setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

76 Tempat Wisata Semarang Menarik Setelah Pandemi

Tempat Wisata di Semarang Desa Kandri
Rate this post
Rate this post

Tempat wisata Semarang bisa dikatakan masih kalah pamor dengan wisata Bali, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta di mata wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Namun, Semarang merupakan salah satu destinasi terfavorit di pulau Jawa. Jika ditelusuri lebih jauh, Semarang memiliki berbagai keunikan di dalamnya. Mulai dari bangunan sejarah, keindahan alam, dan tempat wisata yang sengaja dibuat pun sangat menarik untuk dijadikan sebagai tujuan wisata berlibur.

Seakan tak mau kalah dengan Bali, Semarang pun memiliki 4 wisata pantai dan wisata candi yang ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu, Semarang juga memiliki Kota Lama yang atmosfernya sangat mirip dengan Kota Tua milik Jakarta. Menarik, bukan?

Asal – Usul Semarang

Seperti kata pepatah “Tak kenal, maka tak sayang“, maka sebelum menggali lebih dalam tentang kekayaan wisata Semarang, alangkah lebih baik kita berkenalan dulu dengan ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Nama “Semarang” tercetus oleh Ki Ageng Pandanaran I. Hal itu berawal dari kedatangan beliau di pulau Tirang. Beliau tertarik pada pandangannnya akan pohon asam yang jarang-jarang dan tumbuh saling berdekatan. Hingga terbentuklah kata Semarang yang merupakan gabungan dari kata “sem”, yang berarti “asam/pohon asam”, dan “arang”, yang berarti “jarang”.

Daftar Tempat Wisata Semarang Terhits

Bila hendak berwisata ke Semarang, pastilah terbayang dengan bangunan khas peninggalan kolonial Belanda. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, terdapat pula tempat wisata di Semarang lain yang tak kalah menarik.

Selain obyek wisata bersejarah, Semarang juga kaya akan obyek wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja obyek wisata Semarang? Yuk simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Lawang Sewu

Alamat : Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah. Lihat Map
Jam Buka : 08:00 s.d 21:00
Harga Tiket : Berkisar antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 30.000. Harga ini belum termasuk tour guide dari objek wisata Lawang Sewu.

Gambar Lawang Sewu Semarang
foto: instagram.com/aslisemarang

Gedung peninggalan masa penjajahan pemerintah kolonial Belanda ini memiliki gaya dan arsitektur yang sangat menarik untuk dinikmati. Nama tempat wisata Semarang ini ialah Lawang Sewu sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti pintu seribu, karena memang gedung ini memiliki jumlah pintu yang begitu banyak.

Gedung Lawang Sewu merupakan saksi bisu atas kekejaman Belanda terhadap warga pribumi di masa itu. Dalam gedung itu terdapat ruang bawah yang dahulu dijadikan sebagai penjara bagi warga pribumi yang memberontak.

Hal tersebut menambah kesan mistis nan angker pada gedung ini. Meski begitu, tidak menyurutkan para wisatawan untuk menjadikan Lawang Sewu sebagai destinasi berwisata saat berkunjung ke Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong

sam po kong
foto: instagram.com/skinetgelato

Tempat wisata Semarang yang berlokasi di Jalan Simongan Raya 129 ini dikenal pula dengan nama Gedung Batu. Dengan desain dan suasana yang serba merah dan sangat kental dengan tradisi Tionghoa, klenteng ini mampu menciptakan suasana berbeda bagi para pengunjung, yakni seolah sedang berada di negeri tirai bambu.

Konon, klenteng Sam Poo Kong ini merupakan peninggalan seorang Muslim Tionghoa yang bernama Laksamana Cheng Ho atau Zheng He. Walaupun Laksamana Cheng Ho diketahui beragama Islam, namun warga setempat menganggapnya sebagai leluhur yang harus dipuja, sehingga tempat ini kini dijadikan sebagai tempat peribadatan umat Konghucu.

Baca lebih lanjut tempat wisata Semarang yang religius di 11 Wisata Religi Semarang yang Instagramable.

Desa Wisata Kandri

Tempat Wisata di Semarang Desa Kandri
foto: instagram.com/wisatasemarang

Belum banyak orang tahu tentang desa wisata Kandri di Semarang yang menyimpan berbagai keunikan. Desa ini terletak di Gunung Pati, Semarang. Penduduk di Desa Kandri yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani ini masih memegang teguh keaslian tradisi dan budayanya. Selain bertani, penduduk Desa Kandri juga aktif dalam kerajinan batik, sulam, dan budidaya belut.

Tak hanya tradisi dan budaya penduduknya yang menarik bagi para wisatawan, Desa Kandri juga memiliki obyek wisata Goa Kreo dan Waduk Jatibarang yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka dengan tempat wisata Semarang bernuansa air? Yuk coba tengok untuk Berburu 7 Wisata Air Terjun Semarang yang Paling Indah.

Brown Canyon

Brown Canyon
foto: instagram.com/hvic_32

Siapa yang tak kenal dengan Grand Canyon yang begitu iconic di Amerika? Tebing tinggi terjal yang serupa dengan Grand Canyon pun ada di Indonesia, tepatnya di Pucang Gading Mranggen, Semarang.

Brown Canyon ini begitu hits di kalangan anak muda, terutama bagi komunitas fotografi. Sebenarnya, Brown Canyon bukanlah tebing hasil pahatan alam, melainkan terbentuk dari kegiatan pertambangan selama 10 tahun lamanya. Meski begitu, tak mengurangi keindahan pemandangan tebing yang menjulang tinggi itu sedikit pun. Justru, sangat sayang dilewatkan jika tidak berfoto ria di area ini.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
foto: instagram.com/tsura975

Tidak hanya Brown Canyon yang asyik untuk berfoto ria, Candi Gedong Songo yang merupakan salah satu peninggalan kerajaan Hindu ini pun memiliki banyak spot foto yang begitu instagramable.

Nama Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya bangunan sembilan, karena memang terdapat 9 buah candi di dalam kompleks tersebut. Candi Gedong Songo berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut menjadikan area ini memiliki udara yang sejuk.

Selain bangunan dan gaya arsitekturalnya, wahana lain yang ada di area tempat wisata Semarang ini pun berhasil menarik wisatawan, seperti adanya pemandian air panas, outbound, berkuda, area perkemahan, dan 35 spot foto estetik.

Pantai Maron, Pantai Tirang, Pantai Marina, dan Pantai Baruna

Pantai Maron Semarang
foto: instagram.com/lidra_rezanew

Tempat wisata Semarang yang memiliki suasana eksotis hutan mangrove di Pantai Maron menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pantai Maron terletak di sekitar Muara Sungai Silandak yang merupakan deretan pantai wisata Semarang.

Tak jauh dari Pantai Maron terdapat pula pantai lain yang bernama Pantai Tirang. Letak Pantai Tirang sangat dekat dengan bandara Ahmad Yani Semarang sehingga dapat dikatakan bahwa pantai ini merupakan pantai yang sangat strategis, walaupun akses kesana masih berbatu.

Sembilan kilometer dari bandara Ahmad Yani, terdapat pula obyek wisata pantai yang merupakan hasil reklamasi, yaitu Pantai Marina. Dulunya, Pantai Marina merupakan hutan bakau dan area tambak. Namun, kini telah dijadikan pusat rekreasi, bahkan sebagian hasil reklamasinya dijadikan area pertokoan dan perumahan.

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Baruna tergolong unik karena tidak memiliki hamparan pasir, melainkan dikelilingi oleh ilalang dan bebatuan, serta kontur yang curam. Pantai Baruna terletak di sisi timur pantai Marina.

Tempat Wisata Semarang Romantis

Pesona yang Kece di Eling Bening

wisata semarang romantis di Eling Bening
foto: instagram.com/eling_bening

Eling Bening merupakan tempat wisata keluarga yang sejatinya adalah sebuah restoran. Letaknya ada di ketinggian bukit ngrawen Ambarawa, sehingga para wisatawan bisa melihat keindahan rawa pening dari kejauhan. Tak hanya itu, pelancong juga bisa melihat epic nya gunung-gunung di sekitar rawa pening. Background gunung Andong, Merbabu, dan Telomoyo akan menjadikan foto mu semakin kece.

