Wingko Babat, Jajanan Legend Khas Semarang

Wingko Babat Semarang

Mendengar kata wingko babat, mungkin sebagian orang mengira bahwa makanan ini merupakan olahan yang bahan utamanya berupa daging babat. Namun perlu kita tau bahwa olahan makanan ini sebenarnya merupakan sebuah kue yang diolah dari parutan kelapa.

Ketika melakukan liburan ke tempat wisata di Semarang, rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi aneka kuliner Semarang yang ada. Berbagai hidangan yang ada di Semarang berhasil membuat wisatawan ketagihan hingga datang lagi dan lagu ke sana.

Tidak hanya wisatawan sekitar Semarang saja yang penasaran dan ingin mencicipi aneka kuliner Semarang, banyak juga turis asing yang berbondong-bondong datang ke sana. Beberapa kuliner Semarang yang terkenal yaitu lumpia, mie kopyok, mangut welut, hingga wingko babat.

Meskipun wingko ini banyak kita temukan di Semarang, namun bukanlah makanan khas Semarang, melainkan berasal dari Lamongan. Karena cukup marak kita temukan di Semarang, banyak wisatawan yang menyangka bahwa wingko babat ini merupakan makanan khas Semarang.

Kelezatan Wingko Babat

Menemukan wingko babat di Semarang terbilang sangat mudah, kita bisa datang ke beberapa tempat kuliner seperti Pasar Semawis, Kampoeng Semarang, Simpang Lima Semarang, dan masih banyak lagi.

Selain bisa menemukannya dengan mudah, untuk proses pembuatan wingko ini juga terbilang mudah dan praktis. Kita hanya memerlukan ketan dan juga parutan kelapa untuk menciptakan wingko yang lezat dengan cita rasa yang gurih dan juga pulen.

Kita bisa membuat wingko sendiri dengan sangat mudah dan tanpa ribet. Hanya menggunakan teflon, wingko siap dihidangkan. Untuk harga satu loyang ditaksir mulai dari Rp 35.000. Memiliki harga yang terjangkau, sehingga kita bisa membelinya dalam jumlah banyak untuk dijadikan buah tangan alias oleh-oleh dari Semarang.

Untuk varian sendiri sangat bervariatif mulai dari original, pandan, cokelat, durian, strawberry, dan lainnya.

Resep Wingko Babat

Merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari kelapa parut dan gula kelapa yang dicampur dengan tepung ketan dan dibakar dalam daun pisang. Berikut adalah resep Wingko Babat yang dapat kamu coba:

Bahan-bahan:

  • 500 gram kelapa parut kasar
  • 250 gram gula kelapa
  • 250 gram tepung ketan
  • 1/4 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara membuat:

  • Pertama-tama, campurkan kelapa parut dan gula kelapa dalam wadah besar dan aduk rata.
  • Tambahkan tepung ketan dan garam, lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  • Siapkan daun pisang dan ambil selembar daun pisang. Letakkan sejumput adonan kecil pada daun pisang, lalu bungkus rapat dan ikat dengan tali rafia atau bahan serupa.
  • Ulangi proses hingga semua adonan habis.
  • Panaskan panci atau wajan, lalu panggang di atas api kecil selama sekitar 30 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  • Setelah matang, biarkan dingin sejenak, lalu keluarkan dari bungkus daun pisang dan siap untuk disajikan.

Selamat mencoba!

Beli Wingko Babat

Beli Wingko Babat Semarang
Beli Wingko Babat Semarang

Berikut ini ada beberapa kedai makanan di Semarang yang menyediakan hidangan wingko babat yang begitu diincar oleh orang-orang.

Wingko Babat Pratama

Kedai ini berlokasi di Jalan Tumpang XIV, Gajahmungkur, Kecamatan Gajahmungkur. Operasional kedai ini mulai dari pukul 06:00 WIB hingga pukul 00:00 WIB. Dengan begitu, wisatawan bisa mengunjungi kapan pun karena durasi operasionalnya yang cukup panjang. Google Maps.

Wingko Babat Pak Moel

Toko yang satu ini berada di Jalan Pekunden Tengah no 1110, Pekunden, Semarang Tengah. Beroperasi mulai dari pukul 06:00 WIB sampai dengan pukul 21:00 WIB. Google Maps.

Pusat Oleh-Oleh Wingko Babat Candra

Lokasinya berada di Jalan Pekunden Tengah no 1038, Pekunden, Semaranh Tengah. Jam bukanya mulai dari pukul 07:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Google Maps.

Wingko Babat NN Meniko

Kedai ini berada di Jalan Cendrawasih no 8A, Purwodinatan, Semarang Tengah. Mengenai jam bukanya dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Tetapi biasanya sudah habis meskipun baru pukul 19:00 WIB. Google Maps.

Wingko Babad Cap Kereta

Wingko babat yang satu ini berada di Jalan Cendrawasih no 14, Purwodinatan Timur, Semarang Tengah. Jam buka mulai dari pukul 08:00 WIB sampai dengan pukul 20:00 WIB. Google Maps.

Itulah beberapa tempat yang menyediakan hidangan wingko babat di Semarang. Soal kualitas, kedai tersebut telah mendapatkan rating yang tinggi. Bahkan setiap harinya khususnya saat akhir pekan, kedai tersebut juga selalu dipadati oleh orang-orang.

Bagi wisatawan Semarang dan sekitarnya wajib banget mencicipi hidangan wingko babat yang ada di Semarang. Satu kali gigitan, akan membuat wisatawan ketagihan. Ada juga beberapa kedai yang menyediakan fasilitas delivery sehingga wisatawan tidak perlu ikut mengantri.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments