Situs Budaya Candi Gedong Songo: Sejarah, Daya Tarik, Harga Tiket & Lokasi

Candi Gedong Songo

Selain Yogyakarta, Semarang juga memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang begitu kental. Hal tersebut terbukti dari banyaknya destinasi wisata edukasi berupa museum dan situs budaya di Semarang. Selain pesona alamnya yang berhasil menarik perhatian para wisatawan, ada salah satu destinasi wisata lainnya yang tidak kalah asyik.

Ketika liburan wisata di Semarang, wisatawan bisa mampir ke salah satu tempat wisata berupa candi. Namanya Candi Gedong Songo, situs budaya yang merangkap menjadi destinasi wisata favorit yang banyak diincar oleh para wisatawan lantaran bentuk candinya yang tidak kalah keren dari candi lainnya yang bisa kita temukan di Jogja.

Diberi nama Candi GedongSongo lantaran memiliki makna sembilan gedung. Keberadaan Candi ini cukup berpengaruh besar dalam sektor pariwisata di Semarang.

Sejarah Candi Gedong Songo

Candi GedongSongo ini diyakini sebagai peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang sudah ada sejak abad ke-8. Meskipun sudah ada daro jaman kerajaan Mataram Kuno, Candi Gedong Songo ini baru ditemukan pada tahun 1804 oleh Sir Thomas Stamford Raffles.

Pada awal penemuannya, candi ini dinamakan Candi Gedong Pitu karena hanya ada 7 candi. Lalu seiring berjalannya waktu hingga tahun 1911 arkeolog asal Belanda menemukan dua candi lainnya. Maka pada saat itu pula, Candi Gedong Pitu tersebut diubah nama menjadi Candi Gedong Songo.

Daya Tarik Candi Gedong Songo

Candi sendiri merupakan situs budaya serta situs religi umat Hindu. Candi Gedong Songo juga memiliki fungsi sebagai tempat penyembahan para dewa. Hal tersebut lantaran di Candi GedongSongo terdapat beberapa arca seperti arca Siwa Mahakala, Ganesha, Siwa Mahaguru, dan masih banyak lagi.

Selain itu, lokasinya yang berada di pegunungan juga menjadi alasan utamanya. Umat Hindu, percaya bahwa beribadah di gunung akan membawa doanya cepat sampai ke kahyangan.

Ketika sampai di Candi Gedong Songo ini, wisatawan akan disambut oleh rindangnya pepohonan yang ada di sana sehingga membuat suasananya menjadi lebih sejuk dan tenang. Lanjut masuk ke dalam, kita akan menemukan 5 gedong yang terbagi ke dalam beberapa area yakni dua gedong terletak di sisi timur bukit, 2 gedong terletak di sisi barat, dan 1 gedong terletak di utara dan satu lainnya terletak di sisi barat.

Di candi satu, wisatawan akan melihat yoni tanpa lingga yang menggambarkan simbol kejantanan serta kesuburan. Di candi yang kedua, wisatawan bisa melihat beberapa bangunan candi perwarna atau candi kecil yang ada di depan candi induk.

Lalu untuk candi tiganya, memiliki atap dengan hiasan stupa. Selain itu, candi ini juga merupakan satu-satunya candi yang menggunakan makara atau arca dengan bentuk kepala gajah. Dan untuk candi keempat serta kelima terdapat reruntuhan candi yang berada di depannya.

Pre-wedding Candi Gedong Songo
Pre-wedding Candi GedongSongo

Tidak hanya sebagai situs budaya saja, Candi ini juga dijadikan sebagai sarana untuk rekreasi. Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sudut candi. Bahkan ada pula yang memanfaatkan candi tersebut untuk melakukan foto pre-wedding.

Di sekitar area Candi Gedong Songo juga wisatawan bisa menemukan beberapa tempat makan yang menyediakan aneka hidangan lezat dengan harga yang murah. Salah satunya yang bisa kita kunjungi di sana yaitu Warung Makan Berkah Doa.

Ada beberapa menu makanan enak yang bisa kita temukan di sana seperti nasi gimbal, soto Semarang, wingko babat, gudeg, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanannya ditaksir mulai dari Rp 12.000.

Fasilitas lainnya yang ada di sana yaitu toilet, taman, pusat oleh-oleh, dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Untuk masuk ke kawasan Candi Gedong Songo, wisatawan akan dikenakan tarif retribusi yang ditaksir dengan harga Rp 6.000 per orang. Ada pun tiket parkirnya dibanderol mulai dari Rp 2.000 tiap kendaraan.
Dengan tarif yang murah, wisatawan bisa melakukan liburan asyik bersama keluarga tercinta maupun hunting foto bersama teman-teman.

Lokasi dan Jam Buka Candi Gedong Songo

Wisatawan yang ingin melakukan liburan di Candi Gedong Songo, bisa datang ke Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614. Google Maps.

Jika dari lokasi Stasiun Semarang Poncol, wisatawan bisa melalui Jalan Merak menuju ke Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Dari sana kita masuk ke Jalan Candi Gedong Songo yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 20 menit perjalanan. Lokasinya yang strategis membuat Candi Gedong Songo ini mudah ditemukan.

Candi Gedong Songo beroperasi setiap hari selama 24 jam. Namun kebanyakan wisatawan datang pada waktu pagi dan sore hari karena suasananya yang begitu sejuk.

Penginapan Terdekat

Karena banyak tempat wisata di sekitar sana, menemukan tempat penginapan di sekitar Candi Gedong Songo ini terkesan lebih mudah. Wisatawan bisa mengunjungi Griya Familia yang berlokasi di Kaliwinong, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614.

Kita hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit perjalanan untuk sampai di Griya Familia. Mengenai tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 271.000 hingga Rp 629.000 per malam sesuai dengan jenis penginapan yang kita inginkan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments