setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

60 Tempat Wisata di Malang Favorit 2021

Tempat Wisata di Malang Raya

Semakin hari tempat wisata di Malang menjadi semakin populer di kalangan para wisatawan. Hal ini disebabkan karena keanekaragaman dari setiap tempat wisata yang ada di kota ini menjadi daya tarik bagi mereka.

Beragam kekayaan etnis serta budaya di Kota Malang memberikan pengaruh kesenian yang berada di kota kecil nan asri satu ini, tak terkecuali dengan destinasi tempat pariwisatanya. Merupakan kota yang juga terkenal sebagai kota bunga karena banyaknya bunga yang menghiasi kota, Kota Malang juga merupakan kota seni karena banyaknya kesenian khas dari kota ini, mulai dari tarian hingga pertunjukan.

Jadi tak jarang ditemui beberapa objek tempat wisata di Malang beserta dengan ciri khas keseniannya tergabung dalam destinasi tempat wisata tersebut. Hal ini memberikan kesan unik nan eksentrik pada tempat wisata yang ada di Malang.

Kota Malang merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan juga kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota Malang dikenal baik karena dicap sebagai kota pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi terbaik seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, kota ini merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan serta udaranya yang sejuk.

Tidak hanya wisata alam yang ditawarkan kota ini, akan tetapi kota wisata dekat kawasan wisata gunung Bromo ini menyajikan pula wisata hiburan hingga wisata sejarah. Setiap tempat wisata tersebut memiliki keunikan dan kecantikannya tersendiri yang menjadi kelebihannya masing-masing.

Dengan perkembangan teknologi, pergi berwisata tidak lagi hanya sebagai pelepas penat, melainkan juga menjadi ajang unjuk diri masyarakat. Kini seperti telah menjadi hal yang wajib untuk mengabadikan setiap momen berlibur lalu mengunggahnya ke media sosial. Untuk itu, banyak wisatawan yang mencari objek wisata yang menawarkan spot estetis sebagai tempat untuk mereka mengambil foto.

Bahkan, ada pula wisatawan yang sampai pergi ke luar negeri untuk menunjukkan eksistensinya di media sosial. Lalu banyaknya wisata yang berhubungan dengan seni, pengetahuan, sejarah hingga alam menjadikan Malang sebagai kota wisata yang wajib dikunjungi. Berikut ini adalah daftar tempat wisata apa saja yang ada di Malang, objek rekreasi terbaru di tahun 2021 yang keren dan menarik termasuk tempat wisata di Malang yang sudah buka.

Dafar Isi

Tempat Wisata di Malang yang Buatmu Bak di Luar Negeri

– Labirin Coban Rondo

Tempat wisata di Malang Labirin Coban Rondo
foto: instagram.com/voyaged

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Kerajaan Inggris? Salah satu kerajaan yang masih terlihat eksistensinya hingga saat ini. Tentu ada banyak istana yang dimiliki oleh kerajaan ini, salah satunya ialah Hampton Court Palace yang dikenal memiliki deretan taman indah beserta labirinnya yang luas. Nah, bagi kalian yang penasaran ingin merasakan sensasi layaknya berada di taman istana tersebut datang saja berkunjung ke Taman Labirin Coban Rondo.

Layaknya sebuah labirin, bermain-main di tempat wisata di Malang berupa taman hijau ini mengharuskan kamu untuk menemukan jalan keluar agar tidak terjebak di sana. Jalan labirin ini berliku dan diapit oleh tanaman hijau setinggi 2 meter, sehingga akan cukup sulit jika ingin mengintip untuk mencari jalan keluar.

Terdapat kolam air mancur di tengah labirin yang bisa dijadikan sebagai spot foto jika kamu berhasil menemukannya. Tentu akan sangat menyenangkan bermain di area labirin ini sembari mengabadikan momen di setiap sudut terbaik yang kamu temukan di dalamnya.

– Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Biru Arema

Kampung Warna-Warni Jodipan
foto: instagram.com/ian.mafiah__

Bangunan-bangunan cantik memesona ala Santorini di Yunani dan Chefchaouen di Maroko juga diadaptasi oleh dua tempat wisata di Kota Malang, lho! Di kota ini ada tempat wisata bernama Kampung Warna-Warni Jodipan yang memiliki bangunan bercat warna-warni sehingga sangat cantik untuk dijadikan latar berswafoto. Ada pula Kampung Biru Arema yang seperti namanya, memiliki bangunan serba biru layaknya Chefchaouen di Maroko.

Kedua tempat wisata di Malang ini cukup mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Malang. Makanya, bagi kamu yang pergi ke Malang menggunakan transportasi kereta api sempatkanlah untuk mengunjungi kedua tempat wisata ini. Kamu cukup berjalan kaki sekitar 10 menit saja dari stasiun.

Selain berswafoto berlatarkan bangunan berwarna-warni yang unik dan keren, ada juga jembatan kaca sebagai spot foto lainnya dan display mengenai sejarah Arema FC (klub sepak bola Malang).

– Apache Camp

Tempat wisata di Malang Apache Camp
foto: instagram.com/rosyitaokta

Bosan dengan hidup yang monoton? Sesekali cobalah datang ke tempat wisata Apache Camp. Tempat wisata di Malang ini kamu bisa merasakan kehidupan ala suku Indian, penduduk asli Amerika, yang dekat dengan alam. Kamu bisa menyewa tenda perkemahan ala rumah suku Indian untuk merasakan kehidupan mereka. Namun, tidak perlu khawatir terlalu tersiksa tinggal di dalamnya, karena telah disediakan kasur, kamar mandi, dan laci untuk penyewa.

Sementara bagi yang tidak ingin menginap, kamu juga diperbolehkan untuk sekadar berfoto-foto di sekitar setelah membayar tiket masuk. Untuk melengkapi keapikan hasil jepretanmu jangan lupa untuk menyewa kostum ala suku Indian yang telah disediakan. Sebagai tambahan informasi, kamu juga bisa berjalan-jalan di area sekitar Apache Camp yang masih termasuk wisata Coban Talun ini.

– Hobbiton Taman Kelinci Pujon

Hobbiton Taman Kelinci Pujon
foto: instagram.com/exploremalangraya

Kesuksesan film “The Lord of The Rings” dan film “The Hobbit” membuat Hobbit Holes yang ada di Selandia Baru menjadi destinasi wisata banyak orang. Jika kamu juga salah satu orang yang ingin ke sana maka datanglah dulu ke Hobbiton Taman Kelinci Pujon di Kota Malang. Sebab, tempat wisata di Malang ini selain ada deretan rumah kelinci yang didesain unik juga ada replika rumah para Hobbit yang tak kalah uniknya.

Setiap sudut rumah kelinci dan para hobbit ditumbuhi bunga berwarna-warni yang juga dapat digunakan sebagai spot berfoto. Kamu juga dapat berfoto di area taman stroberi yang ada di sekitarnya. Selain berfoto, tentu kamu juga bisa bermain-main dengan para kelinci yang lucu sehingga akan membuatmu lebih betah berlama-lama di sana.

– Boon Pring Andeman

Boon Pring Andeman
foto: instagram.com/yoiki_malang

Boon Pring Andeman adalah tempat wisata di Malang yang menonjolkan kerimbunan dan keragaman tanaman bambu yang dimilikinya. Tempat wisata ini layaknya Sagano Bamboo Forest di Kyoto, Jepang pada beberapa sudut hutan bambunya. Kawasan wisata ini memiliki puluhan jenis tanaman bambu sehingga dapat juga dikatakan sebagai laboratorium vegetasi bambu. Makanya, di sini kamu akan menemukan juga wisata edukasi, seperti Arboretum Bamboo, Kawasan Rumah Pangan Lestari, dan Andeman Farm.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir akan membosankan jika datang ke tempat wisata di Malang ala Jepang ini. Sebab, di Boon Pring Andeman ini juga disediakan berbagai fasilitas lainnya untuk tetap menceriakan liburanmu. Di kawasan wisata, pengunjung bisa menyewa bebek kayuh, balon air raksasa, flying fox, mini trail, ATV hingga berenang. Selain itu, ada juga spot-spot foto yang telah disediakan berupa patung-patung, sungai, jembatan bambu, dan tentunya pepohonan yang tumbuh alami.

– The Onsen Hot Spring Resort

The Onsen Hot Spring Resort
foto: instagram.com/ayodolan

The Onsen Hot Spring Resort merupakan tempat wisata di Malang ala Jelang dengan segala hal yang berbau Jepang. Mulai dari tempat penginapan, bangunan, taman, restoran, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Tempat ini tentu akan cocok bagi kamu yang ingin bepergian ke Negeri Sakura, tetapi belum mendapatkan kesempatan untuk terbang langsung ke sana. Jika kamu datang ke sini maka kamu dapat mendapatkan pengalaman liburan layaknya sedang berada di Jepang. Untuk masuk ke resort ini pun tidak diharuskan menginap, melainkan bisa membayar tiket masuknya saja.

Di dalam The Onsen Hot Spring Resort, bisa ditemukan taman khas Negeri Sakura yang dilengkapi dengan jembatan, Torii (gerbang merah khas Jepang), dan bangunan-bangunan khas Jepang. Ada pula restoran yang menyediakan berbagai menu khas dari Jepang. Bahkan, wisata pemandian air panas yang bisa didatangi pengunjung untuk berendam merilekskan tubuhnya. Yang terpenting jangan lupa menyewa pakaian tradisional Jepang, yukata dan kimono, untuk menunjang penampilanmu ketika berfoto, ya!

– Taman Rekreasi Selecta Batu

Taman Rekreasi Selecta Batu
foto: instagram.com/exploremalang

Lokasi: Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Malang. Koordinat Taman Rekreasi Selecta Batu
Jam Operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 18.00
HTM: Rp 25.000 perorang dengan biaya parkir Rp 5.000 (Motor), Rp 10.000 (Mobil)

Kota Batu yang berada di Malang Raya tidak hanya terkenal dengan sebutan Kota Apel, tetapi juga Kota Wisata. Salah satu tempat wisata di Batu Malang adalah Taman Rekreasi Selecta Batu yang merupakan objek alam taman bunga dan fasilitas wahana air yang asik untuk disambangi.

Tersedia juga wahana outbound dan flflying fox yang dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang, arena pacuan kuda, dengan biayanya yang berbeda-beda untuk setiap wahana. Taman Bunga Selecta Batu ini menjadi tempat wisata tertua di Kota Malang sejak jaman kolonial Belanda, maka dari itu, beberapa bangunan di tempat ini memiliki arsitektur
khas Belanda yang unik.

– Jawa Timur (Jatim) Park 1

Jawa Timur (Jatim) Park 1
foto: instagram.com/jatimparksatu

Lokasi: Jl. Kartika No. 2, Sisir, Kota Batu. Koordinat Jawa Timur (Jatim) Park 1
Jam Operasional: Setiap hari pukul 08.30 – 16.30
HTM: Rp 65.000 (Senin – Jumat), Rp 80.000 (Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya)

Jatim Park 1 merupakan destinasi obyek wisata modern yang memadukan antara edukasi atau pendidikan dengan taman bermain menarik. Jawa Timur Park 1 wajib dikunjungi bagi wisatawan yang menyukai wisata pengetahuan dengan berbagai edukasi seperti teknologi, fisika, kimia, matematika, dan biologi.

Wahana yang ditawarkan oleh Jatim Park 1 ini salah satunya yakni Eco Green Park dan Museum Tubuh. Sedangkan 4 wahana terkenal yang menjadi favorit bagi pengunjung adalah Midi Skater, Airborne Shot, Robin Hood 3D, Pendulum, dan masih banyak lagi yang ditawarkan tempat wisata di Batu Malang ini.

– Jawa Timur (Jatim) Park 2

Jawa Timur (Jatim) Park 2
foto: instagram.com/jelajah_batu

Lokasi: Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kota Batu. Koordinat Jawa Timur (Jatim) Park 2
Jam Buka: Setiap hari pukul 10.00 – 18.00
Tarif: Rp 75.000 (Senin – Kamis), Rp.105.000 (Jumat – Minggu)

Jatim Park 2 merupakan tempat wisata yang ada di Malang yang mudah dijangkau dari Kota dan merupakan tempat wisata edukasi yang bagus dan baru sesudah Jatim Park 1 dibuat. Ada apa saja di Jatim Park 2 ini? Tentunya wisata pengetahuan seperti Museum Satwa, Hotel Pohon, Secret Zoo, Tree Inn, yang merupakan gabungan wisata dan pendidikan.

Harga tiket masuknya bisa digabungkan dengan tiket terusan seperti menuju Eco Green Park, Museum Tubuh, dan masih banyak lagi. Masih banyak lagi 36 lebih wahana menarik dan menyenangkan lainnya di Jatim Park 2 dan tidak kalah menarik dengan Jatim Park 1.

Tempat Wisata Sejarah di Malang

– Museum Brawijaya

Museum Brawijaya
foto: instagram.com/akbarrimantara

Alamat: Jl. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Malang. Koordinat Museum Brawijaya
Operasional: Senin – Sabtu pukul 08.00 -14.00, Minggu pukul 08.00 -15.00
HTM: Rp 3.000 perorang

Museum Brawijaya yang merupakan sebuah museum pada umumnya menyimpan berbagai koleksi benda dari jaman sejarah maupun prasejarah. Di halaman depan museum ini terdapat taman unik yang dinamakan taman senjata Agne Yastra Loka, berbagai senjata seperti tank dari jaman penjajahan Jepang, senjata penangkis serangan udara, meriam milik Belanda dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sedangkan di dalam museum sendiri terdapat relief Kerajaan Majapahit jaman dahulu, daerah kekuasaan Brawijaya, lambang hingga foto TNI Angkatan Darat masih tersimpan dengan rapi disini. Selain museum, di dalamnya terdapat juga perpustakaan yang menyimpan dokumen-dokumen bersejarah. Seperti namanya, museum ini merupakan salah satu bagian dari UB atau Universitas Brawijaya yang di jadikan tempat wisata Malang murah meriah.

– Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe
foto: instagram.com/debydestya

Alamat: Jl. Gajahmada, Kidul Dalem, Klojen. Koordinat Museum Malang Tempo Doeloe
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
Tarif: Rp 25.000 untuk wisatawan, Rp 15.000 untuk warga Malang, Rp 10.000 untuk
pelajar

Museum Malang Tempo Doeloe menyediakan wisata edukasi yang menjelaskan bagimana Kota Malang pada jaman dahulu bahkan saat masih jaman purba. Di bangunan museum yang megah ini terdapat 20 ruangan dengan konsep dan tema yang berbeda-beda, termasuk pemutaran fifilm dokumenter Kota Malang jaman dahulu.

Koleksi jaman purbakala disini cukup memukau dan dari informasi ini pengunjung bisa mengetahui bahwa Malang dahulunya adalah danau purba yang berdekatan dengan laut. Sedangkan di ruangan lain juga terdapat peninggalan kerajaan-kerajaan jaman dahulu yang pernah berdiri di Kota Malang.

– Candi Badut

Candi Badut
foto: instagram.com/rayhanprakoso

Alamat: Jl. Candi 5D, Karangwidoro, Dau. Koordinat Candi Badut
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 15.00
HTM: Sukarela

Candi Badut dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, diperkirakan usianya merupakan candi tertua di Jawa Timur. Para ahli menyimpulkan bahwa Candi Badut memiliki arsitektur campuran dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, di tengah ruangan utama Candi Badut terdapat patung Siwa dan Parwati.

Beberapa relung-relung Candi Badut terdapat banyak arca dan patung dewa khas ajaran Hindu, beberapa diantaranya ada arca Nandiswara, Mahakala, Ganesha dan lain sebagainya. Pahatan yang terdapat di candi ini diduga lebih tua dibandingkan di beberapa pahatan atau relief candi di Jawa Timur lainnya.

– Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa
foto: instagram.com/infomalangraya

Alamat: Jl. Soekarno Hatta Perumahan Griya Samta Blk. B No. 210, Mojolangu, Lowokwaru. Koordinat Museum Purbakala Mpu Purwa
Operasional: Setiap hari pukul 07.30 -16.00
HTM: Gratis

Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa adalah sebuah museum atau tempat dimana banyak koleksi benda jaman sejarah dan prasejarah. Tempat wisata di Malang kota ini juga disebut sebagai Museum Mpu Purwa, benda-benda bersejarah yang disimpan disini diantaranya ada benda dari jaman Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kanjuruhan.

Bangunan dari museum ini sendiri cukup unik karena memiliki atap tradisional khas joglo namun arsitektur dindingnya layaknya jaman kolonial Belanda. Di halaman depan museum ini memiliki patung Joko Dolog dengan sebuah tambahan Makara bermotif ikan dan gajah.

– Monumen Juang 45

Monumen Juang 45
foto: instagram.com/wzzwsky

Lokasi: Jl. Kertanegara, Klojen. Koordinat Monumen Juang 45
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Monumen Juang 45 terletak di dekat Stasiun Kota Malang, monumen ini berbentuk patung berjumlah 19 buah dengan satu patung utama. Tempat wisata di Malang bersejarah ini terlihat 19 patung kecil tersebut terlihat mengalahkan satu patung utama yang sangat besar dan menandakan bahwa rakyat dapat mengalahkan pemerintahan tirani.

Di bawah sebuah monumen dengan patung tersebut memiliki relief yang unik, selain itu, pahatan patung tersebut berada di atas sebuah kolam. Relief yang ada di bawah pahatan menceritakan tentang perjuangan rakyat Indonesia pada masa jaman penjajahan.

– Semeru Art Gallery

Semeru Art Gallery
foto: instagram.com/semeruartgallery

Alamat: Jl. Semeru No. 14, Klojen, Malang. Koordinat Semeru Art Gallery
Operasional: Senin – Sabtu pukul 10.45 – 00.45
HTM: Gratis

Berdirinya Semeru Art Gallery menjadi salah satu wadah bagi komunitas pencinta dan penggemar kesenian serta kebudayaan Kota Malang. Di dalam Semeru Art Gallery ini terdapat empat jenis kesenian yang berbeda yakni seni rupa, seni musik, seni fotografifi, dan seni sastra.

Wisata Menarik Lainnya :  Berencana Liburan? Inilah Tempat Wisata Di Indonesia Yang Jarang Dikunjungi dan Wajib Dieksplor

Memasuki lantai pertama dari bangunan ini terdapat pameran lukisan dan gambargambar dengan kesenian yang tinggi. Sedangkan di lantai kedua di atasnya ada ruangan untuk para seniman berdiskusi, dan terakhir di ruangan ketiga terdapat panggung dan pagelaran yang menyajikan seni musik juga terkadang seni tari.

– Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia
foto: instagram.com/museummusikindonesia

Alamat: Jl. Nusakambangan No. 19, Kasin, Klojen. Koordinat Museum Musik Indonesia
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 22.00
HTM: Gratis.

Bagi penggemar musik tidak ada salahnya berkunjung ke Museum Musik Indonesia yang menyimpan ribuan koleksi musik dan lagu dari dalam dan luar negeri. Ada beberapa koleksi kaset, vinyl, CD, dan bahkan instrumen-instrumen musik yang tidak hanya berasal dari dalam negeri saja.

Museum Musik Indonesia merupakan tempat wisata di Malang yang murah serta satu-satunya dan juga museum pertama yang bertemakan musik, instrumen, dan penyanyi di Indonesia. Koleksi beberapa musik modern dan musik lawas tersedia dengan lengkap di tempat ini dan pengunjung pun dapat belajar sejarah terbentuknya musik.

– Museum Bentoel Prima

Alamat: Jl. Wiromargo, No. 32, 65137, Sukoharjo, Malang. Koordinat Museum Bentoel Prima
Operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 15.00
HTM: Gratis

Museum yang merupakan museum sejarah di Kota Malang ini merupakan tempat wisata edukasi dimana disini dapat dilihat sejarah terbentuknya rokok Bentoel jaman dahulu. Tidak hanya itu, di museum ini juga terdapat sejarah perkembangan kehidupan masyarakat Kota Malang.

Di dalam museum ini sendiri bisa didapati patung perunggu pendiri perusahaan rokok Bentoel ini yang bernama Ong Hok Liong. Museum ini juga sebelumnya adalah rumah dari si pendiri perusahaan rokok Bentoel tersebut hingga akhirnya direnovasi dan direkonstruksi ulang sehingga menjadi sebuah museum rumahan.

Tempat Wisata Air Terjun di Malang yang Nyegerin

– Air Terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo
foto: instagram.com/pesonaairterjunindonesia

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Pandesari, Pujon. Koordinat Air Terjun Coban Rondo
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp 8.000 perorang, Rp 12.000 wisatawan asing

Wisata alam di Malang tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, akan tetapi juga wisata air terjun sebagai salah satu alternatif tempat wisata di Malang yang murah yaitu Air Terjun Coban Rondo. Tidak main-main, air terjun ini
memiliki tinggi sekitar 84 meter yang merupakan sumber dari mata air Cemoro Dudo dan juga terletak di lereng Gunung Kawi.

Di area sekitar air terjun ini terdapat arena outbound dan flying fox yang dapat dinikmati dengan tambahan biaya tertentu perorangnya. Sedangkan untuk berkemah atau camping juga disediakan tempatnya tersendiri, ada juga fasilitas fun tubing untuk memanjat tebing air terjun, dan permainan paint ball di sekitar hutan.

– Sumber Maron

Sumber Maron
foto: instagram.com/malangchannel

Lokasi: Pagelaran, Karangsuko, Malang. Koordinat Sumber Maron
Jam Buka: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00
HTM: Rp 5.000

Berbeda dengan Sumber Sirah, mata air Sumber Maron memiliki air terjun kecil dimana tempat ini justru tidak berbentuk kolam melainkan tempat pemandian atau seperti curug. Namun terdapat juga aliran kolam atau danau kecil yang berada di tengahtengah persawahan warga, hal ini membuat pemandangan sekitar menjadi lebih asri, murni, dan alami.

Tempat wisata di Malang yang murah ini memanjakan pengunjung yang ingin menikmati keadaan pedesaan rumah warga sekitar, terdapat kebun budidaya tanaman kangkung. Sumber Maron juga menjadi Taman Wisata Sumber Maron Berbasis Edukasi karena terdapat PLTA yang juga berasal dari mata air Sumber Maron disini.

– Pantai dan Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok
Air Terjun Banyu Anjlok

Alamat: Lenggoksono, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang. Koordinat Pantai dan Air Terjun Banyu Anjlok
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Kota Malang dan sekitarnya juga dipenuhi oleh beberapa daftar nama air terjun atau curug sebagai destinasi wisata alam indah. Salah satunya adalah Pantai yang juga merupakan sebuah air terjun bernama Banyu Anjlok, sesuai dengan namanya air terjun ini jatuh ke aliran pantai.

Kejernihan air terjun yang menyatu dengan pantai ini membuat tempat wisata tersebut semakin diminati walaupun jarang dikunjungi oleh wisatawan. Karena lokasi Pantai dan Air Terjun Banyu Anjlok ini yang belum terjamah, membuat keasrian dan kealamiannya tetap terjaga.

– Kasembon Rafting

Kasembon Rafting
foto: instagram.com/kasembonrafting

Lokasi: Jl. Bunga Kumis Kucing No. 46, Jatimulyo. Koordinat Kasembon Rafting
Operasional: WeekDay jam 08.00 -16.00, WeekEnd jam 08.00 – 13.00
HTM: Tergantung paket yang dipilih

Kasembon Rafting mengusung suasana wisata air yang menantang adrenalin saat peserta bisa mejelajahi arung jeram sungai sepanjang 7.5 kilometer. Tak hanya itu, beragam paket permainan selain rafting juga disediakan disini seperti outbound dan flflying fox, area camping, dan masih banyak lagi yang lain sebagainya.

Yang lebih menariknya lagi adalah fasilitas permainan airsoft gun atau paint ball dimana ini adalah simulasi perang dengan peluru cat. Bagi yang ingin menginap juga disediakan area tenda untuk berkemah atau bisa memilih cottage yang cozy untuk satu malam.

Tempat Wisata Pantai di Malang

– Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru
foto: instagram.com/eventjawatimur

Lokasi: Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan. Koordinat Pantai Sendang Biru
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
Tarif: Rp 5.000 perorang

Pantai Sendang Biru merupakan pantai asri dan alami yang dikelilingi oleh bukit-bukit hijau dengan pemandangan menakjubkan. Wisatawan dapat menyewa perahu yang digunakan banyak beberapa para nelayan untuk mengarungi lautan sekitar Pantai Sendang Biru atau hanya untuk sekedar mengunjungi Pulau Sempu di dekatnya.

Wisata Pantai Malang Sendang Biru memiliki hamparan pasir putih yang indah dengan aliran ombak yang tidak terlalu deras sehingga bisa digunakan untuk berenang, diving, surfifing, dan lain sebagainya. Beberapa ikan-ikan kecil dapat terlihat dari pinggir pantai dengan kekayaan batu karang yang unik.

– Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna
foto: instagram.com/pantaitigawarna

Alamat: Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Koordinat Pantai Tiga Warna
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Satu lagi wisata pantai Malang yang tidak boleh dilewatkan oleh para pengunjung, yakni Pantai Tiga Warna dengan gabungan 3 warna yang memukau. Pantai ini memang memiliki 3 warna yang berbeda sesuai dengan namanya karena ditentukan dari 3 zona kedalaman lautnya.

Selain menjadi objek tempat wisata di Malang yang menakjubkan, area ini sendiri juga menjadi hutan lindung
atau hutan konservasi cagar alam Pulau Sempu. Pantai Tiga Warna ini memiliki terumbu karang yang kaya dan unik, karena tempatnya juga berdekatan dengan Pulau Sempu dan Pantai Sendang Biru.

– Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung
foto: instagram.com/amazingmalang

Alamat: Gajahrejo, Gedangan. Koordinat Pantai Batu Bengkung
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM : Rp 6.000 perorang

Pantai Batu Bengkung adalah wisata pantai malang terdekat pesisir selatan dari Kota Malang. Tidak seperti pantai pada umumnya yang memiliki pasir putih jernih, pantai ini justru berbatu. Tetapi disitulah letak keindahan Pantai Batu Bengkung ini yang membentuk sebuah barisan barikade di dekat bibir pantai.

Banyak cekungan kolam air laut yang terbentuk pada sekitar pantai karena hantaman ombak yang dipecah oleh bebatuan ini. Di area pantai terdapat barisan Bukit Batu Bekung yang dapat didaki dengan hati-hati untuk mendapatkan pemandangan yang indah dari atasnya.

– Pantai Sendiki

Pantai Sendiki
foto: instagram.com/pantaisendiki

Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing. Koordinat Pantai Sendiki
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp 5.000 perorang

Pantai yang jarang dikunjungi oleh beberapa para wisatawan ini menyimpan keindahan lebih alami dan hampir tidak tersentuh tangan manusia. Pantai ini memiliki area pasir putih yang indah disertai dengan bebatuan pantai alami yang banyak berserakan tetapi tidak sebanyak Pantai Batu Bengkung.

Fasilitas yang disediakan di pantai ini lumayan lengkap termasuk beberapa warung makan tradisional yang menjual kuliner seafood dan makanan khas Kota Malang. Lebih menariknya lagi, tempat ini juga disiapkan area khusus camping yang dapat disewa dengan tarif berbeda.

– Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati
foto: instagram.com/yoiki_malang

Alamat: Gajahrejo, Gedangan, Malang. Koordinat Pantai Bajul Mati
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Bajul Mati atau yang ternyata berarti buaya mati adalah pantai dengan banyak gugusan bebatuan kecil membentuk pulau yang memanjang layaknya buaya yang sedang mati. Pantai Bajul Mati ini terlihat masih sepi pengunjung karena memang tidak seterkenal pantai di Malang lainnya, namun jangan remehkan keindahan pantai ini.

Memiliki nuansa dan suasana yang sunyi menjadikan pantai ini sangat menenangkan serta kealamiannya masih terjaga dari berbagai pencemaran lingkungan. Terletak beberapa teluk kecil yang menghiasi pinggiran pantai ini yang membuatnya semakin berbeda dari pantai lainnya.

– Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina
foto: instagram.com/tasyangn

Lokasi: Sitiarjo, Sumbermanjing. Koordinat Pantai Goa Cina
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Melengkapi berbagai rangkaian pantai di pesisir selatan Kota Malang, ada salah satu pantai eksotis yang jarang dikunjungi wisatawan namun memiliki keindahan bak surganya dunia. Tempat wisata di malang yang sudah buka ini terkenal dengan goa yang misterius namun fenomenal, tiga pulau indah yang mengelilinginya, dan pemandangan matahari terbit yang dapat terlihat dengan lebih jelas disini.

Terdapat tiga pulau yakni Pulau Bantengan, Pulau Nyonya, dan Pulau Goa Cina yang sering menimbulkan gemuruh suara alam akibat fenomena langka. Lokasi Goa Cina ini sendiri terletak di sebelah kanan pantai dan dapat dimasuki oleh beberapa pengunjung sekaligus.

– Pantai Tamban

Pantai Tamban
foto: instagram.com/yoiki_malang

Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing. Koordinat Pantai Tamban
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
Tarif: Rp 6.000 perorang

Pantai Tamban merupakan salah satu pantai alami yang masih menyimpan keindahan alam seperti pasir putih yang jernih, air laut bening kebiruan, dan tebing-tebing yang dipenuhi pepohonan sekitar pantai. Pengunjung di pantai ini dapat terlebih dahulu mengunjungi Desa Wisata Tamban, Pulau Sempu, bahkan memancing di pinggiran
pulau.

