Kampung Batik Semarang, Wisata Belanja Hingga Edukasi Batik di Kota

Kampung Batik Semarang

Kampung Batik Semarang ini cukup populer dengan mengusung wisata belanja hingga edukasi batik di kalangan para wisatawan.

Seperti yang kita tau, batik termasuk dalam salah satu kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Berbagai macam batik dari setiap daerah memiliki ciri khas tertentu yang berhasil menarik perhatian orang-orang. Beberapa kota yang terkenal akan batiknya yang mendunia seperti batik Pekalongan, batik Jogja, batik Cirebon dan juga batik Solo.

Tidak hanya sekedar kota-kota tersebut saja, batik juga bisa kita temukan di Semarang. Semarang memang dikenal sebagai salah satu kota yang menyimpan berbagai macam tempat yang cukup unik tentunya kental dengan budaya dan sejarahnya tersendiri.

Wisata di Semarang, wisatawan bisa menemukan salah satu tempat yang bisa mengenalkan batik lebih mendalam pada para wisatawan. Tempat tersebut bernama Kampung Batik Semarang.

Dulunya, Kampung Batik Semarang ini menjadi salah satu sentra kerajinan batik besar di era kolonial Belanda. Biasanya Kampung ini dikhususkan untuk para saudagar pembatik yang ingin memasarkan batiknya ke luar pulau Jawa.

Kampung Batik Semarang ini sempat berhenti beroperasi. Namun pada tahun 2005, mulai kembali beroperasi hingga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata terdekat yang memiliki konsep wisata budaya.

Daya Tarik Kampung Batik Semarang

Daya tarik utama ketika melakukan liburan di Semarang yaitu suasana teduh dan pesona alamnya Semarang yang begitu memukau. Begitu pula ketika wisatawan berlibur di Kampung Batik Semarang, wisatawan akan merasakan suasana yang nyaman.

2018 10 24
Foto via Googlemaps/Bani and Dea

Sesampainya di Kampung Batik Semarang ini wisatawan akan disambut oleh berbagai mural dengan motif batik khas Semarang. Selain itu, di gang tersebut juga wisatawan akan melihat sebuah gambar yang menceritakan terbentuknya Semarang melalui wayang beber.

Bahkan, ketika menyusuri gang tersebut, wisatawan juga akan menemukan salah satu sumur yang pernah digunakan untuk memadamkan api di Kampung Batik Semarang pada kejadian Pertempuran 5 Hari Semarang.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan sudut tersebut untuk berburu spot foto. Itulah sebabnya kita bisa menemukan jepretan keren di media sosial terutama Instagram. Hal tersebut membuat Kampung Batik Semarang semakin dikenal luas oleh para wisatawan.

Di Kampung Batik Semarang ini tentu saja wisatawan akan menemukan berbagai macam batik yang ada di setiap daerah khususnya Semarang. Selain itu, di sana juga kita bisa mencoba belajar membatik dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih alami. Wisatawan akan diberikan edukasi mengenai belajar menggunakan canting dan lainnya.

Menariknya, wisatawan juga bisa mendalami filosofi seputar batik. Kita akan diedukasi mengenai simbol-simbol tertentu dengan maknanya yang cukup mendalam. Rasanya tidak lengkap jika datang ke Kampung Batik Semarang tanpa membeli oleh-oleh batiknya yang menarik.

Wisatawan bisa membeli beberapa pakaian apik dengan motif yang menarik. Ada berbagai macam ukuran pakaian yang bisa kita temukan di sana. Untuk harganya pun cukup terjangkau yaitu dibanderol mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 150.000.

2018 11 13
Foto via Googlemaps/Didik S

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan seperti toilet, musala, gazebo, taman bermain, spot foto, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Kampung Batik Semarang

Untuk masuk ke Kampung Batik Semarang ini wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja, wisatawan akan dikenakan tarif parkir yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000 setiap kendaraan.

Selain itu, alangkah lebih baiknya, wisatawan juga ikut berkontribusi dalam biaya retribusi yang ada pada setiap tempat seperti musala, toilet, dan lainnya.

Lokasi dan Jam Buka Kampung Batik Semarang

Wisatawan yang mencari batik di Semarang atau ingin belajar seputar membatik bisa datang ke Jalan Batik No.698A, Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50227. Google Maps.

Lokasinya berdekatan dengan Kota Lama Semarang tepatnya berada di depan Museum Kota Lama Semarang sehingga bisa diakses dengan mudah oleh para wisatawan. Untuk wisatawan yang datang dari arah Stasiun Semarang Poncol, hanya akan memerlukan waktu sekitar 7 menit perjalanan saja.

Kampung Batik Semarang ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 07:00 WIB – 20:00 WIB setiap hari Senin Sampai Sabtu. Dan untuk hari Minggu Kampung Batik Semarang ini beroperasi selama 24 jam.

Dengan durasi waktu operasionalnya yang panjang membuat wisatawan bisa lebih leluasa menghabiskan akhir pekannyaa di sana.

Bahkan, bagi wisatawan yang ingin melakukan tour, bisa reservasi lebih dulu melalui nomor 085857585837.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar lokasi Kampung Batik Semarang bisa datang ke Hotel Horison Kota Lama Semarang yang berlokasi di Jalan Mt. Haryono No.32-38, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137.

Jarak tempuhnya dari lokasi Kampung Batik Semarang sekitar 3 menit perjalanan. Untuk tarif penginapan di hotel tersebut dibanderol mulai dari Rp 526.000 hingga Rp 819.000 per malam sesuai dengan jenis penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan bisa mengajak keluarga untuk melakukan liburan di sana. Karena selain menyenangkan, wisatawan juga bisa mendapatkan banyak edukasi bermanfaat.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments