Wisata Air Terjun Kalipancur Semarang

Wisata Air Terjun Kalipancur Semarang

Air Terjun Kalipancur adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Kalipancur, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut, air terjun ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan segar di Semarang.

Salah satu destinasi wisata di Semarang yang tidak boleh terlewatkan, karena memiliki keindahan alam Semarang tersendiri dengan gunung sebagai treck yang menarik untuk di telusuri yaitu Gunung Telomoyo.

Alamat : Gejayan, Nogosaren, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50774.
Maps : klik disini.
Harga Tiket : Rp 5.000,-
Jam Buka : 08.00 s.d 17.00 WIB

Untuk menuju air terjun Kalipancur, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik transportasi umum dari Kota Semarang. Jarak tempuh dari Kota Semarang ke air terjun Kalipancur sekitar 45 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam.

Pesona Air Terjun Kalipancur

Air terjun dengan keitinggian berkisar kurang lebih 100 meter ini, diapit oleh tebing-tebing batu yang tinggi. Air yang mengalir dari air terjun terasa sangat segar dan dingin, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk memanjakan diri dengan mandi di air terjun ini.

Terdapat pendapat bahwasannya air terjun Kalipancur merupakan air terjun atau curug tertinggi yang terletak di kabupaten Semarang. Saat ingin berkunjung, kamu akan di hadapkan dengan bayaknya anak tangga yang perlu dilewati dengan melihat pesona keindahan pepohonan yang berada di sekitar.

Rute Air Terjun Kalipancur Semarang
Rute Air Terjun Kalipancur Semarang

Suhu udara disekitar wisata cukuplah dapat membuat nyaman karena cukup sejuk, sehingga dapat membuat rasa lelah tidak terasa. Apalagi, suara gemercik air terjun yang terasa seperti sangat dekat memberiakn semangat tersendiri untuk segera sampai.

Waktu yang cukup tepat untuk mengunjungi Air Terjun Kalipancur adalah saat musim penghujan. Meskipun pada saat musim ini jalanan yang akan dilewati cupuk licin, akan tetapi debit air yang terpancar dari atas akan sangat deras dan tampak mempesona.

Wisata Menarik Lainnya :  Kolam Renang Purwakarta Hits Untuk Dikunjungi

Bukan berarti pada saat musim kemarau tidak tepat. Hanya saja saat musim kemarau meskipun jalanan yang dilalui cukup baik dan mudah dilewati tapi debit air yang bisa nikmati tidak sederas saat musim penghujan.

Jangan lupa bagi kamu penyuka dunia fotografi untuk menyiapkan perbekalan set kamera yang mumpuni. Karena, bisa saja percikan air terjun dapat menyeebabkan basah begitu pula dengan kamera. Keindahan alam di kawasan ini akan teramat sayang bila tidak diabadikan melalui foto dan gambar.

Terdapat spot jembatan pada area ini yang bisa dijadikan salah satu spot yang menawan lho. Akan terapi, disarankan bagi pengunjung yang datang untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun saat debit air sedang deras-derasnya ya.

Fasilitas Air Terjun Kalipancur

Air terjun Kalipancur juga menyediakan fasilitas untuk berkemah di sekitar air terjun. Para wisatawan bisa membawa tenda atau memakai layanan kemah yang disediakan oleh pihak pengelola. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati berbagai macam kegiatan rekreasi lain seperti menyusuri sungai yang mengalir di sekitar air terjun, atau bahkan mencoba sensasi naik perahu di sungai tersebut.

Lokasi wisata Air Terjun Kali Pancur pula mempunyai fasilitas umu yang cukup lengkap. Terdapat area parkir dengan beberapa warung makan yang menyediakan camilan serta air mineral. Tidak hanya di area parkir saja, akan tetapi beberapa warung juga akan ditemukan saat perjalanan serta di area objek wisata.

Selain itu, toilet untuk umum juga tersedia dengan keadaan cukup bersih. Bagi muslim, kamu dapat menjalankan ibadah sholat di musholla yang juga sudah dikelola dengan cukup baik. Tersedia, sarung, sajadah, dan rukuh yang bisa dimanfaatkan

Tips Berkunjung

Sebelum datang untuk liburan ke air terjun, sebaiknya simak beberapa tips yang mungkin dapat memberikan pilihan terbaik buat kamu berikut ini.

  • Sebaiknya datanglah lebih awal atau sejak fajar tiba agar bisa leluasa dalam melakukan eksplorisasi setiap sudut indahnya.
  • Simak kondisi cuaca saat hendak pergi, jangan sampai datang saat turun hujan lebat tiba kecuali memang ingin basah kuyub sih.
  • Jangan datang terlalu sore, sebab area wisata masihlah cukup minim penerangan serta terkesan gelap disebabkan pepohonan.
  • Jangan lupa menyiapkan perbekalan sendiri agar tak bingung jika haus atau lapar.
  • Wajib menjaga kebersihan di area wisata Air Terjun Kali Pancur dengan selalu buang sampah ke tempatnya lho ya.
  • Penting untuk memperhatikan alas kaki yang digunakan mendukung dalam kegiatan menyusuri perjalanan menuju area air terjun yang cukup menguras energi.
Wisata Menarik Lainnya :  Eling Bening, Menikmati Keindahan Ambarawa Yang Begitu Jernih

Sebagai salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Tengah, air terjun Kalipancur tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan segar sambil menyegarkan pikiran. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun Kalipancur saat berlibur ke Semarang.

Rate this post
Seorang ayah yang hobi berpetualang berbagai destinasi wisata untuk mencurahkannya pada sebuah tulisan yang informatif.
Avatar for Tomi Kurniawan
Seorang ayah yang hobi berpetualang berbagai destinasi wisata untuk mencurahkannya pada sebuah tulisan yang informatif.