Rute untuk menuju lokasi ini tidaklah sulit. Dari pusat kota Semarang jaraknya sekitar 36km. Kamu bisa menuju jl. Semarang-Solo, begitu sampai ke terminal Bawen, ambil kanan ke arah Ambarawa dan ikuti petunjuk jalan. Harga tiket masuk ke wisata ini adalah Rp. 18.000,-

Wisata Semarang Romantis di Bukit Gombel

wisata semarang romantis di bukit gombel
foto: instagram.com/kurniadilional

Tempat wisata Semarang romantis ini terletak di Bukit Gombel. Sebuah kawasat perbukitan yang menjadi pemisah antara Semarang atas dan Semarang bawah. Konon katanya, tempat ini penuh dengan cerita misteri. Namun demikian, keindahannya tak bisa diremehkan.

Pada saat siang hari, wilayah bukit gombel ini terkesan sepi. Wisatawan memilih untuk menikmati pemandangan kota Semarang dari atas bukit Gombel pada malam hari. Banyak resto yang berjejer di pinggir bukit sehingga pelancong dapat melihat lampu-lampu kota dari atas. Mereka menyebutnya dengan bukit bintangnya Semarang.

Menikmati Senja di Pantai Marina

Wisata Semarang
foto: instagram.com/ellamu_la12

Berburu senja bagi sebagian orang adalah kegiatan yang sangat mengasyikan. Tak usah jauh-jauh, kalian yang tinggal di Semarang bisa menikmati senja dengan epicnya di Pantai Marina.

Wisata Menarik Lainnya :  12 Rekomendasi Wisata Kuliner Semarang

Tak hanya itu, tempat wisata Semarang romantis ini juga menyuguhkan keindahan pesisir pantai yang bisa kamu nikmati dengan berkeliling naik kapal. Kamu akan dibawa untuk menyusuri birunya laut utara Jawa. Cukup dengan membayar Rp. 5000,- kamu bisa melihat sudut-sudut pantai Marina yang eksotis.

Hidangan Lezat di Kampung Laut

Wisata Semarang
foto: instagram.com/asnur_aji

Tempat wisata Semarang yang romantis ini berlokasi di dekat Puri Maerokoco Semarang. Kamu tak akan sulit untuk menemukan wisata kuliner yang satu ini. Sementara itu, dekorasi dari resto ini sangat epic dengan bangunan yang terbuat dari kayu. Pada malam hari, suasananya begitu romantis untuk makan malam bersama dengan pasangan.

Harga untuk setiap menu di tempat ini beragam mulai dari Rp 55.000 untuk makanannya dan Rp. 10.000,- untuk minumannya. Kamu bisa menikmati hidangan seafood yang lezat seperti kepiting asam manis, cumi goreng crispy, lobster, dan lainnya.

Taman Maerokoco yang Instagramable

Wisata Semarang
foto: instagram.com/widi_ot

Wisata yang menyuguhkan keindahan hutan bakau ini juga biasa disebut dengan TMIInya Jawa Tengah. Bagaimana tidak, selain menikmati keindahan hutan bakau, di dalamnya terdapat anjungan rumah tradisional dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. Ada sekitar 35 anjungan rumah khas dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Tempat wisata Semarang ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berfoto karena sangat instagramable. Selain itu, panorama senja di sore hari membuat tempat ini jadi wisata Semarang romantis yang terfavorit.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang
foto: instagram.com/narto.nar99

Kawasan Kota Lama memiliki bangunan-bangunan yang kental dengan arsitektur khas kolonial Belanda. Meskipun usia bangunan ini sudah mencapai 300 tahun, bangunan tersebut masih berdiri dengan kokohnya.

Saking kokohnya, bangunan yang menjadi tempat wisata Semarang ini bahkan masih difungsikan sebagai kantor, coffee shop, restoran ataupun museum. Bangunan megah di Kota Lama menjadi bukti kejayaan kota Semarang sebagai pusat perdagangan Indonesia di abad ke-18 dan 19.

Gereja Blenduk dan Jembatan Mberok merupakan sedikit contoh dari beberapa bangunan iconic yang ada di area Kota Lama. Selain sebagai situs sejarah, Kota Lama juga menarik sebagai spot untuk selfie.

Jika kamu pecinta tempat bersejarah, kunjungilah Tempat wisata Semarang bersejarah dengan bangunan iconic serta pengalaman menyenangkan.

Taman Bunga Celosia

Pesona Taman Bunga Celosia Bandungan
foto: instagram.com/rikasitinuraida

Taman Bunga Celosia Bandungan merupakan salah satu tempat wisata Semarang andalan yang terletak di daratan tinggi Ungaran. Dulunya objek wisata tersebut hanyalah hamparan bunga celosia saja, tetapi sekarang telah menjelma menjadi sebuah destinasi wisata yang memiliki segudang spot foto instagramable.

Ungaran adalah suatu daerah dimana pengunjung dapat merasakan hawa udara yang sejuk serta pemandangan yang sangat indah. Banyak orang yang belum mengetahui beberapa tempat wisata yang ada di daerah tersebut. 

Umbul Sidomukti

Wisata Semarang
foto: instagram.com/baban.sobarudin

Pesona alam Umbul Sidomukti tidak dapat dielakkan lagi. Kolam air sejuk yang airnya berasal langsung dari mata air, ditambah lagi jejeran pepohonan yang hijaunya memanjakan mata, serta udara yang menyegarkan paru dapat menjadi salah satu opsi destinasi untuk menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari.

Tidak hanya pesona alamnya, tempat wisata Semarang Umbul Sidomukti juga menawarkan aktifitas yang menantang adrenalin dan patut dicoba, seperti flying fox, paralayang, dan ATV. Untuk menikmati itu semua, kalian tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena biaya masuknya hanya 5.000 rupiah, sedangkan untuk tarif wahana berkisar antara 15.000-75.000 rupiah.

Tempat Wisata Semarang Kota

Kampung Pelangi

Kampung Pelangi
foto: instagram.com/anggun_zuliyaaa

Tempat wisata Semarang Kampung Pelangi ini adalah kawasan permukiman warga yang dicat warna-warni mulai dari warna merah, kuning, merah muda, biru, ungu, dan lain sebagainya. Warna-warna cantik tersebut menyatu dan kemudian pemandangan atau hasil perpaduan warnanya mampu memanjakan mata para pengunjung sehingga akan sangat cocok untuk dikunjungi anak muda yang gemar berburu foto.

Untuk bisa menikmati pesona dan berfoto ria di tempat wisata Semarang Kampung Pelangi, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk yang sangat murah yaitu Rp 3.000 saja per orang dan Rp 2.000 untuk biaya parkir.

Lokasi atau alamat tempat wisata Kampung Pelangi ini ada di Jalan Dr. Sutomo No. 89, Randusari, Semarang  Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Old City 3D Trick Art Museum

Old City 3D Trick Art Museum
foto: instagram.com/triyadi_hansen

Old City 3D Trick Art Museum adalah tempat wisata Semarang kota yang sedang naik daun karena mempunyai banyak sekali daya tarik. Tempat wisata ini menyuguhkan sensasi karya seni 3D yang akan sangat menyenangkan dan unik jika digunakan sebagai latar belakang foto dan kemudian dipamerkan di media sosial.

Bahkan pihak pengelola tempat wisata ini akan mengganti tema atau instalasi seninya selama 3 bulan sekali agar pengunjung tidak merasa bosan jika datang berkali-kali.

Untuk bisa masuk dan menikmati wisata Old City 3D Trick Art Museum, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per orang.

Jam operasional tempat wisata ini adalah mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB.

Alamat atau lokasi Old City 3D Trick Art Museum ada di Jalan Letjen Suprapto No. 28,  Tanjung Mas, Semarang Utara, Semarang, Jawa Tengah.

Pasar Semawis

Pasar Malam Semawis
foto: instagram.com/wisatasemarang

Pasar Semawis adalah salah satu tempat favorit untuk menghabiskan akhir pekan karena di sana kamu bisa kulineran sampai puas. Pasar ini lokasinya ada di sepanjang Gang Warung tepat di depan gapura pecinan Semarang.

Pasar yang berisi deretan stand jajanan lezat ini hanya buka pada hari Jumat sampai Minggu mulai pukul 18.00 sampai 23.00.

Jajanan yang ditawarkan di tempat ini sangatlah beragam mulai dari masakan Indonesia seperti nasi ayam, soto sapi, nasi gudeg, bubur, es puter, dan lain-lain sampai makanan seafood dan khas pecinan sekalipun.

Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang
foto: instagram.com/muhammadhafizhabrisam

Simpang Lima adalah kawasan ikon dari Kota Semarang. Di lokasi tempat wisata Semarang kota ini terdapat banyak aktivitas kota dan kegiatan hiburan. Terdapat tanah yang cukup luas di tengah-tengah Simpang Lima. Tanah luas tersebut juga dinamai sebagai Lapangan Pancasila yang seringkali digunakan untuk upacara pada hari nasional, tempat konser, pagelaran, atau event-event lain.

Simpang Lima akan dikunjungi oleh banyak orang ketika malam Minggu sampai Minggu pagi karena pada hari Minggu pagi biasanya akan dijadikan sebagai Car Free Day dan pasar dadakan. Barang yang diperjualbelikan saat pagi hari adalah jajanan, pakaian bekas maupun baru, dan lain sebagainya.

Tempat Wisata Kuliner Semarang

Cicipi Kue Coro yang Lembut dan Gurih

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/planetndeso

Kue ini hanya bisa kamu jumpai di pasae ramadhan Kauman atau di depan masjid kauman kota Semarang. Bentuknya bulat pipih dan terkadang sedikit gosong. Kue ini terbuat dari tepung gandum, tepung beras, telur dan ragi.

Rasanya akan sangat lezat jika dipadukan dengan kuah santan. Jajanan ini sekilas mirip dengan serabi. Teksturnya lembut dan rasanya gurih. Satu porsi kue ini dibanderol dengan harga Rp. 6000,- Pasar ramadhan dibuka mulai pukul 15.00 WIB, namun tak jarang jika terlalu sore, kue ini sudah ludes terjual. Jadi jangan sampai kehabisan ya!

Nikmatnya Kopi Arab yang Melegenda

Wisata Kuliner Semarang
foto: instagram.com/fazamuhammed

Tradisi unik minum kopi saat berbuka puasa hanya ada di Masjid Layur. Masjid ini terletak di jalan Layur, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara. Bagi masyarakat sekitar, minum kopi arab yang khas ditemani kurma adalah sebuat tradisi yang berlangsung selama puluhan tahun.

Selangkapnya tentang takjil yang mantap saat mengunjungi Semarang, lihat di Kuliner Semarang yang Legendaris Saat Ramadhan.

Taman Tabanas

Tempat Nongkrong di Semarang
foto: instagram.com/fefeniaku

Jika kamu adalah orang yang suka kongkow di tempat yang indah, taman tabanas bisa jadi pilihannya. Lokasinya berada di bukit gombel atau tepatnya di Jl. Setia Budi No.12, Ngesrep, Kec. Banyumanik, Kota Semarang. Dari atas bukit itu, kamu bisa melihat gemerlap cahaya lampu yang membuat nongkrong semakin asik.

Darimana asal nama taman tabanas ini? Ternyata nama taman tabanas ini di ambil dari iconic kota Semarang yang terkenal. Tugu Tabanas yang menjulang tinggi dengan ceret dipuncaknya adalah simbol gerakan menabung nasional. Menarik bukan? Nah, biasanya kalau berkumpul bersama teman-teman tak lengkap rasanya jika tak ada camilan yang menyertai. Di sana ada beberapa penjual yang menyajikan roti, pisang, dan camilan lainnya. Harganya juga nyaman di kantong dan tempat nongkrong di Semarang ini bisa jadi salah satu pilihan terfavorit.

Bagi kalian yang suka nongkrong, pasti butuh nih tempat wisata Semarang yang cocok banget untuk nongkrong.

Bakso Babat Agung

Bakso Babat Agung Semarang
foto: www.instagram.com/baksobabatagung
  • Jam Buka : 10.00 WIB – 21.30 WIB
  • Harga : Rp. 125.000 (untuk 4 orang)

Pada deretan 10 Kuliner Bakso di Semarang terdapat salah satunya yang bentuknya unik ada di warung bakso babat agung. Biasanya, bakso itu disajikan dengan kuah yang lezat dan berbentuk bulat. Namun, warung yang berada di Jl. Wahidin no. 86 A, Semarang menyajikan inovasi bentuk bakso yang berbeda.

Wisata Menarik Lainnya :  Berencana Liburan? Inilah Tempat Wisata Di Indonesia Yang Jarang Dikunjungi dan Wajib Dieksplor

Namanya adalah Volcano bakso misterius. Menurut pemilik, nama itu muncul berdasarkan bentuknya yang mirip dengan gunung yakni berbentuk kerucut. Akan tetapi, kerucut bakso tersebut adalah pangsit. Jadi di dalamnya terdapat banyak sekali bakso kecil-kecil yang dibalut dengan kerupuk pangsit berbentuk kerucut.Sambel yang digunakan juga berbeda, kamu bisa menikmati sensasi sambal keju yang di balurkan ke seluruh permukaan bakso.

Leon Cafe

Leon Cafe
foto: instagram.com/bliss.project

Deretan pada tempat wisata Semarang berupa Cafe Instagramable pertama yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi ketika berlibur ke kota Semarang adalah Leon Cafe. Rekomendasi Cafe di Semarang yang satu ini memiliki nuansa desain ruang minimalis namun mewah dan elegan. Disini kamu bisa memilih sendiri apakah ingin duduk di indoor atau outdoor.

Leon cafe dikatakan sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto yang Instagramable karena mereka menggunakan kursi-kursi yang terbuat dari kombinasi metal dan kayu sehingga memiliki ciri khasnya tersendiri. Selain itu cafe yang satu ini juga melengkapi tempatnya dengan bar yang bisa dijadikan sebagai spot foto bagi para pengunjungnya.

Cafe ini berlokasikan di Jl. Sisingamangaraja No. 19C Wonotingal, kec. Candisari, kota Semarang.

Destinasi Wisata Belanja Semarang

Pasar Johar

Wisata Belanja Semarang
foto: instagram.com/imelda_akmal

Pasar Johar merupakan wisata belanja Semarang yang sangat terkenal. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berburu berbagai macam baju. Harganya yang miring membuat para pelancong tertarik untuk menjelajahi pasar Johar. Namun, untuk berbelanja di tempat ini, kamu harus punya kesabaran yang ekstra karena di dalamnya tak tertata rapi seperti di mall.

Tapi kesabaran mu akan terbayar luas karena berbagai macam fashion yang disediakan dengan harga yang murah. Untuk menuju ke lokasi sangatlah mudah karena letaknya berada di pusat laut. Alamatnya berada di Jl. KH Agus Salim, Kauman, Semarang.

Kampung Batik

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/ami_thaytami

Tak hanya Pekalongan atau pun Solo saja, Semarang juga punya wisata belanja batik. Tepatnya berada di kampung Batik kecamatan Rejo Mulyo, Semarang Timur. Uniknya batik yang dijajakan merupakan hasil karya original dari pengrajin batik di kampung tersebut. Sehingga, motif yang di suguhkan begitu indah dan tidak pasaran.

Jika kamu tertarik untuk berwisata belanja Semarang tepatnya di kampung batik, kamu harus membawa uang yang cukup. Pasalnya, harga dari batik yang dijajakan di tempat ini sangat bervariatif. Setiap batik dibanderoal dengan harga mulai dari Rp.50.000,- hingga Rp 5 juta rupiah, Tergantung dengan motif dan kain yang ada di sana.

Untuk berbelanja di tempat ini, kamu juga harus perhatikan jam operationalnya. Jangan sampai tiba di sana dalam keadaan toko tutup. Jam bukanya adalah pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Jangan lupa juga untuk membawa oleh-oleh saat berwisata di Semarang. Untuk kamu yang sedang mencari tempat wisata Semarang yang cocok untuk membawakan buah tangan. Simak di 10 Pusat Oleh-oleh Semarang ini Wajib Kamu Datangi.

Pasar Seni Padangrani Kota Lama

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/meerahmi88

Selain fashion, para traveller juga suka dengan barang yang antik. Mereka kerap kali berburu barang yang kuno untuk dijadikan koleksi. Kalian bisa mengunjungi wisata belanja Semarang yang satu ini! Namanya adalah pasar seni Padangrani yang berada di area kota lama. Lokasi tepatnya berada di Jalan Letjen Suprapto, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara. Di tempat ini, kamu bisa menemukan radio lawas, pernak pernik tua dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu bisa menawarnya lho!

Beberapa barang yang dijual juga berasal dari seni karya seniman di Semarang. Menariknya lagi, tak hanya berburu barang antik, kamu yang punya hobi berfoto, tempat ini merupakan area yang cocok untuk mengabadikan gambar. Spot-spot foto yang kece bergaya ala vintage itu juga dikelola oleh pedagang sekitar. Setelah berfoto, kamu bisa memberikan upah sepantasnya kepada pengelola. Untuk jam operational tempat ini mulai dari pukul 8 pagi hingga jam 11 malam.

Fani House

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/homydress.id

Selanjutnya, yang tak kalah menarik di wisata belanja Semarang adalah berburu baju yang murah. Bagi para mahasiswa, terutama mereka yang kuliah di Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang, pasti sudah tak asing lagi dengan toko baju yang satu ini. Yups! toko baju yang sangat bersahabat dengan para mahasiswa ini bernama Fani Haouse.

Toko baju yang terkenal di kalangan mahasiswi ini mempunyai banyak cabang lho. Diantaranya berlokasi di dekat Undip yakni di Jl. KH. Sirajudin, Tembalang, Semarang. Satu lagi, kamu bisa menemukan gerai fashion ini di jalan Taman Siswa Semarang. Baju yang dijajakan di tempat ini sangat bervariasi dan up to date. Sehingga sangat cocok sekali dengan kantong para mahasiswa.

Kampoeng Semarang

wisata belanja semarang
foto: instagram.com/ilarizky

Yang cukup hits bagi pelancong yang ingin membeli oleh-oleh khas, kalian bisa berkunjung ke wisata belanja Semarang. Tempat ini bernama Kampoeng Semarang yang okasinya berada di Jalan Kaligawe Raya KM. 1, Tambakrejo, Gayamsari, Semarang Utara.

Kalian bisa menemukan berbagai macam camilan khas kota Semarang seperi kue mochi, lumpia, atau makanan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berbelanja kerajinan tangan seperti tas anyaman, topi anyaman dan juga ada beberapa koleksi baju yang menarik. Semua itu adalah hasil karya para UMKM setempat. Untuk harganya, jangan di tanya, pastinya terjangkau untuk kantongmu. Jam operasional tempat ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Rekomendasi Villa di Bandungan Semarang

Villa Karang Kedempel

Villa Karang Kedempel
foto: instagram.com/villakarangkedempel_bandungan

Villa di Bandungan ini mempunyai suasana yang sangat cozy. Pasalnya dinding kamar disusun dari batu bata dengan permukaan halus. Villa ini mempunyai 3 kamar, dengan 5 tempat tidur dan tiga kamar mandi. Dari luar, villa ini mempunyai bentuk rumah joglo. Hal lainnya yang membuat villa ini semakin cozy adalah interior yang didominasi oleh material kayu.

Villa Karang Kedempel merogoh kocek sebesar Rp. 1.500.000 per malam. Villa ini mempunyai kapasitas sampai 10 orang dengan space yang sangat luas. Villa ini berlokasi di dekat pasar wisata Bandungan, umbul Sidomukti dan lokasi menarik lainnya. Lokasi sangat nyaman bagi Anda yang menginginkan penginapan dengan tema keluarga, alam, dan ketenangan.

Efrata Retreat & Camping Hill

Efrata Retreat & Camping Hill
foto: instagram.com/efratahill

Jika kamu mencari Villa di Bandungan yang mempunyai suasana yang hijau, Villa 1 Efrata bisa jadi pilihan kamu. Villa ini mempunyai desain interior yang modern. Space kamar di villa ini pun luas, cocok untuk kamu yang hendak membawa keluarga dengan anak kecil. Terdapat 2 tempat tidur di villa ini.

Di luarnya, terdapat playground yang bisa dipakai untuk anak kecil bermain. Terdapat kulkas dan AC di dalam villanya. Kebersihan villa ini pun sangat terjaga. Villa ini seharga Rp. 450.000 per malamnya dengan kapasitas 5 orang.

Homestay Omah Tentrem

Homestay Omah Tentrem
Homestay Omah Tentrem

Homestay ini berada di Jl. Penyu Utara no. 27 Sabantengan, Ungaran. Walaupun berada di Ungaran, akses transportasi untuk ke Bandungan mudah dan dekat. Penginapan Villa di Bandungan ini mempunyai dapur yang luas, sangat cocok jika kamu dan teman-temanmu hendak seru-seruan masak.

Villa Gardenia Bandungan

Villa Gardenia Bandungan
Villa Gardenia Bandungan

Gardenia Villa merupakan villa yang super besar dengan kapasitas 16 orang. Untuk ruangan yang disediakan ada 5 kamar tidur, dengan 9 tempat tidur dan 5 kamar mandi. Sehingga Villa di Bandungan ini bisa menampung hingga 16 orang untuk kapasitas standart. Halaman belakang yang berada di villa ini pun luas sehingga dapat digunakan untuk kegiatan outbond.

Jika kamu punya rencana untuk mengajak keluarga besar staycation, villa ini cocok banget untuk acara keluarga besar. Jika kamu menyukai olahraga tenis meja, kamu pasti akan suka dengan fasilitas yang disediakan. Ya, villa ini menyediakan tennis meja di teras belakangnya. Biaya untuk menyewa villa ini adalah Rp. 2.600.000 per malamnya.

Villa Joglo Ngunut Bandungan

Villa Joglo Ngunut Bandungan
Villa Joglo Ngunut Bandungan

Seperti namanya, Villa di Bandungan ini berbentuk rumah joglo. Untuk kamu yang suka wisata budaya, pasti suka dengan villa ini. Pasalnya interior dari rumah ini didominasi oleh material dari kayu sehingga menguatkan kesan tradisional rumah joglo ini. Villa ini berkapasitas 15 orang, dengan 3 kamar tidur dan kasur ukuran queen bed. Terdapat 1 ruangan besar yang dapat digunakan untuk tidur dengan kapasitas 10 orang.

Di halamannya, tersedia alat barbeque yang cocok banget untuk acara tahun baru. Lokasi villa ini berada kurang lebih 500 meter dari Pasar Bandungan. Untuk menyewa villa ini per malamnya dikenakan biaya Rp 1.250.000. Di sekitaran villa ini pun ada kolam ikan yang membuat kamu lebih nyaman untuk relaksasi

Nah, itu tadi adalah tempat wisata Semarang rekomendasi yang mungkin bisa menjadi opsi destinasi berlibur kalian. Tak perlu terbang ke benua biru untuk menikmati bangunan megah khas negeri Belanda, bukan? Yuk ke Semarang saja!

Jangan lupa juga untuk melihat Tempat Wisata Semarang Terbaru untuk nikmati masa liburan saat pandemi kali ini.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks