setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Tempat Wisata di Bandung Pilihan Tepat Habiskan Waktu Berlibur Bersama Keluarga

Tempat Wisata di Bandung Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata di Bandung memang sudah sangat terkenal di berbagai kalangan usia yang ingin melepas penat dari kesibukan sehari-harinya. Selain wisatawan lokal, destinasi wisata tersebut kini juga mulai dipenuhi dengan wisatawan  mancanegara yang datang ke kota kembang ini.

Suhu serta iklim yang sejuk, membuat Bandung tidak terlalu jauh berbeda dengan negara-negara yang umumnya memiliki 4 musim, sehingga wisatawan asing yang berkunjung dapat dengan mudah beradaptasi dan dibuat betah.

Sekilas Tentang Kota Bandung

Kota Bandung selain mendapat julukan sebagai kota kembang, ada julukan lainnya yaitu Paris Van Java. Mulai dari fashion, kuliner, hingga beberapa tempat wisata dengan pemandangan asrinya, memikat para pengunjung untuk segera kembali mengunjungi kota tersebut. Ada beberapa tempat bersejarah yang bisa dimasukkan ke dalam daftar destinasi tempat wisata selama mengunjungi kota Bandung.

Banyak hal yang bisa wisatawan nikmati selama berlibur di kota sejuk ini. Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan warga daerah sambil mempelajari sedikit demi sedikit bahasa Sunda. Para pelajar asing yang tinggal di Bandung, membuat suasana kota kembang terlihat layaknya kota-kota besar di luar negeri yang memperlihatkan tingginya toleransi dalam bersosialisasi dengan penduduk asli.

6 Tempat Wisata Hits yang Hanya Ditemukan di Bandung

Lalu, kira-kira tempat wisata hits seperti apa yang wajib untuk dikunjungi saat menghabiskan waktu berlibur di Bandung? Tempat-tempat famous yang banyak terlihat di Instagram, tentu akan terasa sayang terlewati jika kalian tidak mengetahui bahwa tempat tersebut berada di kota Bandung.

Selengkapnya, simak penjelasan Tempat wisata di Bandung berikut ini!

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
foto: instagram.com/nitadessya

Berwisata di alam terbuka menghadirkan suasana menyenangkan bagi siapapun yang sedang menghabiskan waktu liburan dari sekelumit pekerjaan sehari-hari. Jika mampir ke kota Bandung, belum afdol kalau belum ke tempat wisata di Bandung gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata iconic yang wajib dikunjungi dan diabadikan melalui foto ini, memiliki pesona yang luar biasa.

Kalau biasanya melihat gunung layaknya bangun datar segitiga, Tangkuban perahu menyerupai bentuk perahu dengan posisi tertelungkup. Pengunjung dapat melihat langsung pusat magma yang berada di bagian bawah gunung dengan jelas. Sedangkan di sekeliling pusat magmanya, lereng gunung tampak seperti kawah yang mengelilingi sebuah danau.

Asal usul gunung ini, menurut legenda yang dipercaya oleh warga Bandung berkenaan dengan kisah kasih dari Sangkuriang. Jaman dahulu kala, ketika Sangkuriang berkelana, dirinya bertemu dengan seorang gadis yang sangat cantik rupawan. Padahal, gadis yang ditemui olehnya, tidak lain adalah ibu kandung dari Sangkuriang.

Karena sang ibu merasa bersalah terhadap anaknya, maka beliau memberikan syarat kepada sang anak yang menurut dirinya persyaratan tersebut sangat sulit untuk dipenuhi. Akan tetapi, di luar dugaan Sangkuriang menyanggupi dan hampir saja menyelesaikan persyaratan yang diberikan oleh gadis pujaannya. Hingga pada akhirnya Sangkuriang mengetahui kenyataan pahit dimana gadis tersebut adalah ibu kandungnya sendiri, maka perahu yang telah dibuat Ia tendang sampai terbalik dan kini dikenal dengan gunung Tangkuban perahu.

2. Kawah Putih

Tempat Wisata di Bandung Kawah Putih Ciwidey
foto: instagram.com/andrebinarto

Kawah putih merupakan sebuah tempat wisata di Bandung yang terbentuk dari hasil letusan yang terjadi di gunung Patuha pada masa lalu. Tempat ini bisa ditemukan tepatnya di daerah Ciwidey. Karena mengeluarkan warna air yang sangat cantik dan tidak lazim, banyak masyarakat yang tertarik untuk mengabadikan foto dirinya dengan latar belakang kawah tersebut.

Tempat wisata kawah putih dikelola oleh masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, harga tiket masuknya pun bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan warga setempat. Tidak hanya kawah saja, pengunjung juga bisa menikmati makanan ringan di dekat area kawah, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang
foto: instagram.com/kunuy04_

Nama situ Patenggang erat kali dengan bahasa Sunda. Dari namanya saja, orang sudah bisa menebak tempat wisata ini berada di kota Bandung. Berada di ketinggian 1685 Mdpl, membuat danau Patenggang terlihat sangat menenangkan dengan perkebunan teh yang mengelilinginya.

Selain menikmati danau dengan udara yang sejuk, tepat di area situ terdapat banyak resort atau tempat penginapan bagi para wisatawan. Sehingga, kalian bersama keluarga atau kerabat dapat menikmati waktu malam hari yang tenang dan disambut kesejukan dari sisi danau maupun perkebunan teh saat pagi harinya. Pengunjung juga diperbolehkan untuk ikut merasakan sensasi memetik pucuk daun teh ketika para petani sedang melaksanakan tugasnya saat berada di tempat wisata di Bandung ini.

4. Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Mang Udjo
foto: instagram.com/angklungudjo

Lokasi tempat wisata di Bandung Saung Angklung Mang Udjo yang tidak berada di pinggir jalan raya besar, membuat sebagian wisatawan yang ingin mengunjungi saung mang udjo kesulitan menemukan tempatnya.  Namun, dengan bantuan dari arahan yang diberikan oleh warga sekitar atau gmaps, hal tersebut sudah bukan menjadi penghalang lagi untuk tidak mampir mempelajari dan melihat pertunjukan angklung dari jarak dekat.

Saat pertama kali memasuki lingkungan saung, pengunjung akan melihat banyak sekali pohon bambu yang ditanam serta udara yang terasa lembab di sekelilingnya. Wisatawan akan diajak melihat-lihat proses pembuatan angklung yang memiliki perbedaan nada di setiap ukurannya.

Kemudian, saat pertunjukan berlangsung, wisatawan akan dibagikan angklung serta diberi arahan untuk ikut langsung mempraktikkan bagaimana cara memegang angklung yang benar dan memainkannya. MC yang membawakan acara pertunjukan umumnya mampu menguasai beberapa bahasa asing terutama bahasa Inggris.

Oleh karena itu, wisatawan asing tidak perlu khawatir tidak dapat menikmati pertunjukan karena keterbatasan bahasa dalam berkomunikasi. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan berfoto bersama dengan para pemain seni yang membawakan pentas pertunjukan. Ada juga informasi edukasi bagi warga lokal Bandung yang berkunjung, bila menginginkan menjadi bagian dari keluarga saung angklung Mang Udjo.

5. Curug Cinulang Cicalengka

Curug Cinulang Cicalengka
foto: instagram.com/pesonakabupatenbandung

Pesona alam dari keindahan air terjun Cinulang di daerah Cicalengka ini, bisa menyihir siapapun yang berkunjung untuk menghabiskan waktu berlama-lama di sekitaran curug. Sepasang air terjun lengkap dengan bebatuan kali di bawahnya, membuat keasrian yang ada semakin terasa. Ada juga jembatan yang dibuat dari bambu untuk menyeberangi curug, menambah suasana pedesaan dan hutan yang saling berkesinambungan semakin kental.

Di sekitaran area curug, terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, toilet, tempat bersantai, hingga tempat makan bisa ditemukan saat berkunjung ke air terjun Cinulang. Cicalengka sendiri berada diantara perbatasan garis wilayah Bandung dan Sumedang. Jadi, setelah pulang dari curug, wisatawan dapat memilih untuk mengeskplor kembali tempat wisata di Bandung atau mencari tahu tempat wisata lainnya di daerah Sumedang.

6. Tebing Keraton

Tebing Keraton Bandung
foto: instagram.com/ayupradifta23

Meskipun ada nama keraton yang tersemat di belakangnya, tebing ini bukan peninggalan sejarah atau lokasi dimana sebuah kerajaan terbentuk. Tempat wisata di Bandung berupa tebing ini berlokasi di area hutan lindung dengan kondisi jalanan yang masih sangat alami dengan batu-batu yang terasa licin. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk membawa anak-anak ke tempat wisata ini.

Pengunjung bisa melihat hutan yang diselimuti dengan kabut pada ketinggian yang lumayan tinggi. Kalian akan merasakan seperti berada di atas langit dengan menunggangi awan sebagai tempat pijakannya. Tidak hanya hutan saja, pemandangan pegunungan juga menghiasi kawasan tebing keraton ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi bersama dengan keluarga, kerabat atau pasangan. Selalu jaga keindahan alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada serta tertib membuang sampah pada tempatnya. Semoga bermanfaat.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks