Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

16 Rekomendasi Tempat Beli Batik di Pekalongan

Beli Batik di Pekalongan

Kota Batik di Pekalongan?

Mendadak ingat lirik salah satu lagu Slank ya. Memang sih, julukan kota batik itu sangat melekat di Pekalongan dari zaman dahulu. Sebab, motif batiknya memang sangat populer.

Salah satunya adalah motif batik corak Hokokai yang sangat disukai masyarakat Jepang. Ada pula corak pagi dan sore serta motif batik buketan ciptaan Eliza Van Zuylen.

Tampil modis dengan motif batik pilihan bisa kamu dapatkan di kota ini. Ada beberapa rekomendasi tempat beli batik di Pekalongan yang dijamin bikin penampilanmu makin kece lho.

Yuk, langsung saja kita simak rekomendasi wisata fashion batik yang hits di Pekalongan.

1. Pusat Grosir Batik Setono

Beli Batik di Pekalongan Grosir
foto: instagram.com/grosirsetono

Seperti halnya kota Solo yang punya pusat grosir batik, membeli batik di Pekalongan juga bisa kamu lakukan di pusat grosir batik Setono.

Lokasinya yang strategis, yakni tepat berada di pertigaan akses masuk tol trans-jawa tepatnya pintu masuk tol Pekalongan, membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Apalagi ada beberapa gerai batik Pekalongan yang buka hingga malam hari.

Berbagai model baju batik, kain, hingga aksesories di jual di tempat ini. Kamu bisa langsung berkeliling ke beberapa gerai yang ada. Harganya juga cukup bervariasi.

Ada dua jenis batik yang dijual di PGS ini, yakni batik cap dan batik tulis. Untuk alamat grosir batik Pekalongan yang lengkap, kamu bisa cek di bawah ini.

  • Alamat : Jl. Dr. Sutomo No.1 – 2, Karangmalang, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

2. Batik Unggul Jaya

Batik Unggul Jaya Pekalongan
foto: instagram.com/stef.christian

Pengen beli batik di Pekalongan dengan harga grosir? Bisa banget kunjungi Unggul Jaya Batik. Gerainya punya berbagai macam koleksi, salah satunya ada baju anak-anak, blouse wanita, kemeja wanita, kemeja pria, hingga kain-kain batiknya.

Semuanya bisa kamu dapatkan dengan harga grosir lho. Tak kalah menarik dengan pusat grosir Setono ya. Selain itu kualitas bahannya juga adem dan lembut.

Kalau mau berkunjung ke toko batik unggul jaya, perhatikan jam bukanya ya. Gerai ini buka setiap hari dari hari Senin hingga Minggu. Jam bukanya adalah pukul 08.00 hingga 17.00 . Jadi jangan sampai datang ke sana di atas jam tersebut ya.

  • Alamat : Jl. Angkatan 45 No.39, Belakang kantor, pajak Pekalongan, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

3. Butik Batik Pekalongan

Beli batik di Pekalongan Butik
foto: instagram.com/butikbatikpekalongan_harianto

Nah, untuk butik batik Pekalongan ini merupakan sentra pusat batik Pekalongan. Mereka membentuk UKM (usaha kecil menengah) yang saat ini sedang berkembang.

UKM tersebut, adalah para penyuplay kain batik baik yang cap maupun tulis. Produk-produknya banyak di kirim ke luar kota seperti Solo dan Jogja.

Gerainya sendiri berada di kampung batik Kauman Gg 7 No. 5. Butik batik ini bisa jadi salah satu destinasi untuk membeli batik di Pekalongan yang cukup hits lho.

  • Alamat : kampung batik, Gg. 7 No.5, Kauman, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

4. Batik Huza

Batik Huza Pekalongan
foto: instagram.com/huza_batik

Kalau kamu lagi jalan-jalan di Pekalongan dan berniat untuk berwisata belanja. jangan lupa sempatkan mampir ke toko Huza.

Gerai ini adalah salah satu rekomendasi beli batik di Pekalongan yang bagus. Pasalnya, koleksi batiknya lengkap. Menariknya lagi, harganya juga sangat terjangkau lho.

Ada kain batik, sarimbit, kemeja batik pria, kebaya, tas, aksesories, dan masih banyak yang lainnya. Tentu saja, koleksinya sangat modern dan mengikuti trend saat ini.

Batik Huza ini, ada beberapa gerai lho, jadi jangan takut kehabisan stok ya.

  • Alamat : Jl. Kenanga No.7, Klego, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah
Wisata Menarik Lainnya :  Mengenal Batik Oey Soe Tjoen Pekalongan yang Legendaris

5. Qonita Batik Butiq

Qonita Batik Pekalongan
foto: instagram.com/qonitabatik

Salah satu toko butik batik Pekalongan yang up to date adalah Qonita batik. Banyak koleksi kekinian yang bisa menjadi pilihan para pembeli.

Harganya cukup bervariasi, tergantung bahan dan jenis batik yang akan di beli. Mereka punya dua jenis batik yang di jual di sini, yakni batik cap dan tulis.

Sementara itu, mereka juga punya 3 lokasi gerai yang bisa kamu kunjungi, yakni Qonita batik Jl. Agus Salim, Batik Qonita Plaza Pekalongan, dan Qonita batik di pasar grosir setono.

Untuk jam bukanya sendiri, butik batik ini buka dari pagi hingga malam hari.

  • Alamat : Jl. H. Agus Salim No.22, Klego, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51126

6. International Batik Center

International Batik Center
foto: instagram.com/internationalbatikcenter

Nah, yang tak kalah terkenal untuk urusan beli batik di Pekalongan ada satu tempat yang bagus. International Batik Center (IBC) yang lokasinya berada di Wiradesa.

Di sana, ada berbagai cindera mata seperti home decoration, vas bunga, tas, gantungan kunci, sepatu yang semuanya penuh dengan motif batik.

Jangan bingung, di sini ada 700 lebih gerai batik yang bisa kamu jelajahi. Fasilitasnya pun tergolong lengkap, yakni ATM center, keamanan 24 jam, toilet, tempat parkir luas, mushola, dan bussiness center.

  • Alamat : Jl. Ahmad Yani No.573, Pegantungan, Pekuncen, Kec. Wiradesa, Pekalongan, Jawa Tengah

7. Pasar Banjarsari

Batik Pasar Banjarsari Pekalongan
foto: instagram.com/grosir_daster_renda_mawa_batik

Sempat di lalap si jago merah, kini pedagang pasar banjarsari berjualan di sekitar lokasi pasar saja. Termasuk beberapa toko batik yang dulunya berada di dalam pasar banjarsari, kini berjualan di depan pasar saja. Meski begitu, batik di sini harganya murah namun kualitasnya juga tak kalah saing.

Namun, jika kamu beli batik di Pekalongan khususnya yang berlokasi di pasar, kamu juga harus pandai untuk menawar ya.

  • Alamat : Sampangan, Pekalongan Timur, kota Pekalongan

8. Batik Riziq

Batik Riziq Pekalongan
foto: instagram.com/ustadzifan

Beli batik di Pekalongan tak lengkap rasanya jika kamu tak berkunjung ke batik Riziq lho.

Selain Huza dan Qonita, batik Riziq juga menyedikan berbagai macam fashion batik modern. Tentunya dengan harga yang juga terjangkau. Namun demikian, di toko ini fokus kepada menjual produk batik jadi.

Gerai batik riziq ini buka setiap hari. Mulai pukul 08.00 – 17.00 . Ada beberapa cabang toko yang bisa di kunjungi. Salah satunya ada di Buaran Pekalongan dan juga ada di pusat grosir Pekalongan (Grosir Setono).

  • Alamat : Jl. Urip Sumoharjo, Buaran, Kec. Pekalongan Sel., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

9. Kampung Batik Pesindon

Kampung Batik Pesindon Pekalongan
foto: instagram.com/kampungbatik_pesindon

Tempat beli batik di Pekalongan, sebetulnya tak hanya terpusat di grosir maupun gerai butik saja, akan tetapi kamu juga bisa membelinya di wisata kampung batik Pesindon.

Di sana, kamu akan melihat banyak showroom batik dengan pengrajin batiknya secara langsung.

Di kampung batik Pesindon ini ada sebuah kelompok atau paguyuban pencinta batik. Hasil kerajinan tangan mereka mampu menembus pasar mancanegara lho. Menarik bukan?

  • Alamat : Jl. Pesindon Raya, Kergon, Kec. Pekalongan Bar., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

10. Batik Art Oey Soe Tjoen

Batik Oey Soe Tjoen
foto: instagram.com/bakung_putih

Tak sembarangan jika kamu beli batik di Pekalongan tepatnya di batik art oey soe tjoen. Pasalnya, kamu akan terkesima dengan motif-motif batik yang unik dan langka.

Saking langkanya, ada salah satu batik yang khusus di taruh di museum batik Pekalongan.

Kenapa langka? kerena Oey Soe Tjoen sudah menjadi pembatik dari zaman Indonesia belum merdeka. Cukup lama dan tentunya legendaris bukan? Namun saat ini, gerainya dikelola oleh penerusnya.

Kerennya lagi, ada beberapa motif hokokai batik yang terdiri dari motif bunga, kuku, dan merak yang di ekspor ke Jepang. Selain Jepang, ada beberapa negara juga yang sudah memesan batik dari gerai batik art oey soe tjoen ini.

  • Alamat : Jl. Raya Kedungwuni No.208, Kedungwuni, Kedungwuni Bar., Kec. Kedungwuni, Pekalongan

11. Kampung Batik Wiradesa

Kampung Batik Wiradesa
foto: instagram.com/batiksimonetpekalongan

Sentra batik yang bisa kamu kunjungi untuk membeli batik di Pekalongan selanjutnya ada di kampung wisata batik Wiradesa.

Wisata Menarik Lainnya :  Ini Rekomendasi 16 Spot Beli Batik di Solo

Lokasi tepatnya ada di desa Kemplong. Diresmikan pada tahun 2009, kini desa kemplong menjadi destinasi wisata belanja batik yang hits di Pekalongan.

Usut punya usut, 60% warga desa Kemplong merupakan pengrajin batik. Sementara untuk hasil batiknya sendiri khas pesisir dengan tekstur kain yang lembut.

Kebanyakan, produknya berupa batik tulis meski ada juga sebagian batik cap yang dibuat di daerah tersebut.

  • Alamat : Jl. KH. Hasyim Asyari No.8, Mayanglengkong, Kepatihan, Kec. Wiradesa, Pekalongan.

12. Batik Putra Tunggal Pekalongan

Batik Putra Tunggal Pekalongan
foto: instagram.com/tunggalbatik

Batik Putra Tunggal, gerainya ada di Karangmalang, Pekalongan timur. Stok batiknya banyak berupa kebaya dan baju-baju untuk wanita. Akan tetapi ada beberapa koleksi untuk pria juga kok. Harganya cukup terjangkau untuk kantong.

Produknya banyak berupa batik cap. Kamu juga bisa beli batik di Pekalongan ini dengan cara grosir. Harganya juga pasti relatif lebih murah ya.

  • Alamat : Karangmalang, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51122

13. Batik Medono Pekalongan


Batik Medono Pekalongan
foto: instagram.com/mahasiswapekalongan

Bergeser ke Kelurahan Medono Pekalongan, nah yang satu ini memang spesialis kain tenun.

Di sana pengrajin terkenal dengan ATBM ( alat tenun bukan mesin ). Jadi pembuatannya menggunakan mesin manual. Oleh karena itu, jika membuat satu lembar kain tenun saja, pengrajin membutuhkan waktu kira-kira satu minggu.

Kain tenun produksi Medono ini sangat halus ditambah dengan motif batik yang khas. Kamu pasti tak akan ragu untuk membeli batik di Pekalongan ini.

Jangan sampai kalah dengan orang luar negeri ya, karena sebagian besar kain tenun batik Medono ini memang untuk di ekspor ke mancanegara lho. Berbicara soal harga, pastinya sesuai dengan kualitas yang ada di produk kain tenun batik ini ya.

  • Alamat : Kelurahan Medono, Pekalongan, Jawa Tengah

14. Pasar Grosir Batik Gamer

Pasar Grosir Batik Gamer
foto: instagram.com/ekogoreng

Bingung cari batik di malam hari? Jangan khawatir! Kamu bisa beli batik di Pekalongan, tepatnya di gerai-gerai pasar grosir Gamer.

Kerennya lagi, di tempat ini pada momen tertentu bakal buka 24 jam. Sebut saja pada saat event Batik Night Market (BNM) ada puluhan penjual batik yang buka hingga 24 jam.

Lelah jalan-jalan cari batik yang kece? Kamu juga bisa istirahat dan wisata kuliner di lokasi tersebut. Ada kedai-kedai makanan yang bisa kamu jajal sembari berwisata belanja batik di tempat tersebut.

  • Alamat : Kota Batik Pekalongan, Jalan Doktor Sutomo, Gamer, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan, Jawa Tengah

15. Kampung Batik Kauman

Tak kalah dengan kota Solo, Pekalongan juga punya kampung batik Kauman.

Lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota, membuat kampung batik Kauman jadi salah satu destinasi tempat beli batik di Pekalongan yang rekomended.

Kampung Batik Kauman Pekalongan
foto : instagram.com/ambar_adi_winarso/

Konon katanya, Kampung batik kauman ini merupakan kampung pertama di Pekalongan. Tak heran jika memang banyak pengrajin batik di sana. Terlebih lagi, bangunan yang ada di sekitar lokasi pun banyak yang bercorak batik.

Sementara untuk produk yang dihasilkan dari kampung ini, tak hanya baju saja. Ada aksesories cantik seperti tas, sepatu, gantungan kunci, dompet dan lain sebagainya. Tentu saja bahannya bercorak motif batik Pekalongan yang khas ya.

  • Alamat : Jl. Hayam Wuruk, Kauman, kec. Pekalongan Timur, Kota Pekalongan

16. Raja Grosir Batik Pekalongan

Batik Pekalongan
foto: instagram.com/ekogoreng

Terakhir, kamu bisa beli batik di Pekalongan tepatnya ada di Raja Grosir Batik. Menjual berbagai produk bahan jadi dengan kualitas yang bagus membuatnya tak pernah sepi pengunjung.

Untuk stok produknya sendiri ada macam-macam. Salah satunya kemeja pria dan kebaya batik wanita.

Lokasinya berada di Kampung Batik Kauman. Jika berkunjung ke tempat ini, kamu juga bisa berwisata di desa wisata batik Kauman Pekalongan. Jadi kamu bisa melihat para pengrajin batik secara langsung.

  • Alamat : Kampoeng Batik, Gg. 10 No.31, Kauman, Kec. Pekalongan Tim., Kota Pekalongan

Nah, itu dia 15 rekomendasi tempat beli batik di Pekalongan. Tertarik untuk wisata belanja di Pekalongan?

Buruan ajak saudara atau teman untuk memborong koleksi batik di Pekalongan.

Nana Panggil saja Nana, Content writer yang hobi jalan-jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *