Pesona Air Terjun Semirang yang Buat Hati Selalu Tenang!

Air Terjun Semirang

Semarang tidak hanya dikenal karena lumpia lezatnya, tetapi juga berbagai wisata alam dengan pemandangan menenangkan, seperti Air Terjun Semirang. Lokasinya ada di lereng Gunung Ungaran bagian utara dan menyuguhkan suasana rindang nan damai.

Tempat wisata di Semarang ini juga cukup jauh dari jalanan perkotaan, sehingga cocok untuk kamu yang ingin mengistirahatkan hati dan pikiran sejenak dari hiruk pikuk masalah sehari-hari.

Jika kamu sudah tidak sabar ingin tahu detail selengkapnya, jangan tunda untuk simak pembahasan di bawah ini dengan seksama ya!

Alamat: Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Maps: Klik di sini.
Harga Tiket: Rp 9.000 per orang.
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB, Senin – Minggu.

Mitos Air Terjun Semirang

Rasanya Indonesia cukup sulit untuk lepas dari mitos dan legenda karena memang sudah melekat erat pada sebagian besar masyarakat. Begitu pula dengan Air Terjun atau Curug Semirang yang mempunyai mitos terkait tempat semedi pasangan suami istri di lereng bukit Ungaran.

Kisah dimulai ketika Sraya yang merupakan suami Sari menunaikan amanat dari seorang resi untuk mencari bunga kalakecika dan lanceng putih. Resi sendiri berarti orang suci yang mendapatkan wahyu dalam agama Hindu dan ia adalah ayah Sari.

Pada suatu ketika, Sraya berangkat untuk mencari bunga walaupun harus meninggalkan istrinya saat malam hari. Ia bingung harus mencari bunga itu ke mana hingga memutuskan untuk bersemedi di puncak bukit.

Akhirnya Sraya mendapatkan jawaban yang mana dua bunga tersebut lokasinya ada di dua air terjun. Sementara sang istri, yaitu Sari mendapatkan gangguan dari Jin Barok dan berusaha menyelamatkan diri hingga sampailah ia di sebuah lereng bukit.

Setelah itu, kendit atau kain ikat pinggang yang melilit tubuh Sari dilempar ke sisi seberang lereng bukit lainnya dan jadilah sebuah jembatan. Jin tetap mengejar hingga ketika berlari, kain jarik Sari berhasil diraih olehnya.

Kemudian, Sari masuk ke dalam jurang dan menemukan air terjun, sedangkan jin dikalahkan oleh seorang laki-laki yang tidak lain adalah Sraya. Pada akhirnya, sepasang suami istri tersebut bersemedi di air terjun hingga mendapatkan bunga kalakecika.  

Air terjun ini diambil dari kisah jarik Sari yang terlepas hingga dinamakan Semirang dari kata wirang berarti malu, sedangkan kenditnya dikenal sebagai Banjaran Simbar.

Daya Tarik Air Terjun Semirang

Spot Foto Air Terjun Semirang
Spot Foto Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang atau Curug Semirang adalah wisata alam yang lokasinya ada di kawasan hutan lindung seluas 10 hektar pengelolaan Perum Perhutani. Mempunyai tinggi sekitar 45 meter dengan pepohonan hijau di sekelilingnya sehingga terasa lebih sejuk.

Memang untuk sampai di lokasi wisata terdekat ini kamu akan berjalan kaki cukup jauh, sehingga wajib menyiapkan energi dan tenaga. Namun, usaha tidak pernah mengkhianati hasil bahkan prosesnya juga terasa menyenangkan.

Ini dikarenakan selama berjalan menuju air terjun, kamu sudah disuguhkan pemandangan alam yang masih asri, suara burung menenangkan, hingga udara super segar. Kecantikan yang disuguhkan lokasi wisata ini bisa kamu manfaatkan sebagai spot foto menarik untuk dipamerkan ke media sosial.

Tidak jauh dari lokasi air terjun, adapun kolam renang buatan yang airnya berwarna hijau. Uniknya warna ini hadir karena pantulan dari pepohonan yang ada di sekitarnya. Spot ini sangat cocok untuk digunakan bermain bersama keluarga.

