Kampung Pelangi Semarang: Review, Harga Tiket & Lokasi

Kampung Pelangi Semarang

Mungkin wisatawan pernah mendengar tentang Kampung Warna-Warni pada wisata di Malang yaitu Kampung Jodipan. Namun tidak hanya di Malang saja, wisatawan akan menemukan salah satu kampung kreatif yang mengusung konsep serupa di Semarang.

Kampung tersebut bernama Kampung Pelangi Semarang. Semenjak kepopulerannya, destinasi tempat wisata di Semarang pun semakin beragam dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar Semarang.

Nama Kampung Pelangi ini cukup dikenal luas. Bahkan tempat ini dinilai sebagai rekreasi hits di Semarang. Kampung Pelangi ini terletak di belakang sebuah pasar yang bernama Pasar Kembang Kalisari.

Dulunya, Kampung Pelangi Semarang merupakan sebuah pemukiman kumuh yang berada di pinggir sungai. Kebanyakan rumah yang ada di Kampung Wonosari ini hanya berdinding bata tanpa dicat.

Namun masyarakat berinisiatif menjadikan kampungnya menarik dengan cara mewarnai dinding serta atapnya dengan berbagai warna. Itulah alasannya Kampung Wonosari kini memiliki nama lain yakni Kampung Pelangi Semarang.

Review Kampung Pelangi Semarang

Hal pertama yang akan menyambut para wisatawan ketika pertama kali sampai di sana yaitu sebuah jembatan yang dicat warna-warni dengan payung menggantung di atasnya. Jembatan tersebut sering kali dijadikan spot foto oleh para wisatawan yang melakukan liburan di sana.

Selain itu, Kampung Pelangi juga memiliki banyak spot lainnya yang bisa kita coba. Salah satunya yakni gambar 3 dimensi yang ada di setiap lorong Kampung Pelangi. Wisatawan akan disuguhkan oleh berbagai macam spot menarik seperti lukisan alam, karakter kartun, dan masih banyak lagi.

Kesan kumuh yang dulunya melekat di Kampung Wonosari kini hanya tinggal kenangan. Kampung Wonosari ini menjadi penuh warna sehingga terkesan hidup dan menyenangkan. Karena berada di dataran tinggi, dari lokasi Kampung Warna-Warni ini wisatawan bisa melihat panorama keindahan Semarang.

Jembatan Kampung Pelangi
Jembatan Kampung Pelangi

Di Kampung Pelangi Semarang ini juga kita bisa menemukan ornamen-ornamen untuk menambah kesan manis dalam berfoto. Ada sepeda ontel, patung hewan, dan lainnya. Tidak hanya indah dari segi pemandangan dan juga lukisannya saja, wisatawan juga akan dibuat nyaman berada di sana lantaran penduduk kampungnya yang ramah.

Wisata Menarik Lainnya :  Kampoeng Wisata De Berran - Wisata Murah Meriah di Kota Apel

Wisatawan juga akan menemukan berbagai macam kuliner di Kampung Pelangi. Mulai dari makanan ringan seperti lumpia, kue mochi dan lainnya hingga ke makanan berat seperti soto Semarang, wingko babat, pecel Semarang, dan masih banyak lagi. Untuk harga yang ditawarkan dari kuliner yang ada di sana cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 8.000.

Nama Kampung Pelangi Semarang ini juga menjadi viral di media sosial lantaran banyaknya wisatawan yang mengunggah hasil jepretannya di sana dengan hastag #kampungpelangi. Wisatawan yang kebetulan sedang melakukan liburan di Semarang juga jangan mau ketinggalan untuk berburu spot foto di sana.

Fasilitas lainnya yang ada di Kampung Pelangi ini yakni gazebo, musala, toilet, taman bermain, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang

Wisatawan yang ingin melakukan liburan di Kampung Pelangi hanya akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000 per orang. Wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir yang ditaksir mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Harga tiket masuknya yang terbilang murah menjadikan para wisatawan berbondong-bondong untuk liburan ke sana bersama keluarga maupun teman-teman.

Lokasi dan Jam Buka Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi ini berlokasi di Jalan DR. Sutomo No.89, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50244. Wisatawan yang datang dari Stasiun Semarang Poncol hanya membutuhkan waktu sekitar 11 menit perjalanan saja. Map klik disini.

Kita bisa menuju ke Jalan Pemuda lalu masuk ke Jalan Wonosari V. Dari sana kita ke arah Jalan DR. Sutomo. Wisatawan bisa menemukan Kampung Pelangi cukup mudah karena lokasinya yang mudah diakses dan juga cukup mencolok.

Kampung Pelangi ini buka selama 24 jam. Tetapi untuk perluan wisata hanya dibuka mulai dari pukul 07:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB. Wisatawan bisa menghabiskan waktu liburannya dengan asyik di Kampung Pelangi.

Penginapan Terdekat

Wisatawan yang datang dari luar kota, bisa mencari penginapan terdekat dari Kampung Pelangi. Salah satunya yang bisa kita kunjungi di sana yakni Hotel Louis Kienne Pemuda yang berlokasi di Jalan Pemuda No.45-51, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Menarik Lainnya :  Kampung Budaya Betawi - Wisata Edukasi Kebudayaan Betawi

Wisatawan bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 4 menit perjalanan. Lalu tarif penginapan yang diberlakukan di hotel tersebut dibanderol mulai dari Rp 320.000 hingga Rp 829.000 per malam sesuai dengan paket penginapan dan jenis kamar yang kita inginkan.

Wisatawan Semarang dan sekitarnya wajib banget mengajak keluarga untuk liburan di Kampung Pelangi. Dengan datang ke sana, wisatawan bisa menikmati keindahan Semarang sambil berburu spot foto menyenangkan.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.