Umbul Sidomukti, Harga Tiket & Review Wisata Air di Lereng Gunung Ungaran

Umbul Sidomukti Semarang

Jalan-jalan ke Semarang tentunya membuat wisatawan kebingungan karena banyaknya destinasi wisata hits yang ada di sana. Hal tersebut lantaran alam wisata di Semarang tidak pernah sekalipun mengecewakan para wisatawan.

Misalnya Umbul Sidomukti yang selalu saja dipadati oleh para wisatawan lantaran menyuguhkan panorama Semarang yang begitu indah di atas lereng Gunung Ungaran. Umbul ini berada di atas ketinggian 1.200 mdpl sehingga membuat udaranya begitu sejuk.

Wisata ini mulai populer lantaran banyaknya wisatawan yang membagikan hasil jepretannya di sosial media terutama Instagram. Itulah mengapa banyak wisatawan luar Semarang yang juga penasaran akan daya tarik Umbul ini.

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Selain pesona pemandangan indahnya Semarang terlihat di atas sana, wisatawan juga bisa menemukan kolam renang yang menjadi daya pikat lainnya Umbul Sidomukti. Ada tiga kolam renang yang bisa kita temukan dan sengaja dibuat bertingkat.

Tingkatan tersebut tentunya menjadi simbol ketinggian dari setiap kolam di mana untuk kolam dewasa memiliki ketinggian 1,5 meter dan anak-anak memiliki ketinggian 30 cm. Kolam tersebut juga sengaja dibentuk seperti mangkok untuk menarik perhatian para wisatawan. Bahkan dinding kolamnya pun diberi hiasan batu agar terkesan seperti di alam terbuka.

Stay Cation Umbul Sidomukti
Stay Cation Umbul Sidomukti

Tidak lupa pula, air yang ada di kolam tersebut bersumber dari mata air Gunung Ungaran. Meskipun airnya begitu segar, jika berenang terlalu lama wisatawan pasti akan kedinginan.

Fasilitas lainnya yang bisa kita nikmati di Umbul Sidomukti ini yaitu berupa perkebunan yang berada di kawasan Little Ranch. Selain menikmati suasana ala perkebunan yang begitu teduh, di sana juga wisatawan bisa mencoba kegiatan berkuda yang begitu asyik.

Di area yang sama juga wisatawan bisa melihat para petani yang tengah berkebun. Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana.

Berdekatan dengan lokasi perkebunan, wisatawan akan menemukan salah satu goa yang bisa dijelajahi. Goa tersebut bernama Goa Tirta. Goa ini memiliki panjang hingga 135 meter. Setelah berhasil menelusuri goa, wisatawan akan disuguhkan oleh pesona hijau yang ada di luar goa.

Umbul Sidomukti juga menyediakan fasikitas berupa panahan, ATV, Marine Bridge, Flying Fox, Sepeda Awang, dan juga Triangel. Wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan outbound seperti games maupun panjat tebing mini.

Dengan fasilitasnya yang cukup lengkap ini tentunya membuat Umbul Sidomukti kian dipadati para wisatawan. Bahkan ada pula yang datang hanya untuk berburu spot foto maupun melakukan kegiatan foto pre-wedding.

Setelah puas menikmati berbagai keseruan, wisatawan juga bisa mampir ke salah satu resto yang ada di sana. Resto tersebut menyediakan aneka hidangan mulai sari soto Semarang, nasi gimbal, pecak ikan, wingko babat, dan masih banyak lagi. Untuk harga menu makanan yang ada di sana ditaksir mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 38.000.

Fasilitas lainnya yang bisa kita temukan berupa toilet, musala, taman, playground, lahan parkir, pusat oleh-oleh, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Untuk tiket masuknya saja, Umbul Sidomukti membanderol tarifnya dengan harga Rp 5.000 per orang. Ada pun tarif tambahan berupa tiket masuk ke kolam renang ditaksir dengan harga Rp 10.000 per orang mulai dari hari Senin hingga Jumat dan Rp 15.000 per orang setiap hari Sabtu dan Minggu.

Sementara itu, untuk menikmati fasilitas lainnya seperti ATV, flying fox, triangel, dan marine bridge wisatawan akan dikenakan tarif mulao dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per orang.

Harga tiket yang ditawarkan oleh pihak Umbul Sidomukti ini terbilang cukup terjangkau. Mengingat fasilitas yang akan kita dapatkan cukup lengkap dan menyenangkan.

Lokasi dan Jam Buka Umbul Sidomukti

Wisatawan yang ingin melakukan liburan keluarga di Umbul Sidomukti ini bisa langsung datang ke Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661. Google Maps.

Jika wisatawan datang dari lokasi Stasiun Semarang Poncol maupun pusat Kota Semarang, wisatawan bisa melalui Jalan Pakunden Timur menuju Jalan Goa Jepang. Dari sana kita masuk ke kawasan Umbul Sidomukti yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 20 menit perjalanan.

Umbul Sidomukti ini beroperasi setiap hari dengan durasi waktu operasional mulai dari pukul 09:00 WIB – 18:00 WIB. Karena memiliki durasi waktu operasional yang cukup panjang, wisatawan bisa leluasa menghabiskan akhir pekannya di sana.

Penginapan Terdekat

Bagi wisatawan yang berencana melakukan penginapan di Semarang, wisatawan bisa bermalam di salah satu hotel terdekat dari lokasi Umbul Sidomukti. Hotel tersebut yakni Grand Panorama Hotel yang berlokasi di Jalan Mayor Soeyoto No.KM. 6, Coblong, Pakopen, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661.

Jarak tempunya hanya sekitar 12 menit perjalanan dari lokasi Umbul Sidomukti. Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 421.000 hingga Rp 729.000 per malam sesuai dengan jenis penginapan yang kita inginkan.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments