Saloka Theme Park, Taman Hiburan Terbesar di Jawa Tengah

Saloka Theme Park

Semarang cukup disorot para wisatawan lantaran wisata yang cukup populer bernama Saloka Theme Park. Destinasi ini menjadi wisata pilihan para wisatawan Jogja, Solo, dan juga Semarang karena dinominasikan sebagai destinasi wisata taman hiburan terbesar di Jawa Tengah.

Saloka Theme Park dibuka pada 15 Desember 2018. Namun setelah pembukaannya, sempat ditutup guna mematuhi kebijakan pemerintah dalam hal protokol kesehatan hingga akhir tahun 2021 untuk dibuka kembali.

Diberi nama Saloka Theme Park lantaran pemilik terinsipirasi pada sebuah legenda Rawa Pening. Legenda ini menceritakan mengenai karakter Baru Klinting yang merupakan seekor naga hijau yang bisa berbicara.

Daya Tarik Saloka Theme Park

Ketika mampir ke Saloka Semarang ini, wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangannya yang hijau. Suasananya begitu segar dengan deretan pepohonan rindang yang meneduhkan. Di Tempat wisata Semarang ini, kebanyakan wisatawan melakukan kegiatan hunting foto ketika baru pertama kali sampai di sini.

Di atas lahan seluas 18 hektar, wisatawan akan disuguhkan 25 wahana yang terbagi menjadi 4 zona. Empat zona tersebut yakni zona pesisir, zona balalantar, zona segara prada, dan juga zona araya.

Di dalam keempat zona tersebut, wisatawan akan menemukan berbagai wahana yang akan membuat liburan semakin menyenangkan serta menantang. Berikut ini beberapa wahana taman hiburan yang bisa kita temukan di Saloka Theme Park.

1. Roller Coaster

Mungkin wahana yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi beberapa wisatawan yang sering melakukan liburan ke taman hiburan. Karena wahana ini merupakan wahana kereta besar yang melintasi rel kereta secara berlima-liku, kebanyakan wisatawan menyebutnya sebagai wahana liku-liku.

2. Cakrawala Ferris Wheel

Wisatawan dan pihak pengelola menyebut wahana ini dengan nama Bianglala Cakrawala. Bianglala Cakrawala menjadi destinasi wisata favorit yang banyak diminati oleh para pengunjung. Hal tersebut karena dari atas ketinggian bianglala, wisatawan bisa menikmati keindahan Semarang yang memukau.

2020 01 03
Foto via Google maps/Nayna Sinulingga

3. Pakubumi

Wahana pakubumi akan membuat wisatawan berteriak secara histeris. Bagaimana tidak, wisatawan akan naik di atas puncak paling tinggi, lalu diturunkan dengan kecepatan kilat. Bahkan yang membuat takut yakni posisi badan yang membelakangi pasa sehingga terkesan jatuh dari bangunan berlantai.

Wisata Menarik Lainnya :  Lawang Salapan: Landmark Kota Bogor Yang Wajib Disambangi

4. Jejogetan

Jejogetan merupakan wahana air mancur menari yang cukup menarik perhatian para pengunjung. Wisatawan bisa menikmati keseruan air mancur menari ini sambil menikmati jajanan.

Air mancur menari akan semakin indah jika disaksikan pada waktu malam hari. Kerlipan bohlam warna-warni berhasil menghidupkan suasana.

5 Galileo

Selain bersenang-senang menikmati berbagai macam wahananya, Saloka Theme Park juga menyediakan fasilitas edukasi yang diberi nama Galileo. Di Galileo ini wisatawan bisa mendapatkan beragam edukasi menarik seputar kehidupan purba dan dinosaurus.

Bahkan, wisatawan juga bisa berburu spot foto dengan latar pemandangan benda-benda langit seperti bulan, planet, dan sebagainya.

6. Ekowisata Angon-Angon

Dalam bahasa Jawa, angon-angon diartikan sebagai hewan atau binatang peliharaan. Ketika mengunjungi kawasan ekowisata angon-angon, wisatawan akan menemukan beberapa hewan menggemaskan seperti kelinci, marmut, domba, dan lainnya.

Area ini cocok dikunjungi bagi wisatawan yang datang bersama si kecil. Si kecil bisa berinteraksi langsung dengan para hewan menggemaskan tersebut.

IMG 20220123 152658
Foto via Google maps/Patmi

7. Agrowisata Ijo Royo-Royo

Jika sebelumnya wisatawan akan diedukasi mengenai cara berternak, di Agrowisata ljo Royo-Royo ini wisatawan akan diedukasi mengenai berbagai macam tumbuhan. Kita akan mengenal pengelompokan tumbuhan seperti tumbuhan pangan, tumbuhan herbal, hingga tanaman hias.

Wahana lainnya yang bisa kita temukan di Saloka Theme Park yaitu Carousel, Bengkak-Bengkok, Rumah Hantu, Family Swinger, Adu Nyali, Rapid River, Bumper Car, dan masih banyak lagi. Adapun wahana yang bisa dinikmati bersama anak-anak seperti Tata-Titi, Obat-Abit, Polah Bocah, dan lainnya.

Setelah berkeliling-keling Saloka Semarang yang cukup menguras tenaga, wisatawan juga bisa mampir ke salah satu cafe dan resto yang ada di kawasan tersebut. Namanya Rimba Resto.

Dari namanya kita tau bahwa Rimba Resto ini memiliki nuansa hijau layaknya hutan. Di Rimba Resto ini wisatawan bisa menikmati beberapa hidangan seperti nasi barbeque, nasi iga, soto Semarang, dan lainnya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 13.000.

Lalu ada pula pusat oleh-oleh yang diberi nama Pasar Seni Saloka. Pasar Seni ini memiliki berbagai macam buah tangan mulai dari souvenir sampai makanan khas daerah setempat. Harganya pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 6.000.

Wisata Menarik Lainnya :  The Lost World Castle, Sensasi Liburan di Negeri Dongeng

Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park

Wisatawan yang ingin bersenang-senang di Saloka Theme Park akan dikenakan tarif untuk tiket masuk di mana harganya ditaksir sebesar Rp 120.000 untuk hari Senin hingga Jumat dan Rp 150.000 untuk hari Jumat dan Sabtu.

Harga tersebut sudah termasuk semua fasilitas yang ada di Saloka Theme Park mulai dari wahana rekreasi, wahana edukasi, hingga tiket parkir kendaraan.

Lokasi dan Jam Buka Saloka Theme Park

Untuk melakukan liburan di Saloka Theme Park, wisatawan perlu datang ke Jalan Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Map klik disini.

Jika wisatawan memusatkan tujuan dari Tugu Muda Semarang, wisatawan bisa menuju ke Jalan Dr. Sutomo ke arah Jalan Tol Ungaran – Bawen. Dari sana kita hanya perlu menuju ke Jalan Fatmawati yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit perjalanan.

Karena termasuk wisata hits di Semarang, untuk menemukan Saloka Theme Park ini terbilang sangat mudah.

Saloka Theme Park ini memiliki durasi waktu operasional yang fleksibel di mana buka mulai dari pukul 10:00 WIB – 18:00 WIB setiap hari Senin hingga Jumat dan mulai pukul 10:00 WIB sampai dengan pukul 19:00 WIB setiap hari Sabtu dan Minggu.

Akomodasi

Karena termasuk kawasan wisata, dekat dengan Saloka Theme Park kita akan menemukan beberapa tempat penginapan. Salah satunya yang bisa kita kunjungi yakni Tlogo Resort & Goa Rong View yang berlokasi di Jalan Raya Tuntang-Beringin No.KM.2, Ngelerak, Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jarak tempuhnya dari Saloka Theme Park sekitar 10 menit perjalanan. Sementara tarif penginapan di Saloka Theme Park ini ditaksir mulai dari Rp 411.000 hingga Rp 981.000 per malam.

Wisatawan yang ingin mengajak keluarganya bersenang-senang di Semarang, bisa banget datang ke Saloka Theme Park.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...