Kebun Teh Medini, Tak Kalah Indah Dari Kebun Teh Puncak Bogor

Kebun Teh Medini

Salah satu wisata di Semarang yang cukup banyak diminati oleh para wisatawan ketika hendak melakukan liburan yaitu wisata alamnya. Ada berbagai jenis wisata alam yang bisa kita temukan seperti air terjun, pantai, perbukitan, dan masih banyak lagi.

Salah satu wisata alam yang cukup populer di wisata terdekat Semarang bernama Kebun Teh Medini. Kebun Teh ini menjadi tujuan utama wisatawan yang menyukai kegiatan alam. Seperti halnya di Kebun Teh Puncak Bogor, Kebun Teh ini juga memiliki suasana sejuk juga pemandangan memukau yang akan membuat wisatawan betah berada di sana.

Setelah masa pandemi mulai menurun, Kebun Teh Medini kembali dibuka dengan jumlah pengunjung mencapai ratusan orang setiap harinya. Akibatnya, banyak wisatawan yang tidak mau ketinggalan untuk melakukan liburan di sana.

Daya Tarik Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini ini terletak di kawasan Kendal yang dikenal sebagai kawasan pesisir di Semarang. Namun di kawasan Kendal juga wisatawan dapat menemukan perbukitan berupa perkebunan teh. Lokasi tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran.

Berfoto di Kebun Teh Medini
Berfoto di Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda tepatnya pada tahun 1901. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 386 hektar di atas ketinggian 2.050 mdpl. Hingga saat ini, Kebun Teh Medini ini berada dalam pengelolaan Pabrik Teh Rumpun Sari Medini. Itulah mengapa kualitas teh yang ada di sana selalu dalam keadaan baik.

Ketika sampai di pintu masuk Kebun Teh Medini, wisatawan seolah disambut oleh landscape labirin. Area Kebun Teh Medini ini sangat luas dengan penataannya yang begitu rapi. Biasanya, pada waktu cuaca cerah, wisatawan bisa melihat panorama indahnya Gunung Ungaran yang ada di sebelah selatan Kebun Teh Medini.

Banyak juga wisatawan yang datang di waktu pagi dan sore hari demi menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam. Di sana wisatawan bisa berkeliling area Kebun Teh Medini sambil melihat para petani yang tengah memetik teh. Tidak lengkap rasanya jika datang ke sana tanpa berburu spot foto. Ada berbagai spot foto menarik yang bisa kita temukan di sana seperti latar perkebunan teh, gardu pandang, jembatan, gapura selamat datang dan masih banyak lagi.

IMG20170812083006
Foto via Google maps/Yazid Bustomi

Selain itu, di area tersebut juga wisatawan bisa menemukan salah satu peninggalan Jepang berbentuk sebuah goa. Karena menjadi salah satu peninggalan Jepang, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Goa Jepang.

Dari luar saja, Goa Jepang ini sudah terlihat menyeramkan dengan lubang besar dan gelap. Di dalam sana hanya terdapat tanaman rambat dan bebatuan alam saja. Karena dinilai menyeramkan, wisatawan tidak diperkenanan kan untuk memasuki goa tersebut.

Kebun Teh ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat camping oleh para wisatawan. Wisatawan yang berkemah di sana didominasi oleh para kawula muda. Namun ada juga wisatawan yang melakukan kegiatan berkemah dengan anggota keluarganya.

Bagi wisatawan yang tidak membawa perlengkapan berkemah, bisa menyewa tenda beserta perlengkapan lainnya yang dibanderol mulai dari Rp 150.000 sesuai dengan ukuran tenda yang kita inginkan.

Kegiatan lainnya yang bisa kita lakukan di sana yaitu kegiatan outbound, games, bersepeda, dan masih banyak lagi. Di sekitar Kebun Teh Madini juga wisatawan bisa menemukan aneka warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang murah.

Fasilitas lainnya yang ada berupa toilet, musala, gazebo, area bermain anak, saung, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Medini

Bagi wisatawan yang ingin melakukan liburan di Kebun Teh Medini ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000 per orang. Tiket tersebut belum termasuk dengan tiket parkir kendaraan yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Dengan tarifnya yang terbilang murah ini, banyak wisatawan yang tertarik untuk melakukaniburan keluarga ke Kebun Teh Medini.

Lokasi dan Jam Buka Kebun Teh Medini

Bagi wisatawan yang tengah melakukan liburan di Semarang, bisa mampir ke Kebun Teh Medini yang berlokasi di Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Hutan, Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357. Google Maps.

Wisatawan yang datang dari lokasi Stasiun Semarang Poncol bisa melalui Jalan Prof. Dr. Hamka menuju ke Jalan Raya Jatikalangan. Dari sana kita masuk ke kawasan Limbangan yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 19 menit perjalanan.

Karena lokasinya berada dekat dengan Wana Wisata Hutan Pinus Klimut tentunya menjadi lebih mudah ditemukan oleh para wisatawan.

Kebun Medini ini beroperasi selama 24 jam karena merupakan sebuah perkebunan teh yang bisa diakses secara umum. Wisatawan yang ingin sekedar jalan-jalan bisa datang ke sana pada waktu pagi hari, sementara bagi wisatawan yang ingin melakukan kemah bisa datang di waktu sore hari.

Penginapan Terdekat

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di Semarang dengan konsep kamar, bisa datang ke salah satu hotel terdekat dari Kebun Teh Medini yaitu Hotel Sarira. Hotel ini berlokasi di Jalan Raya Air Panas, Area Sawah, Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51383.

Jarak tempuhnya dari lokasi Kebun Teh Medini sekitar 3 menit perjalanan. Dan mengenai tarif penginapannya, wisatawan bisa menghubunginya secara langsung melalui nomor 081391077475.

Kebun Teh Medini ini cocok dikunjungi untuk kegiatan liburan keluarga, liburan romantis bersama pasangan, atau hangout dan berburu spot foto bersama teman.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments