Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Intip Eksotisme Curug 7 Bidadari dan 5 Fakta Menarik di Dalamnya!

Curug 7 Bidadari Semarang

Pernahkah kamu berkunjung ke wisata di Semarang? Kota di Jawa Tengah yang banyak orang katakan jika temperatur udara di sana cukup panas dan membuat gerah.

Tahukah kamu? Jika di balik suhu udaranya yang terkenal cukup tinggi, ternyata Semarang juga masih memiliki beberapa wilayah yang sejuk dan asri lho! Serta jauh dari kata panas.

Selain Kecamatan Ungaran yang terkenal akan potensi alamnya yang begitu asri, sudut lain dari Semarang yang juga memiliki potensi alam ciamik yakni pada Kecamatan Sumowono di wilayah kabupaten tepatnya.

Bagaimana tidak? Di kecamatan yang satu ini ternyata juga terdapat wana wisata air terjun yang disebut-sebut memiliki cerita sejarah yang menarik.

Yap, Curug 7 Bidadari atau yang kerap disebut dengan C7B ini merupakan wisata air terjun yang berada di Desa Keseneng Kecamatan Sumowono, yang lokasinya tak begitu jauh dari Curug Lawe serta Watu Gunung Ungaran.

Alamat : Desa Keseneng, Kec. Sumowono, Kab. Semarang, Jawa Tengah.
Map : klik disini.
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp. 4.000 – 5.000,-

Sedikit berbeda dari yang lain, karena air terjun yang eksotis ini memiliki lebih dari satu pancaran air terjun dengan permukaan tebing yang bertingkat pula.

Tak heran jika curug yang mulai ditemukan pada 2010 silam ini selalu dipadati oleh pengunjung yang penasaran dengan eksotisme Curug 7 Bidadari yang disebut-sebut memiliki keunikan yang khas.

Harga Tiket Masuk Terbaru

Untuk merasakan eksotisme Curug 7 Bidadari, kamu tak perlu bayar mahal kok! Hanya dengan merogoh kocek sejumlah 4 ribu rupiah pada hari-hari biasa, serta 5 ribu rupiah saja pada akhir pekan atau hari libur, kamu sudah bisa beraktivitas seru di sana.

5 Fakta Menarik tentang Curug 7 Bidadari

Setiap tempat tentu memiliki cerita serta keunikan-keunikan yang tersimpan di dalamnya, apalagi untuk obyek wisata alami yang memang sudah ada sejak masa lampau.

Eksotisme C7B Semarang
Eksotisme C7B Semarang

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Curug 7 Bidadari yang wajib kamu tau. Simak baik-baik ya!

1. Menyimpan Legenda Unik 7 Bidadari

Mendengar namanya, mungkin kamu akan membayangkan ada 7 sosok bidadari cantik yang bersemayam di air terjun C7B tersebut.

Entah benar atau tidak, konon dahulu kala Curug tersebut pernah bahkan sering didatangi oleh 7 bidadari yang sengaja turun dan mandi di area Curug untuk menghilangkan kutukan.

Dari cerita yang telah melegenda itulah konon penamaan Curug 7 Bidadari itu diambil. Terlepas dari mitos atau fakta, nyatanya cerita itu hingga kini masih menjadi kepercayaan masyarakat setempat.

Salah satu pengelola Curug juga pernah mengatakan bahwa di air terjun bertingkat tersebut pernah ada penampakan sosok perempuan cantik yang mengenakan baju rumbai-rumbai layaknya peri atau semacam bidadari.

Bukan hanya sekali atau dua kali, bahkan konon banyak para pengunjung yang juga menyaksikan beberapa penampakan sosok perempuan cantik tersebut.

2. Memiliki 7 Pancaran Air Terjun Bertingkat

Sedikit berbeda dari yang lain, air terjun yang satu ini memiliki 3 tingkatan tebing yang masing-masing memiliki permukaan serta ketinggian yang bervariasi.

Pada tingkatan pertama atau yang paling dasar memiliki ketinggian 5 meter. Pada tingkatan kedua yakni 2 kali lipat dari tingkatan pertama, sedangkan pada tingkatan ketiga atau yang paling tinggi memiliki ketinggian mencapai 15 meter.

Uniknya, pada setiap tingkatan tebing tak hanya ada satu air terjun, melainkan jika ditotal ada 7 air terjun yang terpancar indah pada setiap tebing bertingkat tersebut.

Pada setiap tingkat juga terbentuk kolam-kolam kecil sebagai tumpahan dari ketujuh air terjun eksotis itu, dengan masing-masing memiliki tingkat kedalaman yang berbeda-beda.

Saat cuaca sedang bersahabat, kamu bisa menjajaki ketiga tingkat air terjun itu sekaligus dengan melewati pinggiran-pinggiran sungai yang dikelilingi oleh pepohonan bambu di sekitarnya.

3. Jalur Tracking yang Menyenangkan

Pernahkah kamu berkunjung ke Air Terjun Semirang? Menjajaki Curug Lawe Benowo Kalisidi? Atau mungkin menjelajahi eksotisme Curug Tirtowening?

Jika untuk sampai pada ketiga air terjun di atas kamu harus menaklukkan jalur tracking yang cukup panjang dan berliku, maka tidak dengan Curug 7 Bidadari yang eksotis ini.

Di Curug 7 Bidadari ini, kamu tak perlu capek-capek melakukan tracking yang panjang dan melelahkan, lantaran lokasi air terjunnya yang berada tak jauh dari lokasi parkir, yakni hanya berjarak sekitar 300 meter dengan waktu tempuh cukup 5 menit saja.

Di sepanjang jalur tracking, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan serba hijau dari area persawahan warga serta padang rumput yang membentang indah dan menyejukkan mata.

Di sela-sela perjalanan juga terdapat jembatan merah yang akan turut mengantarkan kamu menuju air terjun C7B yang eksotis tersebut.

4. Memiliki Sumur Bertuah yang Bisa Menyembuhkan Penyakit

Di balik eksotisnya air terjun C7B itu, ternyata menyimpan mitos bahwa di sekitaran air terjun terdapat sebuah sumur yang dipercaya dapat membantu untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ya, berlokasi di atas air terjun tertinggi C7B, tepatnya di tepian sungai terdapat sebuah sumur ataupun sumber mata air yang berdiameter kecil dan tak begitu dalam.

Di sumur kecil itulah konon menyimpan khasiat dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, bahkan masalah-masalah lain seperti kesulitan mencari jodoh, untuk melancarkan usaha, serta beberapa kepentingan lain.

Para pengunjung biasanya datang dengan membawa wadah air untuk dibawa pulang secukupnya, terkadang ada juga yang hanya mengambil air untuk membasuh wajah ataupun anggota badan lain dengan gayung kecil yang sudah disediakan di sana.

Selain itu, ada pula mitos yang beredar bahwa di sekitaran sumber mata air keramat itu sering muncul secara tiba-tiba benda-benda pusaka seperti keris dan lain sebagainya.

Pihak pengelola mengatakan bahwa saat benda pusaka itu muncul, tak seorangpun yang berani mengambil lantaran merasa tidak memiliki hak serta sebagai wujud penghormatan kepada para leluhur di sekitar Curug.

5. Sangat Cocok untuk Aktivitas Outbound

Terlepas dari semua mitos yang beredar, Curug yang satu ini memiliki pemandangan serba hijau yang begitu memikat dengan suasana yang begitu asri.

Tak heran jika lokasi air terjun ini kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beraktivitas outbound. Ditambah lagi area padang rumput cukup luas yang sangat cocok jika digunakan untuk berkemah.

Air terjunnya yang bertingkat juga nampaknya sangat menarik untuk dilakukan aktivitas susur sungai ataupun aktivitas seru lainnya.

Fasilitas di Curug 7 Bidadari

Sejak ditemukan pada 2010 silam, air terjun yang satu ini terus berbenah dengan mengandalkan dana swadaya dari masyarakat setempat dan dibantu oleh wakil bupati Semarang kala itu.

Seiring berjalannya waktu, atas kerjasama masyarakat serta pihak pemerintahan setempat, jadilah Curug 7 Bidadari itu sebagai tempat wisata yang eksotis dan lengkap dengan segala fasilitas di dalamnya.

Fasilitas pendukung seperti kamar mandi atau toilet, mushola, gazebo-gazebo pun turut memenuhi kawasan wisata yang cukup luas itu. Ditambah lagi kafe-kafe yang kini baru berdiri yang akan menambah santai aktivitasmu di sana.

Itulah beberapa fasilitas serta fakta menarik dari Curug 7 Bidadari yang wajib kamu tau. Terlepas dari semua mitos yang ada, air terjun tersebut memang tetap memiliki pesona yang tiada duanya.

Terbukti dari banyaknya pengunjung yang berbondong-bondong untuk menyaksikan eksotisme air terjun bertingkat tersebut. Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, ajak keluarga atau kerabat kamu untuk menghabiskan waktu senggang di Curug 7 Bidadari Semarang yang eksotis dan penuh sejarah ini. Tetap jaga kondisi kesehatan dan selamat berlibur!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments