Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh, Riwayatmu Kini Dulu Viral

Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh atau di sebut Masjid Kapal Kelesalamatan dulu sempat viral di Semarang dengan keunikan bangunaan yang menyerupai bentuk “replika” bak kapal Nabi Nuh.

Destinasi tempat wisata di Semarang memanglah cukup berhasil menyuguhkan berbagai destinasi menarik yang bisa dijadikan solusi untuk liburan bersama keluarga. Destinasi yang ada di Semarang tidak hanya berupa destinasi wisata alam saja. Di sana kita bisa menemukan taman hiburan, kulineran, hingga wisata religi.

Bicara mengenai wisata religi, Semarang ini merupakan salah satu kawasan yang dihuni oleh penduduk dengan keyakinan yang beragam. Meskipun begitu, penduduk Semarang mayoritas beragama Islam.
Itulah sebabnya banyak masjid yang bisa kita temukan di Semarang.

Masjid tersebut tidak hanya dijadikan sebagai tempat beribadah saja. Masjid-masjid yang ada di sana juga dibuka secara umum untuk kepentingan rekreasi.

Beberapa masjid yang dijadikan sebagai sarana rekreasi yaitu Masjid Agung Jawa Tengah, Masjid Agung Kauman, Masjid Layur, hingga Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh atau biasa disebut dengan Masjid Kapal Keselamatan.

Sejarah Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Pendirian Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh dilakukan pada tahun 2015. Masjid ini memiliki nama asli Masjid Safinatun Najah. Tetapi kebanyakan orang lebih nyaman menyebutnya Masjid Keselamatan Nabi Nuh.

Masjid Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh ini tidak lepas dari peran salah satu keluarga yang berasal dari Uni Emirat Arab. Keluarga tersebut menyimpan sebuah wasiat yang berisi pembangunan masjid dengan arsitektur bahtera Nabi Nuh di Indonesia.

Kebetulan, salah satu anggota keluarga tersebut memiliki kerabat yang merupakan salah satu pemimpin yayasan di Semarang. Kemudian dibangunlah masjid tersebut sesuai dengan isi wasiat dengan mengambil inspirasi dari salah satu masjid yang ada di Pakistan.

Didirikannya Masjid Kapal Keselamatan ini bertujuan agar umat Islam senantiasa selalu beriman dan berserah diri pada Allah sesuai dengan pelajaran penting dari kisah Nabi Nuh.

Wisata Menarik Lainnya :  Foto Kekinian Ala 3D di Lulu Trick Eye Bogor

Daya Tarik Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh ini memiliki luas tanah sekitar 7,5 hektar dengan luas bangunan 2 hektar. Selain bisa menampung ratusan orang, Masjid Bahtera Nabi Nuh ini juga memiliki daya pikat dari desain bangunannya.

Bentuk bak Kapal yang merupakan bangunan Masjid memiliki panjang hingga 50 meter, dengan lebar 17 meter dan tinggi hingga 14 meter. Seperti kapal biasanya, di sana kita bisa melihat jendela bulat, puritan, haluan, dan aksesoris lainnya.

Selain itu, di sekeliling masjid juga terdapat kolam sehingga menjadikan kapal tersebut terkesan nyata layaknya sedang mengapung di atas lautan. Berdekatan dengan kolam ikan, kita akan menemukan air mancur yang bisa dijadikan tempat berburu spot foto.

Suasana Dalam Masjid Kapal Keselamatan
Suasana Dalam Masjid Kapal Keselamatan

Lantai pertama Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh digunakan sebagai gedung serbaguna. Biasanya lantai pertama ini digunakan untuk menggelar acara pernikahan, kajian, dan masih banyak lagi. Bagian gedung ini sudah didesain secara khusus agar tidak mengganggu kegiatan beribadah.

Sementara itu, di lantai 3 wisatawan akan menemukan perpustakaan. Berbagai buku bisa kita temukan di area perpustakaan ini. Dan yang terakhir tepatnya dibagian paling atas, kita akan menemukan rooftop. Wisatawan bisa menikmati keindahan landscape Semarang secara jelas.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan di sana berupa toilet, mini market, lahan parkir, gazebo, taman, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh

Karena merupakan tempat ibadah yang bisa dikunjungi secara umum, untuk masuk ke Masjid Bahtera Nabi Nuh ini kita tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis.

Hanya saja kita perlu ikut berkontribusi dalam membayar biaya parkir secara suka rela.

Lokasi dan Jam Buka Masjid Kapal Keselamatan

Masjid Kapal Keselamatan ini berada di Jalan Kyai Padak, Podorejo, Kecamata Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50214. Map lokasi.

Wisatawan yang berada di Stasiun Semarang Poncol, bisa datang melalui Jalan Mgr Sugiyopranoto lalu lanjut ke Jalan Koptu Suyono. Dari sana wisatawan hanya perlu belok kanan ke Jalan Kyai Padak.

Wisata Menarik Lainnya :  Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing di Semarang

Lokasi Masjid Bahtera Nabi Nuh ini bisa ditempuh dengan waktu 1 jam perjalanan dari Stasiun Semarang Poncol. Wisatawan yang sering melakukan liburan di Semarang tentunya sudah tidak asing lagi dengan lokasi Masjid Bahtera Nabi Nuh ini.

Masjid Bahtera Nabi Nuh beroperasi setiap hari selama 24 jam. Wisatawan bisa menghabiskan harinya untuk membaca buku atau menikmati pemandangan Semarang di Masjid Bahtera Nabi Nuh sepuasnya.

Penginapan Terdekat

Bagi wisatawan luar Semarang yang ingin melakukan penginapan di sekitar lokasi Masjid Bahtera Nabi Nuh, bisa mampir ke Griya Bahtera Kasih. Griya Bahtera Kasih ini berlokasi di Jalan Robyong, RT.4/RW.1, Wonorejo, Kecamatan Mijen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50212.

Jarak tempuhnya menuju penginapan tersebut hanya sekitar 7 menit perjalanan. Tarif penginapan yang ada di Griya Bahtera Kasih ini cukup bervariatif yakni mulai dari Rp 330.000 hingga Rp 728.000 per malam sesuai dengan jenis kamar dan fasilitas yang akan kita dapatkan.

Liburan ke Semarang rasanya tidak lengkap jika melewatkan Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh ini. Selain asyik untuk dikunjungi, fasilitasnya pun sangat lengkap bahkan kita dikenakan tiket masuk sepeser pun.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.