D’Mangku Farm Serang, Destinasi Wisata Terbaru yang Menawarkan Keindahan Alam Terbuka Hijau Khas Tanah Banten

D’Mangku Farm Banten

Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Potensi tersebut tak pelak membuatnya banyak dipenuhi wisata alam super eksotis. Kamu akan menemukan berbagai jenis tempat wisata seperti gunung, pantai, danau, dan tanah perbukitan.

Baru-baru ini yang tengah viral ada D’Mangku Farm – Mancak Serang. Wisata Banten ini merupakan wisata dengan taman yang luas dengan edukasi yung menarik bersama keluarga.

Daya Tarik D’Mangku Farm

Bingung mencari tempat wisata buat liburan bersama keluarga? Tenang, Kabupaten Serang yang berlokasi di Provinsi Banten punya banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Hampir semua jenis wisata ada disana. Mulai dari wisata sejarah, alam, edukasi, hingga religi.

Namun dari semua jenis wisata tersebut. Wisata alam yang paling terkenal di Banten. Salah satu rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi adalah D’Mangku Farm. Wisata ini menawarkan keindahan alam terbuka hijau yang dilengkapi berbagai macam jenis wahana permainan. Cocok sekali dijadikan tempat rekreasi keluarga.

D’Mangku Farm Belum lama ada. Baru dibuka untuk umum pada tanggal 25 November 2022. Tempat ini didirikan oleh Mantan Walikota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi. Meskipun tergolong baru, tetapi kondisinya selalu ramai. Ada beberapa daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan tertarik berkunjung ke sana. Diantaranya sebagai berikut.

Area Outbound Anak-anak

gambar2
Sumber : Instagram.com/@aminphoto22

D’Mangku Farm memang tempat paling pas untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga. Di sini ada area outbound khusus anak-anak dilengkapi fasilitas wahana permainan seru dan menantang. Sengaja pihak pengelola menyediakannya agar si kecil bisa melatih kemampuan motoriknya secara maksimal.

Dengan adanya area outbound ini diharapkan si kecil dapat menjadi pribadi yang aktif dan mudah bergaul. Melalui sebuah permainan mereka akan belajar tentang bagaimana menjadi sebuah tim yang solid. Selain itu kemampuan fisiknya juga akan dilatih. Mulai dari ketahanan, kekuatan, dan keseimbangan.

Beberapa wahana permainan yang tersedia di outbound ini ada flying fox mini, terowongan kayu, seluncuran, papan panjat, dan jembatan titian. Anak-anak bebas memilih wahana manapun yang mereka sukai. Soal keamanannya ayah bunda tak perlu khawatir. Wahana tersebut sudah mengikuti standar keamanan yang diberlakukan oleh pihak pengelola.

Camping Ground

Wisatawan yang datang ke D’Mangku Farm juga bisa menginap loh. Buat kamu para pencinta camping, wisata ini punya fasilitas area camping yang mumpuni. Kamu bisa berkemah di alam terbuka yang dikelilingi banyak pepohonan hijau serta udara sejuk khas pegunungan.

Pengunjung diperbolehkan membawa tenda sendiri dari rumah. Kalau mau menyewa juga ada. Biasanya hal ini dilakukan oleh sebagian pengunjung yang tidak ingin repot. Menurut mereka menyewa tenda jauh lebih praktis ketimbang harus membawa sendiri.

Apalagi tenda sewaan disini sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas memadai. Diantaranya ada lampu penerangan, alas tidur, kursi, dan meja. Pengunjung tinggal menempatinya saja dan tak perlu bersusah payah mendirikan tenda.

Area Outbound

Kamu sedang mencari tempat outbound terbaik? D’Mangku Farm adalah pilihan yang tepat. Banyak sekali wahana outbound menantang yang bisa kamu coba. Dijamin kamu bakal ketagihan dan ingin terus mencobanya. Maka dari itu jangan sampai kamu lewatkan begitu saja.

Salah satu wahana favorit pengunjung adalah flying fox. Sebuah wahana yang akan membawa kamu terbang layaknya seekor burung. Sebelum itu petugas akan memberikan beberapa alat pengaman kepada para pengunjung. Baru setelahnya kamu boleh meluncur sepuasnya dengan bergelantungan di atas lintasan tali yang cukup panjang.

Setelah puas dengan flying fox. Jangan lupa mencoba becak melayang dan sepeda melayang. Spot yang satu ini benar-benar bisa menguji adrenalin. Becak dan sepeda yang kamu naiki tidak berpijak pada daratan. Melainkan mengambang di udara yang berada persis di atas lintasan seutas tali.

Flying fox, becak, dan sepeda melayang adalah ketiga wahana yang akan membawa kamu melihat pemandangan alam sekitar dari ketinggian. Semau hal yang ada di bagian bawah akan terlihat berukuran mini. Ini bisa menjadi background foto yang sangat bagus untuk menghiasi laman media sosial kamu.

Penginapan Modern dan Kekinian

gambar5
Sumber : Instagram.com/@haikalabdllah_

Selain camping ground yang digunakan sebagai tempat penginapan. Masih ada tempat menginap lainnya di wisata D’Mangku Farm. Ada beberapa tipe yang bisa kamu pilih. Diantaranya ada geodesic suite, safari suite, dan snail suite.

gambar3
Sumber : Instagram.com/@nungciayy

Tipe pertama adalah geodesic suite. Bentuk penginapan ini terbilang unik karena menggunakan tenda kubah berukuran cukup besar. Di dalamnya sudah dilengkapi fasilitas lengkap seperti kamar mandi, tempat tidur double, lampu, televisi, dan meja.

Tipe kedua ada safari suite. Tenda beratap yang banyak dipenuhi unsur kayu di setiap sisinya. Ukurannya terlampau luas sehingga sangat cocok dijadikan tempat menginap keluarga. Untuk fasilitasnya sendiri hampir sama seperti tipe geodesic suite.

Tipe ketiga ada snail suite. Tenda yang menyerupai rumah keong dengan bagian atapnya mengerucut. Penginapan ini adalah glamping terluas di D’Mangku Farm. Pilihan yang tepat bagi kamu yang suka tempat menginap privat dengan suasana penuh kesyahduan.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk wisata D’Mangku Farm tidaklah terlalu mahal. Setiap wisatawan yang datang hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 untuk hari Senin sampai Kamis. Sementara itu khusus Jum’at sampai Minggu harganya menjadi Rp35.000. Tiket yang sudah kamu beli bisa kamu tukarkan dengan permainan outbound.

Akan tetapi bagi pengunjung yang ingin menyewa glamping ada tarif tersendiri. Dimana biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk dan biaya mencoba wahana flying fox satu kali. Setiap tipe kamar mempunyai harga yang berbeda-beda sesuai dengan fasilitasnya.

Jam Buka

D’Mangku Farm buka setiap hari. Baik itu weekday, weekend, tanggal merah, hingga libur nasional. Proses reservasi selalu dibuka hampir 24 jam. Namun untuk wahana outbound hanya buka dari pagi sampai sore.

Fasilitas Umum

D’Mangku Farm memang masih baru, tetapi soal penyediaan fasilitas umum tak perlu kamu ragukan. Misalnya saja area parkirnya. Lahannya tergolong cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan. Baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Fasilitas selanjutnya yang tak kalah penting ialah toilet umum. Kondisinya lumayan bersih dan tertata rapi. Di dalamnya dilengkapi air bersih serta beberapa fasilitas lainnya. Meskipun ukurannya tidak terlalu luas, tetapi sudah cukup layak digunakan oleh pengunjung.

Bagi pengunjung yang beragama Islam sudah disediakan bangunan mushola sebagai tempat ibadah. Kini pengunjung tak perlu lagi keluar tempat wisata untuk mencari masjid kala tiba waktu shalat.

Kamu juga tak usah repot membawa bekal dari rumah. Wisata ini juga menyediakan tempat makan berupa cafe dan restoran. Menu makanan dan minumannya memiliki cita rasa yang enak dan pastinya menggugah selera. Harganya juga cukup murah dan tidak akan membuat kantong kamu kering.

Tips Berkunjung

Apabila kamu tertarik berkunjung ke D’Mangku Farm sebaiknya pilih waktu keberangkatan pagi hari. Dimana lalu lintas pada saat itu tidak terlalu padat sehingga kamu bisa sampai dengan cepat. Namun sebelum itu lihatlah berita perkiraan cuaca dahulu. Takutnya nanti di perjalanan tiba-tiba hujan.

Sayang bukan, sudah datang jauh-jauh tapi cuacanya tidak mendukung? Maka dari itu pastikan kamu memilih hari yang mana cuacanya sedang cerah. Supaya nanti kamu bisa menikmati keindahan alam wisata tersebut tanpa adanya gangguan.

Dan paling penting jangan datang seorang diri. Pergilah beramai-ramai dengan mengajak teman atau sanak saudara. Sudah pasti jauh lebih seru dan bisa menikmati beragam jenis permainan outbound-nya.

Sekian pembahasan mengenai wisata D’Mangku Farm. Semoga apa yang disampaikan bisa menumbuhkan rasa ketertarikanmu terhadap wisata dalam negeri. Selama berada di sana jangan lupa mengabadikan setiap momen menggunakan kamera ponsel. Selamat berlibur.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments