setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

10 Lokasi Wisata Bandungan Semarang, Wisata Dataran Tinggi Yang Sejuk Yang Wajib Dikunjungi!

Wisata Bandungan Semarang

Berbagai pilihan destinasi wisata yang ada di Indonesia, banyak orang yang memilih untuk mencari lokasi wisata Bandungan Semarang, wisata dataran tinggi yang sejuk. Setelah menjalani aktivitas yang dipenuhi kesibukan, ada saatnya kita perlu rehat dan berlibur. Salah satu daerah yang bisa dijadikan alternatif liburan ialah kota Semarang.

Dibalik keramahan para penduduknya, Semarang menyimpan bermacam destinasi liburan yang menarik. Di Bandungan terdapat tempat berlibur yang penuh dengan budaya, alam, sejarah sekaligus taman bermain bagi sang buah hati. Temukan semua tempat berlibur yang diinginkan di sana. 

Bandungan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang populer di kalangan wisatawan. Daerah ini penuh akan objek wisata menarik yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga maupun teman. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lokasi Wisata Bandungan Semarang, Wisata Dataran Tinggi Yang Sejuk

Hawa yang cukup sejuk seperti di kawasan puncak Bogor, menjadi pilihan banyak orang untuk berlibur ke daerah Bandungan, Semarang. Berikut destinasi liburan yang bisa menjadi rekomendasi saat ingin berlibur ke Bandungan, Semarang.

Umbul Sidomukti

Wisata Bandungan Semarang - Umbul Sidomukti
foto: instagram.com/jateng.kuy

Daya tarik dari tempat wisata Umbul Sidomukti adalah pada kolam renang alami di ketinggian 1.200 mdpl dengan pemandangan panorama alam yang indah serta udara yang sejuk. Selain kolam renang, wisata ini juga punya fasilitas lain yang lengkap, mulai dari outbound traininglittle ranch, camping ground, wahana permainan pemacu adrenalin, kafe, hingga villa.

Harga tiket masuknya terbilang murah, hanya sekitar Rp 5.000,-. Namun untuk menikmati wahana lain, pengunjung dikenai biaya lagi, mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 75.000,-.

Taman Bunga Celosia

Wisata Taman Bunga Celosia Bandungan
foto: instagram.com/youni_io

Destinasi wisata Bandungan Semarang yang mempunyai tema bunga ini sedang hits, loh! Bunga yang memiliki kesan romantis serta bagus untuk latar foto yang instagramable, membuat banyak anak muda menyukainya. 

Sesuai namanya, di mana Taman Bunga Celosia ini memiliki sebuah hamparan dengan bunga yang cantik berwarna-warni, dari bunga lavender, diantus, gerbera, celosia, krisan, hingga hebras. Selain itu, di taman ini terdapat miniatur atau replika landmark banyak negara, seperti Menara Eiffel Paris, Supertree Grove Singapura, Stonehenge Inggris hingga Patung Face Head dari Easter Island.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sebesar Rp 20.000,- (Weekdays) dan Rp 25.000,- (Weekend). Jam buka operasional ialah pukul 07.30 – 17.30 WIB untuk Celosia 1 dan 2, lalu pukul 07.30 – 23.00 WIB untuk Celosia 3.

Wisata Kampung Krisan Clapar

Wisata Bandungan Semarang - Wisata Kampung Krisan Clapar
foto: instagram.com/hangoutsemarang

Satu lagi destinasi wisata bertema bunga yang tidak boleh dilewatkan adalah wisata kampung krisan clapar. Dengan harga tiket sebesar Rp 10.000,-, pengunjung sudah dapat mendapatkan air mineral, biaya parkir serta naik ke gardu pandang. Pengunjung akan ditemani tour guide yang mana akan memberikan penjelasan mengenai bunga krisan, dimulai dari cara menanam hingga akhirnya berbunga.

Mawar Camp – Gunung Ungaran

Wisata Bandungan Semarang - Mawar Camp - Gunung Ungaran
foto: instagram.com/nitaesd

Nikmati keindahan Bandungan dengan berkemah di kawasan wisata Mawar Camp, Gunung Ungaran. Tempat wisata Bandungan Semarang ini merupakan pintu masuk pendakian Gunung Ungaran, tetapi sekarang telah disulap menjadi destinasi wisata yang sangat bagus.

Harga tiket masuknya sebesar Rp 5.000,- dan untuk tarif camping dimulai dari Rp 7.000,- hingga Rp 10.000,- per orang.

Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
foto: instagram.com/aslisemarang

Sesuai dengan namanya, “songo” yang berarti sembilan, dulu Candi Gedong Songo memiliki 9 candi di dalam kawasan tersebut, tetapi sekarang tersisa 5 candi saja. Seperti halnya Candi Prambanan Yogyakarta, Candi Gedong Songo juga termasuk candi Hindu jika dilihat dari reliefnya.

Untuk berkunjung ke wisata Bandungan Semarang berupa candi ini, pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 10.000,-. Terdapat juga pemandian air panas dengan tarif Rp 10,000,- yang dapat merelaks seluruh tubuh.

Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo
foto: instagram.com/xoupatmo

Dengan mengusung tema yang kekinian, Ayanaz Gedongsono menawarkan sejumlah spot foto yang instagramable bagi para pengunjung. Wisata yang terletak dekat Candi Gedongsono ini memiliki sekitar 35 spot foto yang dapat dieksplore, mulai dari bubble tent, tempat duduk di tengah kolam, balon udara hingga hammock.

Untuk memasuki kawasan Ayanaz Gedongsono, pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 25.000. Untuk spot foto sendiri ada yang gratis dan ada yang berbayar, dimulai dari Rp 5.000,- sampai Rp 30.000,-. Disarankan datang saat cuaca sedang cerah, karena lokasi wisata Bandungan Semarang satu ini yang berupa outdoor atau alam terbuka.

Dusun Nglarangan Desa Candi, Bandungan

Tak jauh dari lokasi Candi Gedung Songo, ada wisata Bandungan yang jarang diketahui oleh orang-orang. Nama wisata tersebut adalah Dusun Nglarangan, Desa Candi. Nglarangan adalah sebuah area peternakan kuda yang memiliki suasana pedesaan yang asri dan sejuk.

Selain melihat kuda-kuda yang dipelihara penduduk setempat, berfoto bersama kuda juga dapat menjadi aktivitas yang menarik di sini. Jika berkunjung ke daerah ini, sebaiknya izin terlebih dahulu kepada penduduk setempat.

I AMpelgading Homeland

I AMpelgading Homeland
foto: instagram.com/pasukankurangpiknik_

Tempat wisata Bandungan Semarang yang bernama I AMpelgading Homeland ini berada pada ketinggian 1.300 mdpl yang membuat suasana tempat ini terasa sejuk dan dingin. Selain spot foto yang berupa pemandangan alam yang indah, ada juga gazebo untuk pengujung duduk santai dan melakukan kegiatan kemah.

Harga tiketnya hanya Rp 5.000,- dan Rp 10.000,- untuk camping.

New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort

Jika ingin bermain air, ada salah satu destinasi wisata Bandungan Semarang bernama New Bandungan Indah Waterpark & Family Resort. Tempat wisata ini menyuguhkan waterpark dan penginapan. Terdapat juga taman, kebun buah strawberry, area bermain seperti flying fox, ATV, kereta api mini dan berkuda, pemancingan, live music serta ruang pertemuan.

Harga tiket masuk tempat wisata kolam renang adalah Rp 20.000,-, sedangkan untuk wahana lain sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 35.000,-.

Pemancingan Suharno

Salah satu destinasi wisata Bandungan Semarang yang banyak diburu masyarakat adalah pemancingan. Nah, di daerah Bandungan juga terdapat tempat pemancingan, yaitu Pemancingan Suharno. Pengunjung dapat menikmati aneka jenis ikan tawar, seperti gurame, lele dan nila yang dapat dimasak dengan cara digoreng atau dibakar.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, ada baiknya reservasi terlebih dahulu jauh-jauh hari karena pemancingan tersebut sering ramai pengunjung.

Tips Memilih Hotel Saat Liburan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat akan berlibur ke suatu daerah atau kota ialah memilih hotel atau penginapan. Sangat penting untuk memilih hotel yang nyaman agar beristirahat semakin optimal dan liburan pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencari hotel atau penginapan yang nyaman serta murah untuk liburan.

  • Hotel yang dekat dengan tujuan destinasi wisata

Sebelum berangkat untuk berlibur, buatlah daftar destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. Hal tersebut sangat penting untuk memilih hotel. Jika ada beragam tujuan wisata yang akan didatangi, pilihlah hotel yang ada di tengah-tengah destinasi wisata tujuan. Semakin mudah akses untuk menuju destinasi tujuan, maka biaya transportasi juga akan terkurangi. Budget pun dapat dialokasikan pada hal yang lain, seperti membeli oleh-oleh.

  • Fasilitas hotel sesuai dengan kebutuhan

Jika tujuan dari menginap di hotel adalah untuk tempat singgah sementara dan hanya menyimpan barang bawaan, maka pilihlah hotel yang hanya menawarkan kebutuhan yang dasar seperti tidur dan mandi. Karena biasanya hotel dengan jenis seperti itu biayanya juga lebih murah.

  • Periksa tingkat kenyamanan hotel

Kenyamanan hotel yang baik akan membuat waktu istirahat menjadi lebih optimal. Biasanya para tamu hotel menulis review dari hotel tersebut setelah mereka menggunakan fasilitas hotel. Dengan begitu, pendapat-pendapat dari tamu sebelumnya bisa dijadikan bahan pertimbangan saat memilih hotel.

  • Manfaatkan promo dan juga diskon

Jika ingin berhemat dalam mengeluarkan uang untuk menginap, maka carilah hotel yang sedang memberikan diskon dan promo. Biasanya pengumuman akan diposting di media sosial. Itulah lokasi wisata Bandungan Semarang, wisata dataran tinggi yang sejuk serta tips dalam memilih tempat penginapan. Semoga pembahasan di atas dapat menjadi referensi pembaca yang akan berlibur.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks