big rig attorney, truck accident lawyers near me, best lawyers for truck accidents, big truck wreck lawyers, trucking accident injury lawyer, truck driver accident lawyers, construction truck accident lawyer, big rig accident attorney, cyber security, cyber security companies, cyber security online, cyber threat intelligence, online security, acronis cyber protect cloud, computer security companies, internet security companies, doctor billing software, medical practice billing software, medical scheduling and billing software, medical billing and coding practice software, medical billing scheduling software

Taman Maerokoco Semarang – Jelajahi Taman Mini Jawa Tengah Sehari!

Taman Maerokoco Semarang

Pernahkah kamu berkunjung ke TMII (Taman Mini Indonesia Indah) yang cukup fenomenal di Jakarta itu? Jika ya, maka TMII itulah gambaran Taman Maerokoco yang ada di Semarang ini.

Maerokoco atau yang kini bernama Grand Maerakaca merupakan sebuah destinasi wisata di Semarang yang mengusung konsep edukasi budaya di dalamnya. Di mana terdapat berbagai replika ataupun anjungan daerah-daerah yang ada di seantero Jawa Tengah.

Alamat : Tawangsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144.
Map : klik disini.
Harga Tiket Masuk : Rp 20.000,-
Jam Buka : 07.00 – 18.00 WIB.

Beberapa replika kota hingga kabupaten yang ada di Jawa Tengah turut berjajar berdasarkan letak atau posisi yang sesungguhnya dan memenuhi kawasan seluas lebih dari 20 hektar tersebut.

Hampir semua kota serta kabupaten yang berada di bawah naungan Jawa Tengah ada di sana, di mana provinsi tersebut memiliki 29 wilayah kabupaten serta 6 kota.

Mulai dari Kota dan Kabupaten Semarang, Surakarta, Jepara, Klaten, Kebumen, Purworejo, Purbalingga, Banjarnegara, Tegal, dan masih banyak lagi kota atau kabupaten ala Maerokoco yang terpampang di sana.

Setiap anjungan kota ataupun kabupaten yang ada dibuat semirip mungkin dengan kondisi aslinya. Yaitu dengan ciri khas rumah adat, kantor pemerintahan, hingga ikon yang menjadi ciri khas wilayah itu sendiri.

Seperti pada Kabupaten Jepara. Di lokasi itu terlihat sebuah rumah adat Jepara yang biasa disebut dengan Joglo. Berikut dengan papan ukir-ukiran yang seakan menjadi identitas Jepara yang memang terkenal dengan karya ukiran-ukirannya.

Harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau, di Januari 2023 ini masih terpantau tetap yakni hanya 20 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa leluasa menjelajahi Jawa Tengah dalam sehari saja.

Daya Tarik Taman Maerokoco Semarang

Di taman yang penuh dengan edukasi ini, kamu akan mendapatkan banyak sekali pelajaran serta pengetahuan tentang wilayah-wilayah yang ada di Jawa Tengah beserta ciri khas yang dimiliki.

Bukan hanya tentang rumah adat ataupun kantor pemerintahan, tapi di sana kamu juga bisa menemukan berbagai ciri khas ataupun keunikan yang melekat hingga menjadi ikon pada wilayah masing-masing.

Seperti di Kabupaten Rembang contohnya, selain rumah adat, terdapat pula sebuah patung sosok Ibu Kartini yang seakan menjadi ikon dari Kabupaten Rembang itu sendiri.

Di sisi yang lain, kamu juga akan dibuat kagum dengan patung-patung yang menggambarkan aktivitas masyarakat Purbalingga dalam proses pembuatan gula kelapa.

Tak sampai di situ, di Kota Pekalongan, kamu juga akan disambut hangat oleh pameran batik yang membentang indah di atas papan kayu sebagai ikon dari Kota Pekalongan yang memang terkenal akan kerajinan batiknya itu.

Sedangkan pada Kabupaten Demak, kamu akan melihat sebuah masjid Agung Demak yang berdiri kokoh sama persis dengan aslinya, sebagai salah satu ikon dari Kabupaten Demak yang paling dikenal banyak orang.

Contoh lain, yakni di Kabupaten Sragen. Kamu akan melihat patung replika gajah purba yang menjadi ikon kabupaten tersebut, lantaran di situlah tempat penemuan fosil binatang purba yang cukup terkenal.

Itulah beberapa serpihan kecil yang bisa kamu jadikan edukasi tentang wilayah-wilayah administrasi yang ada di Jawa Tengah itu. Masih banyak lagi yakni 29 kabupaten serta 6 kota yang bisa kamu jelajahi keunikannya di sana.

Selain mendapatkan edukasi, kamu juga bisa melepas lelah sejenak menikmati sejuknya alam dengan berjalan-jalan di tepian danau yang ada di sekitar kawasan.

Danau itu cukup luas dan dikelilingi oleh hutan bakau yang berjajar rapi di tiap sisinya. Di sela-sela perjalanan menjelajahi Jawa Tengah ala Maerokoco, tak jarang pengunjung bersantai ria di sekitar danau sembari menikmati sejuknya suasana di sana.

Selain itu, di beberapa sisi kamu juga bisa beristirahat sejenak di gazebo-gazebo yang telah disediakan. Kamu bisa bersantai sejenak dari lelahnya berkeliling menjelajahi anjungan-anjungan eksotis tersebut.

Aktivitas di Taman Maerokoco

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, di taman yang mirip sekali dengan TMII ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang bersifat edukasi maupun sebagai hiburan.

Apa saja ragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana? Berikut ulasannya!

Menjelajahi ‘Jawa Tengah’ Ala Maerokoco

Replika ataupun anjungan-anjungan yang ada dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Bahkan tata letak tiap wilayah juga tak sembarangan, melainkan sangat sesuai dengan letak antar wilayah kota/kabupatennya.

Dengan begitu, kamu secara tidak langsung bisa menjelajahi sekaligus mengetahui posisi wilayah-wilayah yang ada di Jawa Tengah hanya dengan berkeliling di Taman Maerokoco ini.

Menikmati Sejuknya Danau dan Hutan Mangrove

Tak hanya berwisata edukasi, di tempat yang penuh sensasi ini kamu juga bisa merasakan sejuknya suasana danau dengan hutan bakau/mangrove yang berjajar rapi di sekelilingnya.

Terdapat jalan setapak yang akan mengantarkanmu berkeliling sepanjang danau eksotis itu. Di sela-sela jalan setapak juga terdapat beberapa gazebo untuk kamu beristirahat dan bersantai ria.

Berkeliling Danau dengan Perahu Motor dan Bebek

Perahu Bebek Taman Maerokoco Semarang
Perahu Bebek Taman Maerokoco Semarang

Tak hanya berjalan kaki, bagi kamu yang merasa lelah berjalan, atau sekedar ingin menjelajahi danau secara lebih dekat, kamu bisa mengendarai perahu motor ataupun bebek yang telah di sediakan di sekitar danau.

Hanya dengan uang sebesar 5 – 10 ribu rupiah saja per orang, kamu sudah bisa berkeliling menyusuri danau selama kurang lebih 15 menit. Sangat menarik bukan?

Berselfie Ria

Selfie Taman Maerokoco Semarang
Selfie Taman Maerokoco Semarang

Tentu saja, hampir semua orang tak mau kehilangan momen unik ketika menjelajahi Taman Maerokoco Semarang. Maka tak jarang mereka mengabadikan momen-momen seru itu dalam bidikan kamera.

Hampir semua tempat di Taman Maerokoco sangat cocok untuk dijadikan latar belakang berswafoto. Mulai dari anjungan-anjungan wilayah Jawa Tengah beserta segala keunikan di dalamnya.

Tak hanya itu, pengunjung juga sering kali memanfaatkan asrinya suasana danau yang dikelilingi oleh pepohonan mangrove untuk berselfie ria bersama keluarga tercinta.

Selain itu, di beberapa titik juga terdapat gazebo-gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk berswafoto saat sedang santai menikmati indahnya pemandangan sekitar taman, apalagi di sekitar danau bakau.

Menikmati Kuliner Khas Jawa Tengah

Di salah satu sisi danau terdapat sebuah warung makan yang berkonsep semi apung, lantaran sebagian bangunannya berpijak di tanah dan juga air, sebut saja Angkringan Kemambang.

Bangunan tradisional yang tersusun dari material kayu itu menyediakan beragam makanan lezat khas Jawa Tengah yang cukup legendaris, harganya pun juga bervariasi dan cukup terjangkau.

Kamu bisa bersantap sambil menikmati indahnya suasana alam yang ditawarkan oleh danau yang bersih dan cukup luas itu. Bahkan kamu bisa menikmati hidangan dengan menghadap langsung pada danau yang asri itu.

Berkeliling Maerokoco Bersama Kereta dan Sepeda Listrik

Di salah satu sudut kawasan, kamu akan menemukan area cukup luas yang biasa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bermain ataupun berkeliling Maerokoco dengan fasilitas yang telah disediakan.

Apa saja fasilitas atau kendaraan untuk kamu berkeliling? Yakni sepeda listrik dan juga kereta listrik yang berjajar di salah satu sudut kawasan dan siap untuk menemani kamu berkeliling Maerokoco.

Fasilitas di Taman Maerokoco

Berdiri sejak 1996 silam, taman ala TMII ini hingga kini selalu berkembang hingga memiliki beragam fasilitas pendukung yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Mulai dari fasilitas untuk berwisata seperti perahu motor, perahu bebek, sepeda listrik, hingga kereta listrik yang bisa dinikmati oleh pengunjung untuk berkeliling kawasan dengan biaya yang cukup terjangkau.

Sedangkan fasilitas umum seperti toilet atau kamar mandi, tempat shalat, gazebo, hingga tempat parkir yang sangat luas juga akan turut mendukung aktivitas kamu di sana.

Lantas, tunggu apa lagi? Yuk, isi akhir pekanmu bersama kerabat atau keluarga tercinta dengan mengunjungi Taman Maerokoco Semarang.

Kapan lagi kamu bisa berkeliling menjelajahi Jawa Tengah hanya dalam waktu sehari jika bukan di Taman Maerokoco Semarang yang eksotis ini?

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments