Mangrove Maron Edupark, Pesona Hutan Mangrove Sudut Kota Semarang

Mangrove Maron Edupark

Beberapa wisata di Semarang yang cukup populer yaitu Pantai Marina, Cimory On The Valley, Dusun Semilir, dan masih banyak lagi. Selain itu, wisatawan juga bisa mampir ke salah satu tempat wisata yang belakangan ini menjadi buah bibir di kalangan para wisatawan.

Wisata tersebut bernama Mangrove Maron Edupark merupakan objek ekowisata hutan bakau yang begitu populer di Semarang. Berbagai wisatawan dari daerah-daerah yang ada di sekitar Semarang, berlomba-lomba untuk menjelajahi aneka tempat wisata menarik yang ada di Semarang.

Daya Tarik Mangrove Maron Edupark

Wisatawan yang datang ke Mangrove Maron Edupark ini bertujuan untuk menikmati suasana sejuk dan tenangnya Kota Semarang. Pemandangannya begitu memikat perhatian para pengunjung. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana.

Menariknya, karena tempat wisata terdekat yang berlokasi dekat dengan penerbangan, wisatawan bisa mendapatkan latar pesawat terbang yang akan menciptakan jepretan eksotis. Bahkan, di sana juga terdapat menara yang memiliki ketinggian hingga 10 meter.

Latar Pesawat Mangrove Edupark
Latar Pesawat Mangrove Edupark

Tempat ini merupakan ekowisata kehutanan budidaya bakau yang digagas oleh warga sekitar guna mencegah terjadinya abrasi dan menjaga ekosistem pantai. Lalu semakin lama, tempat ini memiliki pesonanya tersendiri hingga warga sekitar dibantu oleh pemerintah untuk mengembangkan kawasannya menjadi tempat wisata.

Ketika datang di waktu cerah, wisatawan dijamin bisa mendapatkan jepretan yang menakjubkan dengan latar hijaunya Semarang. Bahkan ada pula beberapa spot instagramable lainnya seperti jembatan, pohon bakau, hingga gapura selamat datang.

Beberapa wisatawan juga memanfaatkan lokasi hutan Mangrove Maron Edupark ini sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Karena dibuka secara bebas, wisatawan yang ingin melakukan foot pre-wedding tidak perlu melakukan reservasi.

Lokasi Mangrove Maron Edupark ini tidak jauh dari Pantai Maron sehingga wisatawan bisa mampir ke Pantai Maron tersebut. Di sekitar sana, wisatawan akan menemukan tambak laut yang dijadikan sebagai tempat budidaya ikan.

Berfoto di Mangrove Edupark
Berfoto di Mangrove Edupark

Selain itu di perbatasan antara Mangrove Maron Edupark dan juga Pantai Maron terdapat fasilitas perahu di mana kita akan dibawa menjelajahi hutan bakau menggunakan perahu. Wisatawan juga bisa berenang di tepian pantai karena ombak pantainya yang tidak begitu besar.

Setelah dirasa puas berkeliling Mangrove Maron Edupark hingga Pantai Maron, wisatawan bisa mampir ke salah satu tempat makan yang menyediakan berbagai menu makanan lezat. Beberapa makanan yang bisa kita temukan di sana seperti soto Semarang, nasi campur, wingko babat, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan yanh ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 8.000.

Fasilitas lainnya yang ada berupa toilet, toserba, gazebo, area piknik, musala, lahan parkir dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Mangrove Maron Edupark

Wisatawan yang ingin mengajak keluarga liburan di Mangrove Maron Edupark ini akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Selain itu, diberlakukan juga tarif parkir yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 tiap kendaraan.

Karena memili harga yang cukup terjangkau, Mangrove Edupark ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan setiap harinya.

Lokasi dan Jam Buka Mangrove Maron Edupark

Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan rekreasi di Mangrove Maron Edupark ini bisa mampir ke Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah 50182. Google Maps.

Wisatawan yang datang dari Stasiun Semarang Poncol bisa datang melalui Jalan Pemuda ke arah Jalan Jenderal Sudirman. Dari sana kita masuk ke Jalan Bandara Ahmad Yani Lama menuju ke lokasi Mangrove Maron Edupark yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Mangrove Maron Edupark ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08:00 WIB Hinga pukul 17:00 WIB. Dengan durasi operasionalnya yanh cukup panjang ini wisatawan bisa leluasa menghabiskan waktu akhir pekannya di sana.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang datang dari luar Kota Semarang bisa melakukan penginapan di hotel terdekat yaitu The Azana Hotel Airport Semarang yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No.386, Gisikdrono, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50149.

Wisatawan hanya perlu menempuhnya dengan waktu sekitar 10 menit perjalanan untuk sampai di hotel tersebut. Untuk tarif penginapannya, dibanderol mulai dari Rp 382.000 hingga Rp 1.391.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang kebetulan sedang melakukan liburan di Semarang, bisa menyempatkan waktunya untuk melakukan liburan di Mangrove Maron Edupark ini.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments