Kampoeng Semarang, Pusat Oleh-Oleh dan Souvenir

Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang, salah satu kawasan yang dikenal sebagai penyedia aneka oleh-oleh mulai dari makanan, pernak-pernik, hingga pakaian.

Banyaknya destinasi wisata di Semarang membuat kota ini selalu saja dipadati oleh para wisatawan terutama ketika menjelang akhir pekan dan libur nasional tiba. Selain berhasil menarik perhatian para wisatawan dari pesona alamnya yang menawan, di Semarang juga kita bisa menemukan berbagai destinasi wisata taman hiburan yang menyenangkan.

Bahkan tidak berhenti sampai di sana, di Semarang juga wisatawan bisa menemukan aneka tempat kulineran dengan mudah. Mulai dari resto bintang lima, jajanan kaki lima, tempat nongkrong, dan masih banyak lagi.

Rasanya berlibur tanpa membawa oleh-oleh khas Semarang tentunya tidak akan lengkap. Dari banyaknya peminat wisatawan yang datang ke Semarang, tentunya berpengaruh besar terhadap sentra oleh-oleh yang ada di Semarang.

Bagi yang sering melakukan liburan di Semarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Kampoeng Semarang ini. Biasanya, para wisatawan mampir ke Kampoeng Semarang ketika hendak mau pulang untuk mencari oleh-oleh dari Semarang.

Daya Tarik Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang ini menjadi tempat oleh-oleh terbesar yang ada di Semarang. Banyaknya peminat membuat Kampoeng Semarang berpotensi kuat untuk mendorong sektor perekonomian masyarakat Semarang. Alasannya karena tempat tersebut memberikan wadah bagi para pelaku usaha mikro untuk menjajakan hasil kerajinannya di sana.

Namun meskipun selalu dipadati oleh para wisatawan, kita tidak perlu khawatir berdesakan di sana lantaran Kampoeng Semarang ini memiliki luas hingga 4.000 meter persegi. Untuk mencari sesuatu yang kita inginkan juga terbilang cukup mudah lantaran kiosnya tertata dengan rapi.

Wisatawan akan menemukan berbagai macam barang seperti perlengkapan rumah tangga, batik, souvenir, tas, kaos, lukisan, hingga berbagai macam kuliner lezat. Untuk harganya pun terbilang sangat murah tetapi kualitasnya tetap menjadi nomor satu.

Ketika berada di Kampoeng Semarang ini, wisatawan akan menemukan salah satu tempat unggulan yang selalu diincar oleh para wisatawan. Tempat oleh-oleh tersebut berupa handmade fashion product lokal dengan merk WeBe.

WeBe Semarang
WeBe Semarang

WeBe sendiri telah beroperasi sejak tahun 1998. Pada masa itu, WeBe hanya pelaku usaha rumahan hingga memiliki banyak peminat dan telah mengepakkan sayapnya menjadi salah satu perusahaan besar. Tidak hanya menargetkan di Semarang, WeBe bahkan telah masuk ke pasar internasional.

Beberapa produk yang dihasilkan oleh WeBe seperti tas jinjing, tas tangan, dompet, dan lainnya. Bahkan belakangan ini WeBe juga mulai merambah ke dalam sektor perlengkapan anak-anak. Selain memiliki kualitas yang baik, desain dari produk WeBe ini selalu terkesan menarik.

Selain itu, khususnya para ibu-ibu bisa banget mampir ke Omah Asem Homeware. Tempat ini menjajakan berbagai macam keperluan alat rumah tangga yang memiliki nilai artistik. Kebanyakan produknya terbuat dari vinyl. Kita akan menemukan kotak perhiasan, piring, cangkir, nampan, tempat lilin, dan masih banyak lagi.

Berdekatan dengan lokasi Omah Asem Homeware, kita akan menemukan Asem Arang. Tempat ini menyediakan berbagai macam produk batik khas Semarang. Kita bisa menemukan kain, baju, selendang, tas, sarung, dan masih banyak lagi. Menariknya, kita juga bisa melihat langsung proses pembuatan produk-produk tersebut.

Tidak hanya berupa barang saja, wisatawan juga bisa menemukan oleh-oleh berupa makanan. Kita akan menemukan roti ganjel rel, kue sarang madu, dan masih banyak lagi. Di sana juga kita akan menemukan beberapa tempat makan yang menjadi rekomended ketika melakukan liburan di Semarang.

Salah satu tempat makan yang wajib kita sambangi yaitu Asem Jawa. Dengan konsep rumah makan khas Jawa ini, Asem Jawa menyuguhkan berbagai macam menu mulai dari tradisional hingga western.

Fasilitas lainnya yang ada di Kampoeng Semarang ini berupa toilet, musala, gazebo, taman, lahan parkir, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Kampoeng Semarang

Karena merupakan sebuah pasar yang bisa dikunjungi oleh siapa pun dengan bebas, kita tidak akan dikenakan biaya berupa tiket masuk. Hanya saja kita perlu membayar tarif parkir yang dibanderol mulai dari Rp 3.000 tiap kendaraan.

Sementara itu, untuk harga dari setiap barang maupun makanan yang ada di Kampong Semarang ini dibanderol mulai dari Rp 7.000.

Lokasi dan Jam Buka Kampoeng Semarang

Wisatawan yang penasaran dengan barang apa saja yang bisa kita temukan di sana bisa mampir ke Jalan Kaligawe Raya No.KM.1 No.96, Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50161. Google Maps.

Lokasi Kampoeng Semarang ini cukup strategis yaitu berdekatan dengan lokasi Stasiun Semarang Poncol, Terminal Terboyo Semarang, dan juga Bandara Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani. Untuk menempuhnya dari Stasiun Semarang Poncol hanya memerlukan waktu sekitar 9 menit perjalanan.

Kampoeng Semarang ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08:00 WIB – 20:00 WIB. Dengan waktu operasionalnya yang panjang membuat wisatawan lebih leluasa berkeliling Kampoeng Semarang untuk mencari barang yang kita inginkan.

Penginapan Terdekat

Bagi wisatawan yang ingin melakukan penginapan di sekitar lokasi Kampoeng Semarang, bisa mengunjungi salah satu hotel terdekat dari sana yaitu Hotel Horison Kota Lama Semarang. Hotel ini berlokasi di Jalan Mt. Haryono No.32-38, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137.

Wisatawan hanya perlu menempuhnya dengan waktu sekitar 5 menit perjalanan dari lokasi Kampoeng Semarang. Untuk tarif penginapannya dibanderol mulai dari Rp 482.000 per malam sesuai dengan jenis paket penginapan yang kita inginkan.

Wisatawan yang kebetulan sedang melakukan liburan, wajib banget membeli oleh-oleh menarik di Kampoeng Semarang. Harganya pun sangat bersahabat.

Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
Avatar for Erisa Vindia
Erisa Vindia Suka dengan menulis terutama seputar travel dan kuliner. Dengan pengalaman serta hobi, saya berusaha menciptakan karya tulis terbaik untuk kamu baca.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments