Puncak Asmoro Banyuwangi, Wisata Dengan Kisah yang Menyentuh Hati

Puncak Asmoro Banyuwangi

Apa yang terlintas dalam pikiranmu ketika mendengar wisata Banyuwangi? Mungkin, salah satunya adalah Keindahan Kawah Ijen, yang dikenal dengan keunikan api birunya yang langka. Meskipun demikian, Banyuwangi tidak hanya terbatas pada itu saja. Hal ini karena kota yang dijuluki Sunrise of Java ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik lainnya.

Puncak Asmoro merupakan sebuah bukit yang menghadirkan pemandangan yang tak biasa, dilengkapi dengan kisah mitos yang menyentuh hati dari masa lampau. Destinasi wisata ini sangat ideal bagi kamu yang menginginkan ketenangan alam dan suasana damai yang khas.

Asal Usul Puncak Asmoro

b 11
Instagram.com/alvinsusastra

Asal usul nama Asmoro dalam konteks wisata gunung ini berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah asmara atau kisah cinta. Kisah ini terkait dengan sejarah di baliknya yang menceritakan tentang sepasang kekasih yang terpaksa berpisah karena tidak mendapat restu dari orang tua keduanya, meskipun cinta mereka saling mendalam dan tidak ingin berpisah satu sama lain.

Para pengunjung yang datang ke tempat ini dapat menikmati keelokan alam yang terletak di puncak Asmoro. Mulai dari hutan yang hijau dan lebat, hingga angin sejuk yang menyegarkan, serta keadaan alam sekitarnya yang masih alami, semuanya menjadi daya tarik alam yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung.

Wisata gunung ini menempati area yang luas, sekitar 1 hektar, dan terletak pada ketinggian 630 mdpl. Di bagian timur gunung, pengunjung dapat melihat Selat Bali meskipun dengan kejelasan yang terbatas. Meski demikian, keberadaan pemandangan Selat Bali tersebut memberikan nilai tambah yang membuat wisata gunung ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik Puncak Asmoro

c 6
Instagram.com/bwi.story

Daya tarik utama dari wisata Puncak Asmoro adalah pemandangan alamnya yang memikat. Pandangan yang melintasi area ini akan dihiasi oleh pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Suasana di Puncak Asmoro juga sangat nyaman, karena kawasan wisata seluas 1 hektar ini terletak pada ketinggian 630 mdpl.

Jika melihat ke arah timur, Selat Bali akan tampak samar-samar. Di sebelah barat, deretan Pegunungan Ijen memberikan pemandangan yang mengagumkan, dengan tiga gunung yang terlihat jelas yaitu Gunung Raung, Gunung Merapi, dan Gunung Meranti. Untuk merasakan sepenuhnya keindahan alam Puncak Asmoro, disarankan naik ke gardu pandang yang telah disiapkan oleh pihak pengelola.

Kegiatan yang Menarik untuk dicoba di Puncak Asmoro

Semakin beragam kegiatan yang ditawarkan oleh suatu destinasi wisata, semakin besar minat orang untuk mengunjungi tempat tersebut. Dalam konteks ini, destinasi wisata gunung di wilayah Banyuwangi menawarkan beragam kegiatan menarik bagi para pengunjungnya, seperti:

Camping

136683756 1117725185319694 1493419376748694601 n
Instagram.com/imroh_as

Sebagian besar pengunjung gunung cenderung tertarik pada kegiatan berkemah saat mengeksplorasi destinasi pegunungan. Oleh karena itu, wajar rasanya jika sejumlah pengunjung Puncak Asmoro juga memilih untuk berkemah di sini. Rasakan keajaiban alam Puncak Asmoro di malam dan pagi hari dengan mencoba pengalaman berkemah yang unik di lokasi ini.

Piknik

Bagi kamu yang tidak tertarik untuk berkemah tetapi tetap ingin menikmati keindahan alam dengan santai, opsi piknik sambil menikmati pemandangan sekitar bisa menjadi alternatif yang menarik. Udara sejuk yang menyegarkan di sini akan menambah serunya liburanmu.

Berfoto

43516973 2268252450075274 722223244858366681 n
Instagram.com/luluk_rofita

Wisata alam ini menyediakan beragam spot foto menarik, beberapa di antaranya sangat cocok untuk dijadikan bahan unggahan Instagram. Semua momen yang diabadikan di tempat ini dapat dibagikan di media sosial dan pasti akan menarik perhatian lebih banyak orang.

Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Puncak Asmoro

Kamu sebanarnya bisa mengunjungi destinasi gunung ini kapan pun sesuai keinginan. Namun, ada waktu tertentu yang lebih disarankan oleh para pengunjung yang sebelumnya pernah liburan ketempat ini. Agar dapat menikmati keindahan alam yang maksimal, disarankan untuk berkunjung pada saat cuaca cerah atau di pagi hari.

Bagi kamu yang berasal dari luar kota, menginap di hotel yang berdekatan dengan Puncak Asmoro bisa menjadi pilihan, dan pada pagi harinya, kamu dapat berangkat menuju gunung. Jika kamu tiba di pagi hari saat cuaca cerah akan dapat mengamati dengan lebih jelas panorama dari tiga gunung di sekitarnya. Bahkan, kondisi jalan di sekitar gunung cenderung tidak berlumpur pada pagi hari.

Harga Tiket Masuk ke Puncak Asmoro

Tidak diperlukan budget besar untuk menikmati kecantikan alam yang luar biasa ini. Hal ini karena destinasi wisata gunung di Banyuwangi ini menawarkan tiket dengan harga yang sangat terjangkau, yakni hanya Rp2.000,-. Dengan membayar Rp2.000,- saja, pengunjung dapat menikmati segala fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Alamat dan Rute Menuju Puncak Asmoro

Wisata puncak ini terletak di Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapainya dari pusat Kota Banyuwangi, langsung saja menuju ke Desa Gombengsari. Setelah memasuki Desa Gombengsari, lanjutkan perjalanan hingga mencapai Pertigaan (sebelum Masjid Baitur Muttaqin yang terletak di sebelah kanan jalan).

Dari sini, ambil arah ke kanan, melewati Kedai Kopi Lego, dan masuk ke kawasan Kebun Jati dan Perhutani. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai Kampung Sumber Pakem, lewati kampung tersebut sampai mencapai Parkiran Puncak Asmoro.

Fasilitas yang Ada di Puncak Asmoro

Tentang fasilitas, tidak perlu khawatir karena Puncak Asmoro menyediakan fasilitas penunjang yang cukup memadai. Selain tersedia gardu pandang, wisatawan juga dapat memanfaatkan toilet dan gazebo untuk istirahat. Di puncak bukit, terdapat beberapa warung yang menawarkan beragam makanan dan minuman dengan harga yang sangat bersahabat bagi pengunjung.

Penginapan yang Dekat dari Puncak Asmoro

Beberapa tempat penginapan yang berada di sekitar gunung ini dapat dijadikan sebagai pilihan terbaik bagi para pengunjung yang tidak ingin berkemah di kawasan gunung. Karena lokasinya yang cukup dekat dengan Puncak Asmoro, penginapan-penginapan ini juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah menakjubkan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Manyar Garden Hotel

Manyar Garden Hotel berjarak 6,63 km dari Puncak Asmoro dan terletak di Jl. Gatot Subroto 110, Ketapang, Banyuwangi. Dengan menginap disini kamu dapat kembali ke Puncak Asmoro pada hari berikutnya dengan mudah.

2. Hotel Mahkota Plengkung

Dengan jarak yang tidak terlalu berbeda dari Manyar Garden Hotel ke Puncak Asmoro, Hotel Mahkota Plengkung juga merupakan pilihan akomodasi yang nyaman. Hotel ini terletak di Jl. Yos Sudarso No. 175, Kalipuro, Banyuwangi.

3. Ketapang Indah Hotel

Bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Banyuwangi dengan lebih leluasa, Ketapang Indah Hotel bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain dekat dengan Puncak Asmoro, penginapan ini juga berdekatan dengan objek wisata lainnya di Banyuwangi.

Rekomendasi Wisata Terdekat dari Puncak Asmoro

Jika kamu ingin melanjutkan liburan di Banyuwangi, berikut beberapa destinasi menarik yang dapat di kunjungi setelah merasakan pesona Wisata Puncak Asmoro:

1. Desa Wisata Osing: Terletak di Dusun Krajan, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.
2. Air Terjun Kalibendo: Berlokasi di Dusun Krajan, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.
3. Pemandian Tamansuruh: Alamatnya di Jl. Perkebunan Kalibendo, Dusun Andong, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur.
4. Bukit Sewu Sambang: Terdapat di Wangkal, Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur.
5. Green Gumuk Candi: Letaknya di Dusun Gumuk Candi, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

So, untuk kamu yang memang pengen liburan ke sini sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Oh iya jangan lupa juga bawa kamera untuk mengabadikan setiap moment indahmu, Happy holiday

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments