahavira Graha

Vihara Mahavira Graha
foto: flickr.com/photos/princess_amma/8878186762

Vihara ini di dirikan sejak tahun 2001 berada di daerah Semarang Barat. Tempat wisata religi Semarang ini menjadikan salah satu destinasi wisata religi yang cukup menarik. Desain arsitektur yang indah dan berdiri dengan lantai yang kokoh, menjadikan vihara ini menarik untuk di kunjungi.

Selain di tempat ini kamu bisa melihat 88 arca budha dengan desain arsitektur yang bagus dan menarik, kamu juga bisa melihat keindahan arca tunggal yang besar dan indah.

Masjid Agung Kauman Semarang

Masjid Besar Kauman
foto: Masjid Besar Kauman

Masjid Agung Kauman merupakan salah satu masjid yang paling berpengaruh di kota Semarang. Masjid ini merupakan salah satu pusat peribadatan umat muslim di Semarang.

Terutama di saat bulan Ramadhan, tempat ini menjadi salah satu tempat yang paling  ramai dikunjungi. Pada bulan Ramadhan, di salah satu destinasi wisata religi semarang ini sering mengadakan beragam program yang sangat menarik untuk di ikuti.

Masjid Layur

Masjid Layur
foto: instagram.com/p/00EcXlOmiZ

Buat kamu yang beragama muslim yang ingin mengisi waktu Ramadhan ini dengan melakukan perjalanan wisata religi Semarang, maka kamu wajib kunjungi masjid yang satu ini.

Masjid layur atau menara adalah salah satu mesjid Melayu yang ada di daerah Dadapsari Semarang. Desain arsitekturnya yang unik dan menarik dengan menara yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri.

Tempat Wisata Semarang Romantis

Bagi kalian yang jenuh dengan rutinitas sehari-hari, sempatkanlah untuk mengunjungi destinasi wisata Semarang yang Romantis bersama pasangan. Bagaimana tidak? Dengan piknik asik bersama pasangan, pasti deh, pikiran penat jadi hilang.

Selain indah, ternyata destinasi wisata kota ini juga bisa dibilang romantis kece abis lho! Ada beberapa tempat wisata Semarang romantis yang bisa kalian jelajahi dengan mudah. Berikut setapak langkah rekomendasikan untukmu.

Eling Bening

wisata semarang romantis di Eling Bening
foto: instagram.com/eling_bening

Kalo kalian ingin menghirup udara yang segar dengan pemandangan yang luar biasa indah, tempat wisata Semarang romantis satu ini solusinya. Salah satu destinasi kota atlas yang kekinian saat ini adalah Eling Bening yang berlokasi di Ambarawa kabupaten Semarang.

Eling Bening merupakan tempat wisata keluarga yang sejatinya adalah sebuah restoran. Letaknya ada di ketinggian bukit ngrawen Ambarawa, sehingga para wisatawan bisa melihat keindahan rawa pening dari kejauhan. Tak hanya itu, pelancong juga bisa melihat epic nya gunung-gunung di sekitar rawa pening. Background gunung Andong, Merbabu, dan Telomoyo akan menjadikan foto mu semakin kece.

Rute untuk menuju lokasi ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Semarang jaraknya sekitar 36km. Kamu bisa menuju jl. Semarang-Solo, begitu sampai ke terminal Bawen, ambil kanan ke arah Ambarawa dan ikuti petunjuk jalan. Harga tiket masuk ke wisata ini adalah Rp. 18.000,-

Bukit Gombel

wisata semarang romantis di bukit gombel
foto: instagram.com/kurniadilional

Weekend depan sempatkan main ke Semarang atas yuk! Di sana ada tempat bagus buat melepas penat setelah weekdays penuh dengan rutinitas sehari-hari. Kamu bisa menikmati wisata malam yang romatis bersama dengan sahabat, pasangan, maupun keluarga.

Tempat wisata Semarang romantis ini terletak di Bukit Gombel. Sebuah kawasan perbukitan yang menjadi pemisah antara Semarang atas dan Semarang bawah. Konon katanya, tempat ini penuh dengan cerita misteri. Namun demikian, keindahannya tak bisa diremehkan.

Pada saat siang hari, wilayah bukit gombel ini terkesan sepi. Wisatawan memilih untuk menikmati pemandangan kota Semarang dari atas bukit Gombel pada malam hari. Banyak resto yang berjejer di pinggir bukit sehingga pelancong dapat melihat lampu-lampu kota dari atas. Mereka menyebutnya dengan bukit bintangnya Semarang.

Pantai Marina Semarang

Wisata Semarang
foto: instagram.com/ellamu_la12

Berburu senja bagi sebagian orang adalah kegiatan yang sangat mengasyikan. Tak usah jauh-jauh, kalian yang tinggal di Semarang bisa menikmati senja dengan epicnya di Pantai Marina.

Tak hanya itu, wisata Semarang romantis ini juga menyuguhkan keindahan pesisir pantai yang bisa kamu nikmati dengan berkeliling naik kapal. Kamu akan dibawa untuk menyusuri birunya laut utara Jawa. Cukup dengan membayar Rp. 5000,- kamu bisa melihat sudut-sudut pantai Marina yang eksotis.

Puas setelah berkeliling naik kapal, kamu bisa menikmati hidangan seafood seperti lobster, kepiting, cumi dan lainnya di tempat ini. Rasanya begitu menggugah selera.

Restoran Kampung Laut Semarang

Wisata Semarang
fo to: instagram.com/asnur_aji

Bergeser sedikit dari Pantai Marina, mari kita jelajahi tempat wisata Semarang romantis yang akan membuat perut kenyang. Kampung laut, merupakan sebuah restoran dengan rumah apung yang juga menyediakan tempat pemancingan ikan.

Tempat ini berlokasi di dekat Puri Maerokoco Semarang. Kamu tak akan sulit untuk menemukan wisata kuliner yang satu ini. Sementara itu, dekorasi dari resto ini sangat epic dengan bangunan yang terbuat dari kayu. Pada malam hari, suasananya begitu romantis untuk makan malam bersama dengan pasangan.

Harga untuk setiap menu di tempat ini beragam mulai dari Rp 55.000 untuk makanannya dan Rp. 10.000,- untuk minumannya. Kamu bisa menikmati hidangan seafood yang lezat seperti kepiting asam manis, cumi goreng crispy, lobster, dan lainnya.

Taman Maerokoco

Wisata Semarang
foto: instagram.com/widi_ot

Setelah puas menyantap hidangan di Kampung Laut, kamu bisa kembali melanjutkan perjalanan travelling mu ke Puri Maerokoco. Letaknya tak jauh dari resto kampung laut. Wisata yang menyuguhkan keindahan hutan bakau ini juga biasa disebut dengan TMIInya Jawa Tengah.

Bagaimana tidak, selain menikmati keindahan hutan bakau, di dalamnya terdapat anjungan rumah tradisional dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. Ada sekitar 35 anjungan rumah khas dari berbagai wilayah di Jawa Tengah. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto karena sangat instagramable. Selain itu, panorama senja di sore hari membuat tempat ini jadi wisata Semarang romantis yang terfavorit.

Luas taman Maerokoco ini sendiri mencapai 23,8 hektar dan dikelola oleh pemerintah setempat. Jam operasional dari tempat rekreasi ini dimulai pukul 08.00 Wib sampai 18.00 Wib. Sementara untuk tiket masuknya dibanderol dengan harga 10.000,- rupiah saja.

Kota Lama Semarang

Wisata Semarang
foto: instagram.com/andiyani_jolie

Rindu dengan suasana Jadoel? Semarang punya tempat wisata yang bagus untuk kemu yang ingin menikmati kota tempo doeloe. Yups! Tempat wisata Semarang romantis tapi tempo doeloe ini terletak di Kota Lama.

Kawasan Kota Lama memiliki bangunan-bangunan yang kental dengan arsitektur khas kolonial Belanda. Meskipun usia bangunan ini sudah mencapai 300 tahun, bangunan tersebut masih berdiri dengan kokohnya.

Saking kokohnya, bangunan yang menjadi tempat wisata Semarang ini bahkan masih difungsikan sebagai kantor, coffee shop, restoran ataupun museum. Bangunan megah di Kota Lama menjadi bukti kejayaan kota Semarang sebagai pusat perdagangan Indonesia di abad ke-18 dan 19.

Gereja Blenduk dan Jembatan Mberok merupakan sedikit contoh dari beberapa bangunan iconic yang ada di area Kota Lama. Selain sebagai situs sejarah, Kota Lama juga menarik sebagai spot untuk selfie.

Di wisata Semarang romantis satu ini, kamu bisa melihat bangunan-bangunan tua zaman peninggalan Belanda. Wisatawan juga menyebut tempat ini dengan sebutan ‘little Netherland’ atau Belanda kecil. Maklum saja, tempat ini memang dulunya menjadi pusat kota yang didirikan oleh jenderal Belanda.

Banyak spot foto yang menarik dan tempat-tempat yang unik nan romantis. Kamu bisa berkunjung ke Gereja Bleduk dengan dekorasi yang bagus. Atau kamu juga bisa bermain di museum 3D old city Semarang. Jika lelah setelah melihat-lihat sekitar Kota Lama, maka kamu bisa menikmati sajian kopi di Filosofi coffe atau mampir ke spiegel bar and bistro.

Wisata Menarik Lainnya :  Pasar Ah Poong yang Memanjakan Petualang Kuliner Bogor

Umbul Sidomukti

Wisata Semarang
foto: instagram.com/baban.sobarudin

Kita tahu bahwa udara di kota Semarang memang cukup panas jika musim kemarau tiba. Tapi jangan khawatir, kamu bisa kok menemukan tempat sejuk dengan udara yang segar. Datang saja ke wilayah Kabupaten Semarang. Tepatnya di kecamatan Bandungan. Di tempat itu terdapat sebuah obyek wisata semarang yang keren!

Kawasan Umbul Sidomukti selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Destinasi wisata Semarang romantis di kawasan itu, bisa disebut dengan paket komplit. Tak hanya menyajikan keindahan alamnya yang luar biasa, kamu juga bisa lho berenang di kolam renang kawasan Umbul Sidomukti. Tiket masuknya pun cukup murah yakni hanya dengan membayar Rp 10.000,- saja, kamu bisa berenang sepuasnya.

Pesona alam Umbul Sidomukti tidak dapat dielakkan lagi. Kolam air sejuk yang airnya berasal langsung dari mata air, ditambah lagi jejeran pepohonan yang hijaunya memanjakan mata, serta udara yang menyegarkan paru dapat menjadi salah satu opsi destinasi untuk menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari.

Tidak hanya pesona alamnya, tempat wisata Semarang Umbul Sidomukti juga menawarkan aktifitas yang menantang adrenalin dan patut dicoba, seperti flying fox, ATV, menyebrangi jembatan marine bridge atau bahkan paralayang. Untuk menikmati itu semua, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena biaya masuknya hanya 5.000 rupiah, sedangkan untuk tarif wahana berkisar antara Rp 15.000 s.d 75.000 saja.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati kopi sidomukti yang sangat terkenal. Di sana ada banyak resto yang menyediakan kopi atau makanan lainnya.

Taman Bunga Celosia

Pesona Taman Bunga Celosia Bandungan
foto: instagram.com/rikasitinuraida

Taman Bunga Celosia Bandungan merupakan salah satu tempat wisata Semarang andalan yang terletak di daratan tinggi Ungaran. Dulunya objek wisata tersebut hanyalah hamparan bunga celosia saja, tetapi sekarang telah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata yang memiliki segudang spot foto instagramable.

Taman Bunga Celosia merupakan tempat wisata yang ada di kaki gunung Ungaran sehingga mempunyai pemandangan pegunungan dan udara sejuk menyegarkan. Oleh karena itu tempat wisata hits Semarang ini sangatlah cocok untuk dikunjungi kamu yang lelah dengan aktivitas sehari-hari dan membutuhkan sesuatu untuk merefresh otak serta tenaga.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata romantis Semarang ini menyuguhkan hamparan bunga celosia serta bunga lainnya seperti bunga hebras, lavender, gerbera, hiantus, krisan, dan lain-lain. Adapun banyak lagi spot yang sangat cocok untuk berselfie ria seperti kincir angin, miniatur Menara Eiffel, miniatur patung Merlion, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menikmati segala pesona tempat wisata taman bunga celosia ini kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000 sampai Rp 40.000 per orang.

Lokasi atau alamat Taman Bunga Celosia ada di Jalan Wisata Gedong Songo Km 05, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedongsongo Park
foto: instagram.com/nadiyaham

Vanaprastha Gedong Songo adalah salah satu tempat wisata di Semarang yang berupa hutan pinus dengan dilengkapi sejumlah penginapan atau villa. Pemandangan dan angin sejuk yang menyegarkan di tempat wisata hits Semarang ini akan sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai pereda stress.

Untuk bisa menikmati pesona Vanaprastha Gedongsongo , kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang serta Rp 1.200.000 untuk biaya menginap atau sewa per malam di Villa Kenanga dan Villa Cempaka.

Watu Gunung Ungaran

Watu Gunung Ungaran
foto: instagram.com/sindy_siska.s

Watu Gunung Ungaran adalah salah satu tempat wisata yang ada di daerah Ungaran dan terkenal mempunyai pemandangan serta udara sejuk menyegarkan sehingga akan sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga, atau pasangan.

Saat berkunjung ke tempat wisata hits Semarang ini, kamu akan dibuat takjub dengan pemandangan yang berupa danau, pohon-pohon rindang, dan kolam renang. Tidak heran jika Watu Gunung Ungaran banyak dimanfaatkan untuk foto album atau pre wedding.

Tempat wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Sementara untuk tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp 20.000 saja per orang.

Lokasi atau alamat tempat wisata Watu Gunung Ungaran ada di Jalan Srikandi No. 1, Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. Itu dia rekomendasi tempat wisata hits Semarang yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu kamu semua terutama y

Hmmmmm romantis betul ya tempat-tempat tersebut. Jangan lupa juga ya untuk mampir ke tempat wisata Semarang menarik lainnya.

Tempat Wisata Semarang Kota

Semarang adalah salah satu daerah di Jawa Tengah yang tidak hanya terkenal dengan lumpianya saja tetapi juga terkenal mempunyai banyak sekali pilihan wisata baik itu wisata religi, wisata alam, wisata edukasi, wisata belanja, dan masih banyak lagi.

Jadi kalau sedang ada di Kota Semarang jangan khawatir akan bosan deh, kamu bisa mengunjungi banyak pilihan tempat wisatanya. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Semarang Kota yang bisa kamu kunjungi bersama teman, rekan kerja, keluarga, bahkan pasangan.

Beberapa tempat wisatanya, antara lain:

Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi
foto: instagram.com/anggun_zuliyaaa

Jika di Malang ada Kampung Warna-Warni Jodipan maka di Semarang ada Kampung Pelangi Semarang yang pemandangannya tidak kalah cantik dan menarik.

Tempat wisata Kampung Pelangi ini adalah kawasan permukiman warga yang dicat warna-warni mulai dari warna merah, kuning, merah muda, biru, ungu, dan lain sebagainya. Warna-warna cantik tersebut menyatu dan kemudian pemandangan atau hasil perpaduan warnanya mampu memanjakan mata para pengunjung sehingga akan sangat cocok untuk dikunjungi anak muda yang gemar berburu foto.

Untuk bisa menikmati pesona dan berfoto ria di tempat wisata Kampung Pelangi Semarang, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp 3.000 saja per orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkir.

Lokasi atau alamat tempat wisata Kampung Pelangi ini ada di Jalan Dr. Sutomo No. 89, Randusari, Semarang  Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang
foto: instagram.com/exploresemarang

Lawang Sewu adalah salah satu tempat wisata Semarang kota yang sangatlah terkenal. Tempat wisata ini berupa gedung tua peninggalan Belanda yang mempunyai banyak sekali pintu sehingga tidak hanya cantik jika dijadikan sebagai latar belakang foto tetapi juga bisa dijadikan sebagai tempat uji nyali.

Kenapa cocok juga untuk uji nyali? Karena konon katanya Lawang Sewu ini adalah tempat penyiksaan beserta kuburan bagi para pejuang kemerdekaan dan di sumur tua yang ada di halaman gedung, konon banyak orang yang mendengarkan berbagai suara walaupun keadaan sumur telah dikunci.

Untuk tiket masuknya, kamu perlu membayar Rp 10.000 saja per orang dan jika membutuhkan jasa tour guide maka harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 30.000. Sementara jam operasionalnya, wisata Lawang Sewu buka mulai jam 07.00 sampai 21.00 WIB.

Lokasi atau alamat Lawang Sewu ada di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya ini tepat ada di Tugu Muda sehingga menjadi destinasi wisata yang bisa dengan mudah dikunjungi dari arah mana pun.

Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum
foto: instagram.com/triyadi_hansen

Old City 3D Trick Art Museum adalah tempat wisata Semarang kota yang sedang naik daun karena mempunyai banyak sekali daya tarik. Tempat wisata ini menyuguhkan sensasi karya seni 3D yang akan sangat menyenangkan dan unik jika digunakan sebagai latar belakang foto dan kemudian dipamerkan di media sosial.

Bahkan pihak pengelola tempat wisata ini akan mengganti tema atau instalasi seninya selama 3 bulan sekali agar pengunjung tidak merasa bosan jika datang berkali-kali.

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Old City 3D Trick Art Museum, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per orang.

Jam operasional tempat wisata ini adalah mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Alamat atau lokasi Old City 3D Trick Art Museum ada di Jalan Letjen Suprapto No. 28,  Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Pasar Semawis

Pasar Malam Semawis
foto: instagram.com/wisatasemarang

Pasar Semawis adalah salah satu tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan karena di sana kamu bisa kulineran sampai puas. Pasar ini lokasinya ada di sepanjang Gang Warung tepat di depan gapura pecinan Semarang.

Pasar yang berisi deretan stand jajanan lezat ini hanya buka pada hari Jumat sampai Minggu mulai pukul 18.00 sampai 23.00.

Jajanan yang ditawarkan di tempat ini sangatlah beragam mulai dari masakan Indonesia seperti nasi ayam, soto sapi, nasi gudeg, bubur, es puter, dan lain-lain sampai makanan seafood dan khas pecinan sekalipun.

Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang
foto: instagram.com/muhammadhafizhabrisam

Simpang Lima adalah kawasan ikon dari Kota Semarang. Di lokasi ini terdapat banyak aktivitas kota dan kegiatan hiburan. Terdapat tanah yang cukup luas di tengah-tengah Simpang Lima. Tanah luas tersebut juga dinamai sebagai Lapangan Pancasila yang seringkali digunakan untuk upacara pada hari nasional, tempat konser, pagelaran, atau event-event lain.

Simpang Lima akan dikunjungi oleh banyak orang ketika malam Minggu sampai Minggu pagi karena pada hari Minggu pagi biasanya akan dijadikan sebagai Car Free Day dan pasar dadakan. Barang yang diperjualbelikan saat pagi hari adalah jajanan, pakaian bekas maupun baru, dan lain sebagainya.

Sementara saat malam hari, Simpang Lima akan dipadati oleh lampu-lampu cantik dan para pedagang makanan. Jadi tidak hanya bisa berfoto ria tetapi kamu juga bisa berwisata kuliner.

Tempat Wisata Belanja Semarang

Sedang ada di Kota Semarang tapi bingung belanja dimana? atau sedang cari pusat oleh-oleh Semarang untuk dibawa pulang? Cek dulu rekomendasi tempat belanja di Semarang di bawah ini dulu yuk, siapa tahu membantu dan bisa menjadi referensi yang baik.

Pasar Johar

Wisata Belanja Semarang
foto: instagram.com/imelda_akmal

Pasar Johar merupakan wisata belanja Semarang yang sangat terkenal. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berburu berbagai macam baju. Harganya yang miring membuat para pelancong tertarik untuk menjelajahi pasar Johar. Namun, untuk berbelanja di tempat ini, kamu harus punya kesabaran yang ekstra karena di dalamnya tak tertata rapi seperti di mall.

Tapi kesabaran mu akan terbayar luas karena berbagai macam fashion yang disediakan dengan harga yang murah. Untuk menuju ke lokasi sangatlah mudah karena letaknya berada di pusat laut. Alamatnya berada di Jl. KH Agus Salim, Kauman, Semarang.

Kampung Batik Semarang

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/ami_thaytami

Tak hanya belanja batik di Pekalongan atau pun belanja batik di Solo saja, Semarang juga punya wisata belanja batik. Tepatnya berada di kampung Batik kecamatan Rejo Mulyo, Semarang Timur. Uniknya batik yang dijajakan merupakan hasil karya original dari pengrajin batik di kampung tersebut. Sehingga, motif yang di suguhkan begitu indah dan tidak pasaran.

Jika kamu tertarik untuk berwisata belanja Semarang tepatnya di kampung batik, kamu harus membawa uang yang cukup. Pasalnya, harga dari batik yang dijajakan di tempat ini sangat bervariatif. Setiap batik dibanderoal dengan harga mulai dari Rp.50.000,- hingga Rp 5 juta rupiah, Tergantung dengan motif dan kain yang ada di sana.

Untuk berbelanja di tempat ini, kamu juga harus perhatikan jam operationalnya. Jangan sampai tiba di sana dalam keadaan toko tutup. Jam bukanya adalah pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Pasar Seni Padangrani Kota Lama

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/meerahmi88

Selain fashion, para traveller juga suka dengan barang yang antik. Mereka kerap kali berburu barang yang kuno untuk dijadikan koleksi. Kalian bisa mengunjungi wisata belanja Semarang yang satu ini! Namanya adalah pasar seni Padangrani yang berada di area kota lama. Lokasi tepatnya berada di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara. Di tempat ini, kamu bisa menemukan radio lawas, pernak pernik tua dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa menawarnya lho!

Beberapa barang yang dijual juga berasal dari seni karya seniman di Semarang. Menariknya lagi, tak hanya berburu barang antik, kamu yang punya hobi berfoto, tempat ini merupakan area yang cocok untuk mengabadikan gambar. Spot-spot foto yang kece bergaya ala vintage itu juga dikelola oleh pedagang sekitar. Setelah berfoto, kamu bisa memberikan upah sepantasnya kepada pengelola. Untuk jam operational tempat ini mulai dari pukul 8 pagi hingga jam 11 malam.

Fani House

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/homydress.id

Selanjutnya, yang tak kalah menarik di wisata belanja Semarang adalah berburu baju yang murah. Bagi para mahasiswa, terutama mereka yang kuliah di Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang, pasti sudah tak asing lagi dengan toko baju yang satu ini. Yups! toko baju yang sangat bersahabat dengan para mahasiswa ini bernama Fani Haouse.

Toko baju yang terkenal di kalangan mahasiswi ini mempunyai banyak cabang lho. Diantaranya berlokasi di dekat Undip yakni di Jl. KH. Sirajudin, Tembalang, Semarang. Satu lagi, kamu bisa menemukan gerai fashion ini di jalan Taman Siswa Semarang. Baju yang dijajakan di tempat ini sangat bervariasi dan up to date. Sehingga sangat cocok sekali dengan kantong para mahasiswa.

Kampoeng Semarang

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/ilarizky

Yang cukup hits bagi pelancong yang ingin membeli oleh-oleh khas, kalian bisa berkunjung ke wisata belanja Semarang. Tempat ini bernama Kampoeng Semarang yang okasinya berada di Jalan Kaligawe Raya KM. 1, Tambakrejo, Gayamsari, Semarang Utara.

Kalian bisa menemukan berbagai macam camilan khas kota Semarang seperi kue mochi, lumpia, atau makanan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berbelanja kerajinan tangan seperti tas anyaman, topi anyaman dan juga ada beberapa koleksi baju yang menarik.

Semua itu adalah hasil karya para UMKM setempat. Untuk harganya, jangan di tanya, pastinya terjangkau untuk kantongmu. Jam operasional tempat ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Wisata Kuliner Semarang

Akulturasi yang terjadi di Kota Semarang merupakan salah satu poin penting yang membuat Semarang mempunyai nilai wisata kuliner yang kuat. Pengaruh Tiongkok dan Belanda merupakan salah 2 budaya yang mempengaruhi profil cita rasa kuliner Semarang. Yuk cek rekomendasi wisata kulinernya

Lumpia

Lumpia Semarang
foto: instagram.com/willy_tantra

Kota Semarang sering disebut dengan Kota Lumpia. Hal ini dikarenakan Lumpia merupakan kuliner tradisional yang paling ngetop dari kota ini dan sering dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Lumpia ada 2 jenisnya, yaitu lumpia kering dan lumpia basah.

Pada dasarnya Lumpia mempunyai isian rebung dan saus petis. Dua bahan pokok inilah yang menjadikan citarasa lumpia khas. Seiring berkembangnya jaman, isian lumpia pun semakin beragam, mulai dari ayam maupun udang. Selain bisa dimakan di tempat, lumpia pun makanan yang pas untuk dibungkus dan dijadikan oleh-oleh. Jadi, jika nanti ada rekanmu yang berlibur ke Semarang, jangan lupa minta lumpia sebagai oleh-oleh.

Mangut Welut

Kota Semarang merupakan kota yang dekat dengan Laut. Maka tidak heran jika wisata kuliner Semarang pun dipengaruhi dengan fakta geografis ini. Welut atau yang biasa dikenal dengan belut, diolah menjadi makanan yang sangat lezat di kota ini.

Rempah dari mangut welut sendiri antara lain; lengkuas, daun salam, cabe rawit, air jeruk nipis, dan bawang-bawangan. Racikan rempah ini menghasilkan kuah gulai yang encer yang pedas dan segar untuk disantap. Selain belut, mangut welut juga biasa menggunakan ikan pari sebagai proteinnya.

Nasi Gandul

Aslinya nasi gandul merupakan wisata kuliner khas Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Tapi, di Kota Semarang tidak sedikit warung maupun resto yang menyediakan hidangan satu ini. Bahan utama dari Nasi Gandul adalah daging sapi.

Nasi gandul merupakan makanan nasi berkuah santan yang dihidangkan di atas daun pisang, tidak lupa dengan taburan bawang goreng. Tradisi memakan nasi gandul adalah menggunakan suru, daun pisang yang dipotong memanjang dan dilipat dua untuk menggantikan sendok.

Nasi Pecel

Beralih ke makanan khas Jawa Timur, nasi pecel pun cukup digandrungi wisatawan saat berkunjung ke Semarang. Nasi pecel terdiri dari berbagai macam sayur seperti bayam, kol, tauge, dan lainnya. Tak lupa juga beberapa lauk seperti gorengan dan sate usus, telur dan daging menjadi teman makan nasi dengan topping kuah kacang ini.

Mi Kopyok

Mi Kopyok Semarang
foto: instagram.com/enyaanggia

Mie Kopyok ini adalah makanan berat di mana terdiri atas lontong, mie kuning, kerupuk gendar, tahu pong, dan tauge. Mie kopyok biasa dijajakan menggunakan gerobak dorong. Khasnya lagi, bunyi dari gerobak mi kopyok merupakan suara piring berdenting. Kopyok sendiri mempunyai arti ‘kocok’. Mirip namun tak sama, mie kopyok memang mempunyai kesamaan dengan mie kocok bandung, yaitu menggunakan bahan dasar mie dan tauge yang dicelupkan ke dalam air panas sebelum diracik. Porsi mie kopyok yang tidak terlalu besar, membuat mie kopyok makanan yang pas untuk hidangan sarapan.

Spekkoek / Lapis Legit

Spekkoek atau kue seribu lapis merupakan salah satu kue yang digemari banyak orang. Proses pembuatan kue lapis legit membutuhkan keahlian khusus. Setiap lapisan dari kue lapis legit menyimpan cita rasa yang siap menghibur mulut kamu.

Spekuk sendiri punya ciri khas aroma kayu manis. Bumbu spekuk ini terdiri atas berbagai macam campuran rempah. Beberapa di antaranya adalah cengkih bubuk, kayu manis bubuk, kapulaga, tidak lupa bunga pala bubuk. Spekuk pun salah satu kuliner Semarang yang sangat diminati untuk dibeli sebagai oleh-oleh.

Tahu Gimbal

Eits, jangan tertipu sama namanya, Tahu Gimbal adalah hidangan olahan tahu yang dibuat dari potongan tahu goreng, lontong, telur, kol, dan gimbal udang, lalu setelahnya disiram dengan saos kacang. Wisata kuliner Semarang ini memiliki khas gimbal udang yang merupakan olahan udang yang digoreng dengan tepung. Untuk kamu yang suka tahu, wajib banget untuk cobain olahan yang satu ini.

Bandeng Presto

Bandeng Presto Semarang
foto: instagram.com/andre_tegar

Seperti namanya, wisata kuliner Semarang satu ini bahan utama dari bandeng presto merupakan ikan bandeng. Rempah utama dari bandeng presto adalah bawang putih, kunyit, dan garam. Presto sendiri memiliki arti metode memasak menggunakan uap air bertekanan tinggi. Ikan bandeng dimasak dengan alas daun pisang lalu dipresto.

Walaupun ikan bandeng mempunyai banyak duri, dengan memasak cara presto maka tidak perlu khawatir saat menyantapnya. Duri-duri ikan bandeng menjadi lunak setelah dimasak presto. Jika kamu berlibur ke Semarang, jangan lupa bungkus bandeng presto sebagai oleh-oleh.

Babat Gongso

Babat Gongso adalah salah satu kuliner yang paling dicari oleh penggemar jeroan saat berlibur ke Semarang. Babat gongso mempunyai khas cita rasa yang manis. Babat gongso bisa disajikan dengan dua cara yang berbeda. Babat gongso dapat disajikan panas-panas dengan sepiring nasi panas atau babat yang telah digongso dicampur dengan nasi lalu dijadikan nasi goreng. Bumbu dari babat gongso meliputi cabai rawit, bawang putih, bawang merah, daun salam, kemiri dan juga jeruk nipis. Yang pasti babat gongso menggunakan gula pasir, sehingga menghasilkan rasa pedas manis yang nagih.

Wingko Babat

Wingko babat adalah kue tradisional dari Indonesia yang punya cita rasa utama kelapa. Wingko babat dinamakan babat dikarenakan kota asalnya bernama Babat. Wingko umumnya mempunyai tekstur kenyal, padat, bentuk bundar dan disajikan dalam keadaan hangat. Kombinasi gula dan kelapa membuat wingko babat menjadi teman yang pas untuk cemilan bersama teh di sore hari. Wingko babat banyak dijual dalam bentuk bundar dan dikemas menggunakan kertas.

Pisang Planet

Cemilan manis satu ini akan memanjakan kamu si pecinta makanan manis. Uniknya pisang planet ini berbentuk pipih dan dipotong bulat. Pisang planet digoreng lalu disajikan hangat-hangat dengan ditaburi gula, meses, dan keju.

Pisang yang digunakan untuk cemilan ini adalah pisang kapok. Karena pisang kapok diproses dengan cara digoreng, maka pisang yang diolah harus mempunyai sifat mengkel atau sedikit keras.

Tahu Pong

Pong yang dimaksud di sini adalah kopong alias kosong. Namun, pong di sini mempunyai dua arti, yang bisa juga berarti phong dalam Bahasa Mandarin yang berarti menggelembung. Tahu pong mempunyai ciri khas kosong di tengah. Tahu pong mempunyai rasa gurih. Sekilas tahu pong sangat mirip dengan tahu Sumedang.

Cicipi Kue Coro yang Lembut dan Gurih

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/planetndeso

Berbicara soal takjil pada saat buka puasa tiba, ada salah satu yang menarik. Kuliner Semarang ini benar-benar khas karena hanya ada pada saat puasa saja. Kue coro namanya.

Kue ini hanya bisa kamu jumpai di pasae ramadhan Kauman atau di depan masjid kauman kota Semarang. Bentuknya bulat pipih dan terkadang sedikit gosong. Kue ini terbuat dari tepung gandum, tepung beras, telur dan ragi.

Rasanya akan sangat lezat jika dipadukan dengan kuah santan. Jajanan ini sekilas mirip dengan serabi. Teksturnya lembut dan rasanya gurih. Satu porsi kue ini dibanderol dengan harga Rp. 6000,- Pasar ramadhan dibuka mulai pukul 15.00 WIB, namun tak jarang jika terlalu sore, kue ini sudah ludes terjual. Jadi jangan sampai kehabisan ya!

Nikmatnya Kopi Arab yang Melegenda

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/fazamuhammed

Tradisi unik minum kopi saat berbuka puasa hanya ada di Masjid Layur. Masjid ini terletak di jalan Layur, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara. Bagi masyarakat sekitar, minum kopi arab yang khas ditemani kurma adalah sebuat tradisi yang berlangsung selama puluhan tahun.

Kamu bisa menikmati kopi arab ini jika ikut berbuka puasa bersama di Masjid Layur. Pengurus masjid mengatakan bahwa racikan kopi arab tidak berubah seperti buatan orang Yaman.

Usut punya usut, kopi arab yang ada di masjid Layur ini, dahulu kala dibawa oleh orang Yaman dan Arab. Tak heran jika warga sekitar sangat suka menikmatinya. Tak hanya itu, banyak orang dari luar daerah juga sering mempir ke Masjid Layur untuk merasakan nikmatnya kopi Arab.

Uniknya bubur India yang usianya ratusan tahun

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/metrotv

Kuliner Semarang yang hanya hanya ada pada saat ramadhan selanjutnya adalah bubur India. Jika kamu penasaran dan ingin mencoba mencicipi makanan ini, Kamu bisa datang ke masjid Pekojan, Petolongan, Semarang.

Makanan ini, diyakini sudah ada ratusan tahun yang lalu. Perbedaan antara bubur India dan bubur biasa, ternyata terletak pada bumbunya. Kuliner Semarang ini kaya akan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, serai, kayu manis, daun salam, wortel dan santan.

Bumbu tersebut dicampur menjadi satu dengan beras yang di aduk kurang lebih satu jam di atas tungku. Sementara itu, resep pembuatan kuliner ini sendiri memang berasal dari India.

Pada tahun 1800an, komunitas orang Koja atau pedagang dari India memasuki wilayah pesisir pantai Semarang. Mereka menetap di suatu tempat yang saat ini dikenal dengan kampung Petolongan. Lalu, mereka mulai memperkenalkan bubur India kepada masyarakat sekitar.

Petis Bumbon yang Menggoda Selera

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/anggundiary

Pada saat ramadhan, rasanya kurang afdhol jika Kamu tak menyantap kuliner Semarang yang satu ini. Petis bumbon adalah makanan dengan olahan telur bebek yang di bumbui dengan sambal goreng. Uniknya, sambal goreng yang dibuat berbeda dengan sambal pada umumnya. Letak perbedaanya terdapat pada petis ikan banyar dan rempah yang menjadikan kuliner ini lezat untuk disantap.

Setiap dugderan dan ramadhan, Kuliner Semarang ini laris manis diburu oleh masyarakat. Jika kamu ingin mencicipi makanan khas ini, tidak usah khawatir! Makanan ini bisa ditemukan di kawasan pasar Johar Semarang.

Ketan Biru yang Manis, Cocok untuk Takjil

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/dianbachir

Yang tak kalah menariknya dengan Kuliner Semarang lainnya adalah ketan biru. Jajanan ini sangat cocok untuk dijadikan takjil pada saat berbuka puasa.

Bagaimana tidak, rasanya yang manis dan juga lembut sangat menggoda selera. Berbahan dasar ketan yang di kukus kemudian diberi pewarna makanan lalu ditaburi serundeng, membuat makanan ini laris manis di pasar.

Kamu bisa berburu kuliner yang satu ini di sudut-sudut pasar kota Semarang. Tak sulit untuk menemukan jajanan yang satu ini. Harga untuk satu buah ketan biru ini juga cukup terjangkau untuk kantongmu.

Bakso Babat Agung

Bakso Babat Agung Semarang
foto: www.instagram.com/baksobabatagung

Pada bakso di Semarang terdapat salah satunya yang bentuknya unik ada di warung bakso babat agung. Biasanya, bakso itu disajikan dengan kuah yang lezat dan berbentuk bulat. Namun, warung yang berada di Jl. Wahidin no. 86 A, Semarang menyajikan inovasi bentuk bakso yang berbeda.

Namanya adalah Volcano bakso misterius. Menurut pemilik, nama itu muncul berdasarkan bentuknya yang mirip dengan gunung yakni berbentuk kerucut. Akan tetapi, kerucut bakso tersebut adalah pangsit. Jadi di dalamnya terdapat banyak sekali bakso kecil-kecil yang dibalut dengan kerupuk pangsit berbentuk kerucut. Sambel yang digunakan juga berbeda, kamu bisa menikmati sensasi sambal keju yang di balurkan ke seluruh permukaan bakso.

Tempat Nongkrong di Semarang

Kaum millenial sangat suka menghabiskan waktunya untuk bercengkrama dengan teman-teman. Baik membahas soal bisnis di masa depan, tugas-tugas kuliah, atau sekedar melepas penat. Untuk kalian yang berada di Semarang, ada beberapa tempat yang cocok untuk kongkow bareng dan menghabiskan waktu bersama.

Wisata Menarik Lainnya :  Raja Fashion Outlet, Wisata Belanja Andalan Bogor

Kaum muda pasti sangat suka dengan tempat nongkrong di Semarang yang nyaman dan asik. Dimana sajakah tempat-tempat itu? Yuk Simak ulasannya untuk kalian semua.

Taman Tabanas

Tempat Nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/fefeniaku

Jika kamu adalah orang yang suka kongkow di tempat yang indah, taman tabanas bisa jadi pilihannya. Lokasinya berada di bukit gombel atau tepatnya di Jl. Setia Budi No.12, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang. Dari atas bukit itu, kamu bisa melihat gemerlap cahaya lampu yang membuat nongkrong semakin asik.

Darimana asal nama taman tabanas ini? Ternyata nama taman tabanas ini di ambil dari iconic kota Semarang yang terkenal. Tugu Tabanas yang menjulang tinggi dengan ceret dipuncaknya adalah simbol gerakan menabung nasional. Menarik bukan?

Nah, biasanya kalau berkumpul bersama teman-teman tak lengkap rasanya jika tak ada camilan yang menyertai. Di tempat wisata Semarang ini ada beberapa penjual yang menyajikan roti, pisang, dan camilan lainnya. Harganya juga nyaman di kantong dan tempat nongkrong di Semarang ini bisa jadi salah satu pilihan terfavorit.

River View Cafe

tempat nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/rvcafe_24

Tempat nongkrong di Semarang yang satu ini berada di pusat kota. Mudah di jangkau dengan akses yang gampang dan berada di lokasi strategis, membuat River View Cafe tak pernah sepi pengunjung. Orang-orang dari berbagai wilayah sangat senang menghabiskan waktu di tempat wisata Semarang ini. Kalian juga bisa memilih tempat tongkrongannya yang berada di indoor ataupun outdoor.

Interior yang wah, membuat para pengunjung betah. Tak hanya untuk sekedar nongkrong, biasanya pengunjung juga memanfaatkan tempat ini untuk meeting. Sementara soal harga, masih relatif murah untuk cafe yang berada di pusat kota. Lokasi tepatnya berada di Jl. Kh. Ahmad Dhahlan No.6 Semarang.

Goodfellas

tempat nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/goodfellasresto

Para Millenials pasti sudah tak asing lagi dengan tempat nongkrong di Semarang yang satu ini dong ya. Goodfellas, adalah salah satu tempat nongkrong yang asik buat kamu yang ingin menghabiskan waktu karena penat seharian bekerja, atau sekedar ngobrol bersama teman-teman serta menikmati kuliner Semarang yang modern. Kalau kamu lihat depan resto and bar nya, sekilas seperti bangunan yang sudah sangat tua. Tapi, jangan salah! Interior di dalamnya begitu menawan.

Tak hanya asik dijadikan tempat nongkrong, ternyata Goodfellas juga menyediakan spot-spot foto yang instagramable. Pastinya tambah betah nongkrong di sini dong ya. Soal harga, sesuai dengan tempatnya, Goodfellas menyediakan berbagai menu dengan harga standart ala cafe. Sementara untuk lokasinya berada di Jl. Gajah Mungkur Selatan No.11, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

Taman Indonesia Kaya

tempat nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/zully_ganjana_095

Tak jauh dari Simpang Lima, ada satu tempat wisata Semarang yang sangat asik untuk kongkow bersama teman-teman. Tempat nongkrong di Semarang ini bernama Taman Indonesia Kaya. Sebuah taman kota yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk sekedar melepas penat.

Malam hari, tempat ini sangat indah karena banyak lampu-lampu hias terpasang di setiap sudutnya. Romantismenya pun sangat terasa.

Tak usah merogoh kocek terlalu dalam, kamu hanya perlu membayar parkir kendaraan saja jika ingin menghabiskan waktu di tempat ini. Di sekitar lokasi juga ada beberapa penjual mekanan yang menjajakan jajanan enak. Tapi ingat! harus tetap menjaga kebersihan lingkungan ya.

Sementara itu, setiap malam minggu biasanya tempat ini digunakan sebagai acara-acara tertentu. Misalnya saja pentas seni, atau acara yang lainnya. Masyarakat umum juga bisa menyaksikannya secara gratis.

Han’s Coffee

Masih berada di pusat kota, ada satu tempat ngopi yang cukup legendaris. Han’s Coffee terletak di Jl. Kertanegara VI, Pleburan, Kota Semarang. Nuansa yang rindang di bawah pohon-pohon membuat tempat ini menjadi salah satu favorit masyarakat terutama para mahasiswa.

Han’s Coffe menyedikan berbagai macam kopi nusantara dan berbagai camilan untuk dinikmati sembari bercengkrama bersama dengan sahabat. Tempat nongkrong di Semarang ini tak pernah sepi pengunjung. Kamu bisa datang ke sini pada kapan pun. Karena tempat ini buka selama 24 jam. Hmmm… menarik ya.

The Tavern

tempat nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/thetavernsmg

Suasana nongkrong di ketinggian kota Semarang menjadi salah satu hal unik yang ditawarkan dari the tavern. Tempat yang asik dan nyaman dengan interior mewah akan membuat mu semakin betah berlama-lama di tempat ini. Lokasinya berada di Jl. Rinjani No.1, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang.

Tempat nongkrong di Semarang yang satu ini tak hanya menyuguhkan keindahan kota atlas dari atas. Namun, menu-menu yang ditawarkan juga menggugah selera. Hidangan seperti steak, spaghety nasi goreng banyak diminati oleh pengunjung karena rasanya sangat lezat. Harganya juga relatif seperti cafe pada umumnya.

Joglo Agung Resto and Gallery

tempat nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/jogloagung

Bergeser sedikit ke Semarang atas, ada tempat nongkrong di Semarang yang tak kalah asiknya. Joglo Agung Resto and Gallery berada di Jl. Lemah abang, km. 3.6 Bandungan Semarang.

Resto ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Biasanya, pengunjung memilih lokasi indoor karena pemandangannya yang syahdu. Bagaimana tidak, letaknya berada di kawasan bukit dengan view yang indah.

Uniknya, tak hanya pemandangan alamnya saja yang keren, tempat wisata Semarang ini juga memamerkan koleksi barang antik yang dijual di resto ini. Jadi tak hanya makanan saja, kamu juga bisa membawa pulang barang-barang antiknya. Untuk harga makanan dan minuman sangat terjangkau dan ramah di kantong. Harganya mulai dari Rp 15.000,- hingga Rp 50.000,-

Retro Cafe

Tempat nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/santiipuspita

Masih berada di kawasan kota Lama Semarang. Ada sebuah cafe bernama retro cafe. Tempat Nongkrong di Semarang satu ini letaknya berada di belakang Gereja Bleduk kawasan Kota Lama Semarang.

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak, suasana yang ditawarkan adalah retro. Banyak hiasan dan pernak-pernik jaman dulu kala terpajang di tempat ini. Millenials akan sangat betah jika menghabiskan waktunya di sini karena tempat ini menyediakan free wifi dan beberapa both photo. Sehingga bisa menambah feed sosial media mu kan.

Tempat nongkrong di Semarang ini dibukan pada tahun 2014. Awalnya, cafe ini dibuka hanya untuk diskusi pada komunitas-komunitas di Semarang. Namun, lama-kelamaan disulap menjadi tempat nongkrong yang bagus.

Leon Cafe

Leon Cafe
foto: instagram.com/bliss.project

Saat nongkrong memang paling asik adalah mencari cafe di Semarang dan direkomendasikan untuk kamu kunjungi ketika berlibur ke kota Semarang adalah Leon Cafe. Rekomendasi Cafe di Semarang yang satu ini memiliki nuansa desain ruang minimalis namun mewah dan elegan. Disini kamu bisa memilih sendiri apakah ingin duduk di indoor atau outdoor.

Leon cafe dikatakan sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto yang Instagramable karena mereka menggunakan kursi-kursi yang terbuat dari kombinasi metal dan kayu sehingga memiliki ciri khasnya tersendiri. Selain itu cafe yang satu ini juga melengkapi tempatnya dengan bar yang bisa dijadikan sebagai spot foto bagi para pengunjungnya.

Cafe ini berlokasikan di Jl. Sisingamangaraja No. 19C Wonotingal, kec. Candisari, kota Semarang.

Tempat Penginapan Semarang

Lagi asik liburan atau staycation pasti penginapan merupakan komponen penting untuk di penuhi. Banyak sekali penginapan berupa hotel di Semarang. Tak mau kalah pastinya sangat banyak villa di bandungan yang menjadi target untuk menginap.

Yuk intip rekomendasi penginapan terdekat di Semarang berikut ini.

Villa Karang Kedempel

Villa Karang Kedempel
foto: instagram.com/villakarangkedempel_bandungan

Villa di Bandungan ini mempunyai suasana yang sangat cozy. Pasalnya dinding kamar disusun dari batu bata dengan permukaan halus. Villa ini mempunyai 3 kamar, dengan 5 tempat tidur dan tiga kamar mandi. Dari luar, villa ini mempunyai bentuk rumah joglo. Hal lainnya yang membuat villa ini semakin cozy adalah interior yang didominasi oleh material kayu.

Villa Karang Kedempel merogoh kocek sebesar Rp. 1.500.000 per malam. Villa ini mempunyai kapasitas sampai 10 orang dengan space yang sangat luas. Villa ini berlokasi di dekat pasar wisata Bandungan, umbul Sidomukti dan lokasi menarik lainnya. Lokasi sangat nyaman bagi Anda yang menginginkan penginapan dengan tema keluarga, alam, dan ketenangan.

Efrata Retreat & Camping Hill

Efrata Retreat & Camping Hill
foto: instagram.com/efratahill

Jika kamu mencari Villa di Bandungan yang mempunyai suasana yang hijau, Villa 1 Efrata bisa jadi pilihan kamu. Villa ini mempunyai desain interior yang modern. Space kamar di villa ini pun luas, cocok untuk kamu yang hendak membawa keluarga dengan anak kecil. Terdapat 2 tempat tidur di villa ini.

Di luarnya, terdapat playground yang bisa dipakai untuk anak kecil bermain. Terdapat kulkas dan AC di dalam villanya. Kebersihan villa ini pun sangat terjaga. Villa ini seharga Rp. 450.000 per malamnya dengan kapasitas 5 orang.

Homestay Omah Tentrem

Homestay Omah Tentrem
Homestay Omah Tentrem

Homestay ini berada di Jl. Penyu Utara no. 27 Sabantengan, Ungaran. Walaupun berada di Ungaran, akses transportasi untuk ke Bandungan mudah dan dekat. Penginapan Villa di Bandungan ini mempunyai dapur yang luas, sangat cocok jika kamu dan teman-temanmu hendak seru-seruan masak.

Villa Gardenia Bandungan

Villa Gardenia Bandungan
Villa Gardenia Bandungan

Gardenia Villa merupakan villa yang super besar dengan kapasitas 16 orang. Untuk ruangan yang disediakan ada 5 kamar tidur, dengan 9 tempat tidur dan 5 kamar mandi. Sehingga Villa di Bandungan ini bisa menampung hingga 16 orang untuk kapasitas standart. Halaman belakang yang berada di villa ini pun luas sehingga dapat digunakan untuk kegiatan outbond.

Jika kamu punya rencana untuk mengajak keluarga besar staycation, villa ini cocok banget untuk acara keluarga besar. Jika kamu menyukai olahraga tenis meja, kamu pasti akan suka dengan fasilitas yang disediakan. Ya, villa ini menyediakan tennis meja di teras belakangnya. Biaya untuk menyewa villa ini adalah Rp. 2.600.000 per malamnya.

Villa Joglo Ngunut Bandungan

Villa Joglo Ngunut Bandungan
Villa Joglo Ngunut Bandungan

Seperti namanya, Villa di Bandungan ini berbentuk rumah joglo. Untuk kamu yang suka wisata budaya, pasti suka dengan villa ini. Pasalnya interior dari rumah ini didominasi oleh material dari kayu sehingga menguatkan kesan tradisional rumah joglo ini. Villa ini berkapasitas 15 orang, dengan 3 kamar tidur dan kasur ukuran queen bed. Terdapat 1 ruangan besar yang dapat digunakan untuk tidur dengan kapasitas 10 orang.

Di halamannya, tersedia alat barbeque yang cocok banget untuk acara tahun baru. Lokasi villa ini berada kurang lebih 500 meter dari Pasar Bandungan. Untuk menyewa villa ini per malamnya dikenakan biaya Rp 1.250.000. Di sekitaran villa ini pun ada kolam ikan yang membuat kamu lebih nyaman untuk relaksasi

Ada beberapa alasan kenapa Villa di Bandungan bisa jadi pilihan terbaik untuk staycation kamu.

  • Suasana yang Baru
    Villa mempunyai suasana yang homey. Walaupun suasananya homey bukan berarti sama dengan rumah yang biasa kita tinggali sehari-hari. Villa punya kharismanya sendiri, yang membuat villa adalah tempat pelarian yang tepat dari rutinitas sehari-hari, namun juga punya suasana yang nyaman. Apalagi jika kita memilih untuk tinggal di villa yang mempunyai kesan tradisional.
  • Ciptakan kegiatan seru
    Kegiatan yang bisa dilakukan di villa sangat banyak. Pada umumnya, kegiatan seru ini meliputi BBQan bersama keluarga, ataupun movie marathon. Jika kamu menginap di villa yang mempunyai halaman luas, kamu bisa banget mencanangkan kegiatan outbound. Dengan begini, keterikatan kamu dengan teman staycation-mu akan semakin erat.
  • Piknik dengan Masakan sendiri
    Memasak merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Asiknya lagi, jika masak sendiri kamu dapat bereksperimen sesuka yang kamu mau. Kamu dapat menyesuaikan masakan dengan profil rasa yang sesuai dengan lidahmu. Jika masakan siap dihidangkan, jangan bawa masakan itu ke meja makan.
    Cobalah gelar tikar ataupun alas di halaman villa staycation-mu. Kamu tidak harus terburu-buru untuk menyantap makanan ini, kamu dapat menyantapnya sembari menyetel musik, maupun membaca buku. Jika kamu ingin lebih merasakan nikmat hidangan yang kamu buat, kamu dapat menyantapnya sembari melihat pemandangan ataupun menatap langit.
  • Karaoke
    Semua orang pasti punya lagu favorit. Walaupun tidak semua orang bisa bernyanyi dengan bagus, tapi semua orang dapat bernyanyi. Dengan bermodal mikrofon dan speaker, kamu dapat mengadakan pesta karaoke kecil-kecilan. Jika kamu sedang staycation dengan teman alumnimu, cobalah masukkan lagu-lagu kenangan ke playlist karaoke-mu. Dengan begini semua orang pun akan ikut bernyanyi dan membawa kegembiraan. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu warga sekitar ya.
  • Dokumentasi
    Dokumentasi merupakan hal penting yang kadang suka dilupakan ataupun dilebih-lebihkan. Bagaimanapun dokumentasi merupakan hal baik untuk dilakukan, dengan begitu suatu saat kamu dapat melihat foto ataupun video yang memberikan rasa nostalgia menyenangkan. Walaupun begitu, jangan lupa juga untuk menikmati momen saat itu juga.

Gimana? Sudah terinspirasi untuk melakukan staycation?

Wisata Semarang Terbaru dan Instagramable

Bila hendak berwisata ke Semarang, pastilah terbayang dengan bangunan khas peninggalan kolonial Belanda. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, terdapat pula tempat wisata Semarang lain yang tak kalah menarik.

Berencana atau sedang berlibur di Semarang tetapi bingung mau ke tempat wisata yang mana? Rekomendasi tempat wisata Semarang terbaru kali ini mungkin dapat menjadi pilihan untuk wisata setelah merasakan penatnya kesibukan. Kira-kira apa saja? Kalau ingin tahu yuk cek selengkapnya di bawah ini!

Saloka Theme Park

Saloka Theme Park
Saloka Theme Park

Tempat wisata Semarang terbaru ini diberi nama Saloka Theme Park lantaran pemilik terinsipirasi pada sebuah legenda Rawa Pening. Legenda ini menceritakan mengenai karakter Baru Klinting yang merupakan seekor naga hijau yang bisa berbicara.

Ketika mampir ke Saloka Semarang ini, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangannya yang hijau. Suasananya begitu segar dengan deretan pepohonan rindang yang meneduhkan. Di Tempat wisata Semarang ini, kebanyakan wisatawan melakukan kegiatan hunting foto ketika baru pertama kali sampai di sini.

Di atas lahan seluas 18 hektar, wisatawan akan disuguhkan 25 wahana yang terbagi menjadi 4 zona. Empat zona tersebut yakni zona pesisir, zona balalantar, zona segara prada, dan juga zona araya.

Di dalam keempat zona tersebut, wisatawan akan menemukan berbagai wahana yang akan membuat liburan semakin menyenangkan serta menantang.

Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa atau Benteng Fort Willem I adalah sebuah benteng yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah, Indonesia. Benteng ini dibangun pada tahun 1827 oleh Belanda untuk melindungi daerah ini dari serangan musuh.

Benteng tempat wisata Semarang terbaru ini terletak di atas bukit yang memiliki pemandangan yang indah ke sekitar kota Ambarawa. Di dalam benteng terdapat museum yang menyimpan berbagai macam artefak dan dokumen sejarah tentang perang dunia kedua yang terjadi di Indonesia.

Benteng Pendem Ambarawa merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Tengah dan merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para pengunjung yang ingin mengetahui sejarah Indonesia lebih lanjut.

Desa Wisata Kandri

Tempat Wisata di Semarang Desa Kandri
foto: instagram.com/wisatasemarang

Belum banyak orang tahu tentang desa wisata Kandri di Semarang yang menyimpan berbagai keunikan. Desa ini terletak di Gunung Pati, Semarang. Penduduk di Desa Kandri yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani ini masih memegang teguh keaslian tradisi dan budayanya. Selain bertani, penduduk Desa Kandri juga aktif dalam kerajinan batik, sulam, dan budidaya belut.

Tak hanya tradisi dan budaya penduduknya yang menarik bagi para wisatawan, Desa Kandri juga memiliki obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Brown Canyon

Brown Canyon
foto: instagram.com/hvic_32

Siapa yang tak kenal dengan Grand Canyon yang begitu iconic di Amerika? Tebing tinggi terjal yang serupa dengan Grand Canyon pun ada di Indonesia, tepatnya di Pucang Gading Mranggen, Semarang.

Brown Canyon adalah lahan atau tempat penggalian tanah urug, pasir, dan batu padas yang sudah berumur 10 tahun. Siapa sangka jika tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata menarik khususnya untuk anak-anak muda yang senang berburu foto guna dipamerkan ke media sosial.

Banyak yang bilang bahwa tempat wisata Semarang terbaru yang satu ini mirip seperti Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Lokasi lebih tepat dari Brown Canyon adalah di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Untuk bisa menikmati segala pesona Brown Canyon kamu akan dikenakan biaya yang sangat murah yaitu sebesar Rp 2.000 saja per orang. Sementara jam operasionalnya tempat wisata hits Semarang ini tidak mempunyai ketentuan resmi karena merupakan tempat penambangan batu yang bisa dikunjungi para penambang kapan saja.

Namun waktu terbaik untuk bisa mendapatkan foto atau suasana yang maksimal kamu bisa mengunjunginya saat sore hari karena matahari sudah tidak terlalu terik.

Brown Canyon ini begitu hits di kalangan anak muda, terutama bagi komunitas fotografi. Sebenarnya, Brown Canyon bukanlah tebing hasil pahatan alam, melainkan terbentuk dari kegiatan pertambangan selama 10 tahun lamanya.

Meski begitu, tak mengurangi keindahan pemandangan tebing yang menjulang tinggi itu sedikit pun. Justru, sangat sayang dilewatkan jika tidak berfoto ria di area ini.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
foto: instagram.com/tsura975

Tidak hanya Brown Canyon yang asyik untuk berfoto ria, Candi Gedong Songo yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Hindu ini pun memiliki banyak spot foto yang begitu instagramable.

Nama Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya bangunan sembilan, karena memang terdapat 9 buah candi di dalam kompleks tersebut. Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menjadikan area ini memiliki udara yang sejuk.

Selain bangunan dan gaya arsitekturalnya, wahana lain yang ada di area tempat wisata Semarang terbaru ini pun berhasil menarik wisatawan, seperti adanya pemandian air panas, outbound, berkuda, area perkemahan, dan 35 spot foto estetik.

Pantai Maron, Pantai Tirang, Pantai Marina, dan Pantai Baruna

Pantai Maron Semarang
foto: instagram.com/lidra_rezanew

Tempat wisata Semarang terbaru yang memiliki suasana eksotis hutan mangrove di Pantai Maron menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pantai Maron terletak di sekitar Muara Sungai Silandak yang merupakan deretan pantai wisata Semarang.

Tak jauh dari Pantai Maron terdapat pula pantai lain yang bernama Pantai Tirang. Letak Pantai Tirang sangat dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang sehingga dapat dikatakan bahwa pantai ini merupakan pantai yang sangat strategis, walaupun akses kesana masih berbatu.

Sembilan kilometer dari bandara Ahmad Yani, terdapat pula obyek wisata pantai yang merupakan hasil reklamasi, yaitu Pantai Marina. Dulunya, Pantai Marina merupakan hutan bakau dan area tambak. Namun, kini telah dijadikan pusat rekreasi, bahkan sebagian hasil reklamasinya dijadikan area pertokoan dan perumahan.

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Baruna tergolong unik karena tidak memiliki hamparan pasir, melainkan dikelilingi oleh ilalang dan bebatuan, serta kontur yang curam. Pantai Baruna terletak di sisi timur pantai Marina.

Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedongsongo
foto: instagram.com/xoupatmo

Ayanaz Gedong Songo adalah salah satu tempat wisata hits dan terkenal di Semarang yang mengusung konsep kekinian. Tempat wisata hits Semarang ini mempunyai banyak sekali aneka spot foto yang instagramable dan kece sehingga akan sangat cocok jika digunakan untuk menghiasi feed media sosial.

Lokasi atau alamat tempat wisata Ayanaz Gedong Songo ini ada di Krajan, Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jika berkunjung ke tempat wisata Semarang terbaru ini pun kamu tidak perlu khawatir menyiapkan budget yang besar karena untuk tiket masuknya saja dibanderol dengan harga sangat terjangkau yaitu Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per orang. Sementara jam operasional, Ayanaz Gedongsongo buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.

Cimory On the Valley

Cimory On the Valley
foto: instagram.com/mark.skincare

Cimory On the Valley merupakan tempat wisata Semarang terbaru yang mengangkat konsep restoran keluarga. Di tempat wisata hits Semarang ini kamu tidak hanya akan disuguhkan hidangan lezat tetapi juga berbagai macam wahana dan spot foto instagramable.

Salah satu wahana di Cimory On the Valley adalah mini zoo atau kebun binatang mini yang sangat cocok untuk anak-anak. Adapun Cimory Farm yang menawarkan sensasi menanam dan memanen sayur.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB saat hari Senin sampai Kamis dan 08.00-22.00 WIB saat hari Jumat sampai Minggu.

Sementara untuk bisa menikmati pesona Cimory On the Valley, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000, sebesar Rp 15.000 untuk Cimory Farm, dan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan beroda dua serta Rp 10.000 untuk kendaraan beroda empat.

Lokasi Cimory On the Valley ada di Jalan Soekarno Hatta Km 30, Kecamatan Bergas, Semarang, Jawa Tengah.

Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir eco Park-Bawen
foto: https://www.instagram.com/ungaran_squad/

Dusun Semilir Eco Park adalah salah satu tempat hiburan tematik di Semarang yang menyediakan banyak spot foto menarik instagramable sehingga akan sangat cocok untuk dikunjungi para pemuda yang gemar berselfie ria.

Konsep ecopark diterapkan di dusun Semilir. Bangunan bernuansa modern dengan mengedepankan material lokal digunakan dalam membranding kawasan ini. Tentunya kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan bila berkunjung ke sini adalah dengan berfoto dan selfie. Latar belakang yaitu area taman yang unik.

Di tempat wisata Semarang terbaru ini terdapat alun-alun Eropa lengkap dengan bangunan bergaya arsitektur Eropa. Ada juga trem sebagai salah satu transportasi populer di Eropa. Ada juga atraksi gondola, flamengo raksasa, perosotan warna-warni, dan berbagai atraksi menarik lainnya. Apabila kamu ingin berwisata kuliner maka dapat berkunjung ke Gunungan Resto dan Sepoi-Sepoi Food dan masih banyak lagi.

Untuk bisa masuk ke tempat wisata hits Semarang ini, kamu harus membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 8.000 untuk hari Senin sampai Jumat dan Rp 10.000 untuk hari libur atau akhir pekan. Sementara wisata kulinernya bisa kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 65.000.

Jam operasional tempat wisata Dusun Semilir Eco Park adalah 09.30-21.00 WIB saat hari Senin sampai Jumat dan 9.00-21.00 saat hari Sabtu dan Minggu.

Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan Soekarno Hatta No. 49, Bawen, Kecamatan Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah.

Taman Mini Mania

Taman Mini Mania
foto: instagram.com/wisatasemarang

Taman Mini Mania menghadirkan konsep kekinian yang menggunakan bangunan landmark dari beberapa negara di dunia. Tidak perlu jauh-jauh pergi mengunjungi luar negeri, di taman wisata Semarang terbaru ini dibuat miniatur beberapa landmark dan bangunan seperti menara Pisa, patung Liberty, menara Eiffel, Piramida Giza, Stonehenge, dan lain sebagainya.

Dengan alas berupa rerumputan hijau dan matahari terbenam akan semakin menambah uniknya posting Instagram kamu. Kawasan taman ini sebenarnya satu kawasan dengan Cimory on the Valley Semarang. Sehingga apabila kamu bosan dengan wisata instagramable, kamu dapat melakukan atraksi wisata lain di sini.

Taman Axelia

Taman Bunga Axelia
foto: instagram.com/sikaaaaaaaaaaa_

Hampir sama seperti taman Celosia, konsep taman Axelia juga menggunakan bunga-bunga warna warni ditunjang dengan landmark dari negara Belanda. Lokasinya berada di daerah Ambarawa di pinggir Rawa Pening. Nuansa air dari taman ini juga sangat terasa karena letaknya di pinggir rawa.

Selain itu di kawasan tempat wisata Semarang terbaru ini juga terdapat mini waterboom, ruang pertemuan, café dan restoran, dan berbagai fasilitas lainnya. Akan sangat menyenangkan bagi kamu dan keluarga untuk dapat berlibur bersama ke tempat ini.

Mangrove Maron Edupark

Mangrove Maron Edupark
foto: instagram.com/hsin_ins

Hutan mangrove ini terletak di dalam kota Semarang tepatnya di kawasan Tugurejo. Lokasinya sangat dekat dengan bandara Ahmad Yani. Di tempat wisata Semarang terbaru ini kamu dapat menikmati berjalan-jalan di atas deck dalam hutan bakau. Banyak yang datang ke sini karena ingin mendapatkan foto berlatar belakang kawasan pantai dan bakau.

Akan tetapi, kamu juga dapat merasakan wisata edukasi mengenal dan belajar lebih jauh tentang tanaman bakau juga habitat hewan yang hidup di dalamnya seperti burung, ikan, dan lain sebagainya.

Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini
foto: instagram.com/kendalhariini

Kebun ini terletak di daerah Kendal di dataran tinggi yang berbukit-bukit sebelah selatan kota Semarang. Perkebunan teh terletak di lereng gunung Ungaran dengan pemandangan bukit dan pegunungan yang masih asri. Wilayah ini sering berkabut.

Apabila berkunjung ke sini, kamu akan menemukan wisata kebun teh yang masih alami dan wisata perkemahan bagi penghobi berkemah. Mereka mendirikan tenda di sekitar kebun teh. Disini juga terdapat gua peninggalan penjajah Jepang.

River Tubing Genting

River Tubing Genting
foto: instagram.com/kendalhariini

Kegiatan tubing merupakan salah satu atraksi menarik bagi kamu yang ingin memacu adrenalin. River tubing Genting memiliki 13 jeram yang cukup berbahaya dan menantang untuk dijelajahi. Untuk mencapai titik start dari tubing, kamu dapat berjalan kaki sekitar 15 menit melewati hutan.

Setelah di titik mulai, kamu dapat menaklukkan sebanyak 13 jeram sepanjang aliran sungai berbatu selama sekitar 2 jam. Wisata ini tidak cocok dilakukan oleh anak-anak dan orang tua. Biasanya anak muda yang banyak melakukan kegiatan tubing tentunya diawasi oleh instruktur.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai rekomendasi tempat wisata Semarang. Semoga bisa bermanfaat khususnya untuk kamu yang ingin atau sedang berlibur ke Kota Semarang. Terima kasih dan selamat berlibur!

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Masjid Layur Semarang, Masjid Fenomenal Di Kampung Melayu

Semarang identik dengan wisata religinya yang menarik. Banyak wisatawan dari berbagai daerah sengaja melakukan...

Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Kota Lama Semarang juga sering disebut Outstadt atau Little Netherland oleh para wisatawan asing....

Masjid Agung Kauman Semarang, Masjid Tertua Dengan Arsitek Belanda

Liburan ke Semarang rasanya tidak akan cukup jika dihabiskan hanya dengan satu hari. Banyaknya...