Namun, jika kamu ingin menikmati suasana sepi dan tenang, sebaiknya jangan datang ketika musim liburan atau akhir pekan. Walaupun tidak pernah sepi, tetapi di hari biasa, jumlah pengunjungnya lebih sedikit.

Harga Tiket Air Terjun Semirang

Agar bisa menikmati segala pesona yang ditawarkan oleh tempat wisata alam cantik ini, kamu perlu membayar tiket masuk terjangkau, yaitu Rp 9.000 per orang. Sementara jika membawa kendaraan pribadi, maka tarif parkirnya adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 bagi mobil.

Fasilitas Air Terjun Semirang

Tempat wisata ini menawarkan fasilitas pendukung yang cukup lengkap, mulai sari area parkir, toilet, hingga mushola untuk beribadah. Selain itu, tidak perlu repot-repot membawa bekal karena adapun beberapa warung yang menjajakan makanan lezat.

Namun, penting untuk diingat bahwa jangan sampai membuang sampang sembarangan karena itu akan merusakan keindahan maupun lingkungan sekitar air terjun. Boleh berfoto ria hingga puas di kolam atau air terjun, tetapi tetap perhatikan kenyamanan dan keamanan ya!

Rute Menuju Air Terjun Semirang

Ketika akan mengunjungi air terjun di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini terdapat dua rute yang bisa kamu lalui, yaitu:

Perjalanan dari Simpang Lima Semarang

Jarak lokasi air terjun dari Simpang Lima Semarang adalah sekitar 22 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam.

Jika dari Semarang, kamu perlu berjalan ke arah Ungaran melalui Jalan Raya Semarang – Surakarta. Kemudian, setelah STIKES Ngudi Waluyo belok ke kanan dan tetap di jalur itu hingga sampai di lokasi air terjun.

Perjalanan dari Terminal Bawen

Jarak dari Terminal Bawen ke lokasi air terjun adalah sekitar 14 km dengan waktu tempuh kurang lebih selama 30 menit jika melalui Jalan Semarang – Surakarta.

Sesampainya di lokasi, kamu bisa memarkir kendaraan di area yang telah disediakan dan berjalan kaki melalui jalanan menanjak sejauh 500 meter. Kamu bisa membawa sepeda motor hingga titik pintu gerbang air terjun. Namun, tetap hati-hati karena jalanannya cukup licin dan sempit.

Tidak habis di situ saja karena dari pintu ini kamu masih harus berjalan kaki kembali sejauh 1 km. Jangan khawatir karena di sepanjang jalan menuju lokasi wisata ada beberapa pos yang warung kecil untuk beristirahat.

Tempat Wisata Terdekat Air Terjun Semirang

Tersembunyi di kawasan pegunungan Ungaran, air terjun ini menawarkan pesona alam yang memukau dan membuat siapa saja betah berlama-lama di sana. Walaupun demikian, jangan habiskan sebagian besar waktu kamu hanya untuk bermain di Curug Semirang.

Ini dikarenakan ada beberapa objek wisata lain yang bisa kamu jelajahi. Lokasinya cukup berdekatan dan masing-masing dari mereka menawarkan suasana maupun daya tarik yang berbeda. Berikut ini adalah daftar wisata di sekitaran lokasi Air Terjun Semirang, antara lain:

Tirto Argo Siwarak

Alamat: Dusun Blanten, Desan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Curug Semirang adalah 4,3 km dengan waktu selama 14 menit.

Tempat wisata yang menawarkan wahana permainan untuk anak hingga orang dewasa sekalipun. Kolam renang bersumber dari mata air Gunung Ungaran. Ini menjadikan airnya jernih dan tidak berbau. Selain itu, harga tiket masuknya juga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000 per orang.

Watu Gunung

Alamat: Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari wisata Semirang adalah 6.6 km dengan waktu selama 20 menit.

Wisata alam berupa kolam renang dari sumber mata air alami bernuansa khas Jawa yang dilengkapi dengan beberapa bangunan Joglo dan penak-pernik wayang. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman.

Selain itu, Watu Gunung juga menawarkan restoran terapung di atas danau buatan. Kamu bisa menikmati segala pesona ini dengan harga tiket masuk sekitar Rp 20.000 per orang ketika hari biasa atau Senin – Minggu dan Rp 25.000 per orang untuk Sabtu – Minggu.

The Fountain Waterpark

Alamat: Jalan Bima Sakti Raya No. 16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jarak dengan Curug Semirang adalah sekilah 9,4 km dengan waktu tempuh sekitar 21 menit.

Tempat wisata untuk keluarga yang menawarkan berbagai wahana permainan air termasuk 4 kolam  dengan kedalaman berbeda, mulai dari 30 cm hingga 150 cm khusus orang dewasa. Lokasinya ada di lereng Gunung Ungaran dengan pepohonan rimbun sehingga cocok untuk menenangkan pikiran.

Jika ingin menikmati asiknya berlibur di The Fountain Waterpark, Kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang.

Penginapan Terdekat Air Terjun Semirang

Menikmati keindahan alam Curug Semirang di Semarang semakin lengkap dengan menginap di penginapan dekat sana. Tidak hanya mempermudah akses kamu menuju air terjun, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati suasana pedesaan yang jauh dari kebisingan kota.

Jika kamu berasal dari luar wilayah Semarang dan ingin berlama-lama menikmati segala pesona yang disuguhkan, maka sebaiknya bermalamlah di rekomendasi beberapa penginapan terdekat ini, antara lain:

Guest House Timlo Solo Ungaran

Alamat: Jalan Diponegoro No. 172, Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh penginapan ini dengan lokasi wisata Semirang adalah sekitar 3,33 km. Penginapan menawarkan suasana yang nyaman dan tenang sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat istirahat ketika berlibur ke Air Terjun Semirang bersama keluarga.

Selain itu, harganya cukup terjangkau, lokasi strategis, dan mudah diakses yang bisa menjadi pilihan akomodasi terbaik perjalanan kamu.

Villa Petra Ungaran

Alamat: Jalan Nusa Indah No. 18, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Jarak tempuh penginapan dengan wisata Semirang adalah sekitar 3,8 km. Berupa penginapan bintang tiga yang menyuguhkan fasilitas lengkap dengan layanan ramah. Lokasinya strategis sehingga memberikan akses mudah ke beberapa tempat populer termasuk Air Terjun Semirang.

Suasananya yang tenang dan nyaman sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah lelah menjelajahi Semarang.

Melva Balemong

Alamat: Jalan Pattimura No. 1B, Krajan, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

Lokasinya sejauh 5,7 km dari wisata Curug Semirang. Walaupun demikian, penginapan ini sudah mempunyai banyak testimoni atau rating tinggi karena menawarkan fasilitas modern dan pelayanan ramah.

Suasananya nyaman dan bersih ditambah lagi dengan view atau pemandangan gunung Ungaran, taman, hingga sawah yang menenangkan.

Curug Semirang di Semarang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan serta pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Terletak di daerah pegunungan Ungaran, kawasan sekitar air terjun menawarkan suasana pedesaan yang menenangkan dan jauh dari hiruk pikuk kota.

Selain itu, di sini pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam yag spektakuler dan memanjakan mata dengan air jernih yang jatuh dari ketinggian. Tak heran jika air terjun Semirang menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pecinta alam dan petualang.

Bagi kamu yang ingin melepas penat dari aktivitas sehari-hari, air terjun ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merelaksasikan pikiran dan melepaskan kepenatan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Semirang dan menikmati pesona alam yang memukau di sana!

Avatar for Julia Anjarwati
Julia Anjarwati Anak muda yang ingin selalu berjiwa muda. Content writer yang senang menulis tentang kuliner, wisata, Islami, psikologi, lingkungan, dan materi bahasa Indonesia.
Avatar for Julia Anjarwati
Julia Anjarwati Anak muda yang ingin selalu berjiwa muda. Content writer yang senang menulis tentang kuliner, wisata, Islami, psikologi, lingkungan, dan materi bahasa Indonesia.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments