Suka Barang-barang Antik? Yuk, Jalan-jalan ke Pasar Seni Padangrani yang Autentik di Semarang!

Pasar Seni Padangrani Semarang

Tak bisa ditampik lagi, Semarang merupakan kota yang memiliki sejuta destinasi wisata, baik yang bernuansa alami maupun kental akan budaya masyarakatnya.

Deretan objek wisata di Kota Lumpia tersebut akhirnya mampu menambah daftar panjang wisata di Semarang yang juga terkenal akan tajuk ‘Kota Atlas’ tersebut.

Selain me-refresh kan diri bersama Air Terjun Semirang, Curug Tirtowening, atau mungkin bermanja-manja dengan eksotisme Kampung Pelangi Semarang hingga Umbul Sidomukti, tak ada salahnya jika kini kamu juga mencoba ‘bernostalgia’ bersama Pasar Seni di Semarang.

Alamat : Jl. Taman Srigunting No.1, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.
Jam Buka : Setiap hari, 08.00 – 00.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : –

Ya, Pasar Seni Padangrani merupakan pasar yang memamerkan aneka koleksi benda-benda kuno yang kini cukup sulit ditemukan keberadaannya. Seperti mesin ketik, telepon kabel, aneka gerabah, serta beberapa benda antik lainnya.

Pasar yang merupakan akronim dari Pasar Seni Paguyuban Pedagang Barang Seni ini awalnya hanyalah sebuah pasar yang menjajakan barang tempo dulu, namun seiring berjalannya waktu berkembang menjadi tempat wisata yang cukup menarik minat wisatawan.

Banyak sekali wisatawan khususnya para pecinta barang antik yang berbondong-bondong datang mengunjungi pasar seni yang mulai dibuka pada 2012 silam ini.

Bahkan tak jarang juga yang datang jauh-jauh dari luar negeri lho! Seperti Amerika, Australia, Belanda, Timur Leste, dan masih banyak lagi beberapa negara yang kerap mengunjungi pasar seni tersebut.

Benda-benda kuno ala Padangrani dipamerkan di tenda-tenda yang berjajar di sepanjang pasar yang berada di kawasan Kota Lama Semarang tersebut. Kurang lebih ada 40 pedagang yang berderet pada tiap tenda di sana.

Mau tau apa saja barang-barang yang dipamerkan di Pasar Seni Padangrani yang autentik itu? Yuk, simak baik-baik pada pembahasan berikut ini!

7 Jenis Barang Antik Koleksi Pasar Seni Padangrani

Ada puluhan bahkan ratusan benda-benda kuno yang menjadi koleksi pasar yang berada di area Taman Srigunting ini. Berikut telah SetapakLangkah rangkum dalam 7 macam barang antik ala Pasar Seni Padangrani!

Elektronik

pasar klitikan 20150608 233850
Aneka Benda Elektronik Tempoe Doeloe

Beberapa barang elektronik tempo dulu pun tak luput dari koleksi pasar antik yang satu ini. Ada puluhan bahkan ratusan benda-benda elektronik yang mungkin sudah jarang kamu temui di sekitarmu.

Ingatkah kamu dengan telepon kabel? Alat komunikasi jadul yang sekarang sudah tergeser oleh smartphone ini nyatanya masih lestari dan dirawat dengan baik di Pasar Seni Padangrani.

Meskipun secara fungsi sudah tak begitu berarti dan sudah terganti, namun nyatanya masih banyak orang-orang yang mencintai dan memburu telepon jadul tersebut.

Selain telepon kabel, benda-benda elektronik tempo dulu seperti mesin ketik manual, radio, televisi hitam putih, hingga piringan hitam pun juga turut berjajar memenuhi koleksi benda antik di sana.

Uang Kuno

no brand set uang kuno 100 500 1000 rupiah full00 9DFD0DBD 587B 43BA 8515 060646E68227
Aneka Kolaksi Uang Kuno Padangrani

Masih ingatkah kamu dengan uang kertas bergambar orang utan? Atau mungkin uang koin bergambar wayang kulit? Atau yang berlogo pohon kelapa? Jika kamu lahir di tahun 90-an pasti sempat menggunakan mata uang kuno tersebut.

Koleksi uang-uang kuno baik berupa kertas ataupun koin dari tahun 70-an ternyata juga masih tersimpan rapi di pasar antik yang satu ini.

Dengan dibungkus rapi dalam lembaran-lembaran plastik, uang-uang kuno itu nampaknya sudah siap dipinang oleh para pecinta barang antik.

Harganya pun juga bervariasi, mulai dari 2500 rupiah saja kamu sudah bisa mendapatkan satu koin uang kuno di sana, tergantung dari usia serta nilai mata uangnya ya! Karena semakin lama usia uang itu semakin tinggi pula harga jualnya.

Peralatan Rumah Tangga

setrika arang kamis 02112017 20171102 140245
Fenomena Setrika Arang Jadul Ala Padangrani

Dalam aktivitas sehari-hari tentu tak pernah luput dari yang namanya peralatan rumah tangga yang akan membantu kamu mempermudah dalam pekerjaanmu.

Tahukah kamu? Jika alat-alat rumah tangga yang kamu gunakan sehari-hari itu sebenarnya berawal dari perangkat jadul yang telah bertransformasi dari masa ke masa hingga jadi seperti yang kamu kenal saat ini.

Salah satu contohnya adalah setrika listrik. Sebelum setrika listrik muncul, orang-orang pada jaman dulu masih menggunakan setrika manual dengan arang sebagai bahan pemanasnya.

Selain setrika arang, benda-benda kuno lainnya seperti tempayan sebagai wadah air, tampah untuk memisahkan antara beras dengan kotorannya, hingga rantang berbahan seng juga turut menjadi koleksi di Pasar Seni Padangrani.

Harganya pun juga bervariasi, tergantung dari bahan yang digunakan dalam pembuatan benda-benda rumah tangga tersebut. Apakah kamu tertarik?

Aneka Souvenir

343129526 79b33631 be4f 4f12 bb52 5374af2dc2da 863 863
Aneka Koleksi Souvenir Jadul Padangrani

Jika kamu memang pecinta barang-barang antik, pasti kamu suka dengan aneka koleksi souvenir antik yang turut dipajang di beberapa tenda Pasar Seni Padangrani ini.

Beragam souvenir unik seperti cangkir enamel, gantungan kunci berbahan logam, hingga kipas bambu yang unik berwarna-warni nampaknya akan sangat cocok untuk kamu pinang sebagai oleh-oleh.

Harganya pun juga ramah di kantong, mulai dari 5 ribu rupiah saja kamu sudah bisa membawa pulang gantungan kunci yang unik-unik dan antik itu.

Buku-buku Tempoe Doeloe

hipwee Untitled design 8 1
Majalah Anak Legendaris di Padangrani

Seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan buku bacaan pun juga turut berkembang, baik bacaan fiksi seperti novel, buku dongeng, hingga buku-buku non-fiksi seperti buku mata pelajaran, majalah, biografi, dan lain sebagainya.

Sesuai perkembangan zaman, buku-buku tempo dulu itu memang telah tergantikan oleh buku masa kini yang lebih praktis dengan gaya bahasa yang lebih modern dan mudah dipahami tentunya.

Tapi tak ada salahnya jika kamu juga mengenal sekaligus mengenang buku-buku jaman dulu yang juga tak kalah manfaat serta kandungannya dengan buku-buku yang ada dewasa ini.

Ingatkah kamu dengan majalah Gadis? Kartini? Atau mungkin dengan buku cerita dongeng bertajuk ‘Bobo’? Buku-buku jadul seperti itu ternyata masih ada lho di Padangrani! Kamu bisa memilih buku apa saja yang kamu sukai di sana.

Aneka Tembikar

2a0
Aneka Tembikar dengan Beragam Motif dan Bentuk

Di beberapa sudut Padangrani kamu juga akan menemukan aneka koleksi benda-benda tembikar dengan berbagai bentuk, motif, serta fungsi.

Ada beragam benda berbahan dasar tanah liat itu seperti celengan, piring, kendi, kuali, pot, hingga guci-guci yang unik dengan beragam bentuk dan motif.

Guci-guci antik itu juga memiliki variasi ukuran yang berbeda-beda, kamu bisa membawa pulang benda-benda unik tersebut mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung motif dan ukuran.

Benda-benda Pusaka

Selain alat-alat atau perabot yang digunakan dalam rumah tangga, ternyata di pasar antik yang satu ini juga memiliki aneka koleksi benda pusaka lho!

Beberapa benda pusaka seperti tombak, patung, hingga keris-keris dengan aneka jenis juga terpampang rapi di pasar seni tersebut. Untuk harganya? Mulai puluhan hingga ratusan ribu tergantung dari jenis benda pusaka itu sendiri.

Fasilitas di Pasar Seni Padangrani

Selain bernostalgia dengan barang-barang antik, di tempat yang autentik ini ternyata kamu juga bisa berfoto-foto ria lho! Ada beberapa spot yang memang sangat cocok untuk kamu berselfie ria bersama kerabat tercinta.

Suasana yang memang dibuat klasik, ditambah lagi ornamen-ornamen jadul di sekitarnya membuat pasar wisata yang dekat dengan Gereja Blenduk ini memiliki panorama yang begitu memikat bagi para pecinta seni.

Bukan hanya itu, di salah satu sudut Pandangrani kamu juga akan menemukan area food court yang menyediakan beberapa menu makanan tradisional dengan harga yang terjangkau pula.

Selain itu, fasilitas umum seperti toilet atau kamar mandi serta tempat parkir yang cukup luas juga turut memenuhi area pasar yang autentik itu.

Demikian beberapa fasilitas serta benda-benda antik yang bisa kamu temukan di Pasar Seni Padangrani. Masih banyak lagi puluhan bahkan ratusan benda-benda unik lain yang tak bisa Setapak Langkah sebutkan satu persatu.

Mau tau lebih lanjut? Yuk, datang saja langsung ke pasar antik yang berada di Jalan Taman Srigunting kawasan Kota Lama ini. Borong aneka barang buat oleh-oleh dari Semarang, dijamin kamu akan merasakan bak berada di Semarang Tempoe Doeloe. Selamat mencoba!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments