Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Ini Rekomendasi 16 Spot Beli Batik di Solo

Beli batik di Solo Danar Hadi

Siapa sih yang ngga tau Kota Solo?

Kota yang kental dengan budaya Jawanya ini menjadi pusat belanja dengan harganya yang terjangkau. Berbagai produk fashion bisa kamu dapatkan ketika berkunjung di kota Solo.

Salah satu produk fashion andalannya adalah batik Solo. Warisan budaya ini dapat ditemukan dengan mudah di Kota Solo, karena di sini terdapat banyak tempat yang memproduksi dan menjual batik.

Batik Solo merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki motif warna coklat kekuningan (kalem) yang dominanan pada kainnya. Ciri khas pada motif batik solo ini yakni geometris pada setiap corak yang di ciptakan.

Ingin belanja batik, tapi bingung cari butik untuk beli batik Solo dengan kualitas yang bagus ?

Tenang saja deh, ini lho rekomendasi tempat beli batik di Solo lengkap dengan alamatnya untuk menjadikan fashion kamu lebih kece.

1. Batik Danar Hadi

Batik Danar Hadi Solo
foto: instagram.com/danarhadi_id

Alamat (pusat) : Jl. Dr. Rajiman No.164, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta.

Toko batik di Solo sekaligus tempat produksi batik ini, didirikan sejak tahun 1967, oleh pasangan suami istri yaitu H. Santoesa Dullah dan Hj. Danarsih Santosa.

Nama Danar Hadi sendiri merupakan gabungan dari nama ibu Hj. Danarsih dan ayahnya H. Hadipriyono.

Jika kamu seorang pecinta batik nih, pasti tak asing dengan Batik Danar Hadi. Produk batik ini sudah populer di dunia fashion Indonesia dan kerap kali ikut serta dalam ajang fashion show untuk mengenalkan karya – karyanya.

Bahkan Danar Hadi ini punya museum khusus batik loh,.

Museum ini benama ‘House of Danar Hadi’. Tempatnya masih berada di Kota Solo juga. Di museum batik Danar Hadi ini, kamu dapat belajar mengenai sejarah batik Solo yang lebih kompleks.

Ingin punya batik koleksi Danar Hadi ini? Tak perlu jauh – jauh datang ke Solo juga bisa sih…

Karena Danar Hadi sudah mempunyai beberapa cabang di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Medan, Balikpapan, Bali, hingga luar negeri seperti Singapura dan Jeddah.

Tapi boleh saja kok jika langsung beli batik di Solo, sekalian mengunjungi museumnya.

2. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan
foto: instagram.com/herdik

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.521 Laweyan, Kecamatan Laweyan, Kaota Surakarta.

Kampung batik laweyan merupakan salah satu dari sekian banyaknya kampung batik yang ada di Indonesia. Kawasan ini menjadi kampung batik tertua yang ada di Solo.

Di sini kamu dapat belajar sejarah batik, beragam motif batik, hingga proses membatik. Selain itu, kamu bisa langsung membeli batik dari tempat produksinya.

Dalam kampung Laweyan ini terdapat ratusan pengrajin batik yang menjual berbagai macam motif batik, dengan harga yang bervariasi.

Kampung ini kece banget buat kamu yang suka selfie. Karena terdapat spot – spot keren di kawasan Kampung Batik Laweyan.

3. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman Solo
foto: instagram.com/adest.subiakta

Alamat : Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Sama halnya dengan Kampung Batik Laweyan. Kebanyakan warga lokal di Kampung Batik Kauman bekerja sebagai pengrajin batik. Sejak tahun 2006, Kauman menjadi kampung wisata batik.

Sebagai kampung wisata, di sini menyediakan tempat – tempat yang bisa dikunjungi, seperti rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, dan masih banyak lagi.

Kurang lengkap jika mengunjungi Kampung Batik Kauman tanpa membeli produk asli kawasan ini. Aneka produk seperti, kain batik, baju batik, hingga aksesoris dengan paduan batik tersedia.

Bedanya dengan Laweyan, Batik Kauman lebih menampilkan motif batik klasik berdasarkan standar keraton. Bahkan bisa dibilang motif batik ini mempresentasikan motif batik yang biasa dipakai di keraton.

Wisata Menarik Lainnya :  Wajib Kunjungi, 5 Wisata Religi Solo yang Penuh Sejarah

4. Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo
foto: instagram.com/olantama

Alamat : Jl. Dr. Rajiman No.5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Bagi yang suka belanja pasti tau nih pasar Klewer. Pasar tekstil terbesar di Solo ini memiliki banyak kios yang menjual batik. Mulai dari kain batik, atasan batik dan rok batik bisa didapatkan di sini.

Apabila belanja ke pusat batik solo ini, kamu bisa melakukan tawar menawar dengan penjualnya. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan produk batik kualitas yang cukup bagus dengan harga yang miring.

5. Pusat Grosir Solo (PGS)

Pusat Grosir Solo
foto: instagram.com/pgs_surakarta

Alamat : Jl. Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

PGS merupakan salah satu pusat beli batik di Solo yang cukup besar dan lengkap. Gedung dengan 5 lantai ini, terdapat kios – kios yang menjual batik. Kamu bisa membeli beragam produk batik secara eceran maupun grosir.

Sebab harganya cukup terjangkau, jadi banyak pembeli grosir Solo yang membeli batik dari sini lalu dijual kembali. Selain itu, PGS sering didatangi oleh pecinta wisata fashion, karena tersedia bermacam model pakaian batik mulai dari 50 ribuan.

6. Beteng Trade Center (BTC)

Beli Batik di Solo BTC
foto: instagram.com/officialbtcsolo

Alamat : Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

Pusat belanja di Solo tak hanya di Pasar Klewer dan PGS. Ada juga BTC yang terkenal sejak tahun 1992. Bangunan berlantai 2 ini, letaknya berdampingan dengan Pusat Grosir Solo.

Lantai dasar digunakan untuk pusat perdagangan kain. Lantai satu tersedia beragam tas dan sepatu. Sedangkan lantai dua untuk pusat perdagangan batik.

BTC ini tak pernah sepi pengunjung dan menjadi langganan belanja fashion, baik dari warga lokal maupun wisatawan yang akan berburu oleh – oleh. BTC dibuka mulai jam 9 pagi hingga jam 5 sore.

7. Lumbung Batik Solo

Lumbung Batik Solo
foto: instagram.com/lumbung_batik_laweyan_solo

Alamat : Jl. Agus Salim No.17, Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Destinasi belanja batik selanjutnya ada di Lumbung Batik Solo. Didirikan pada tahun 2010 oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Solo atau PPBS. Sentra batik ini, kala itu diresmikan oleh Walikota Solo, Ir. Hj. Joko Widodo.

Walaupun masih terbilang baru tempat beli batik di Solo ini menjual aneka macam batik yang cukup lengkap. Sekitar 40 toko batik dapat ditemukan di sini.

8. Batik Soga Laweyan

Batik Soga Solo
foto: instagram.com/ditakartikayustisia

Alamat : Jl. Dr. Radjiman no. 472 – 474, Bumi, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Masih dengan rekomendasi tempat beli batik di Solo, tepatnya ada di Batik Soga Laweyan. Di sini menyediakan beraneka ragam motif batik dalam bentuk kain maupun baju jadi.

Kamu juga bisa membuat model baju batik sesuai keinginanmu, cukup dengan membeli kain batik dan memasukkannya ke penjahit andalanmu. Jika ngga mau ribet, tinggal beli baju jadi aja di Batik Soga Laweyan.

Pakaian di Batik Soga Solo terbuat dari bahan yang berkualitas seperti katun, katun tenun dobi, dan sutra. Tersedia batik tulis, batik cap, hingga batik kombinasi.

9. Ria Batik

Ria Batik Solo
foto: instagram.com/nofarius

Alamat : Jl. R.M. Said No.85, Punggawan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Ria batik menjual aneka produk batik yang cukup lengkap. Diantaranya ada kemeja batik, blus batik, rok jarik, gamis batik, piyama, daster, mukena dan sarung batik. Modelnya pun kekinian, sehingga bisa dipakai oleh berbagai kalangan.

Di Ria Batik juga menawarkan kain batik meteran dan melayani jasa pembuatan seragam untuk kebutuhan kantor maupun ibu -ibu PKK. Harganya juga relatif murah, tak kalah jika dibandingkan dengan batik – batik yang dijual eksklusif.

10. Batik Keris Nonongan

Batik Keris Solo
foto: instagram.com/batikkerisindo

Alamat : Jl. Kom. Yos Sudarso (Nonongan) No.62, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta

Alternatif tempat beli batik di Solo lainnya adalah Batik Keris Nonongan. Koleksi batik yang ditawarkan di sini tak hanya untuk acara formal saja, dengan ragam warna, corak, motif dan modelnya batik ini dapat digunakan untuk busana sehari – hari.

Wisata Menarik Lainnya :  Nikmat! 10 Kuliner Sate Solo ini Bikin Nagih

Batik Keris mampu memadukan gaya fashion agar terkesan lebih trendy saat dipakai. Tak heran jika produknya disukai kalangan muda. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 1.500.000.

11. Batik Pria Tampan

Beli batik di Solo Laweyan
foto: instagram.com/batikpriatampan

Alamat : Jl. Sidoluhur, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta

Butik batik Solo ini, menampilkan bermacam – macam busana batik dengan warna yang cerah dan ceria. Desainnya pun sangat menarik dan kekinian, batik ini jauh dari kesan kaku dan kuno.

Jangan mengira Batik Pria Tampan hanya di khususkan untuk pria saja ya, butik ini juga menyediakan pakaian untuk wanita dan anak, tentunya dengan model yang lucu. Untuk harganya sendiri cukup ramah di kantong.

12. Galeri Mutiara Batik Solo

Galeri Mutiara Batik
foto: instagram.com/mutiarabatiksolo

Alamat : Jl. Siwalan No.37A, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta

Tempat beli batik di Solo ini tersedia berbagai pilihan motif dan model baju. Mulai dari motif klasik seperti batik motif parang, motif truntum, motif kawung hingga motif kombinasi dengan tokoh pewayangan.

Mutiara Batik, rata – rata menawarkan batik untuk perempuan. Modelnya pun cukup banyak, tak hanya berbentuk baju biasa, namun ada juga outer, dan blus kimono dengan motif batik.

13. Batik Priyayi Solo

Galeri Priyayi Batik Solo
foto: instagram.com/harroldsepang

Alamat : Jl. Ronggowarsito No.62, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta

Ingin membeli batik dengan kualitas tinggi ? Batik Priyayi Solo inilah tempatnya. Kebanyakan batik yang ada di Batik Priyayi Solo merupakan batik tulis dan terbuat dari kain premium.

Motifnya yang klasik namun berkesan elegan, membuat para pecinta batik senang berbelanja di Batik Priyayi Solo. Dengan kualitas yang tinggi, tak heran jika harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan batik lainnya.

14. Batik Benang Ratu Heritage

Batik Benang Ratu Solo
foto: instagram.com/jajansolo

Alamat : Jl. Veteran No.119, Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta

Bagi kamu yang suka beli batik di Solo, mungkin kurang mengenal toko batik ini. Sebab, Batik Benang Ratu Heritage baru dibuka tanggal 14 Mei 2020 yang lalu.

Meskipun masih sangat baru, produk yang ditawarkan di Batik Benang Ratu Heritage cukup lengkap. Aneka fashion dapat dijumpai, mulai dari busana batik, sandal motif batik, hingga tas batik.

Bangunan dengan ikon khas berupa wayang gunungan berwarna kuning tersebut, menjual produknya dengan harga yang murah meriah.

Kamu bisa mendapatkan sling bag batik seharga Rp 12.500 saja. Kain batik mulai dari 45 ribuan. Sementara itu, baju batik bisa dibeli mulai harga Rp. 29.500

15. Galeri Aluna Indonesia

Galeri Aluna Indonesia Solo
foto: instagram.com/aluna_indonesia

Alamat : Tingkir Raya II/A3, Tingkir Tengah, Kec. Tingkir, Kota Salatiga

Fashion batik tak hanya berupa pakaian seperti dress maupun kemeja. Toko batik satu ini, menjaul sepatu dengan motif batik.

Jangan bayangkan sepatu batik di Galeri Aluna Indonesia memiliki tampilan yang jadul. Justru dengan aksen batik di sepatu jenis flat shoes menambah kesan cantik dan lucu.

Sehingga membuat penampilan kamu lebih feminim. Sepatu dan sandal batik di Galeri Aluna Indonesia, bisa dibeli dengan harga mulai 99 ribuan.

16. Batik Riana Kesuma

Batik Riana Solo
foto: instagram.com/astutismaga

Alamat : Jl. Imam Bonjol No.34, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta

Butik batik Riana Kesuma ini didirikan oleh seorang wanita tangguh bernama Riana Kusuma Astuti, seorang desainer sekaligus penggiat batik asal Solo.

Riana Kusuma sendiri pernah membuatkan baju untuk Titiek Soeharto dan Iriana Joko Widodo. Dapat dipastikan bahwa hasil karyanya, termasuk batik demikian bagus.

Itulah beberapa tempat beli batik di Solo, mulai dari butik hingga pusat perbelanjaan. Tiap tempatnya memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari segi kualitas, harga, hingga model yang ditawarkan.

Masih banyak lagi tempat – tempat untuk beli batik di Solo. Karena Solo memang Kota yang tepat untuk berburu wisata fashion. Ingin belanja batik murah dan berkualitas ? Yuk beli batik di solo aja.

Putri Aprilia Seorang yang suka berimajinasi :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *