Firdaus Fatimah Zahra, Sensasi Ibadah Haji di Semarang

Firdaus Fatimah Zahra Semarang

Semarang lekat dengan nuansa retronya. Hal itu membuat Semarang memiliki banyak destinasi wisata berkonsep budaya. Selain itu, di Semarang juga kita bisa menemukan berbagai macam destinasi wisata religi yang bisa dijadikan sebagai objek liburan keluarga.

Layaknya Firdaus Fatimah Zahra yang merupakan tempat wisata religi untuk simulasi yang hendak menjalankan ibadah haji dalam waktu dekat.

Tempat wisata di Semarang ini menawarkan konsep wisata manasik haji. Meskipun begitu, wisatawan yang datang ke sana tidak diperuntukan hanya bagi orang yang hendak berhaji saja. Melainkan kita bisa bebas datang ke sana untuk menikmati suasana ala Mekkah.

Review Firdaus Fatimah Zahra

Tempat wisata yang satu ini mulai beroperasi pada tahun 2004. Namun kepopulerannya terjadi sejak tahun 2007. Hingga saat ini, Firdaus Fatimah Zahra Semarang selalu dijadikan destinasi wisata favorit oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Dulunya, lokasi ini memang dikhususkan hanya untuk kegiatan manasik haji saja. Namun seiring banyaknya peminat, akhirnya dibuka secara umum untuk keperluan rekreasi. Tidak hanya wisatawan Semarang saja, banyak juga wisatawan dari daerah lainnya yang rela menyempatkan waktunya untuk berlibur di sini.

Setelah masuk ke gerbang utama Firdaus Fatimah Zahra, kita akan disuguhkan oleh berbagai replika menarik yang menjadi ikon Tanah Suci. Berikut ini beberapa ikon yang bisa kita temukan mirip seperti aslinya.

– Replika Ka’bah

Replika Ka'bah
Replika Ka’bah

Replika Kabah yang ada di Firdaus Fatimah Zahra menjadi ikon paling penting. Di sini wisatawan akan menemukan replika Kabah yang mirip seperti aslinya. Kita bisa merasakan tawaf layaknya sedang melakukan ibadah haji secara langsung.

– Replika Bandara King Abdulaziz

Bandara King Abdulaziz ini cukup populer lantaran menjadi bandar udara utama yang melayani penerbangan di Jeddah, Arab Saudi. Di Firdaus Fatimah Zahra, wisatawan akan menemukan replika Bandara King Abdulaziz sehingga wisatawan bisa merasakan sensasi layaknya keluar bandara untuk melakukan ibadah haji.

Wisata Menarik Lainnya :  Museum Pos Indonesia, Sejarah Edukaif Kantor Pos

– Replika Padang Arafah

Di Padang Arafah, biasanya wisatawan akan melihat deretan tenda putih yang digunakan oleh para jema’ah untuk melakukan wukuf. Begitu pula di Firdaus Fatimah Zahra, kita akan menemukan replika tenda yang sama.

– Replika Masjid Nabawi

Replika Masjid Nabawi
Replika Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan tempat paling suci setelah Masjidil Haram. Tempat suci dengan bangunan megah ini menjadi tujuan yang paling diminati oleh para jema’ah haji. Di sini wisatawan bisa melihat replika Masjid Nabawi yang dilengkapi dengan pilar serta ornamen-ornamennya yang khas.

Replika lainnya yang bisa kita temukan seperti replika Mina, Muzdalifah, Jabal Rahmah, dan juga Jamarat. Kita juga pula dapat menemukan Museum Perjuangan Islam di lokasi wisata.

Wisatawan juga bisa mampir ke salah satu pusat oleh-oleh khas Arab yang ada di Firdaus Fatimah Zahra. Di sana kita bisa membeli kurma, kacang khas Arab, sajadah, pakaian haji, hingga beberapa buku seputar pelaksanaan haji.

Wisatawan juga bisa mampir ke salah satu restonya yang menyediakan berbagai hidangan lezat seperti nasi kabsa, samosa, malabari paratha, dan masih banyak lagi. Untuk harganya dibanderol mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 30.000.

Fasilitas lainnya yang ada yaitu toilet, musala, aula, gazebo, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Firdaus Fatimah Zahra

Untuk harga tiket masuk Firdaus Fatimah Zahra, wisatawan akan dikenakan tarif sebesar Rp 40.000 per orang. Selain itu, kita juga akan dikenakan tarif berupa tiket parkir kendaraan di mana besarannya untuk kendaraan roda dua Rp 2.000, mobil Rp5.000, dan bis Rp 10.000.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mengingat fasilitasnya yang beragam dan memuaskan.

Alamat dan Jam Buka Firdaus Fatimah Zahra

Wisatawan yang ingin mampir ke Firdaus Fatimah Zahra, bisa datang ke Jalan Raya Muntal, Mangunsari, Kecamatan Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Map klik disini.

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Semarang Poncol bisa melalui Jalan Dr. Sutomo menuju ke Jalan Ampel Gading Raya. Dari sana kita masuk ke Jalan Muntal yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 36 menit perjalanan.

Wisata Menarik Lainnya :  Batu Night Spectacular (BNS) - Indahnya Wisata Malam di Batu

Firdaus Fatimah Zahra ini beroperasi setiap hari dengan waktu operasional mulai pukul 08:00 WIB – 17:00 WIB.

Wisatawan bisa menyempatkan waktunya bersama keluarga untuk liburan me Firdaus Fatimah Zahra dari pagi hari.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar Firdaus Fatimah Zahra, bisa mengunjungi salah satu tempat penginapan bernama Omah Joglo Semarang yang berlokasi di Jalan Raya Manyaran-Gunungpati No.88, Jetis, Kecamatan Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222.

Jarak tempuhnya hanya sekitar 7 menit perjalanan. Lalu tarif penginapan yang diberlakukan di sana ditaksir mulai dari Rp 382.000 per malam. Dengan tarifnya yang murah, wisatawan akan dimanjakan dengan fasilitasnya yang lengkap.

Wisatawan yang hendak melakukan perjalanan ke Semarang, bisa banget mampir lebih dulu ke wisata religi satu ini yang dijamin seru dan berkesan.

5/5 - (2 votes)
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.