Di area sekitar pulau juga terdapat banyak spot menarik untuk berenang, surfing, diving, hingga snorkeling untuk menikmati keindahan batu karang di kedalaman laut yang dangkal. Tentunya wisata air di sekitar pesisir pantai akan lebih menarik karena pemandangan yang masih asri.

– Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari

Pantai Mbehi
foto: instagram.com/ngalamkipa

Alamat: Bandungrejo, Bantur. Koordinat Pantai Mbehi
Jam Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Mbehi dikenal juga dengan nama Pantai Rante Wulung karena terdapat cekungan batu yang membentuk kolam bernama Teluk Bidadari. Pantai ini juga mempunyai pasir putih yang indah dan garis pantai yang tidak terlalu panjang karena memiliki tipe ombak yang berdebur ganas.

Untuk menuju pantai tempat wisata Malang yang lumayan terpencil ini, pengunjung perlu melewati deretan bukit dan jalanan dengan pepohonan yang rimbun. Fenomena alam yang sangat menarik juga terdapat di pantai ini yakni suara gemuruh layaknya geraman naga, tetapi ini sebenarnya hanya suara alam dari benturan ombak dengan batu karang di tepian pantai yang memiliki lubang atau cekungan.

– Pantai Balekambang

Pantai Balekambang
foto: instagram.com/malang_kekinian

Alamat: Desa Srigonco, Batur. Koordinat Pantai Balekambang
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp 15.000 perorang

Malang juga termasuk daerah yang dekat dengan area pantai dan dapat dijarak dalam waktu yang cukup singkat, salah satunya adalah Pantai Balekambang yang identik dengan budaya Hindunya. Karena adanya pura umat Hindu di Pulau Ismoyo yang berdekatan di area pantai ini membuat wisata kunjungan ke Pantai Balekambang dan Pulau Ismoyo semakin menarik.

Pantai Balekambang juga dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Malang dikarenakan pura mewah ini yang terletak di tengah laut, yakni di pulau kecil bernama Pulau Ismoyo. Selain itu, tempat wisata di Malang ini juga dikelilingi dua pulau lainnya yang dapat dicapai menggunakan perahu, Pulau Wisanggeni dan Pulau Anoman.

– Pantai Kondang Buntung

Pantai Kondang Buntung
foto: instagram.com/amazingmalang

Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Koordinat Pantai Kondang Buntung
Jam Buka: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Sekarang gantian Pantai Kondang Buntung yang memiliki julukan Amazon-nya Malang, karena tempat wisata di Malang yang sudah buka ini pengunjung dapat menyewa sampan kecil sendiri untuk menjelajahi sebuah teluk dari sisa air laut pasang. Pemandangan di sekitar teluk yang sangat menjorok ini pun layaknya hutan Amazon, rimbun dengan berbagai pepohonan dan juga tanaman bakau.

Penyewaan sampan kecil untuk mendayung sendiri dikenakan biaya Rp 50.000 dan pengunjung dapat menggunakan perahu tersebut sepuasnya. Bila Amazon merupakan sungai air tawar, maka teluk di Pantai Kondang Buntung ini adalah aliran air laut yang asin.

– Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter
foto: instagram.com/amazingmalang

Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing. Koordinat Pantai Watu Leter
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Tak jauh dari Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina terdapat satu pantai tersembunyi yang menjadi kawasan favorit para penyu bertelur disini. Pantai Watu Leter bahkan dijadikan ekosistem dan penangkaran penyu oleh beberapa organisasi pecinta lingkungan.

Sedangkan di sekeliling pantai terdapat teluk yang sangat menjorok dan menciptakan aliran sungai air asin dimana beberapa pohon bakau tumbuh rimbun ditempatnya. Pantai Watu Leter ini sendiri masih sangat sepi pengunjung, maka dari itu suasananya sangat alami, asri, dan terjaga.

– Pantai Krambilan

Pantai Krambilan
foto: instagram.com/yoiki_malang

Lokasi: Tulungrejo, Donomulyo. Koordinat Pantai Krambilan
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Krambilan menjadi satu dari beberapa pantai sepi di Malang yang menyimpan surga dunia tersembunyi, bahkan di pantai ini tak ada satupun penjual makanan atau warung yang buka. Karena itu kealamiannya masih sangat terjaga, beberapa wisatawan disini dapat menikmati deburan ombak laut yang cukup pelan atau berenang menjelajahi batu karang yang tersimpan di dalam pesisir pantai.

Meskipun tidak terlalu terkenal dan masih memiliki fasilitas yang kurang, tempat wisata di Malang yang sudah buka ini menyimpan pemandangan alam yang menakjubkan. Karena kealamiannya itu yang membuat Pantai Krambilan menjadi spot yang cocok untuk selfifie dan berfoto.

– Pantai Pesanggrahan

Pantai Pesanggrahan
foto: instagram.com/pantaipesanggrahan

Alamat: Tumpakrejo, Gedangan. Koordinat Pantai Pesanggrahan
Operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Berkunjung ke Malang Selatan, Wisatawan pada dasarnya akan disuguhkan beberapa daftar wisata alam berupa pantai, salah satunya adalah Pantai Pesanggrahan. Pantai ini masih cukup sepi karena letaknya agak tersembunyi, tetapi disitulah letak keindahannya, kealamian air laut, pasir putih, dan pepohonan yang rimbun masih asri.

Sayangnya untuk ombak di pantai ini terkenal cukup besar walaupun memiliki jenis pantai melandai, sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang. Walaupun sekarang akhirnya Pantai Pesanggrahan dibuatkan tambang pasir, namun pengunjung tetap bisa mendatangi pantai ini secara cuma-cuma.

– Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep
foto: instagram.com/yoiki_malang

Lokasi: Desa Kedungsalam, Donomulyo. Koordinat Pantai Ngliyep
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp 15.000 perorang

Pantai Ngliyep hanya berjarak 62 kilometer dari pusat Kota Malang itu sendiri, pantai ini memang tidak terlalu terkenal namun menyimpan keindahan bak surganya dunia. Keunikan Pantai Ngliyep ini selain suasana sepi dan asri masih kental, pasir putih di pantai ini berwarna sedikit keemasan.

Di sekitar pesisir Pantai Ngliyep ditemukan pulau kecil yang terbuat dari batu karang dengan nama Gunung Kombang. Bagi pengunjung yang ingin menginap, disekitar area kawasan pantai tersedia penginapan bertaraf villa atau homestay yang nyaman.

– Pantai Taman Ayu

Pantai Taman Ayu
foto: instagram.com/aslimalangsam

Alamat: Sidurejo, Gedangan. Koordinat Pantai Taman Ayu
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pantai Taman Ayu atau yang juga sering dijuluki Pantai Ayu melengkapi berbagai macam jejeran kawasan pantai di bagian selatan Kota Malang. Pantai ini masih sangat indah karena jarang dikunjungi oleh wisatawan dan memiliki tipe layaknya pantai selatan, aliran ombak yang kencang serta pasir putih melandai.

Letak pantai ini berada di jalur lintas selatan dimana nantinya akan menjadi destinasi wisata yang cukup menarik dan indah. Karena pantai ini juga akan sering dilewati beberapa kendaraan yang menuju ke arah Jawa Timur.

– Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
foto: instagram.com/dolankemari

Lokasi: Gajahrejo, Gedangan. Koordinat Pantai Karang Bolong
Operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Malang juga memiliki Pantai Karang Bolong yang dijuluki Pantai Watu Bolong, namun bedanya, pantai ini masih agak sepi dan tersembunyi. Bahkan untuk memasuki pantai ini sendiri harus melewati beberapa ladang perkebunan sekitar rumah warga, tipe pantai yang satu ini layaknya pantai selatan lain, memiliki ombak cukup ganas serta
batu-batu karang yang terjal.

Karena itulah beberapa pengunjung dilarang berenang di sekitar pantai ini, saking ganasnya ombak yang menghantam karang, terdapat beberapa batu karang besar yang bolong dan cekung. Maka dari itu juga, pantai ini disebut dengan Pantai Karang Bolong khas Kota Malang.

Wisata Pulau di Malang

– Pulau Sempu

Pulau Sempu
foto: instagram.com/malang.travellers

Lokasi: Tambakrejo, Sumbermanjing. Koordinat Pulau Sempu
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp 20.000 untuk satu kali izin

Pulau Sempu merupakan sebuah surga tersembunyi berupa pulau dan laguna di belakang tebing yang berdekatan dengan Pantai Sendang Biru dan Pantai Tiga Warna. Pada pulau ini dikelilingi oleh pantai berpasir putih dan air laut yang jernih kebiruan, tempat ini juga menjadi Resort Konservasi Pulau Sempu.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Tempat Wisata Air Terjun Clebung Bubulan Bojonegoro

Wisatawan dapat menyewa perahu dari Pantai Sendang Biru atau Pantai Tiga Warna selama 15 hingga 20 menit, tersedia juga seorang tour guide yang dapat menemani pengunjung seharian. Perlu diketahui bahwa untuk kunjungan ke tempat wisata di Malang Pulau Sempu ini tidak diperbolehkan melebihi pukul 5 sore.

– Pulau Anoman

Pulau Anoman
foto: instagram.com/budichexo

Alamat: Pulau Anoman, Sumberbening. Koordinat Pulau Anoman
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Pulau Anoman termasuk ke dalam jajaran pulau indah di Pantai Balekambang, karena tidak terlalu terkenal maka pulau ini masih sangat sepi dan keindahan alamnya juga terjaga. Untuk menuju Pulau Anoman ini tidak memerlukan perahu tetapi bisa menggunakan jembatan yang terhubung dari arah pantai ke Pulau Anoman.

Pulau Anoman ini sebenarnya adalah gundukan batu karang raksasa yang dipenuhi oleh pepohonan rimbun sehingga membentuk pulau. Pulau ini sendiri masih sangat asri sehingga fasilitasnya belum terlalu lengkap, namun katanya di Pulau Anoman akan segera dibangun Masjid.

– Pulau Ismoyo

Lokasi: Desa Srigonco, Batur. Koordinat Pulau Ismoyo
Operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Pulau Ismoyo termasuk salah satu pulau dari jejeran tiga pulau indah namun tak berpenghuni di Pantai Balekambang, Malang. Di dalam pulau wisata Malang tersebut terdapat pura untuk para umat Hindu menjalankan ibadahnya, yakni bernama Pura Ismoyo Jati. Karena itulah, Pantai Balekambang dijuluki Tanah Lot-nya Malang karena terdapatnya pura besar di pulau kecil ini.

Pura Ismoyo Jati memiliki karakteristik layaknya pura umum yang ada di Bali, untuk mencapai Pulau Ismoyo ini sendiri sudah disediakan jembatan penyebrangan tanpa harus menggunakan perahu lagi. Keindahan alam di pulau ini masih sangat terjaga, ditambah pemandangan eksotis dari Pura Ismoyo Jati.

Ruang Terbuka dan Taman di Malang

– Alun-Alun Merdeka Malang

Alun-Alun Merdeka Malang
foto: instagram.com/alunalun.malang

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kauman, Klojen, Kiduldalem. Koordinat Alun-Alun Merdeka Malang
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Alun-Alun Merdeka Malang adalah salah satu tempat tujuan tempat wisata di Malang kota yang murah meriah dan gratis, plus lengkap dengan beberapa fasilitas menyenangkan lainnya. Disini terdapat sebuah air mancur menari yang memiliki ornamen lampu tambahan dan akan menyala saat malam hari.

Selain itu, terdapat landasan skate board yang sering digunakan untuk atraksi memantang dari para penggemar olah raga skate board disini. Taman bermain anakanak pun disediakan lengkap, ada juga rumah bagi para burung merpati untuk singgah dan menambah kesan alami taman ini.

– Alun-Alun Tugu Malang

Alun-Alun Tugu Malang
foto: instagram.com/infomalangraya

Alamat: Jl. Tugu, Kidul Dalem, Klojen. Koordinat Alun-Alun Tugu Malang
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Alun-Alun Tugu Malang juga disebut sebagai Alun-Alun Bundaran, tempat ini menjadi destinasi wisata yang murah meriah namun memiliki landmark menarik. Alun-Alun Tugu Malang ini memiliki penampilan sederhana tetapi menyimpan moment bersejarah sejak dibangun di jaman kolonial Belanda.

Monumen yang berada di tugu ini sempat dihancurkan oleh pihak penjajah dalam Agresi Militer 1 namun kemudian tugu ini dibangun kembali dan berdiri dengan kokoh hingga sekarang. Kini, Alun-Alun Tugu Malang dilengkapi dengan kolam, pagar pembatas, dan taman bunga yang indah.

– Brawijaya Edu Park

Brawijaya Edu Park
foto: instagram.com/sheno_safaras

Lokasi: Jl. Kahuripan No. 1, Klojen. Koordinat Brawijaya Edu Park
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 00.00
Tarif: Rp 10.000 perorang

Malang terkenal dengan tempat wisata edukasi yang memadukan ilmu pengetahuan dan pariwisata, salah satunya adalah Brawijaya Edu Park. Tempat ini dahulunya bernama Taman Rekreasi Senaputra yang sudah buka sejak tahun 90an dan kemudian sekarang dirombak besar-besaran menjadi area wisata pengetahuan yang murah meriah dan tidak kalah menarik.

Fasilitas yang disediakan di Brawijaya Edu Park ini adalah food court yang lebih besar, wahana dan taman bermain anak, kolam renang, dan masih banyak lagi wahana menarik lainnya. Terdapat juga panggung hiburan yang menampilkan kesenian khas Kota Malang serta taman dengan berbagai jenis replika bangunan tradisional Jawa.

– Lapangan Rampal

Lapangan Rampal
foto: instagram.com/ekoagustianjs

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo, Kesatrian, Blimbing. Koordinat Lapangan Rampal
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM:Gratis

Lapangan Rampal merupakan salah satu fasilitas umum bagi masyarakat untuk berolahraga, lokasinya dekat dengan Stasiun Kota Baru. Tempat wisata di Malang kota yang sangat strategis ini banyak dikunjungi oleh beberapa warga sekitar dan wisatawan karena terkadang akan ada panggung hiburan secara cuma-cuma.

Area olahraga disini juga lengkap, difasilitasi dengan lapangan basket, sepak bola, tenis, hingga jalur jogging untuk lari. Di sekitar pintu masuk pun tersedia berbagai pedagang makanan dan minuman lengkap untuk wisata kuliner khas Kota Malang.

– Taman Krida Budaya

Taman Krida Budaya
foto: instagram.com/jessia_zahfa

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No. 7, Jatimulyo, Lowokwaru. Koordinat Taman Krida Budaya
Operasional: Senin – Kamis pukul 07.00 – 15.30, Jumat pukul 07.00 – 14.30
HTM: Gratis

Taman Krida Budaya merupakan bentuk salah satu apresiasi kebudayaan dan kesenian lama khas Kota Malang. Mulai dari pagelaran panggung seperti ketoprak, wayang kulit, wayang orang, ludruk, sendra tarian tradisional Jawa, kuda lumping, hingga reog Ponorogo ditampilkan dengan lengkap dan gratis disini.

Agenda pagelaran dan panggung disini tidak setiap hari diadakan namun rutin setiap bulan akan selalu ada agenda pementasan untuk perayaan tertentu. Taman Krida Budaya memiliki banyak nuansa dan arsitektur khas Jawa, beberapa pameran non kesenian pun terkadang diadakan di tempat ini.

– Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo
foto: instagram.com/aryasugiartaaa

Alamat: Jl. Trunojoyo, Klojen. Koordinat Taman Trunojoyo
Operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Taman Cerdas Trunojoyo dahulu adalah Taman Trunojoyo Lama yang sekarang telah berkembang menjadi tempat wisata baru dan murah meriah. Taman Trunojoyo berdekatan dengan Stasiun Kota Baru dan juga Alun-Alun Tugu Malang atau Alun-Alun Bundaran.

Terdapat fasilitas saung atau gazebo yang didirikan di taman ini guna sebagai tempat isitirahat para warga sekitar atau pengunjung yang baru datang dari stasiun. Area taman memiliki rerumputan hijau dan pepohonan yang mendominasi dan sangat tertata, menimbulkan kesan asri, sejuk, dan alami.

– Taman Rekreasi Tlogomas

Taman Rekreasi Tlogomas
foto: instagram.com/xxouniesaxx

Lokasi: Jl. Baiduri Pandan No. 17, Tlogomas, Lowokwaru, Malang. Koordinat Taman Rekreasi Tlogomas
Operasional: Jumat – Rabu jam 06.00 – 17.00, Kamis tutup
HTM: Rp 20.000 perorang

Taman Rekreasi Tlogomas menjadi salah satu alternatif tempat wisata tertua di Kota Malang, taman ini dibangun pada tahun 1989 dan masih berdiri hingga sekarang. Fasilitas taman bermain untuk anak-anak dan keluarga sendiri bermacam-macam, seperti sepeda air, sky boat, cangkir putar, roda putar, dan lain sebagainya.

Taman ini juga dihiasi dengan patung-patung replika beberapa tokoh kartun seperti putri salju, batman, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bagi pengunjung yang ingin bermain air pun terdapat tiga kolam renang yang disesuaikan dengan kalangan usia tertentu.

– Taman Rekreasi Kota Malang

Alamat: Jl. Simpang Mojopahit No. 1, Kidul Dalem. Koordinat Taman Rekreasi Kota Malang
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00
HTM: Gratis

UPT Tama Rekreasi Kota Malang merupakan destinasi wisata taman kota yang murah meriah namun sangat menghibur para wisatawan. Di dalamnya sendiri tersedia taman bermain anak-anak dan keluarga dengan fasilitas ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat taman bunga dengan tumbuhan yang beragam dan bahkan aneka koleksi satwa burung dalam taman burung di dekatnya. Untuk yang ingin bermain air bisa mengunjungi kolam renang yang terdapat beberapa wahana seluncuran dan masih banyak lagi.

– Taman Malabar

Taman Malabar
foto: instagram.com/malangchannel

Lokasi: Jl. Malabar, Oro Oro Dowo, Klojen. Koordinat Taman Malabar
Operasional: Setiap hari pukul 05.00 – 18.00
HTM: Gratis

Satu lagi taman kota Malang yang berbeda dari beberapa taman kota biasanya yang ada di Malang, karena fungsi dari Taman Malabar ini juga merangkap sebagai hutan kota. Pengunjung dapat menikmati nuansa pepohonan rimbun dan sejuk ala hutan di tengah kota Malang itu sendiri.

Di dalamnya juga terdapat jalan setapak untuk para wisatawan menjelajahi seisi hutan kota ini atau hanya sekedar jogging dan olahraga. Terhitung ada lebih dari 1.500 pohon dan tanaman yang ditanam disini, kolam renang sebagai daerah resapan air juga menambah pemandangan sekitar taman.

– Taman Kunang-Kunang

Lokasi: Jl. Jakarta, Oro Oro Dowo. Koordinat Taman Kunang-Kunang
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Taman Kunang-Kunang adalah taman kota yang baru saja dibangun di Kota Malang namun sudah menarik perhatian banyak wisatawan maupun warga sekitar. Dinamakan Taman Kunang-Kunang karena banyak terpasang puluhan bahkan hingga hampi mencapai 100 lampu LED yang memiliki berbagai macam bentuk.

Terdapat lima plaza atau lima bagian taman yang cukup luas untuk dijelajahi di malam maupun siang hari, disarankan untuk berkunjung di malam hari karena pemandangannya yang unik. Di beberapa bagian taman terdapat gazebo dan saung kecil untuk para pengunjung beristirahat.

– Merbabu Family Park

Merbabu Family Park
foto: instagram.com/ratanastd/

Lokasi: Jl. Merbabu, Oro-oro Dowo, Klojen. Koordinat Merbabu Family Park
Operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Seperti halnya taman kota yang umum menjadi tempat wisata murah meriah, Merbabu Family Park juga merupakan sebuah taman bermain khusus anak dan orang tua. Fasilitas yang dapat digunakan pun sangat banyak seperti lapangan olahraga, area jalur jogging, hingga taman bacaan khusus anak-anak.

Taman Merbabu juga dikenal dengan nama Taman Nivea, karena perusahaan asal Jerman yang memproduksi kosmetik wanita Nivea dan Handsaplast ini ikut membangun taman kota tersebut. Beberapa pepohonan dan tanaman juga menambah keteduhan dan kesejukan daerah sekitar taman.

– De Rumah Playground

Lokasi: Jl. Veteran No. 2, Penanggungan, Malang. Koordinat De Rumah Playground
Operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00
HTM: Rp 18.000 perorang

De Rumah Playground merupakan tempat wisata wahana bermain khusus untuk anakanak, salah satu wahana terfavorit adalah arena mobil dan motor aki khusus anak-anak. Selain itu terdapat kolam renang dimana ada ketiga kolam yang disesuaikan dengan usia anak-anak bahkan balita, sehingga aman dimasuki.

Untuk wahana anak-anak lainnya ada indoor playground dan juga outdoor playground, selain itu taman disini juga berkesan sejuk dan asri karena dipenuhi pepohonan rimbun. Untuk para wisatawan yang ingin mengisi perut setelah bermain di taman ini seharian, disediakan kantin dan food court dengan menu makanan dan minuman yang lengkap.

– Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari
foto: instagram.com/imeliaptr_04/

Alamat: Jl. Mertojoyo Selatan No. 7, Merjosari, Lowokwaru. Koordinat Taman Singha Merjosari
Operasional: Setiap hari pukul 05.00 – 18.00
Tarif: Gratis

Satu lagi fasilitas umum yang digunakan sebagai tata ruang hijau di Kota Malang, Taman Singha Merjosari termasuk ke dalam kategori taman kota terbaik se-Indonesia. Taman Kota Hijau ini berada dekat dengan Pasar Dinoyo Baru yang merupakan pasar tradisional dengan harga cukup murah.

Beberapa fasilitas yang dibangun di dalam Taman Singha Merjosari ini diantaranya adalah jalur jogging, taman bermain anak-anak, gazebo atau saung-saung tempat beberapa pengunjung berisitirahat. Dan yang lebih menariknya, air keran disini langsung dari air sumber murni yang aman dan dapat diminum.

– Alun-Alun Kota Batu

Alun-Alun Kota Batu
foto: Alun-Alun Kota Batu

Lokasi: Jl. Agus Salim, Sisir, Batu. Koordinat Alun-Alun Kota Batu
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Gratis

Kota Wisata Batu juga memiliki sebuah alun-alun, tetapi bedanya, Alun-Alun Kota Batu ini dikhususkan untuk sarana rekreasi, olahraga, dan edukasi. Di tengah banyaknya tempat wisata mahal, Alun-Alun Kota Batu hadir sebagai tempat wisata murah meriah yang dapat dikunjungi oleh seluruh kalangan masyarakat.

Di depan alun-alun terdapat air mancur yang cukup unik dengan miniatur patung buah apel sebagai lambang Malang kota apel. Tak hanya itu, di dalam tempat wisata di Malang Batu juga terdapat taman bermain anak-anak, lengkap dengan fasilitas seperti komedi putar, bianglala, ayunan, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Malang Raya Menarik Lainnya

– Omah Kayu

Omah Kayu
foto: instagram.com/lingkarmalang

Lokasi: Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu. Koordinat Omah Kayu
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00
HTM: Rp 5.000 perorang

Wisata Omah Kayu adalah sebuah wisata alam di Malang berupa penginapan rumah pohon yang dapat digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar. Wisatawan juga dapat menginap satu hari dan satu malam di tempat romantis ini dengan harga yang murah meriah.

Suasana disekitar pegunungan dipenuhi dengan pepohonan pinus yang membuat kesan seperti hutan negeri dongeng. Sedangkan bila pengunjung ingin menikmati wisata paralayang bisa mencobanya di daerah sekitar Wisata Omah Kayu ini dengan harga tiket masuknya yang berbeda.

– Batu Adventure Outbound

Alamat: Jl. Kapiminda Raya, Kavling 7, Sawojajar, Kedungkandang. Koordinat Batu Adventure Outbound
Operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 21.00
Tarif: Tergantung paket yang dipilih

Batu Adventure Outbound adalah salah satu alternatif tempat wisata yang menggabungkan leadership dan management training. Mengikuti acara pelatihan yang dilakukan oleh Batu Adventure Outbound akan diadakan di tempat terbuka yang alami, termasuk salah satunya adq acara petik apel di kebun apel langsung.

Paket yang disediakan oleh penyedia sebenarnya bermacam-macam, ada yang khusus anak-anak, instansi, keluarga, dan lain sebagainya. Harga paket yang ditawarkan tersebut biasanya sudah termasuk tiket ke tempat wisata tertentu seperti pantai atau curug.

– Pasar Oro-Oro Dowo

Pasar Oro-Oro Dowo
foto: instagram.com/pandanpanoet

Lokasi: Jl. Guntur No. 20, Kelurahan Oro Oro Dowo, Klojen. Koordinat Pasar Oro-Oro Dowo
Operasional: Setiap hari 24 jam
Tarif: Gratis

Jangan remehkan kebersihan dan ketertiban masyarakat Jawa, termasuk di salah satu pasar tradisionalnya yang juga tertata ini. Salah satu tempat wisata di Malang yang selalu buka Pasar Oro-Oro Dowo, memiliki luas kurang lebih 3.400 meter persegi memuat beberapa pedagan termasuk salah satunya adalah pedagang oleh-oleh atau souvenir khas Kota Malang yang dijual murah meriah.

Pasar ini terbilang sangat bersih seperti halnya pertokoan di mall, bahkan di beberapa sudut terpasang wastafel umum dalam keadaan yang bersih untuk cuci tangan. Penataan pasar ini cukup baik dengan adanya sanitasi pembuangan limbah yang modern dan tidak sembarangan.

– Batu Wonderland

Batu Wonderland
foto: instagram.com/batuwonderland

Alamat: Jl. Imam Bonjol Bawah No. 9, Temas, Batu. Koordinat Batu Wonderland
Operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 17.00
Tarif: Rp 10.000 (Senin – Sabtu), Rp 20.000 (Minggu)

Batu Wonderland sendiri sebenarnya adalah sebuah penginapan bertaraf resort yang cukup mewah namun difasilitasi oleh waterpark untuk umum, bukan hanya pengunjung resort saja. Konsep dari tempat wisata di Batu Malang ini adalah sebuah tempat penginapan yang dilengkapi tempat hiburan wahana air, restoran dan tempat makan, serta pusat perbelanjaa yang cukup komplit.

Memasuki area food court dan beberapa tempat makan di Batu Wonderland ini, wisatawan akan disuguhkan beberapa makanan spesial. Menu populer diantaranya adalah pangsit mie wonderland, udang mandi madu, iga bakar telur asin, ayam merah, dan masih banyak pilihan kuliner lainnya.

– Sumber Sira Putukrejo

Sumber Sira Putukrejo
foto: instagram.com/amazingmalang

Alamat: Jl. Sunan Gunung Jati, RT. 05, RW. 02, Putukrejo, Gondanglegi. Koordinat Sumber Sira Putukrejo
Operasional: Setiap hari 24 jam
HTM: Rp 5.000

Sumber Sira Putukrejo merupakan salah satu kolam atau danau kecil alami yang terbuat dari mata air, sedangkan di bawah dan dasar kolam yang tidak terlalu dangkal terdapat tanaman sejenis ganggang hijau bermacam-macam membentuk seperti karang dan tanaman indah. Air murni dari mata air ini sendiri sangat jernih dan bening sehingga pengunjung dapat melihat dengan jelas tanaman air dibawahnya yang beragam.

Tumbuhan ini tumbuh pada dasar kolam yang memiliki pasir hitam, ditambah beberapa ikan air tawar kecil yang menemani wisatawan saat berenang. Pengunjung diharap hati-hati untuk tidak merusak ekosistem di dalam kolam karena dapat membuat keruh tempat wisata di Malang ini.

– Batu Night Spectacular

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No. 1, Oro-oro Ombo, Batu. Koordinat Batu Night Spectacular
Operasional: Senin – Kamis pukul 15.00 – 23.00, Jumat – Minggu pukul 12.00 – 00.00
HTM: WeekDay Rp 30.000, WeekEnd Rp 40.000

Batu Night Spectacular seperti namanya hanya dibuka saat malam hari seperti sebuah taman bermain dan festival pasar malam di sore dan malam hari. Berbagai macam wahana untuk anak-anak maupun orang dewasa tersedia disini dengan lengkap, seperti beberapa diantaranya adalah galeri hantu, slalom fest, trampolin, sepeda udara yang tinggi, taman lampion dan masih banyak lagi yang lainnya.

Karena berada di dataran tinggi, pengunjung akan lebih dimanjakan lagi dengan pemandangan Kota Malang di malam hari yang lebih jelas. Untuk tempat makan atau food court pun disediakan dengan nuansa yang unik dimana terdapat pemandangan air mancur menari dan layar tontonan sepanjang 50 meter untuk hiburan.

Kota Malang memiliki berbagai tempat wisata yang unik dengan kelebihan masing-masing yang ditawarkan. Selain destinasi wisata di atas, Kota Malang masih memiliki objek wisata lain yang dapat menjadikan para pengunjungnya menikmati indahnya alam negeri Indonesia ini.

Makanya, cepat tentukan pilihan tempat wisata di Malang yang sudah buka untuk kamu kunjungi ya!

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks