Menyinggahi Kampung Wisata Jodipan, Tentu Akan Menyenangkan

Kampung Wisata Jodipan

Banyak tempat kekinian Malang yang berhasil mengambil hati pada wisatawan. Malang sendiri dikenal dengan salah satu kawasan paling kreatif di Indonesia. Banyak tempat yang memanfaatkan kreatifitas untuk menarik minat para wisatawan.

Seperti halnya berbagai kampung wisata mulai dari Kampung Topeng, Kampung Arema, hingga Kampung Wisata Jodipan. Kampung Wisata Jodipan merupakan kampung wisata paling populer di Malang. Wisata ini terkenal bahkan hingga ke mancanegara.

Setiap harinya, Kampung Jodipan atau biasa dikenal dengan Kampung Warna-Warni ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Dari jauh, kampung ini terlihat mencolok dari segala bangunannya yang dicat berwarna terang.

Kampung Wisata Jodipan ini awalnya merupakan sebuah perkampungan kumuh, hingga pada tahun 2016 warganya berinisiatif mengubah kampung mereka menjadi bernilai. Itulah sampai saat ini Kampung Jodipan selalu berkembang seiring berjalannya waktu.

Daya Tarik Kampung Wisata Jodipan

84114293 815106912291488 6739968516519380711 n
Foto via instagram.com/kampung_warna_warni

Kampung Jodipan ini dikeliling oleh Sungai Brantas sehingga gemuruh air sungainya terdengar begitu menenangkan. Kampung Jodipan juga memiliki suasana yang sejuk dan teduh sehingga membuat para wisatawan betah berada di sana.

Hal pertama yang akan menyambut para wisatawan ketika pertama kali menginjakan kaki di Kampung Jodipan ini yaitu sebuah gapura berbentuk rumah. Lalu masuk ke lebih dalam kita akan melihat deretan rumah yang di cat dengan berbagai warna.

Setiap sudut Kampung Jodipan bisa dijadikan sebagai spot foto kekinian. Salah satu spot yang menarik perhatian para pengunjung yaitu lorong payung. Lorong berwarna-warni yang dilengkapi dengan hiasan payung gantung tentu saja akan menciptakan jepretan keren. Selain itu, kita juga bisa menemukan lorong topeng. Di mana terdapat beberapa koleksi topeng Malang mulai dari topeng bapang, topeng panji, dan masih banyak lagi.

Ada juga lorong karya yang dilengkapi dengan berbagai koleksi lukisan dan album foto Kampung Jodipan kala dulu dan saat ini yang tersebar di media sosial. Bahkan Kampung Jodipan juga memiliki spot jembatan kaca ngalam. Jembatan ini merupakan jembatan kaca pertama yang ada di Indonesia. Memiliki panjang sekitar 25 meter dan ketinggian 8 meter di atas Sungai Brantas. Jembatan kaca. Ngalam inj menjadi jembatan penghubung antara Kampung Jodipan dan Kampung Tridi.

Wisata Menarik Lainnya :  LA Waterpark Batu - Asyiknya Bermain Air di Kampoeng Wisata Lemah Abang

Di Kampung Jodipan juga, wisatawan bisa kulineran di sepanjang lorong kuliner yang ada di sana. Ada berbagai macam jajanan khas Malang yang bisa kita temukan mulai dari Malang Strudel, keripik buah, sari apel, keripik ceker, dan masih banyak lagi. Untuk harga jajanan yang ada di Kampung Jodipan ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 35.000.

288516950 328442252816713 2262400362596217679 n.webp
Foto via instagram.com/kampung_warna_warni

HTM Kampung Wisata Jodipan

Untuk masuk ke Kampung Jodipan ini tentu saja terdapat tiket masuk yang dibanderol dengan tarif Rp 5.000 per orang. Lalu wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tiket tambahan berupa karcis parkir yang ditaksir mulai dari Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Lokasi Kampung Wisata Jodipan

Wisatawan yang penasaran akan keunikan apa saja yang ada di Kampung Jodipan ini bisa datang ke Gg. I No.20, Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126. Map klik disini.

Berada dipusat Kota Malang membuat Kampung Jodipan ini mudah ditemukan. Kita bisa menempuhnya melalui Jalan Agus Salim menuju lokasi yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 3 menit perjalanan.

Meskipun berada di pusat Kota Malang, suasana di Kampung Wisata Jodipan ini terkenal teduh dan juga sejuk. Kawan Jalan bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menaiki angkutan umum jurusan Gg. I No.20.

Jam Buka

Kampung Jodipan ini beroperasi setiap hari. Meskipun merupakan sebuah perkampungan warga, wisatawan hanya bisa mengunjungi Kampung Jodipan pada pukul 08:00 sampai dengan pukul 16:00 saja.

Akomodasi

Untuk wisatawan yang ingin bermalam di Malang, ada banyak penginapan yang bisa kita temukan di sana salah satunya The Aliante Hotel & Convention Center yang berada di Jalan Aries Munandar No.41-45, Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119.

Jarak tempuhnya dari Kampung Jodipan sekitar 2 menit perjalanan menggunakan kendaraan atau sekitar 7 menit dengan berjalan kaki.

Tarif penginapan hotel tersebut dibanderol mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 680.000 per malam sesuai paket penginapan yang kita inginkan. Kita juga bisa reservasi terlebih dahulu melalui nomor (0341) 350350.

Wisata Menarik Lainnya :  Mencicipi Menu Khas Pos Ketan Legenda di Kota Wisata Batu Berdiri Sejak 1967

Wisatawan yang ingin liburan ke Jawa Timur, wajib banget datang ke Kampung Wisata Jodipan dan merasakan sensasi mengunjungi kampung kreatif di Malang. Datang ke sana secara beramai-ramai akan terkesan lebih menyenangkan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...