Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang juga sering disebut Outstadt atau Little Netherland oleh para wisatawan asing. Di beri nama Kota Lama lantaran banyaknya bangunan kunonya yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda.

Di Indonesia ada empat kota yang dijadikan sebagai pusatnya destinasi sejarah yakni Semarang, Surabaya, Jakarta, dan juga Bandung. Wisata di Semarang sendiri menjadi urutan pertama yang menduduki nominasi kota bersejarah.

Salah satu ikon Semarang yang berhubungan erat dengan sejarah yakni Lawang Sewu. Dulunya, Lawang Sewu ini dikenal sebagai kantor pusat perusahaan kereta api. Namun selain Lawang Sewu, di Semarang juga terdapat salah satu kawasan yang identik dengan nilai sejarah yaitu Kota Lama.

Kota Lama Semarang mungkin tidak asing bagi wisatawan yang sering liburan atau hanya sekedar mampir di Semarang. Hingga saat ini tetap hits di kalangan para wisatawan terutama wisatawan yang ada di sekitar Semarang. Kebanyakan wisatawan datang ke Semarang untuk mampir dan berburu spot foto di setiap sudutnya.

Sejarah Singkat Kota Lama Semarang

Awal mula terbentuknya Kota Lama Semarang ini karena adanya kesepakatan antara Kerajaan Mataram dan juga VOC.

Kesepakatan tersebut berisi penumpasan terhadap pemberontakan Trunojoyo di mana bantuan VOC cukup berpengaruh besar sehingga Kerajaan Mataram harus menyerahkan sebagian wilayahnya pada VOC. Voc memilih Semarang sebagai tempat hunian karena dekat dengan pelabuhan Jawa sehingga bisa memantau aktivitas perdagangan laut Jawa.

Kesepakatan tersebut disetujui pada 15 Januari 1678. Sejak saat itu, VOC mulai membangun beberapa gedung seperti pemukiman warga, balai kota, klinik, tempat ibadah, dan masih banyak lagi. Bahkan kawasan tersebut juga sengaja dibuat benteng yang dinamakan Vijhoek.

Hingga saat ini, bangunan-bangunan tersebut sengaja tidak diruntuhkan atau pun diubah karena cukup menarik perhatian orang-orang. Itulah sebabnya Kota Lama Semarang ini dijadikan sebagai aset pariwisata budaya di Semarang.

Wisata Menarik Lainnya :  Kebun Teh Ciater, Kesejukan Dan Keindahan Yang Akan Memanjakan Mata

Daya Tarik Kota Lama Semarang

Ketika sampai di lokasi Kota Lama, wisatawan seolah dibawa ke sebuah kawasan elite ala Eropa. Bangunan khas Eropa cukup menarik perhatian. Tidak heran banyak wisatawan yang baru datang langsung mengabadikan momen indahnya di Kota Lama.

Hunting Foto di Kota Lama
Hunting Foto di Kota Lama

Lalu apa saja yang akan kita temukan di Kota Lama Semarang ini? Berikut ini beberapa peninggalan penting dan menarik untuk dikunjungi ketika melakukan liburan.

Gereja Blenduk

Gereja Blenduk ini sudah ada sejak tahun 1753 dan menjadi gereja tertua yang ada di Jawa Tengah. Gereja Blenduk ini menjadi salah satu ikon Kota Lama Semarang.

Selain dijadikan sebagai tempat beribadah oleh umat Kristen Protestan, Gereja Blenduk juga dijadikan sebagai destinasi wisata religi yang banyak digemari oleh para wisatawan.

– Taman Srigunting

Sebelum dikenal dengan nama Taman Srigunting, taman ini memiliki nama Parade Plein. Dulunya, taman ini digunakan sebagai tempat baris berbaris oleh para tentara Belanda hingga acara pertunjukan musik.

Saat ini, Taman Srigunting sering kali dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati sore sambil bersepeda keliling Kota Lama Semarang.

– Semarang Contemporary Art Gallery

Dari namanya mungkin kita sudah tau bahwa gedung ini berfungsi sebagai galeri seni. Meskipun merupakan bangunan lama, galeri seni ini memiliki kesan modern yang akan membuat wisatawan betah dan terpesona berada di sana. Berbagai karya yang dipamerkan di sana mulai dari lukisan, patung, dan masih banyak lagi.

– Old City 3D Art Museum

Old City 3D Art Museum juga masih menyuguhkan nilai seni. Bedanya, jika di Semarang Contemporary Art Gallery kita akan menemukan karya seni berbentuk barang, di Old City 3D Art Museum ini kita akan menemukan karya seni berbentuk gambar. Ada berbagai macam spot foto tiga dimensi yang bisa kita coba di sana.

– Pasar Klitikan

Berbeda dengan pasar pada umumnya yang menjual berbagai bahan pokok, di Pasar Klitikan ini kita akan menemukan aneka barang antik mulai dari uang kuno, lukisan, motor jadul, boneka, radio, mesin tik, dan masih banyak lagi

Bagi wisatawan yang menyukai beda-beda antik, bisa mampir ke Pasar Klitikan yang menjual barang antik dengan harga terjangkau.

Wisata Menarik Lainnya :  Edukasi Seru Seputar Kampung Budaya di Kampoeng Wisata Cinangneng

– Gedung Spiegel

Gedung ini awalnya digunakan untuk menjual perlengkapan rumah tangga, alat olahraga, hingga tekstil. Namun seiring berjalannya waktu, Gedung Spiegel dialih fungsikan menjadi cafe & resto yang menyediakan berbagai hidangan lezat dengan nuansa rustic.

Masih di Kota Lama
Masih di Kota Lama

Bangunan lainnya yang bisa kita temukan di Kota Lama Semarang ini mulai dari Gedung Asuransi Jiwasraya, Rumah Akar, Gedung Mandiri Mpu Tantular, Gedung Marba, dan masih banyak lagi. Kota Lama Semarang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitasnya yang menunjang seperti pusat oleh-oleh, toilet, kursi taman, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Kota Lama Semarang

Untuk masuk ke Kota Lama Semarang kita tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis layaknya di Kota Tua Jakarta. Namun bagi wisatawan yang membawa kendaraan, akan dikenakan tarif retribusi parkir yang dibanderol mulai dari Rp 2.000 tiap kendaraan.

Selain itu, ada beberapa gedung berbayar yang mengharuskan wisatawan membayar tiket masuk. Biasanya besaran tiket masuknya dibanderol mulai dari Rp 5.000.

Lokasi dan Jam Buka Kota Lama Semarang

Wisatawan yang ada di Semarang bisa langsung datang ke Kota Lama Semarang yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137. Google Maps disini.

Karena termasuk kawasan yang dikenal luas oleh para wisatawan terutama masyarakat Semarang, kita akan menemukannya dengan sangat mudah. Lokasinya berdekatan dengan Stasiun Tawang dan juga Stasiun Poncol.

Kota Lama Semarang ini dibuka selama 24 jam sehingga wisatawan bisa mengaksesnya kapan pun yang diinginkan.

Penginapan Terdekat

Untuk wisatawan yang ingin bermalam di sekitar Kota Lama Semarang, kita bisa mampir ke salah satu hotel bernama Louis Kienne Pemuda yang berlokasi di Jalan Pemuda No.45-51, Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139.

Jarak tempuhnya hanya sekitar 3 menit perjalanan dari lokasi Kota Lama Semarang. Dan untuk tarif penginapannya ditaksir mulai dari Rp 283.000 sampai dengan Rp 538.000 per malam sesuai dengan tarif penginapan yang kita mau.

Kota Lama Semarang ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Wisatawan bisa mengabadikan momennya di sana dan membagikannya di laman Instagram.

Rate this post
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.
Avatar for Marlina Septiana
Ibu Rumah Tangga yang memiliki hobi membaca serta menulis cerpen dan ulasan buku.