Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

10 Pusat Oleh-oleh Semarang ini Wajib Kamu Datangi

Oleh-oleh Semarang

Menjelajahi wisata kota Semarang, tak lengkap rasanya jika kamu tak membeli sesuatu sebagai cindera mata. Ada banyak Oleh-oleh Semarang yang bisa kamu temukan di gerai-gerai yang tersebar di berbagai tempat.

Mulai dari makanan khas, pernak-pernik, kaos unik, hingga kerajinan tangan bisa kamu beli sebagai oleh-oleh. Lalu dimana tempat yang pas untuk berbelanja cendera mata itu semua?

Setapak Langkah punya informasinya untuk kamu lho, ini dia 10 tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin berbelanja oleh-oleh.

1. Bandeng Djuawa Elrina

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/ujungsendok

Pusat Oleh-oleh khas Semarang, Bandeng Juawa Elrina, nyatanya tak pernah sekalipun sepi pengunjung. Apalagi jika jelang lebaran tiba, banyak wisatawan yang berjubel memadati tempat ini untuk membeli oleh-oleh Semarang. Letaknya yang strategis, membuat pelancong tak kesulitan menemukan tempat ini. Lokasinya berada di Jl. Pamularsih Raya No.70, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang,

Berbagai makanan di jual di sini mulai dari tahu bakso, lumpia Seamarang, kue moci dan lainnya. Namun, yang paling khas di sini adalah bandeng presto Juwana. Makanan yang satu ini sangat-sangat terkenal dan itu sangat cocok sekali jika kamu membelinya sebagai oleh-oleh.

2. Virgin Bakery

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/dwimita_rifkyarkha

Sesuai namanya, Virgin Bakery menyediakan bermacam-macam roti yang tentunya empuk dan lezat. Roti yang dijual di tempat ini, bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh jika kamu berkunjung ke kota Semarang. Nyatanya, toko roti yang satu ini memang berpusat di kota atlas ini sehingga bisa menjadi oleh-oleh Semarang yang khas.

Ada berbagai jenis roti di sini, mulai dari bolu kukus, kue pandan kismis, butternut cake, hingga menu-menu tradisional seperti klepon, risoles, onde-onde dan lainnya. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp. 4000 rupiah saja. Sementara untuk lokasinya ada beberapa toko, salah satunya berada di Tlogosari, Semarang.

3. Pusat Oleh-oleh Djoe

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/djoeoleholehjogja

Untuk pusat oleh-oleh Semarang yang satu ini namanya adalah Djoe. Namun, lokasinya tak hanya berada di Semarang saja. Ada juga yang berlokasi di Jogjakarta. Berdiri sejak tahun 1990, pusat oleh-oleh ini menyediakan berbagai produk khas yang salah satunya adalah bandeng presto, kue moci, jenang mubarok, wingko babad, dan lainnya.

Gerai yang berada di Jl. Pandanaran Semarang ini selalu ramai dan banyak wisatawan dari berbagai daerah datang untuk berbelanja. Perlu diketahui, pusat oleh-oleh djoe juga sudah mendapatkan sertifikat penyuluhan keamanan pangan dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Semua makanan yang di jual di sini di jamin halal. Jadi tak perlu khawatir ya teman setapak.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Angkringan Solo yang Murah dan Rekomended

4. Pusat Oleh-oleh Pandanaran

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/pandanaran41

Tak melulu soal makanan, oleh-oleh Semarang juga bisa berupa kaos dan souvenir. Nah, kamu bisa juga dapatkan barang-barang tersebut di Pusat oleh-oleh pandanaran. Lokasinya berada di Jl. Pandanaran No. 41 Semarang, Jawa Tengah. Ada berbagai jenis souvenir seperti gantungan kunci, kerajinan tangan, dan kaos-kaos Semarang yang unik dan menarik. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke tempat ini.

Namun, tentu saja tempat ini tak hanya menyedikan kaos dan souvenir, ada berbagai makanan khas juga seperti bandeng presto, kue moci, lumpia Semarang dan makanan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau untuk kantong para pelancong. Jadi tempat ini merupakan salah satu yang rekomended.

5. Kampoeng Semarang

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/kampoengsemarangdijogja

Menuju ke arah Timur kota Semarang, kamu bisa menemukan gerai yang besar dan luas sebagai pusat oleh-oleh Semarang. Lokasinya berada di Jl. Kaligawe KM. 1 Semarang. Berdekatan dengan terminal Terboyo dan jalan pantura Semarang-Demak. Letaknya yang sangat strategis membuat banyak rombongan wisatawan mampir ke tempat ini. Bus-bus pariwisata seringkali berjajar di pelataran gerai Kampoeng Semarang.

Menariknya, kamu bisa menjumpai berbagai macam oleh-oleh seperti kerajinan tangan hingga berbagai macam makanan. Usut punya usut, tempat ini ternyata menjual berbagai kerajinan tangan dan makanan dari UMKM setempat. Tak heran kualitasnya sangat bagus sehingga tak akan mengecewakan para pelancong.

6. Tahu Bakso Bu Pudji

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/tahubaxo_ibupudji

Selain bandeng Presto, jajanan yang khas untuk oleh-oleh Semarang adalah tahu baksonya. Jika kamu melintas di jalan Ungaran Kab. Semarang, pasti banyak gerai-gerai yang menjajakan tahu bakso. Tak heran, karena memang makanan ini menjadi salah satu makanan yang khas untuk oleh-oleh.

Salah satunya yang cukup terkenal adalah Tahu Bakso Bu Pudji. Ada beberapa gerai yang bisa kamu jumpai. Namun, yang cukup banyak dikenal oleh pelancong adalah gerai yang berada di Jl. Semarang-Solo tepatnya di Ungaran Jawa Tengah. Tekstur tahu yang lembut dipadukan dengan bakso yang lezat, membuat jajanan ini sangat banyak diminati. Untuk harganya juga sangat ramah di kantong. Yakni kamu cukup merogoh kocek Rp. 38.000 rupiah untuk 1 box yang berisi 10 biji tahu bakso rebus.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Kuliner Unik Jogja yang Bikin Mau Lagi Terus

7. Moaci Gemini

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/moacigeminisemarang

Kue yang kenyal, lembut, dan manis tentu saja banyak orang yang menyukainya. Moaci merupakan salah satu kue yang banyak diburu masyarakat. Nah, jika kamu jalan-jalan di wilayah Semarang, kamu bisa kok mencicipi Moaci Gemini. Bahkan jajanan unyil ini bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh Semarang yang khas.

Saat ini, ada banyak varian rasa moaci. Mulai dari greentea, original, cheese, dan tentunya ada taburan wijen yang semakin membuatnya lezat. Untuk harga, sangat terjangkau dan ramah di kantong. Jadi kamu tak usah khawatir ya.

8. Pusat Oleh-oleh Semar

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/pusatoleholehsemarkhassemarang

Siapa yang tak kenal lumpia? Makanan khas Semarang yang satu ini sangat lezat dan menggoda selera. Bagaimana tidak? Isian rebung dengan campuran daging ayam atau udang akan membuat rasanya semakin nikmat. Ditambah lagi dengan sambal yang dimakan bersamaan dengan daun bawang, lalu ditambahkan cabe dan acar.

Hmmm… rasanya pasti sangat lezat bukan. Jika kamu tergoda dan ingin membawanya sebagai oleh-oleh Semarang, kamu bisa banget datang ke Pusat Oleh-oleh Semar. Ada 2 gerai yang bisa kamu kunjungi, yakni berada di Jl. Kedungmundu Raya no. 16 (depan SPBU Kedungmundu) Semarang dan Jl. Jend urip sumoharjo no. 878, Wonosari Raya, Mangkang, Semarang

9. Pusat Oleh-oleh Semarang MaDua 52

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/oleholehmadua

‘Bersama Nikmati Nusantara’ adalah jargon khas dari pusat oleh-oleh Semarang 52. Tentu saja memang banyak hal yang bisa dinikmati dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh Semarang. Salah satunya adalah lumpia yang khas dan beberapa makanan lainnya. Letak dari gerai ini berada di Jl. Jend Sudirman no 134 Semarang.

Jika kamu tak sempat mampir, kamu juga bisa pesan beberapa menu makanan melalui Gojek lho. Praktis bukan? Perlu diingat, bukan hanya makanan saja yang dijajakan di tempat ini. Ada juga baju, kaos dan juga souvenir lainnya. Jadi kamu punya banyak pilihan untuk membeli barang-barang khas Semarang ini.

10. Pusat Oleh-oleh Khas Semarang Ayu

Oleh-oleh Semarang
foto: instagram.com/mubayyinah_

Terakhir, setapak kasih rekomendasi yang sangat bagus yakni pusat oleh-oleh Semarang Ayu. Lokasinya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No.25, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah. Berbagai macam camilan bisa kamu dapatkan di sini. Ada makanan yang unik yakni torakur (tomat rasa kurma) juga bisa kamu dapatkan di gerai ini.

Harga yang di tawarkan sangat bervariasi. Tergantung makanan apa yang kamu ambil. Tapi jangan khawatir, semua harga yang ada di oleh-oleh khas Semarang ayu ini sangat terjangkau.

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *