Brown Canyon, Nuansa Ala Pemandangan Arizona Amerika Serikat di Semarang

Brown Canyon Semarang

Mungkin Semarang identik dengan wisata religi maupun budayanya yang cukup banyak seperti Klenteng Sam Poo Kong, Masjid Jawa Tengah, hingga Gereja Blenduk. Namun perlu kita tau, bahwa wisata di Semarang juga memiliki destinasi lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya wisata berkonsep alam.

Beberapa wisata alam yang cukup terkenal di Semarang seperti Taman Maerokoco, Taman Bunga Celosia, Watu Gunung Ungaran hingga Brown Canyon yang menjadi salah satu wisata favorit dan dipadati para wisatawan menjelang hari libur tiba.

Tempat wisata terdekat yang cukup hits bahkan tidak asing lagi bagi wisatawan. Yap, Brown Canyon ini cukup diminati oleh para wisatawan lantaran memiliki konsep wisata yang unik.

Ketika melakukan liburan ke Brown Canyon, wisatawan seolah berada di Arizona Amerika Serikat. Itulah mengapa banyak wisatawan yang penasaran akan sensasi liburan di sini.

Sejarah Singkat Brown Canyon

Dulunya, Brown Canyon bukan tempat wisata seperti saat ini. Bahkan tidak ada unsur perencanaan kawasan wisata di sekitar sana. Tempat ini terbentuk dari salah satu proyek pertambangan yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Tanah uruk hingga batu padas pun digali di kawasan tersebut. Hingga seiring berjalannya waktu, tebing pun mulai terbentuk akibat proses galian yang dilakukan.

Karena terkesan indah dan unik, serta mirip dengan salah satu tempat yaitu Grand Canyon yang ada di Arizona Amerika Serikat, banyak masyarakat sekitar tertarik untuk melihatnya. Kemajuan teknologi membuat Brown Canyon ini dikenal secara luas oleh para wisatawan.

Tidak hanya wisatawan Semarang dan sekitarnya saja bahkan turis asing yang kebetulan melakukan liburan ke Semarang pun tidak mau ketinggalan akan keunikan yang dimiliki Brown Canyon tersebut.

Daya Tarik Brown Canyon

Daya tarik utama Brown Canyon terletak pada tebingnya yang mempesona. Namun selain dari pada itu, wisatawan juga bisa menemukan kolam alami yang ada di bawah tebing. Seperti halnya tebing, kolam ini juga terbentuk secara tidak sengaja akibat dari penggalian dari kegiatan pertambangan tersebut. Air dari kolam ini memiliki warna kehijauan sehingga berhasil mencuri perhatian para wisatawan.

Ketika melakukan liburan, wisatawan jangan mau ketinggalan untuk berburu foto ciamik di kawasan kolam maupun berfoto di tengah himpitan batu yang besar. Selain itu, kita juga bisa menemukan spot foto lainnya yang tidak kalah menarik serta indah untuk diabadikan di sini.

Sesi Foto Brown Canyon Semarang
Sesi Foto Brown Canyon Semarang

Banyak juga wisatawan yang datang ke sana sengaja-sengaja untuk melakukan foto pre-wedding. Pemandangannya akan lebih indah jika dikunjungi pada waktu sore hari. Kita bisa mengabadikan momen di tengah matahari tenggelam dengan vibes ala Amerika Serikat.

Di Brown Canyon juga kita bisa menemukan aneka tempat makan yang bisa membuat perut kenyang. Beberapa makanan yang bisa kita temukan di sana seperti wingko babat, mie instan, nasi goreng, soto Semarang, dan masih banyak lagi. Harga menu makanan yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 8.000.

Fasilitas lainnya yang ada seperti gazebo, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Brown Canyon

Untuk masuk ke Brown Canyon ini sebenarnya wisatawan tidak dikenakan biaya berupa tiket masuk alias gratis. Hanya saja terkadang ada pungutan dari masyarakat sekitar sehingga kita perlu membayarnya secara suka rela.

Lokasi dan Jam Buka Brown Canyon

Wisatawan yang ingin melakukan liburan ke Semarang, bisa mampir untuk berburu spot foto instagramble. Brown Canyon ini berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Google Maps.

Wisatawan yang datang dari lokasi Stasiun Semarang Poncol ini bisa melalui Jalan Alun-Alun Timur menuju ke Jalan Sarwo Edi Wibowo. Dari sana kita masuk ke kawasan Rowosari yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 35 menit perjalanan dari lokasi Stasiun Semarang Poncol.

Brown Canyon beroperasi setiap hari di mana durasi waktu operasionalnya selama 24 jam. Namun kebanyakan wisatawan datang di waktu pagi dan juga sore hari. Karena menjelang malam, kawasan tersebut termasuk salah satu kawasan rawan pencurian.

Penginapan Terdekat

Wisatawan dari luar Semarang yang ingin melakukan penginapan bisa mengunjungi salah satu hotel bernama Horison Nindya Semarang. Hotel ini berada di Jalan Brigjen Sudiarto No.496, Pedurungan Lor, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192.

Jarak tempuhnya dari lokasi sekitar 10 menit perjalanan. Lalu tarif penginapan di hotel tersebut dibanderol mulai dari Rp 618.000 hingga Rp 929.000 per malam sesuai dengan jenis penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan dari Semarang dan sekitarnya wajib banget berburu spot foto Brown Canyon. Wisatawan luar yang melakukan liburan ke Semarang juga jangan mau kalah untuk melakukan liburan di sana.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments