Pasar Semawis – Rekomendasi Wisata Kuliner Malam yang Hits di Semarang

Pasar Semawis Semarang

Bukan rahasia lagi, jika Semarang memang terkenal dengan destinasi wisatanya yang eksotis, ciamik, hingga sarat akan sejarah yang menggambarkan budaya Semarang itu sendiri.

Bukan hanya wisata alam maupun yang penuh fantasi, Semarang rupanya juga ingin memperkenalkan ragam kulturnya melalui beberapa wisata kuliner yang cukup populer di sana.

Sebut saja Pasar Semawis, wisata kuliner Semarang yang cukup hits dan banyak dipadati oleh masyarakat saat malam hari di kota yang masyhur dengan julukan Kota Lumpia ini.

Alamat : Jl. Gang Warung No.50, Kauman, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139.
Map : klik disini.
Jam Buka : 18.00 – 23.00 WIB.

Apakah kamu suka kuliner lokal? Mancanegara? Atau mungkin suka kulineran sambil nongkrong santai di malam hari?

Tak salah lagi! Tempat wisata di Semarang yang satu ini nampaknya sangat cocok untuk kamu yang suka berburu kuliner lokal maupun mancanegara yang cukup hits di beberapa daerah.

Ya, Pasar Semawis merupakan pasar malam yang menjajakan aneka ragam kuliner, mulai dari kuliner lokal dari berbagai daerah hingga mancanegara seperti Korea, Thailand, serta beberapa negeri Jiran lainnya.

Ada puluhan bahkan ratusan tenda ataupun kedai sederhana yang berjajar di tiap sisi kanan dan kiri Jalan Gang Warung yang berada di kawasan Pecinan tersebut.

Pasar Semawis memang merupakan pasar malam yang berada di sepanjang Jalan Gang Warung, dengan material batu paving yang mendominasi jalan sepanjang 1 kilometer tersebut.

Jam Buka

Pasar yang merupakan tempat wisata terdekat karena berada di Pecinan ini hanya dibuka pada akhir pekan, yakni pada hari Jum’at, Sabtu dan Minggu. Untuk jamnya, kamu bisa datang ke sana mulai pukul 6 sore sampai pukul 11 malam.

Harga Tiket Masuk Pasar Semawis

Karena Pasar Semawis ini merupakan sebuah pasar yang bisa dikunjungi secara umum oleh siapa saja, wisatawan tidak akan dikenakan tarif masuk alias gratis. Hanya saja, wisatawan akan dikenakan tarif parkir kendaraan yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 setiap kendaraan.

Daya Tarik Pasar Semawis

Jajan di Pasar Semawis
Jajan di Pasar Semawis

Ada beragam kuliner yang hits dan unik dari berbagai daerah yang bisa kamu jajal di sana. Bukan cuma hits, ternyata di pasar malam yang satu ini juga ada berbagai kuliner jadul lho!

Beberapa pilihan kuliner jadul pun diangkat kembali dengan cita rasa yang autentik dan dijamin akan membuat kamu serasa bernostalgia kembali pada jaman dulu.

Selain kuliner yang unik, kamu juga akan dimanjakan dengan suasana Semawis yang begitu indah dan dijamin akan membuat kamu betah nongkrong di sana.

Bagaimana tidak? Di sepanjang kawasan Semawis telah dilengkapi dengan lampu-lampu taman yang bergelantungan indah di langit-langit Semawis, yang akan menyala indah saat hari semakin larut.

Bukan hanya itu, gemerlapan ruko-ruko yang ada di sekitarnya juga akan semakin menambah meriah suasana malam di pasar kuliner tersebut.

10 Kuliner Favorit di Pasar Semawis

Ada beberapa kuliner yang paling banyak menarik perhatian para pengunjung di sana. Apa saja? Yuk, simak 10 kuliner paling hits di Pasar Semawis yang telah Setapak Langkah rangkum berikut ini!

Sate Tulang Ayam

semawis market
Sate Tulang Ayam Ala Semawis

Jika sate yang dicari pada umumnya adalah berupa daging-daging yang empuk, namun tidak dengan sate yang ada di Pasar Semawis kali ini.

Karena di salah satu tenda Semawis menyediakan menu kuliner yang cukup unik yaitu sate tulang ayam. Yakni sate dengan tulang ayam muda sebagai bahan utamanya.

Soal rasa? Jangan ditanya! Dijamin akan membuat kamu ketagihan, terbukti dari antrian para pengunjung yang tak pernah sepi di kedai sate yang satu ini.

Chok Dee Thailand Street

cumi bakar semawis
Sensasi Masak Atraktif Ala Chok Dee Thailand

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand, di pasar kuliner yang satu ini ternyata juga ada tenda-tenda yang menyediakan aneka makanan khas Thailand lho!

Beberapa menu lezat seperti sate gurita, sate bakso, cumi bakar, serta aneka seafood lainnya yang dibakar dengan bumbu rahasia khas Thailand dijamin akan membuat kamu tidak bisa move on.

Bukan hanya makanan yang lezat, cara memasak yang unik dan atraktif pun ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Seperti cara memasak dengan api yang menyembur hingga ke permukaan kuali.

Nasi Ayam Hainam

4375102e e32d 4eba 9b1d 538d99fa7e41 169
Nasi Ayam Hainam Khas Tionghoa

Di salah satu sudut Pasar Semawis kamu juga akan menemukan sebuah tenda yang menyajikan makanan khas Tionghoa, yakni nasi ayam Hainam yang juga nyaris tak pernah sepi dari antrian para pengunjung.

Cita rasa nasi yang gurih membuat menu makanan asal Cina ini banyak digemari oleh masyarakat lokal. Ditambah lagi olahan ayam yang juicy berpadu dengan bumbu rempah yang meresap sempurna.

Jika cuaca sedang dingin, siraman kuah kaldu yang hangat nampaknya akan semakin menambah nikmatnya menyantap hidangan lezat ala Tionghoa tersebut.

Nasi Bakar Kemangi

7 resep nasi bakar teri lezat dengan cita rasa nusantara yang nendang
Nasi Bakar Kemangi Khas Semawis

Tak mau kalah, makanan Nusantara yang satu ini juga kerap menjadi incaran para pengunjung saat jalan-jalan di Pasar Semawis.

Aroma khas nasi yang dibakar bersama daun pisang, ditambah taburan daun kemangi serta kondimen-kondimen yang lain menjadikan Nasi Bakar Kemangi ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok di lidah masyarakat lokal.

Untuk harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, hanya dengan uang sebesar 15-20 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa mendapatkan satu bungkus nasi bakar kemangi ala Semawis.

Aneka Seafood Segar

1032932935
Aneka Seafood Segar di Semawis

Di Semawis, kamu juga akan menjumpai tenda-tenda yang menjual aneka macam seafood, mulai dari udang, cumi, beragam jenis ikan hingga kerang yang masih sangat segar.

Uniknya, hasil laut tersebut baru akan dimasak ketika dipesan oleh pengunjung. Jadi, kamu bisa menikmati sensasi hidangan seafood segar yang baru saja diangkat dari habitatnya. Sangat menarik bukan?

Tapi tunggu dulu, jika kamu tak ingin makan di tempat tidak jadi masalah kok! Kamu bisa membawa pulang ikan-ikan segar itu dengan harga yang relatif murah tiap kilogramnya, tergantung jenis ikan apa yang akan kamu beli.

Pisang Plenet Pak Tuko

Pisang Plenet 2
Pisang Plenet Legendaris Pak Tuko

Selain beberapa makanan berat, kamu juga wajib mencoba jajanan legendaris yang telah ada sejak 1960 ini. Di salah satu sudut Semawis terdapat tenda yang bertajuk ‘Pisang Plenet Pak Tuko’.

Sesuai namanya, kedai tersebut menyediakan menu dessert dari olahan pisang yang dimasak dengan cara diplenet atau ditekan-tekan sehingga memiliki tekstur akhir yang pipih.

Pisang yang berbentuk pipih itu kemudian dibubuhi dengan aneka toping menarik seperti meses, coklat, keju, serta beberapa toping menggugah selera lainnya, yang dijamin akan membuat pengunjung ‘tak kapok’ untuk mencobanya lagi.

Untuk mencoba sensasi jajanan hits milik Pak Tuko yang telah memiliki banyak cabang itu, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari 15 ribu rupiah saja. Pisang Planet Semarang, murah meriah bukan?

Jamu Jun

6c42c010 ee6d 490b 903f 0d9f7690e983 Go Biz 20210724 182838
Sensasi Jamu dalam Balutan Bubur Kekinian

Pernahkan kamu minum jamu? Minuman tradisional yang satu ini telah banyak dikonsumsi masyarakat kita dan dipercaya mampu menjaga kesehatan dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Namun rasanya yang cenderung pahit membuat sebagian orang enggan untuk meminumnya. Tapi di Pasar Semawis, dijamin kamu tidak akan menemukan jamu yang bercita rasa pahit itu!

Pasalnya, kedai ‘Jamu Jun’ telah menyulap khasiat jamu dengan puluhan rempah-rempah itu menjadi semangkuk bubur yang rasanya manis namun tanpa meninggalkan khasiat puluhan krempah-rempah di dalamnya.

Jamu unik khas Demak ini mengandung 40 jenis rempah-rempah pilihan yang dijamin akan menghangatkan tubuhmu dan membuat badanmu terasa lebih bugar setelah meminumnya.

Es Puter Cong Lik

1519558 3a0VIXydlA2BxvrmCqHi2XARe SjEdI5r0iN8ISmVMk
Es Puter Cong Lik Legendaris di Semawis

Setelah mencoba aneka makanan yang menggugah selera, kini saatnya kamu menyegarkan diri dengan menjajal beberapa es legendaris yang ada di Pasar Semawis.

Salah satu yang banyak menjadi favorit para pengunjung yakni Es Puter Cong Lik. Berada di salah satu sudut Semawis, kedai es yang satu ini selalu dipadati oleh antrian para pengunjung.

Rasanya yang khas dipadukan dengan aneka toping yang segar membuat es yang telah melegenda sejak 1980-an ini selalu menjadi favorit dan seakan tak pernah lekang oleh waktu.

Es Teler Durian

Es Teler Durian Lezat Ala Semawis

Siapa yang tidak kenal es teler? Es yang telah melegenda sejak tahun 90-an ini ternyata juga menjadi favorit lho di Pasar Semawis!

Di salah satu sudut kamu akan menemukan beberapa tenda yang menyajikan es teler dengan buah durian sebagai toping utamanya.

Bukan sekedar toping, durian yang dibubuhkan di antara kuah santan dan sirup manis tersebut dibiarkan utuh begitu saja tanpa dipotong ataupun diolah terlebih dahulu. Sangat menggiurkan bukan?

Es Hawa

22158709 318945628581513 4807534645929312256 n
Es Hawa – Es Nostalgia di Semawis

Ingatkah kamu dengan Es Hawa? Jika kamu lahir di tahun 80-an tentu kamu masih ingat bahkan mungkin sering makan es Hawa yang legendaris itu.

Es langka asal Pekalongan ini ternyata juga ada lho di Semawis. Rasanya yang gurih khas kelapa dipadukan dengan lapisan coklat membuat es yang satu ini seakan tak pernah lekang oleh waktu.

Untuk bernostalgia dengan es yang telah langka itu, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam lho! Hanya dengan uang 2000 perak kamu sudah bisa mendapatkan satu batang es jadul itu.

Itulah beberapa kuliner lezat khas Semawis yang bisa kamu coba. Penasaran dengan rasanya? Yuk, datang saja langsung ke kuliner Pecinan yang hits di Semarang ini!

Penginapan Terdekat

Dekat dengan lokasi Pasar Semawis, wisatawan bisa menemukan tempat penginapan berupa hotel. Kita bisa mengunjungi salah satu hotel bernama Hotel Gets Semarang yang ada di Jalan MT. Haryono No.312 – 316, Sarirejo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50124.

Wisatawan hanya perlu menempuhnya dengan waktu 10 menit perjalanan menuju hotel tersebut. Tarif penginapan yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 319.000 per malam.

Saat liburan ke Semarang, jangan lupa siapkan uang yang banyak ya! Karena saat berada di sana dijamin kamu akan bingung untuk memilih aneka kuliner lezat yang akan kamu pinang. Selamat mencoba!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments