8 Pottery Class Jakarta yang Bisa Dijadikan Tempat Ngedate Romantis

Pottery Class Jakarta

Disela-sela kesibukan tentunya seseorang membutuhkan aktivitas menyenangkan yang bisa melepas penat. Beberapa orang mungkin merasa bosan dengan suasana tempat kopi di Ibukota atau pusat perbelanjaan yang selalu ramai.

Jakarta juga memiliki tempat untuk mengasah kreativitas. Layaknya Pottery Class Jakarta atau kelas tembikar. Mengikuti kegiatan pottery class dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saat weekend. Bahkan, kegiatan ini juga bisa menjadi alternatif ngedate yang asyik dan tentunya edukatif.

Pilihan Pottery Class Jakarta

Menemukan pottery class di Jakarta ini terbilang mudah. Banyak pottery class hingga workshop yang dibuka secara umum. Berikut ini rekomendasi pottery class Jakarta yang bisa dikunjungi.

1. Galeri Kollekan

2020 01 08
Foto via Googlemaps/Samut Semut

Rekomendasi pottery class Jakarta yang pertama yaitu Galeri Kollekan. Bagi para pencinta keramik mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya. Galeri Kollekan ini didirikan pada tahun 1998 oleh Yetty Tamsil dan Wati Karmojono.

Awalnya, tempat ini didirikan sebagai menuangkan hobi Ibu Yetty dan Ibu Wati yang pada saat itu diajarkan oleh Liem Keng Sien, salah satu seniman keramik Indonesia. Seiring berjalannya waktu, dua orang tersebut akhirnya merekrut para pengrajin keramik untuk membuka peluang usaha di sektor tersebut. Atas usahanya, Galeri Kollekan ini ikut berpartisipasi dalam beberapa pameran dan dipercaya membuat keramik oleh kliennya yakni Ritz Carlton dan Four Seasons.

Dari sanalah Galeri Kollekan ini mulai di buka secara umum untuk keperluan pottery class. Tidak perlu khawatir mengenai perlengkapannya, sebab Galeri Kollekan ini telah menyediakan semua bahan yang dibutuhkan. Wisatawan akan diajarkan cara membuat keramik dari teknik yang paling dasar seperti coiling atau teknik membentuk tanah liat hingga pinching atau teknik pijat tekan saat membentuk keramik.

Harga pottery class di Galeri Kollekan ini ditaksir mulai dari Rp150.000. Durasi waktu kelasnya sekitar 2 jam.

Lokasinya berada di Jalan Abdul Majid Raya No.15, Cipete Selatan, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Galeri Kollekan ini buka setiap hari Selasa, Jumat, dan Sabtu mulai dari pukul 10:30 WIB hingga 17:30 WIB. Google Maps

2. Galeri Keramik F Widayanto

DSC 0218
Foto via Googlemaps/ Galeri Keramik F. Widayanto

Galeri Keramik F. Widayanto sebagai pottery class Jakarta sudah ada sejak 1997 yang didirikan oleh salah seorang seniman ternama bernama Fransiskus Widayanto. Fransiskus Widayanto ini merupakan seorang maestro keramik yang sudah berkarya selama 40 tahun lebih. Beberapa karyanya yang cukup populer seperti Loro Blonyo, Ganesha-Ganeshi, dan beberapa tokoh pewayangan lainnya.

Keunikan galeri seni ini yaitu berfokus pada keramik stoneware. Bagi yang belum tahu jenis keramik, keramik memiliki 3 jenis yang terdiri dari porselen, gerabah, dan stoneware. Porselen memiliki warna dasar tanahnya putih, gerabah berwarna terracota, dan stoneware cenderung cokelat yang setelah dibakar berubah menjadi abu-abu.

Galeri Keramik F. Widayanto ini terdiri dari 3 lantai bangunan yang dilengkapi dengan berbagai macam karya keramik. Beberapa kerajinan keramik yang bisa ditemukan di sana seperti aksesoris, pajangan, peralatan makan, patung, dan masih banyak lagi.

Selain itu, area workshop di Galeri Keramik F. Widayanto ini cukup luas dengan suasana yang nyaman lantaran dikelilingi pepohonan rindang. Di sana wisatawan akan menemukan alat pemutar keramik elektrik hingga oven besar yang digunakan untuk proses pembakaran. Bahkan dilengkapi pula dengan aneka warna cat.

Wisatawan bebas membuat karya keramiknya mulai dari cangkir, teko, piring, dan sebagainya. Bahkan bisa juga membuat ukuran cantik seperti kupu-kupu, kura-kura, ikan, dan lainnya. Pemandu akan mengajarkan beberapa teknik seperti coiling, throwing, slabbing, pinching, dan mewarna.

Untuk harga kelasnya sendiri sangat bervariatif. Wisatawan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan seperti Ngadedet Rp130.000 – Rp145.000, Ngalinting Rp275.000, Ngagiles Rp275.000, Mencet Rp325.000, dan Ngadepak Rp600.000. Setiap kelas memiliki durasi waktu selama 2 jam.

Galeri Keramik F. Widayanto ini berada di Jalan Taman Setiabudi 2 No. 11 Kuningan, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan. Pottery class ini diadakan setiap hari yang terbagi menjadi tiga sesi yakni pada pukul 10:00 WIB, 12:00 WIB, dan 14:00 WIB.

3. Tanakita Ceramics

unnamed 7
Foto via Googlemaps/Tanakita Ceramics

Tanakita Ceramics didirikan pada tahun 2019. Meskipun terbilang baru dari galeri keramik lainnya yang ada di Jakarta, Tanakita Ceramics ini sudah dikenal luas khususnya oleh para pencinta seni untuk pottery class Jakarta. Galeri keramik yang ada di kawasan Jakarta Barat ini dikenal sebagai galeri seni paling estetik.

Pilihan kelas yang ditawarkan Tanakita Ceramics ini cukup beragam mulai dari kids class, pottery painting, wheel throwing, handbuilding, hingga kelas daring. Selain itu, kelas yang diberikan sangat fun sehingga wisatawan tidak akan dibuat bosan berada di sana.

Bagi yang memilih kelas pottery painting atau ceramic painting, akan diberikan pilihan pada objek melukisnya mulai dari cangkir, mug, mangkuk, piring, dan sebagainya. Untuk durasi waktu kelasnya yaitu 1 jam 30 menit. Kelas ini memiliki harga Rp200.000 hingga Rp250.000.

Sementara untuk kelas handbuilding, punya banyak jenis dengan harga yang bervariatif yakni mulai dari Rp350.000. Wisatawan bebas menentukan jenis kerajinan yang diinginkan mulai dari mug, pot cubit, piring, hingga patung.

Tanakita Ceramics ini berlokasi di Jalan Tanjung Duren Barat IV No.43a, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat. Workshop ini dibuka setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu. Ada dua sesi yang bisa diikuti yaitu pukul 10:00 WIB dan pukul 14:00 WIB.

4. Semesta Living

DIY SET 5
Foto via Googlemaps/Semesta Living

Semesta Living akan memberikan tantangan pada para peserta pottery class Jakarta untuk menciptakan kerajinan yang cantik dan pengalaman yang berkesan. Di sana wisatawan akan belajar membuat kerajinan dari tanah liat yang dibentuk dengan tangan sendiri. Semesta Living ini terbuka untuk pemula atau profesional.

Semesta Living ini mengajarkan mengenai membentuk, memangkas, dan melukis. Ada dua kelas yang ditawarkan di sana yaitu hand-built pottery untuk belajar mendekorasi keramik yang punya harga Rp300.000 per dua jam dan wheel pottery dengan edukasi berupa teknik whell throwing dengan harga Rp350.000 per dua jam. Jika ingin mengikuti keduanya, hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp600.000.

Semesta Living ini berlokasi di Jalan Martimbang VI No.17, Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Pottery class-nya buka setiap hari yang terbagi menjadi dua sesi yaitu pukul 10:00 WIB dan 14:00 WIB.

5. Makaci Studio

WhatsApp Image 2022 01 30 at 23.20.11 1
Foto via Googlemaps/Makaci Studio

Makaci Studio menyuguhkan pottery class Jakarta kelas keramik dengan konsep colourful. Kelas keramik ini cocok bagi para pecinta keramik yang punya warna ceria. Yang menariknya lagi dari Makaci Studio ini yaitu hanya menerima 2 orang setiap sesinya. Sehingga wisatawan bisa belajar lebih intens.

Di sana wisatawan akan dibekali dengan 1 kg stoneware clay, pewarna, alat pembuat keramik, apron, hingga firing service. Berbagai kerajinan yang bisa dibuat di sana seperti cangkir, mug, teko, piring, patung, hingga aneka ukuran yang cantik.

Untuk harga kelasnya ini sebesar Rp750.000. Berbeda dengan pottery class lainnya, Makaci Studio punya durasi waktu kelas yang lebih lama yakni 2 jam 30 menit.

Lokasinya berada di Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Sawah Lama, Ciputat. Untuk waktu workshopnya ini mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 18:00 WIB.

6. Hoxton & Tate

Pottery class Jakarta berikutnya yaitu Hoxton & Tate yang dikenal sebagai kelas tembikar menarik. Pottery class ini buka setiap hari sehingga wisatawan bisa mampir ke sana kapan pun sesuai yang diinginkan. Namun, khusus di hari kerja hanya menerima kelas privat saja.

Di sana wisatawan akan diberikan edukasi mengenai cara membuat karya keramik dari yang paling dasar seperti mug atau mangkuk. Jika sudah bisa membuat kerajinan keramik tersebut , wisatawan juga bisa memilih kerajinan lainnya yang tentunya cukup sulit dengan teknik yang bervariatif.

Hal menariknya lainnya di Hoxton and Tate ini yaitu hasil karya wisatawan bisa dibawa pulang. Namun, kerajinan tersebut baru bisa diambil setelah 2 minggu karena harus menunggu proses lanjutan. Hoxton and Tate juga menjual berbagai macam koleksi keramik yang lucu dengan harga yang terjangkau.

Untuk kelas pottery class di sana ditaksir sebesar Rp400.000 per orang. Lokasinya berada di Jalan Lengkong Gudang Timur Raya, Serpong, Tangerang Selatan.

7. Kandura Studio

Kandura Studio merupakan tempat memproduksi keramik yang sudah ada sejak tahun 2005. Kandura Studio ini dikenal dengan produk-produk tableware-nya yang punya sentuhan modern nan cantik. Keterampilan yang dimiliki dari para pengrajinnya, membuat Kandura Studio ini pernah dipercaya membuat wall tiles di Museum Bank Indonesia.

Selain dikenal sebagai toko keramik, Kandura Studio juga membuka pottery class Jakarta yang terbagi ke dalam beberapa kategori seperti Painting on Bisque, Handbuilding Pinching, Handbuilding Coiling, dan Private Throwing Wheel. Kelas yang ditawarkan ini berkisar antara Rp200.000 hingga Rp600.000.

Lokasinya berada di Ruang DKK, Jalan Bangka IX No.64, RT.10/RW.10, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta 12070. Untuk waktu kelasnya ini ditaksir mulai dari pukul 10:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB setiap hari Senin hingga Sabtu.

8. Eira

Rekomendasi pottery class Jakarta yang terakhir yaitu Eira. Meskipun baru beroperasi selama 1 tahun kebelakang, Eira sudah dipercaya sebagai tempat belajar keramik di Jakarta.

Eira sendiri merupakan sebuah studio keramik yang bertempat di sebuah rumah sehingga wisatawan bisa mendapatkan sesi privat one-on-one. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di Eira seperti beberapa teknik pembuatan keramik, mulai dari handbuilding sampai wheel throwing.

Pottery class ini tidak hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja. Di kecil juga bisa mengikuti kelas tembikar yang menyenangkan. Untuk harga kelasnya ini ditaksir mulai dari Rp250.000.

Lokasinya berada di Jalan Mangga Raya No.421D, Duri Kepa, Kecamatan Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510. Beroperasi mulai dari pukul 09:00 WIB hingga 21:00 WIB setiap hari Rabu hingga Sabtu.

Itulah rekomendasi pottery class Jakarta yang bisa dikunjungi. Selain punya nilai edukasi, tempat tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat ngedate romantis.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments