Eling Bening, Menikmati Keindahan Ambarawa Yang Begitu Jernih

Eling Bening Semarang

Eling Bening didirikan pada tahun 2015 dan sejak saat itu, kepopulerannya berhasil menarik perhatian para wisatawan. Hingga saat ini, jumlah pengunjung yang datang ke sana mencapai ratusan setiap harinya.

Mendengar nama Semarang, pasti teringat pada salah satu peristiwa penting yang cukup melegenda yakni Pertempuran Lima Hari di Semarang. Namun, Semarang juga dikenal sebagai kota yang mirip seperti Kota Venesia.

Julukan tersebut diberikan sejak zaman penjajahan Belanda. Hal tersebut lantaran Semarang memiliki banyak sungai yang mengalir di tengah kota. Semarang termasuk salah satu kota modern yang banyak digemari oleh para wisatawan.

Tidak heran, banyak destinasi wisata di Semarang yang menarik dapat kita temukan. Seperti yang kita tau, ada beberapa destinasi wisata popular di Semarang seperti Lawang Sewu, Saloka Theme Park, Wisata Lereng Kelir, dan masih banyak lagi.

Selain destinasi-destinasi wisata tersebut, di Semarang juga kita bisa menemukan salah satu destinasi yang belakangan ini banyak diminati yakni Eling Bening.

Eling Bening ini merupakan wisata favorit masyarakat Jawa Tengah. Bahkan pada saat libur panjang, banyak wisatawan dari luar Jawa hingga turis asing menyempatkan waktunya untuk melakukan liburan disama.

ReviewEling Bening

Awal mula kepopuleran Eling Bening ini lantaran pemandangan hijaunya yang begitu mempesona. Di atas ketinggian 700 mdpl, wisatawan akan melihat keindahan Rawa Pening. Keindahan tersebut disempurnakan dengan pesona deretan pegunungan. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan Gunung Merbabu, Gunung Andong, hingga Gunung Telemoyo dalam satu lokasi.

Pada saat cuaca cerah, pesona latar pemandangan kawasan Ambarawa semakin menakjubkan. Biasanya, wisatawan bisa menghabiskan waktunya berjam-jam sambil menyaksikan keindahan tersebut bersama orang tercinta tanpa rasa bosan.

Perahu Naga
Perahu Naga

Selain itu, di Eling Bening juga kita bisa berburu spot foto kekinian. Ada berbagai fasilitas spot foto instagramable yang disediakan oleh pihak pengelola. Salah satu spot andalannya yaitu perahu naga.

Perahu naga yang didominasi warna putih ini menggantung di atas tebing. Sehingga ketika berada di tepi, kita bisa menikmati keindahan Semarang dengan begitu jelas.

Wisata Menarik Lainnya :  Batu Love Garden, Wisata Edukasi di Taman Bunga

Ada juga spot foto lainnya seperti gapura, gardu pandang, hingga kursi taman dengan latar pemandangan pegunungan. Selain itu, Eling Bening juga memfasilitasi sebuah wahana ayunan yang cukup menarik untuk di coba. Ayunan ini berada tepat di atas tebing sehingga cocok bagi wisatawan yang menyukai kegiatan menantang.

Dan bagi wisatawan yang ingin mencoba berenang di atas bukit, destinasi wisata ini juga merupakan solusi. Kapan lagi bisa menikmati keseruan berendam sekaligus disuguhkan oleh pesona Ambarawa. Apalagi kolam renang tersebut cocok dinikmati oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Kolam Renang
Kolam Renang

Bicara mengenai anak-anak, Eling Bening menyuguhkan fasilitas outbound yang bisa dicoba oleh si kecil. Beberapa aktivitas outbound yang bisa kita coba di sana seperti memanjat tali, flying fox, trampolin, berkuda hingga menjaring ikan.

Fasilitas lainnya yang akan kita temukan yakni garden restonya yang cukup mencolok. Sesuai dengan konsepnya, ketika menginjakan kaki di area tersebut, kita akan merasakan suasana sejuk dari hamparan rumputnya yang hijau.

Garden resto ini memiliki konsep outdoor dengan menghadap ke arah Rawa Pening secara langsung. Segala furnitur dan ornamen yang ada di sana didominasi dengan warna putih.

Wisatawan akan disuguhkan oleh deretan kursi berwarna putih. Garden resto ini bisa menampung hingga ratusan orang sehingga tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat duduk ketika datang ke sana.

Beberapa menu makanan yang bisa kita temukan di garden resto ini seperti nasi goreng, rawon, baso, soto, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Untuk harga makanan yang ditawarkan di sana ditaksir mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 40.000 saja.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan seperti gazebo, area bermain anak, area piknik, toilet, musala, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Eling Bening

Untuk tiket masuk di hari Senin hingga Jumat, Eling Bening memiliki tarif sebesar Rp 25.000 per orang. Ada pun untuk hari Sabtu dan Minggu sebesar Rp 30.000 per orang.

Jika wisatawan ingin mencoba sensasi berenang di atas bukit, akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 20.000 per orang. Dan untuk fasilitas outboundnya mulai dari Rp 10.000 per orang.

Wisata Menarik Lainnya :  28 Destinasi Wisata Alam Karanganyar Terbaik Tahun 2022

Harga tiket yang ditawarkan terbilang murah dari wisata popular lainnya yang ada di Semarang. Terlebih fasilitas yang ditawarkan pun sangat lengkap sehingga wisatawan dijamin tidak akan menyesal melakukan liburan di sana.

Alamat dan Jam Buka Eling Bening

Eling Bening ini berlokasi di Jalan Sarjono, Bawen, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661. Map klik disini.

Jarak tempuh Eling Bening dari Stasiun Semarang sekitar 52 menit perjalanan. wisatawan bisa memusatkan tujuan dari Jalan Tawang menuju ke Jalan Raya Pantura. Dari sana kita masuk ke Jalan Tol Ungaran – Bawen hingga keluar menuju Jalan Raya Ambarawa.

Karena lokasinya berada di kawasan wisata terlebih berdekatan dengan Rawa Pening, membuat Eling Bening mudah ditemukan oleh para wisatawan.

Eling Bening ini beroperasi setiap hari dengan durasi yang cukup panjang yaitu mulai dari pukul 07:00 WIB – 19:00 WIB. Wisatawan bisa menghabiskan satu hari full menghabiskan waktu bersama keluarga di Eling Bening.

Penginapan Terdekat

Di dekat lokasi Eling Bening ada salah satu tempat penginapan berbintang yang cukup popular namanya Hotel Bawen Indah. Hotel ini berlokasi di Jalan Tol Semarang – Solo, Ngancar, Bawen, Kecamatan Bawen. Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661.

Jarak tempuhnya dari lokasi hanya sekitar 5 menit perjalanan. Mengenai tarif penginapannya ditaksir mulai dari Rp 391.000 hingga Rp 589.000 per malam sesuai dengan paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan Jawa Tengah wajib mampir ke Eling Bening untuk menikmati pesona Ambarawa yang begitu menakjubkan. Wisatawan dari luar Jawa Tengah juga jangan mau ketinggalan.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.