Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di Semarang

Curug Tirto Wening

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari wisata alam, religi, fantasi, hingga kuliner yang cukup digandrungi banyak orang.

Salah satu objek wisata eksotis yang wajib kamu kunjungi ialah wana wisata air terjun yang ada di Semarang, salah satunya Curug Tirto Wening yang berada di Desa Munding Kecamatan Bergas.

Alamat : Desa Munding, Kec. Bergas, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50552.
Map: Klik disini.
Harga Tiket Masuk: Rp 5000,00
Jam Buka: 24 jam

Jika di Jawa Timur air terjun kerap disebut dengan ‘coban’, maka lain halnya dengan air terjun – air terjun yang ada di wisata Semarang Jawa Tengah ini, masyarakat Semarang kerap menyebutnya dengan sebutan ‘curug’.

Ya, ‘curug’ adalah sebutan untuk air terjun yang berada di kawasan Jawa Tengah. Curug Tirto Wening, secara bahasa ‘tirto’ berarti air, sedangkan ‘wening’ artinya bening.

Penamaan Curug Tirto Wening mungkin terinspirasi dari air terjunnya yang begitu bening dan bersih dari pencemaran. Karena nyatanya, air terjun yang eksotis itu memang memiliki air yang sangat bening dan masih sangat alami.

Berada di lereng gunung Ungaran, pemandangan alam di sekitar Curug menjadi sangat indah dan sejuk. Dengan dikelilingi pepohonan serta perbukitan serba hijau di sekeliling Curug.

Untuk menuju air terjun eksotis tersebut, kamu harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer dari Alun-alun Kota Ungaran. Tapi jangan khawatir, akses jalan menuju Curug sudah sangat baik.

Dari jalan raya, kamu harus memasuki area perkampungan yang disebut Kampung Cemanggal. Kamu akan menempuh jarak sekitar 15 sampai 20 menit hingga akhirnya sampai di Curug Tirto Wening.

Selama perjalanan menuju Curug eksotis tersebut, kamu akan disambut hangat oleh area persawahan serba hijau yang terlihat indah berpetak-petak.

Setelah itu, kamu juga akan menemukan area pemukiman warga yang cukup padat di sepanjang sisi jalan setapak menuju Curug Tirto Wening.

Namun di sini kamu harus berhati-hati ya! Karena sepanjang jalan perkampungan menuju Curug Tirto Wening cukup menantang karena medannya yang berliku serta memiliki kemiringan yang cukup tajam.

Daya Tarik Curug Tirto Wening

Air terjun yang satu ini memang masih sangat alami dan terjaga, terbukti dari airnya yang begitu jernih dan bersih jauh dari pencemaran.

Wisata Menarik Lainnya :  Garuda Park Waterland, Akhir Pekan Menyenangkan di Kolam Renang

Di sekitar air terjun juga nampak pemandangan alami serba hijau, namun dalam kondisi yang bersih dan sangat terawat dengan baik.

Sebelum sampai di air terjunnya, kamu akan melewati akses jalan pada Kampung Cemanggal sejauh sekitar 1 kilometer. Namun jangan khawatir lantaran akses jalan sangat baik.

Jika pada wisata air terjun pada umumnya kamu harus melewati medan yang cukup sulit, namun tidak dengan Curug Tirto Wening ini, karena sepanjang jalan setapak sudah berupa jalan cor sehingga lebih memudahkan kamu untuk melaluinya.

Eksotisme Tirto Wening
Eksotisme Tirto Wening

Tapi tetap berhati-hati ya! Karena terdapat beberapa titik tikungan yang memiliki kemiringan cukup tajam, terlebih jika kamu menggunakan kendaraan roda 4, karena jalannya tidak terlalu lebar.

Namun jangan risau, segala rasa lelahmu selama melewati medan terjal akan terbayar lunas saat menyaksikan eksotisme Curug Tirto Wening dengan airnya yang sangat jernih dan segar.

Ya, curug tersebut terlihat begitu indah dengan air yang jatuh perlahan dari ketinggian sekitar lebih dari 5 meter, ditambah lagi warna airnya yang bening dan bersih sebening kristal.

Di bawah Curug juga terbentuk genangan air yang tak begitu dalam dan banyak dimanfaatkan oleh para pengunjung bahkan anak-anak untuk berenang dan bermain air di sana.

Perbedaan ketinggian tanah di area Curug juga membuat air yang mengalir terlihat semakin indah dan bergelombang, dengan bebatuan di bawah permukaan air yang tampak jelas lantaran jernihnya air.

Tak sampai di situ, di sekitar Curug terdapat sebuah sumber mata air yang berada agak menjorok seperti sebuah goa kecil. Warga sekitar menyebutnya sebagai sumber air bertuah.

Menurut kepercayaan warga sekitar, sumber mata air tersebut memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan.

Seorang juru kunci Curug Tirto Wening mengatakan tak sedikit pengunjung yang datang bahkan hingga dari Kalimantan untuk mengambil air bertuah tersebut sebagai obat.

Untuk menikmati segala keindahan dan manfaat yang ditawarkan Curug Tirto Wening ini, kamu hanya perlu membayar biaya tiket sebesar 5 ribu rupiah saja lho! Sangat murah meriah bukan?

Fasilitas di Curug Tirto Wening

Meskipun tak begitu luas, wisata air terjun yang satu ini ternyata juga memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang cukup memadai lho!

Wisata Menarik Lainnya :  Rumah Pohon Jonggol, Tempat Rekreasi Asyik di Akhir Pekan

Mulai ditemukan pada 2013 silam, air terjun eksotis ini semakin berkembang dengan didirikannya berbagai fasilitas penunjang yang dapat mendukung aktivitas para pengunjung di sana.

Berjarak hanya beberapa meter dari Curug, terdapat kamar ganti yang tersusun dari material kayu serta bambu-bambu, yang dibalut dengan beberapa tirai penutup agar pengunjung merasa lebih nyaman.

Tak jauh dari kamar ganti, ada juga mushola yang juga tak kalah klasik, dengan susunan kayu-kayu dan bambu yang mengelilinginya, sehingga suasana beribadah lebih terasa nyaman dan syahdu.

Beranjak dari kamar ganti dan juga mushola, kamu juga akan menemukan toilet umum yang sederhana namun dengan penataan yang rapi dan bersih, sehingga pengunjung bisa merasa nyaman.

Semua fasilitas tersebut di atas ternyata masih tergolong baru lho, dan masih dalam tahap pengembangan. Lantaran mulai didirikan kurang lebih pada Januari- Februari 2022 lalu.

Untuk warung makanan di sekitar Curug Tirto Wening juga masih dalam tahap pembangunan, tapi jangan khawatir karena di Kampung Cemanggal yang menaungi Curug Tirto tersebut telah tersedia beberapa warung untuk kebutuhan aktivitas kamu di sana.

Tips dan Saran Berkunjung ke Curug Tirto Wening

Sebelum berkunjung ke Curug Tirto Wening Desa Cemanggal, alangkah lebih baik jika kamu pelajari terlebih dulu kondisi cuaca sekitar.

Karena jika hujan tiba, dipastikan jalan cor perkampungan menuju Curug tersebut akan semakin licin, apalagi pada beberapa titik tikungan yang kemiringannya cukup fantastis itu.

Selain itu, bawa juga bekal makanan dan minuman yang cukup karena di area Curug tersebut masih belum ada fasilitas kedai makanan bagi para pengunjung.

Jangan sampai ketinggalan juga baju ganti jika kamu ingin bermain air di sana bersama kerabat tercinta. Serta yang terpenting adalah tetap jaga kesehatan ya! Supaya kamu bisa menikmati liburan dengan nyaman dan bahagia.

Terlepas dari semua kekurangannya, Curug Tirto Wening tetap memiliki pesona yang tak kalah jika dibandingkan dengan wisata alam lainnya.

Hal itu terbukti dari banyaknya pengunjung yang berdatangan meskipun tempat wisata tersebut masih tergolong baru, bahkan hingga dari luar pulau seperti Kalimantan.

Lalu, tunggu apa lagi? Yuk, segera isi liburanmu dengan berkunjung ke Curug Tirto Wening Semarang yang eksotis itu bersama keluarga atau kerabat tercinta. Selamat berlibur berlibur!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.