Nikmati Gurihnya Nasi Gandul Semarang: 10 Tempat Terbaik yang Wajib Dicoba!

Nasi Gandul Semarang

Salah satu makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung adalah nasi gandul Semarang. Kuliner Semarang ini berupa nasi yang disajikan bersama daging sapi dan disiram kuah rempah dengan daun pisang sebagai alas piring.

Jika kamu penasaran dengan cita rasa dan ingin segera mencobanya, artikel ini akan membahas tentang rekomendasi 10 warung nasi gandul di Semarang yang paling terkenal. Yuk cari tahu informasi selengkapnya sebelum liburan ke tempat wisata di Semarang!

10 Warung Nasi Gandul Semarang

Walaupun banyak ditemukan di Semarang, tetapi nasi gandul atau sego gandul sebenarnya adalah makanan khas Pati, Jawa Tengah. Makanan ini mempunyai tampilan dan rasa mirip semur daging atau gulai dengan kuah rempah serta irisan daging sapi.

Namun, hal yang berbeda dan menarik adalah nasi gandul dilengkapi dengan daun pisang sebagai alas piring. Namanya diberikan oleh pembeli yang bertemu dengan penjual nasi menggunakan pikulan berisi kuah dalam kuali.

Pikulan tersebut digotong dan dijajakan dengan jalan kaki sehingga nampak naik dan turun seirama dengan langkah sang penjual. Oleh karena itu, masyarakat Pati kemudian menyebutnya sebagai nasi gandul.

Jika sedang menjajaki wisata kuliner Semarang, kamu tidak hanya wajib mencicipi lumpia Semarang, tetapi juga nasi gandul Semarang yang dijual di beberapa tempat, antara lain:

Nasi Gandul 57 Kalipancur

Lokasi: Jalan Untung Suropati, Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50183.

Maps: Klik di sini

2022 11 21
Nasi Gandul 57 Kalipancur, foto Ardhian Karnadewa

Menyediakan Nasi Gandul Semarang dengan kuah kental dan bumbu khas serta berbagai pilihan lauk termasuk daging sapi, limpa, paru, hati, koyor, telur, hingga babat. Lauk atau dagingnya sangat empuk dengan bumbu sedap yang sudah meresap sempurna.

Menyantap nasi gandul di warung ini ketika masih dalam kondisi hangat akan memberikan rasa nyaman dan nikmat. Buka mulai jam 5 sore hingga jam 11 malam dengan penjual ramah sehingga banyak pengunjung yang menjadi pelanggan setia.

Nasi Gandul Bu Harni

Lokasi: Rumah Sakit Telogorejo Semarang, Kelurahan Pekunden, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134.

Maps: Klik di sini

209249647 944922032954079 6110794218342768034 n
Nasi Gandul Bu Harni

Warung makan ini menjadi salah satu warung nasi gandul Semarang yang paling populer dan sudah mempunyai banyak penggemar dari berbagai daerah. Rasa makanan yang dihidangkan di warung Nasi Gandul Bu Harni sangat khas dan nikmat.

Porsinya tidak jumbo sehingga cocok untuk kamu yang hanya ingin mengganjang perut agar tenang. Nasi hangat yang dilengkapi dengan isian daging serta kuah lezat sangatlah nikmat untuk disantap kapan saja. Warung Bu Harni sendiri mulai buka jam 1 siang dan tutup pada jam 9 malam.

Nasi Gandul Bu Sri

Lokasi: Jalan Sambiroto Raya No. 91, Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50276.

Maps: Klik di sini

102 506789119
Nasi Gandul Bu Sri

Warung makan ini sudah menjadi tempat favorit para pecinta nasi gandul di Semarang. Rasa nasi gandul yang dihidangkan di sini sangat lezat dan dijamin membuat lidah kamu senang. Cita rasanya cenderung manis sehingga cocok untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan makanan pedas.

Kabar baik, porsi Nasi Gandul Bu Sri dihidangkan dengan isian yang berlimpah. Jadi, kamu akan merasa puas dan kenyang ketika menyantapnya. Warung buka mulai jam 7 pagi hingga malam hari sehingga kamu mempunyai banyak pilihan waktu untuk merasakan kenikmatan si nasi gandul.

Nasi Gandul Mas Mamet

Lokasi: Jalan Kruing Raya No. 106, Kelurahan Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263.

Maps: Klik di sini

2022 04 04
Nasi Gandul Mas Mamet

Warung makan yang menawarkan berbagai pilihan menu, termasuk nasi gandul Semarang, soto, lauk, hingga minuman. Kamu bisa mengunjunginya bersama keluarga karena lokasinya sangat nyaman dengan harga cukup terjangkau.

Beberapa lauk yang bisa kamu tambahkan dalam nasi gandul adalah tempe kriuk, tempe becem, iso, babat, lidah, paru, dan limpa.

Nasi Gandul Pak Hary

Lokasi: Jalan Sriwijaya No. 67, Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50257.

Maps: Klik di sini

2021 08 16 1
Nasi Gandul Pak Hary

Warung makan ini menyediakan hidangan khas Pati, yaitu nasi gandul yang sangat lezat sehingga populer dan sudah digemari oleh banyak orang. Nasi dilengkapi dengan lauk berupa daging sapi dan telur ini lalu disiram menggunakan kuah nikmat yang sukses menjadikan lidah kamu bergoyang.

Buka mulai jam 4 sore menjadikannya sebagai tempat makan yang cocok untuk kulineran malam bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Kabar baiknya, Pak Hary menjual Nasi Gandul Semarang dengan harga yang cukup terjangkau.

Nasi Gandul Pak Kong

Lokasi: Jalan Anjasmoro Raya, Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50149.

Maps: Klik di sini

2019 03 20
Nasi Gandul Pak Kong, foto Rinto Adhitama

Warung yang menjual nasi gandul Semarang ini menawarkan beberapa pilihan lauk, seperti daging, paru, urat, jantung, babat, limpa, ati, hingga telur. Kamu bisa memilihnya sesuai selera, tetapi lauk-lauk tersebut menjadi patokan harga, sehingga pilih juga yang sesuai isi kantong.

Nasi Gandul Semarang yang dijual mempunyai cita rasa lezat dan gurih apalagi jika kamu mengonsumsinya ketika masih hangat. Kombinasi nasi, kuah, dan lauknya pasti akan terasa makin nikmat.

Nasi Gandul Pak Memet

Lokasi: Jalan Dokter Cipto No. 12, Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50123.

Maps: Klik di sini

20180128 174153
Nasi Gandul Pak Memet, foto: Budi Hartono

Menjadi salah satu warung nasi gandul yang wajib kamu kunjungi karena menyajikan hidangan super lezat. Selain itu, warung ini merupakan warung legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1990-an. Oleh karena itu, sudah menjadi favorit banyak orang dan kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.

Sajian nasi gandul yang dijual oleh warung Pak Memet berupa nasi putih yang disiram dengan kuah lezat berwarna cokelat. Adapun beberapa lauk yang bisa kamu pilih, seperti daging, lidah, paru, iso, hingga babat.

Nasi Gandul Pak Subur

Lokasi: Jalan Kh Ahmad Dahlan, Kelurahan Karangkidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241.

Maps: Klik di sini

20230101 203456
Nasi Gandul Pak Subur, foto: Ignatius Theodore Nico

Menjadi salah satu warung nasi gandul Semarang yang lokasinya ada di pusat keramaian sehingga sudah dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah. Bahkan warung ini mengklaim setiap hari selalu menjual ratusan porsi nasi gandul.

Buka jam 6 sore dan tutup hingga jam 11 malam sehingga cocok untuk kamu kunjungi ketika sedang lapar di malam hari sembari menikmati suasana Semarang yang memesona. Warung nasi gandul Pak Subur menawarkan beberapa pilihan lauk, seperti daging, pindah, telur, hingga jeroan babat.

Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini

Lokasi: Jalan MT. Haryono, Kelurahan Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242.

Maps: Klik di sini

2020 08 15
Nasi Gandul Mbak Tini, foto Teddy M

Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan maupun warga lokal dengan menu andalan adalah nasi gandul yang sangat lezat dengan daging empuk dan bumbu khas. Lokasinya cukup strategis sehingga kamu bisa menemukannya dengan mudah

Selain itu, Warung Makan Nasi Gandul Mbak Tini juga menawarkan berbagai pilihan lauk dengan ukuran cukup besar termasuk iso, empal, daging sapi, dan lain sebagainya. Adapun beberapa tambahan lain, seperti kerupuk, perkedel, hingga telur bacem.

Warung Nasi Gandul Pak Abdul

Lokasi: Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50257.

Maps: Klik di sini

2020 08 28
Nasi Gandul Pak Abdul, foto: Galaxy Running

Cita rasa Nasi Gandul Semarang yang dijajakan di warung Pak Abdul sudah tidak perlu diragukan lagi oleh warga Semarang maupun pelancong dari berbagai daerah. Warung ini menawarkan nasi gandul dengan lauk daging empuk dan bumbu yang sudah meresap sempurna.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati hidangan lezat nasi gandul mengenyangkan di lokasi yang nyaman, terawat, dan bersih.

Nasi Gandul Semarang menjadi salah satu kuliner lezat yang wajib kamu coba ketika sedang berkunjung ke Semarang atau bahkan Pati sebagai daerah aslinya. Beberapa warung yang sudah kami rekomendasikan di atas menawarkan menu nasi gandul lezat dan autentik dengan harga terjangkau.

Selain itu, suasana warung yang sederhana dan ramah menjadikan pengunjung selalu merasa nyaman. Jadi, apakah kamu ingin mencoba kuliner nasi gandul Semarang?

Avatar for Julia Anjarwati
Julia Anjarwati Anak muda yang ingin selalu berjiwa muda. Content writer yang senang menulis tentang kuliner, wisata, Islami, psikologi, lingkungan, dan materi bahasa Indonesia.
Avatar for Julia Anjarwati
Julia Anjarwati Anak muda yang ingin selalu berjiwa muda. Content writer yang senang menulis tentang kuliner, wisata, Islami, psikologi, lingkungan, dan materi bahasa Indonesia.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments