Taman Hutan Joyoboyo Kediri, Keindahan Nuansa Alam yang Asri

Taman Hutan Joyoboyo Kediri

Melepas penat dari aktivitas keseharian enaknya dimana ya? Nggak usah bingung, sekarang ini ada taman hijau bernama Hutan Joyoboyo yang cocok buat tempat bersantai atau berkumpul bersama keluarga.

Untuk lokasinya berada persis di tengah Kota Kediri. Kamu bisa menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum.

Daya Tarik Hutan Joyoboyo

Sama halnya seperti Kota Surabaya yang terkenal akan keindahan tamannya. Kediri juga tak mau kalah. Di sana banyak tersedia Ruang Terbuka Hijau atau RTH dengan suasana rindang ala hutan hujan tropis. Salah satu yang paling terkenal adalah Hutan Joyoboyo Kediri. Hampir setiap hari kondisinya selalu ramai meski wisata Kediri ini bukanlah hal baru.

Apalagi kalau menjelang akhir pekan. Wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur berbondong-bondong mengunjungi taman ini. Kebanyakan berasal dari kota-kota tetangga Kediri seperti Malang, Jember, Surabaya, dan Pasuruan. Posisi taman yang cukup strategis memang sangat memudahkan para pengunjung menemukan lokasinya.

Hutan Joyoboyo tidak hanya berfungsi sebagai taman kota. Melainkan juga dimanfaatkan sebagai lokasi pengembangan tanaman anggrek. Selain itu masih banyak hal menarik lainnya dari taman ini yang mungkin belum banyak diketahui orang. Contohnya sebagai berikut.

Burung Merpati

Ingin mengajarkan anak-anak lebih peka dengan lingkungan sekitar? Mungkin ayah bunda bisa mengajak si kecil pergi liburan ke Hutan Joyoboyo. Ternyata taman ini juga cocok loh buat mengenalkan anak-anak tentang kehidupan sosial.

Di sana anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa. Salah satunya sekumpulan burung merpati yang memang sengaja dilepaskan liarkan oleh pihak pengelola. Tujuannya tidak lain untuk menghibur para pengunjung di sekitar taman.

Ajak si kecil bermain bersama kawanan burung merpati. Misalnya main kejar-kejaran. Saat burung merpati terbang cobalah mengejarnya dengan menggandeng tangan si kecil berkeliling area taman. Pastinya sangat seru dan menyenangkan bukan?

Trek Joging

2023 07 12
Sumber : Google Maps/Bayu Eko Prasetyo

Buat kamu yang suka olahraga, bisa nih mencoba fasilitas trek joging di Hutan Joyoboyo. Kondisi jalan yang mulus dan dikelilingi pepohonan rindang menjadikannya memiliki ciri khas tersendiri. Rasakan sensasi berjalan di sekitar trek tersebut sambil memandangi keindahan alam yang mempesona.

Sepanjang jalan kamu akan disuguhkan deretan pepohonan besar menjulang tinggi. Saat melewatinya kamu akan berasa seolah-olah sedang berada di tengah hutan. Udara sejuk yang berembus bersama angin sepoi-sepoi kian memperjelas suasananya.

Tidak seperti trek joging pada umumnya yang memiliki medan lurus. Di Hutan Joyoboyo cenderung bervariasi. Ada yang dipenuhi jalan menanjak dan ada pula yang memang hanya jalan setapak biasa. Dengan medan tidak menentu membuat sebagian orang merasa tertantang.

Spot Foto Terbaik

2023 12 07 1
Sumber : Google Maps/Sarah San

Taman indah berhiaskan aneka macam bunga dan tanaman hijau seperti Hutan Joyoboyo memang pas dijadikan tempat berswa foto. Terlebih lagi tersedia beragam spot foto menarik yang sayang untuk kamu lewatkan. Salah satu yang mesti kamu coba adalah sky bridge.

Sky bridge adalah jembatan layang sepanjang 240 meter dengan lintasan berkelok-kelok di atas pepohonan. Spot ini sering dijadikan tempat bersantai oleh para pengunjung yang ingin menikmati keindahan taman dari ketinggian. Namun spot ini paling sering digunakan untuk hunting foto.

Spot foto lainnya ada spot love. Spot ini terbuat dari kayu yang mana bagian sisinya dihiasi sekumpulan rumput ilalang kering. Di bagian depannya ada dua buah kursi beton yang bisa kamu gunakan sebagai tempat duduk saat berfoto.

Satu spot lagi yang tak kalah unik ada spot piramida. Bangunan besar berbentuk segitiga ini akan terlihat indah saat malam hari. Kamu akan melihat spot tersebut bersinar dalam gelap memancarkan cahaya warna-warni yang sangat indah.

Suasana yang Asri

2023 06 24 1
Sumber : Google Maps/nisa mawardi

Hutan Joyoboyo termasuk taman yang pas buat tempat bersantai. Pepohonan besar nan rindang di sekelilingnya membuat taman ini tampak asri dan sejuk. Dan jangan heran jika banyak orang betah berlama-lama di sana meskipun hanya sekedar jalan-jalan atau duduk santai.

Berdiri di atas lahan seluas 2,6 hektare, taman ini banyak ditanami aneka jenis pepohonan dan tanaman bunga. Pohonnya sendiri ada kelor, trembesi, beringin dan mahoni. Sementara untuk bunganya ada anggrek, gelombang cinta, bulu ayam, nanas-nanasan, bakung lele, kantil kuning, pucuk merah, sirih gading, andong, melati cina, dan lainnya.

Ketika kamu beraktivitas di sana harap berhati-hati. Mengingat banyak sekali pepohonan besar di sekitarnya yang bisa saja tumbang sewaktu-waktu. Agar pengunjung selalu ingat, pihak pengelola sengaja memasang tanda peringatan di setiap titik.

Area Kids Playground

2022 07 11
Sumber : Google Maps/Aisah Wahyudyanto

Pihak pengelola Hutan Joyoboyo tak lupa menyediakan area kids playground. Tempat khusus bagi anak-anak yang ingin bermain sambil mencoba berbagai macam wahana permainan. Sewaktu si kecil sudah bosan berkeliling area taman, lanjutkan aktivitas dengan mengunjungi area tersebut.

Ada banyak wahana yang bisa dimainkan anak-anak. Mulai dari ayunan, perosotan, dan masih banyak lagi. Dijamin si kecil langsung kembali ceria dan melupakan rasa bosannya itu. Terlebih lagi kalau mainnya ramai-ramai. Sudah pasti jauh lebih seru ketimbang bermain seorang diri.

Harga Tiket Masuk

Hutan Joyoboyo ini termasuk destinasi wisata yang murah meriah. Wisatawan bisa masuk secara gratis tanpa dikenakan biaya sepeserpun. Kecuali jika membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Wajib membayar biaya parkir kepada petugas.

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke Hutan Joyoboyo kapanpun. Dikarenakan wisata ini selalu buka hampir setiap hari selama 24 jam nonstop. Baik weekday maupun weekend, jam operasionalnya tetap sama dan tidak berubah.

Fasilitas Umum

Taman yang indah tidak lengkap jika belum ada sarana dan prasarana memadai. Untungnya fasilitas di Hutan Joyoboyo sudah terbilang cukup lengkap. Meskipun ada beberapa yang perlu dibenahi oleh pihak pengelola.

Misalnya saja soal area parkir. Dimana lahannya masih sangat terbatas sehingga pas ramai pengunjung kesusahan mencari tempat parkir. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pihak pengelola taman agar membenahi area parkir yang ada sekarang.

Kalau untuk toilet umumnya sudah lebih baik. Entah itu toilet laki-laki maupun perempuan. Kondisinya sangat terawat dan lumayan bersih. Dikarenakan setiap hari petugas selalu membersihkannya.

Fasilitas lainnya ada bangku taman beraneka bentuk. Ada yang terbuat dari batang pohon dengan bentuk memanjang. Dan ada juga yang bangku dari beton berbentuk tabung. Jumlahnya cukup banyak dan tersedia hampir di setiap sudut taman.

Tips Berkunjung

Waktu paling pas berkunjung ke Hutan Joyoboyo ialah malam hari. Pada saat itu kamu bisa melihat taman dipenuhi cahaya terang benderang dari beberapa lampu taman yang menghiasinya. Terlihat indah bak negeri dongeng dalam mimpi. Jangan lupa mengabadikan pemandangan hari itu dalam jepretan kamera.

Pada malam hari kondisinya sepi, sunyi, dan hening. Hanya terdengar suara deru kendaraan dan jangkrik yang saling bersahutan. Apabila kamu mengajak orang terkasih pasti suasananya akan terasa begitu romantis. Cocok nih buat kamu yang ingin malam mingguan tapi nggak mau keluar modal banyak.

Selama berada di sana pastikan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar taman. Jangan membuang sampah sembarangan. Buanglah pada tempat sampah yang sudah disediakan oleh petugas. Jaga selalu keamanan dan ketertiban sesama pengunjung.

Hutan Joyoboyo bisa menjadi alternatif wisata semisal kamu ingin liburan tapi terkendala budget. Tanpa membayar tiket masuk kamu sudah bisa menikmati pemandangan alamnya serta memanfaatkan sejumlah fasilitas umum disana. Baut kamu yang suka gratisan, yuk segera rencanakan liburan ke sana!

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments