Watu Gunung Ungaran, Sensasi Kolam Renang Asyik dengan Nuansa Klasik di Semarang

Watu Gunung Ungaran Semarang

Lagi-lagi, wisata di Semarang melalui Kecamatan Ungaran yang terkenal akan potensi alamnya, berhasil mempersembahkan destinasi wisata ciamik yang diilhami dari potensi alam yang dimiliki.

Selain wisata alami seperti Air Terjun Semirang, Curug 7 Bidadari, hingga Curug Tirtowening, kini saatnya Setapak Langkah ajak kamu untuk mengintip sejenak wisata air buatan yang ada di Kecamatan Ungaran.

Alamat : Lerep 1, Lerep, Kec.Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp 25.000 – 30.000,-

Ya, di salah satu desa di Ungaran terdapat sebuah tempat wisata yang unik dan asyik lantaran memiliki pemandangan dan suasana yang begitu klasik dengan sentuhan-sentuhan budaya Jawa di dalamnya.

Adalah Watu Gunung Ungaran, yakni sebuah wisata pemandian eksotis bernuansa alami yang berada di lereng pegunungan Ungaran, tepatnya di Desa Lerep.

Sedikit berbeda dari yang lain, tempat wisata yang satu ini menyuguhkan suasana yang alami dan klasik dengan bebatuan hias yang mendominasi kawasan wisata seluas 3,5 hektar tersebut.

Bukan hanya itu, beberapa bangunan Joglo juga nampak berdiri kokoh di beberapa sudut tempat wisata yang kian menambah kentalnya suasana budaya Jawa di Watu Gunung Ungaran tersebut.

Ya, Joglo merupakan bangunan khas Jawa Tengah yang memiliki arsitektur unik dengan bentuk atap menyerupai gunung sebagai ciri khasnya.

Tak sampai di situ, bentuk serta ornamen-ornamen di dalam ruangannya pun juga tak luput dari nuansa tradisional yang mengandung nilai-nilai filosofis etnik Jawa di dalamnya.

Untuk menuju tempat wisata yang klasik itu juga cukup mudah kok. Dari pusat Kota Semarang kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 18 kilometer, atau dengan waktu tempuh sekitar 40 menit-an saja.

Harga Tiket Masuk 2024

Untuk menikmati segala suasana alami dan klasik yang ditawarkan Watu Gunung Ungaran, kamu tak perlu membayar mahal kok!

Hanya dengan uang sebesar 25 ribu rupiah saja pada hari-hari biasa, serta 30 ribu rupiah pada weekend ataupun high season, kamu sudah bisa bersenang-senang di tempat wisata yang eksotis tersebut.

Wahana dan Fasilitas di Watu Gunung Ungaran

Berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektar, taman rekreasi yang berada di Desa Lerep ini memiliki beragam wahana serta fasilitas yang dijamin akan membuat kamu betah di sana.

Apa saja wahana serta fasilitas yang bisa kamu nikmati? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kolam Renang

Kolam Renang Watu Gunung Ungaran
Kolam Renang Watu Gunung Ungaran

Tentu saja, wahana utama yang kerap menjadi incaran para pengunjung terutama anak-anak yakni kolam renang. Tak hanya satu atau dua, bahkan ada beberapa kolam renang yang bisa kamu nikmati di sana.

Saat memasuki taman rekreasi yang eksotis itu, pertama kali kamu akan disambut oleh 2 kolam renang utama yakni untuk anak-anak dan dewasa, yang hanya disekat oleh dinding-dinding bebatuan kecil sebagai pemisahnya.

Sedikit menaiki 3 anak tangga, kamu juga akan menemukan kolam renang khusus anak tepat di samping kolam renang utama, lagi-lagi dengan nuansa alam yang begitu menonjol dengan bebatuan hias yang mendominasi area sekitar kolam.

Bukan hanya itu, di tempat yang sedikit lebih tinggi kamu juga masih akan menjumpai kolam renang dengan dekorasi yang sama persis, yakni lantai berwarna biru tua dengan patung-patung binatang serta bebatuan yang tetap mendominasinya.

Eits…tak sampai di situ! Di sisi yang lain ternyata juga masih ada kolam lagi lho! Dengan tetap menonjolkan kealamian serta nuansa tradisionalnya, dijamin kamu akan betah berlama-lama di sana.

Di tiap sisi kolam renang juga telah dilengkapi dengan kamar mandi, gazebo-gazebo, serta tempat penyewaan perlengkapan renang.

Rumah-rumah Joglo

Semarang Watu Gunung Ungaran Rumah Joglo
Fenomena Rumah Joglo Ala Watu Gunung Ungaran

Saat memasuki taman wisata yang satu ini, kamu akan menjumpai kurang lebih 5 bangunan Joglo khas Jawa Tengah, ditambah lagi 4 bangunan permanen yang salah satunya difungsikan sebagai kantor.

Bangunan-bangunan khas Jawa tersebut tersebar ke beberapa titik di area Watu Gunung Ungaran. Bukan, hanya sekedar bangunan, joglo-joglo itu ternyata juga memiliki nama-nama yang unik lho!

Sang pemilik sengaja memberi nama-nama unik seperti Progo, Kemuning, Wono Sekar, Kodok Ngorek, Rumah Panggung Walang Kekek, hingga Griyo Pholo sebagai kantor utama.

Selain sebagai ikon wisata Watu Gunung Ungaran, rumah-rumah Joglo itu juga kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beristirahat sejenak dari lelahnya aktivitas di sana.

Beberapa bangunan Joglo yang luas dan terbuka bahkan juga kerap dimanfaatkan untuk acara-acara besar seperti acara keluarga, meeting, ulang tahun, serta beberapa acara penting lainnya.

Danau Buatan

gazebo di atas danau
Eksotisme Danau Buatan dengan Jembatan Kayu di Tengahnya.

Selain kolam renang, ternyata di taman wisata yang klasik ini kamu juga akan dimanjakan dengan sebuah danau buatan yang memiliki luas 60 meter dengan kedalaman 2 meter.

Di sekitar danau juga terdapat gazebo-gazebo berupa pondok-pondok tradisional yang tersusun dari material kayu. Dengan jembatan bambu di tengahnya, danau itu nampak semakin klasik dan eksotis.

Ditambah lagi ikan-ikan hias yang berlalu-lalang di dalamnya. Waktu bersantaimu akan terasa semakin syahdu dengan suasan danau yang asri dan menyejukkan itu.

Pemancingan

Apakah kamu hobi memancing? Selain berenang dan menikmati eksotisme Danau Watu Gunung, di taman rekreasi yang kompleks ini ternyata kamu juga bisa memancing lho!

Di beberapa titik telah disediakan kolam-kolam yang memang khusus untuk aktivitas memancing para pengunjung, yang juga dilengkapi dengan perlengkapan pendukung seperti kail, umpan, dan beberapa perlengkapan memancing lainnya.

Gazebo-gazebo

Tiket Masuk Watu Gunung Ungaran
Beberapa Gazebo di Sekitar Danau Buatan.

Saat memasuki taman wisata yang unik ini, kamu juga akan disambut hangat oleh gazebo-gazebo yang tersebar di setiap sudut kawasan Watu Gunung Ungaran.

Hampir di semua sudut kamu akan menemukan gazebo-gazebo dengan beragam bentuk dan tema, ada yang berkonsep outdoor tanpa penutup, ada pula gazebo dengan payung-payung warna-warni sebagai atapnya.

Selain gazebo berupa seperangkat meja dan kursi, kamu juga bisa memilih untuk bersantai ria di atas pondok-pondok bambu yang semakin menambah kental suasana tradisional di sana.

Kedai Makanan

c84b Cafe Watu Gunung Coffee interior
Suasana Santai di Cafe Watu Gunung.

Saat perut kamu mulai keroncongan, kamu bisa mendatangi kedai makanan yang ada di taman wisata Watu Gunung Ungaran. Yakni sebuah resto yang menyajikan aneka makanan khas Jawa Tengah.

Jika kamu suka ngopi, kamu wajib mendatangi Cafe Watu Gunung, yakni kafe di kawasan wisata yang menyajikan aneka jenis kopi beserta minuman-minuman pendukung lainnya.

Dengan tetap mempertahankan konsep tradisional dan alami, dijamin kamu akan betah untuk berlama-lama nongkrong di sana, ditambah lagi harga setiap menu yang cukup bersahabat.

Toilet Umum

Di beberapa sudut Watu Gunung kamu juga akan menemukan toilet umum ataupun kamar mandi dengan kondisi yang bersih beserta air yang segar dan jernih.

Mushola

Jangan khawatir untuk menghabiskan aktivitas liburanmu seharian di taman wisata yang satu ini, karena tempat ibadah yang bersih juga tersedia dengan segala perlengkapannya.

Area Parkir

Tepat di depan pintu masuk, kamu akan disambut oleh lahan parkir cukup luas yang akan siap menampung kendaraanmu, baik roda 2 maupun roda 4.

Untuk biaya retribusi parkir yakni 3 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2, serta 5 ribu rupiah saja untuk kendaraan roda 4. Sangat terjangkau bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera ajak keluarga atau kerabat kamu untuk menghabiskan waktu liburan di taman wisata Watu Gunung Ungaran yang unik sekaligus menyenangkan.

Kapan lagi kamu bisa merasakan sensasi tradisional khas Jawa Tengah berpadu dengan eksotisme kolam renang yang menyenangkan? Jika bukan di taman wisata Watu Gunung Ungaran ini! Selamat berlibur!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments