Vihara Mahavira Graha Semarang, Singgahi Situs Religi Unik

Vihara Mahavira Graha Semarang

Semarang kini menjadi salah satu kawasan paling diminati oleh para wisatawan yang tengah melakukan liburan di Jawa Tengah. Destinasi wisata Semarang tidak hanya tertuju pada wisata alam maupun taman hiburannya saja. Yang menarik dari kota ini yakni destinasi wisata sejarah dan juga wisata religinya yang begitu mencolok.

Seperti yang kita tau, ada beberapa destinasi wisata religi yang bisa kita temukan di Semarang seperti Klenteng Sam Poo Kong, Gereja Blenduk, Masjid Agung Jawa Tengah, Klenteng Tay Kak Sie, Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh dan masih banyak lagi.

Selain dari wisata yang telah disebutkan, di Semarang kita akan menemukan salah satu tempat wisata religi bernama Vihara Mahavira Graha Semarang. Bagi umat Buddha terutama yang ada di Semarang, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Vihara ini.

Vihara sendiri berfungsi sebagai tempat melakukan puja bhakti, penghayatan dan pengamalan Dhamma, tempat pembabaran, tempat meditasi dan juga tempat tinggal bagi Bhikku/Bhikkuni serta Samanera/Samaneri.

Namun selain berjalan sesuai fungsinya, Vihara Mahavira Graha Semarang ini dibuka secara umum untuk keperluan rekreasi. Hal tersebut karena Vihara ini memiliki daya pikat yang berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Daya Tarik Vihara Mahavira Graha Semarang

Mahavira Graha, Vihara Cantik Semarang
Mahavira Graha, Vihara Cantik Semarang

Pembangunan Vihara Mahavira Graha Semarang ini dimulai pada akhir 2001 dan rampung pada 20 Desember 2003. Sejak peresmiannya tersebut, Vihara Mahavira Graha Semarang ini berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Daya pikat utamanya terletak pada deretan archa Buddha Amithaba yang berjajar di sekeliling Pura Mahavira Graha Semarang. Ada sekitar 120 arca yang bisa kita temukan di sana. Vihara Mahavira Graha Semarang ini memiliki lahan seluas 1,88 hektar dengan bangunan berlantai 7 yang begitu megah.

Sesampainya di Vihara Mahavira Graha Semarang ini, kita akan disambut oleh deretan pepohonan yang membuat suasananya terkesan teduh dan tenang. Lalu di pintu masuk vihara, kita akan menemukan sebuah gapura dengan sentuhan ornamen khas India. Banyak wisatawan yang mengabadikan momennya di sana.

Wisata Menarik Lainnya :  Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Masuk lebih jauh ke area vihara, kita akan disambut oleh sebuah ruangan yang didominasi dengan lampion merah menggantung di sekelilingnya. Di ruangan yang sama, kita akan menemukan sebuah patung Buddha Avalokitesvara berwarna keemasan dengan posisi seribu tangan dan seribu mata.

Patung tersebut melambangkan begitu banyaknya berkah yang diberikan sang Buddha kepada para pengikutnya. Patung tersebut terletak di atas Puja Bhakti di mana lokasinya berada di lantai satu.

Di sisi kanan dan sisi kiri patung terdapat sepasang keramik yang sengaja diletakan di sampingnya. Masih di ruangan tersebut kita akan menemukan deretan bantal berwarna biru yang diberguna untuk tempat duduk murid. Lalu ada pula bantalan berwarna hijau yang diperuntukan bagi guru.

Di ruangan lainnya kita akan menenukan patung Budhha emas dengan ukuran yang berbeda-beda. Lalu ada pula 88 patung Buddha dengan posisi Abayamudra atau keadaan tanpa rasa takut. Di sana juga kita akan menemukan 32 patung Avalokitesvara (Kwan Im) dengan sikap tubuh yang beragam.

Di setiap sisi kanan tepatnya di bawah patung tersebut, kita akan menemukan petikan ayat-ayat suci yang dipahat di atas sebuah keramik. Pada beberapa waktu, di Vihara Mahavira Graha Semarang juga seringkali diadakan ritual-ritual tertentu sehingga kita perlu mengetahui lebih dulu mengenai jadwal di Vihara Mahavira Graha Semarang.

Galeri Patung Buddha
Galeri Patung Buddha

Karena merupakan tempat ibadah, untuk masuk ke sana kita perlu memperhatikan beberapa aturan seperti bersikap sopan santun, berpakaian tertutup, tidak boleh membuat kegaduhan, tetap menjaga kebersihan vihara, dan masih banyak lagi. Kita juga perlu memperhatikan tanda-tanda yang ada di vihara untuk menghormati keberlangsungan ibadah umat Buddha.

Fasilitas lainnya yang ada di Vihara Mahavira Graha Semarang ini seperti toilet, taman, spot foto, aula, gazebo, lahan parkir dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk

Karena fungsi utamanya merupakan tempat ibadah umat Buddha, untuk masuk ke sana kita tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Hanya saja, alangkah lebih baiknya kita ikut berkontribusi dalam biaya parkir dan juga sumbangan lainnya.

Wisata Menarik Lainnya :  Kampung Tematik Mulyaharja, Wana Wisata Edukasi Instagramable

Lokasi & Jam Buka Vihara Mahavira Graha Semarang

Wisatawan yang ingin mampir ke Vihara Mahavira Graha Semarang, bisa langsung datang ke Jalan Marina Raya Komp. VI No.1, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144. Lihat Google Maps.

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Semarang Poncol maupun Stasiun Semarang Tawang bisa melalui Jalan Layur menuju ke Jalan Komodor Laut Yos Sudarso. Dari sana kita hanya perlu menuku ke Jalan Marina yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari stasiun.

Selain liburan ke Vihara Mahavira Graha Semarang, wisatawan juga bisa mampir ke beberapa wisata terdekat seperti Pantai Marina, Taman Mini Jawa Tengah, Museum Ranggawarsita, dan masih banyak lagi.

Vihara Mahavira Graha Semarang ini beroperasi selama 23 jam. Akan tetapi kebanyakan wisatawan datang di waktu pagi hari serta sore hari karena suasananya yang terkesan hangat dan romantis.

Penginapan Terdekat

Dekat dengan lokasi Vihara Mahavira Graha Semarang, kita akan menemukan banyak tempat penginapan salah satunya Hotel New Puri Garden yang berlokasi di Jalan Tawangsari Raya, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144.

Jarak tempuhnya hanya sekitar 6 menit perjalanan dari lokasi Vihara Mahavira Graha Semarang. Untuk tarif penginapannya ditaksir mulai dari Rp 281.000 hingga Rp 582.000 per malam sesuai dengan tarif penginapan yang kita inginkan.

Rate this post
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.