Wisata Sejarah Hits Di Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Banyaknya tempat wisata maupun tempat nongkrong di Jakarta mampu menarik perhatian para wisatawan. Beberapa wisatawan dari berbagai kota rela datang ke Ibukota untuk menghabiskan akhir pekannya bersama keluarga tercinta.

Tidak hanya destinasi taman hiburan saja seperti Dunia Fantasia atau Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta juga menyimpan beberapa tempat menarik lainnya yang berhubungan dengan sejarah. Bicara soal sejarah tentunya tidak melulu membosankan.

Banyak destinasi sejarah yang wajib kita kunjungi di Jakarta salah satunya Kota Tua Jakarta. Wisata yang satu ini selalu saja eksis di kalangan para wisatawan. Dari namanya mungkin kita tau bahwa di sana kita akan menemukan suasana Jakarta tempo dulu dengan deretan bangunan tua juga bersejarah.

Kota Tua Jakarta ini memiliki lahan seluas 1.3 km persegi diantara Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Di sana kita akan menemukan berbagai hal-hal menarik seputar Jakarta.

Alamat Kota Tua Jakarta

Wisatawan yang ingin mengunjungi Kota Tua Jakarta ini bisa datang ke Kawasan Kota Tua, Taman Fatahillah No.1, RT.7/RW.7, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta 11110.

Berada di lokasi yang strategis membuat Kota Tua Jakarta ini mudah ditemukan oleh para wisatawan. Apalagi Kota Tua Jakarta ini merupakan salah satu wisata melegenda di Jakarta sehingga banyak wisatawan yang sudah mengetahuinya.

Jika dari arah Kota Bogor, kita bisa menaiki KRL dari Stasiun Bogor menuju Stasiun Jakarta Kota. Dari sana kita hanya perlu berjalan kaki sekitar 8 menit perjalanan. Wisatawan juga bisa melalui Jalan Sholeh Iskandar menuju Jalan Metro Pondok Indah.

Dari sana kita menuju ke Jalan Pantura lalu masuk ke Kawasan Kota Tua. Jarak tempuhnya dari pusat Kota Bogor sekitar 1 jam 40 menit perjalanan. Map klik disini.

Harga Tiket Masuk Kota Tua Jakarta

Untuk masuk ke Kota Tua ini kita akan dikenakan tiket sebesar Rp 5.000 per orang untuk orang dewasa, Rp 3.000 untuk mahasiswa dengan menunjukan kartu mahasiswanya, dan Rp 2.000 untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Ada juga beberapa tarif untuk menaiki sepeda ontel atau berfoto dengan para karakter yang ada di sana dibanderol mulai dari Rp5.000. Wisatawan yang ingin memasuki museum akan dikenakan tiket Rp 5.000 per orang setiap museum.

Kita juga akan dikenakan tiket parkir kendaraan yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Jam Buka Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta ini beroperasi setiap hari. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai pukul 06:00 sampai dengan pukul 22:00. Kota Tua Jakarta ini merupakan salah satu wisata dengan durasi operasional paling lama di Jakarta sehingga kita bisa leluasa menikmati akhir pekan menyenangkan di sana.

Spot Kota Tua Jakarta

2020 02 18
Googlemaps/Farhan Denigi

Dari pintu masuk Kota Tua ini kita akan disambut oleh beberapa spot foto dengan para karakter seperti kompeni, noni Belanda, pendekar perang, dan masih banyak lagi. Terlebih, kita akan disuguhkan oleh deretan bangunan yang dijadikan sebagai cagar budaya.

Setiap sudut dari Kota Tua Jakarta ini menyimpan sejarah ikoniknya tersendiri. Pada zaman penjajahan Belanda, Kota Tua Jakarta sering dijiuluki sebagai Permata Asia. Karena Kota Tua ini merupakan simbol kejayaan pada masa-masa kerajaan.

Suasana Kota Tua Jakarta ini masih mirip seperti Jakarta pada zaman dulu yang masih dikenal dengan nama Batavia. Segala bangunan dan ornamen yang ada di sana bergaya klasik yang akan membuat para pengunjung terpesona.

Selain berburu foto, di Kota Tua Jakarta juga kita bisa mencoba menaiki sepeda onthel yang merupakan salah satu kendaraan hits tempo dulu. Kita bisa berkeliling taman menaiki sepeda onthel sambil memakai topi. Di taman tersebut juga kita bisa menemukan burung dara yang begitu cantik.

Di sana juga kita bisa mampir ke deretan museum yang akan mengedukasi. Ada Museum Fatahillah yang menyimpan asal usul Jakarta, ada Museum Bahari yang menceritakan perkembangan nelayan di Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik yang menyuguhkan keindahan seni, Museum Wayang yang menyimpan berbagai koleksi wayang dari penjuru dunia, Museum Bank Indonesia dan juga Museum Bank Mandiri.

Wisatawan juga bisa kulineran di sana. Ada berbagai makanan khas Jakarta yang bisa kita temukan di sana mulai dari kerak telor, ketoprak, dodol betawi, dan masih banyak lagi. Bahkan kita juga bisa menemkan beberapa makanan zaman dulu seperti es potong dan lainnya.

Selain itu, wisatawan juga bisa mampir ke beberapa restoran dan cafe yang ada di Kota Tua Jakarta. Tidak hanya menyuguhkan makanannya saja yang menggiurkan, di sana juga kita bisa berburu banyak spot instagramable yang akan menghasilkan jepretan keren.

Wisatawan yang datang pada waktu sore hari menjelang malam wajib banget datang ke kawasan Kali Besar yang ada di sebelah Utara Kota Tua Jakarta. Di sana kita bisa menikmati matahari tenggelam dibalik keindahan kota metropolitan.

Kali Besar ini memiliki desain yang mirip dengan Sunagai heonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. Di sana juga kita bisa berburu spot foto menarik mulai dari taman apung, jembatan putih, patung-patung estetik, sungai yang dikelilingi bunga warna-warni, kursi yang berada di tepi danau, dan masih banyak lagi.

Fasilitas

Ada juga beberapa fasilitas lainnya yang menunjang seperti gazebo, pusat oleh-oleh, playground, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Tua Jakarta.

Wisatawan yang ingin melakukan bermalam di Jakarta bisa mengunjungi salah satu penginapan yang tidak jauh dari sana. Kita bisa mampir ke Mercure Jakarta Batavia yang berada di Jalan Kali Besar Timur No.44-46, Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11230.

Jarak tempuhnya dari Kota Tua Jakarta ini sekitar 6 menit perjalanan. Sementara itu, untuk penginapan di Mercure Jakarta Batavia ini dibanderol mulai dari Rp590.000 sampai dengan Rp680.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui websitenya di all.accor.com atau melalui nomor telepon 02150830100.

Wisatawan yang ingin melakukan liburan ke Ibukota, wajib mampir terlebih dahulu ke Kota Tua Jakarta. Tidak hanya rekreasi saja, di sana kita bisa menambah banyak edukasi terutama seputar Jakarta. Datang ke sana dijamin akan membuat akhir pekan lebih berkesan apalagi jika dikunjungi bersama orang tercinta.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.