Suka Berpetualang? Yuk, Jelajahi Teluk Bidadari dan 5 Fakta Menarik di Dalamnya!

Eksotisnya Teluk Bidadari

Masih di kawasan Malang Raya, jika berbicara tentang objek wisata yang ada di seantero Malang rasanya tidak akan ada habisnya, baik wisata alami maupun buatan.

Berada di dataran tinggi membuat kawasan wisata Malang ini memiliki udara yang sejuk, ditambah lagi berbagai kenampakan alamnya yang sangat indah dan memukau, mulai dari pegunungan, hutan, air terjun, hingga pantainya.

Berbicara tentang potensi alam yang dimiliki, banyak sekali pantai-pantai eksotis yang berceceran di berbagai daerah di Malang, terutama di kawasan Malang bagian selatan.

Ya, selain Balekambang, Sendang Biru, Ngliyep, ataupun Bajul mati, ternyata Malang Selatan masih menyimpan sejuta objek wisata pantai yang tak kalah menakjubkan.

Salah satu di antaranya yakni Teluk Bidadari dan Pantai Mbehi yang memiliki pesona luar biasa dibalik hutan.

Alamat : Sumbe Rejo, Bandungrejo, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur.
Map : Google Maps.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Rp10.000,-

Pernahkah kamu mendengar Teluk Bidadari? Mendengar namanya saja, mungkin kamu akan penasaran dan bertanya-tanya, apa dan bagaimana eksotisme teluk tersebut? Apakah memang seindah bidadari?

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak seputar Teluk Bidadari dan beberapa fakta menarik tentangnya yang telah Setapak Langkah rangkum berikut ini!

Jam Operasional Teluk Bidadari

Memiliki jalur tracking yang cukup panjang dan menantang, lokasi wisata yang satu ini ternyata dibuka penuh selama 24 jam lho!

Tapi sebaiknya kamu berkunjung saat pagi hari dan pulang sebelum matahari terbenam. Karena jalur tracking menuju teluk Bidadari ini cukup menantang yakni melewati hutan-hutan dan semak belukar.

Harga Tiket Masuk 2024

Tak perlu mengeluarkan banyak biaya, untuk menikmati eksotisme Teluk Bidadari yang berada di Pantai Mbehi ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 saja.

Namun jika kamu ingin menyewa tour guide, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar Rp100.000 saja. Dengan harga segitu kamu tak perlu lagi khawatir akan tersesat ataupun terdampar di jalur tracking yang menantang itu.

5 Fakta Menarik Teluk Bidadari

Tahukah kamu? Jika sebenarnya Teluk Bidadari ini hanyalah secuil dari beberapa kenampakan alam yang ada di Desa Sumber Rejo Kecamatan Bantur.

Apa saja keseruan yang ada di kawasan Teluk Bidadari Sumber Rejo itu? Yuk, simak baik-baik beberapa fakta menarik tentang Teluk Bidadari berikut ini!

1. Berada di Kawasan Pantai Mbehi

pantai mbehi
Panorama Indah Pantai Mbehi yang Menaungi Teluk Bidadari.

Teluk Bidadari sejatinya adalah bagian dari Pantai Mbehi yang terletak di tepian pantai Mbehi dan berada di antara batu karang yang berukuran cukup besar.

Teluk yang eksotis ini merupakan sebuah cekungan besar yang terbentuk dari deburan ombak pantai Mbehi yang menerjang batu karang di sekitar cekungan tersebut.

Deburan-deburan ombak dari Pantai Mbehi itu cukup besar dan kerap menerjang batu karang, dari celah-celah batu karang itulah konon keluarnya air pantai yang akhirnya membentuk genangan air yang selalu menaungi cekungan indah teluk tersebut.

Ada 2 cekungan besar yang terbentuk di sana. Airnya pun sangat jernih berwarna biru serta memiliki kedalaman yang cukup fantastis, sehingga di teluk itulah para pengunjung biasa melakukan aktivitas snorkeling dan juga diving.

Selain untuk snorkeling ataupun diving, satu hal lagi yang selalu dinanti-nanti oleh para pengunjung dari Teluk Bidadari, yaitu ketika deburan ombak Pantai Mbehi menerjang batu karang, maka semburan air dari batu karang tersebut konon akan mengeluarkan suara khas seperti seekor naga.

Fenomena itulah yang kerap ditunggu-tunggu oleh para pengunjung. Selain itu, suasananya yang lebih tenang juga menjadikan Teluk Bidadari ini sangat cocok untuk para pengunjung yang ingin menenangkan diri sejenak dari kepenatan.

2. Bisa Mengunjungi 3 Pantai Sekaligus

Daya Tarik Pantai Selok
Eksotisme Selok – Pantai Pertama sebelum Menuju Teluk Bidadari.

Sebelum akhirnya sampai di Teluk Bidadari ataupun Pantai Mbehi, ternyata kamu akan lebih dulu menemukan 2 pantai yang juga tak kalah eksotis lho! Yakni Pantai Selok dan Kondang Sugu.

Pantai Selok adalah pantai yang akan kamu jumpai pertama kali sebelum menuju Teluk Bidadari yang berada di kawasan Pantai Mbehi.

Usai melewati Pantai Selok, kamu bisa berjalan beberapa kilometer ke arah barat, baru kamu akan menemukan pantai kedua yakni Kondang Sugu yang juga memiliki pemandangan alam yang begitu eksotis.

Sampai di Kondang Sugu, kamu harus menyeberangi anak pantai sebelum akhirnya sampailah di Pantai Mbehi yang menaungi Teluk Bidadari tersebut.

Memang sedikit melelahkan, tapi keindahan ketiga pantai tersebut dijamin akan membuat siapa saja terbius akan pesonanya. Jadi, berkunjung ke Teluk Bidadari artinya kamu akan mengunjungi 3 pantai sekaligus. Sangat menarik bukan?

3. Memiliki Jalur Tracking yang Menantang

Buat kamu yang berjiwa petualang, tempat ini memang sangat recommended untuk kamu berpetualang bersama kawan-kawan tercinta.

Bagaimana tidak? Ada beberapa jalur tracking yang harus kamu taklukkan, mulai dari kawasan hutan, perbukitan yang menanjak, lembah, hingga beberapa pantai yang harus kamu lewati terlebih dulu.

Dari pintu masuk, kamu harus berjalan beberapa kilometer dengan melewati jalan setapak yang dipenuhi semak belukar di sisi kanan dan kirinya.

Usai berjalan sekitar 20 menit, kamu akan menjumpai Pantai Selok yang begitu indah dengan airnya yang jernih berwarna biru. Kamu bisa beristirahat sejenak sembari menikmati panorama alam yang begitu indah di sana.

Usai beristirahat, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan ke arah barat, di mana jalur tracking yang harus kamu lalui tak jauh berbeda dengan jalur tracking menuju Selok, hanya saja sedikit lebih rimbun.

Setelah berjalan sekitar 15 menit, barulah kamu akan sampai di pinggiran Pantai Kondang Sugu yang kemudian akan mengantarkan kamu menuju destinasi akhir yakni Pantai Mbehi.

Di Kondang Sugu itulah jalur tracking mulai sedikit menantang, di mana kamu harus menyeberangi semacam sungai yang terbentuk dari deburan ombak Kondang Sugu.

Setelah menyeberangi sungai, kamu masih harus berjalan beberapa kilometer lagi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit untuk menuju Pantai Mbehi.

Hati-hati ya! Karena kali ini jalur trackingnya lebih ekstrim dan menantang, di mana kamu akan melewati kawasan hutan yang cukup rimbun, dengan jalan setapak yang tak terlalu lebar, bahkan terkadang membuat pengunjung kebingungan.

Medannya pun lebih terjal, di beberapa titik kamu juga akan melewati perbukitan yang menanjak serta lembah yang menurun. Tak jarang pohon-pohon ataupun semak belukar turut menghalangi langkah kaki para pengunjung.

Sangat ekstrim bukan? Tapi buat kamu yang berjiwa petualang, dijamin akan merasa senang dan puas dengan medan-medan terjal serta jarak tempuh yang cukup fantastis tersebut.

Dan saat sampai di Pantai Mbehi, segala rasa lelahmu dijamin akan terbayar lunas oleh pesona pantai dan 2 cekungan indah Teluk Bidadari tersebut. Kamu bisa bersantai ria melepas lelah sembari menikmati pesona alam yang eksotis di sana.

4. Bisa Sewa Tour Guide Lho!

Yups, kabar baik nih buat kamu yang lebih suka jalur aman! Jika kamu takut tersesat atau ingin perjalanan tracking kamu lebih aman, kamu bisa pakai jasa tour guide juga lho!

Mengingat jalur tracking Teluk Bidadari yang cukup panjang dan menantang, tempat wisata yang satu ini ternyata juga menyediakan jasa tour guide yang bisa kamu sewa sepanjang perjalanan menuju Teluk Bidadari.

Bagaimana dengan biaya sewanya? Tenang saja, biaya sewanya termasuk murah jika dibandingkan dengan manfaat yang akan kamu dapatkan sepanjang melakukan tracking ke Teluk Bidadari, yakni hanya Rp100.000 saja.

5. Bisa Buat Camping

Jika kamu suka camping, nampaknya tempat inilah jawabannya! Di area pintu masuk terdapat lahan yang sangat luas dan biasa digunakan para pengunjung untuk berpiknik ataupun bercamping ria.

Tempatnya yang sangat luas ditambah beberapa pohon rindang di sekitarnya membuat lahan tersebut sangat cocok untuk dijadikan tempat camping. Tapi untuk keperluan campingnya kamu bawa sendiri ya dari rumah!

Fasilitas Teluk Bidadari

Di area pintu masuk terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap, yakni toilet umum/kamar mandi, mushola, beberapa warung makan, hingga area parkir yang sangat luas.

Tapi jika kamu ingin masuk ke Pantai Mbehi, jangan lupa untuk membawa bekal ya! Karena beberapa fasilitas tersebut hanya ada di area pintu masuk saja yang berjarak beberapa kilometer dari lokasi Teluk Bidadari ataupun Pantai Mbehi.

Demikian beberapa ulasan tentang Teluk Bidadari dan 3 Pantai Eksotis yang wajib kamu kunjungi!

Jangan lupa untuk mempersiapkan badan dalam kondisi yang prima sebelum berangkat, mengingat jalur tracking yang harus kamu tempuh begitu panjang dan menantang.

Jangan lupa juga untuk membawa serta beberapa perlengkapan seperti handuk, baju ganti, baju hangat, minyak angin, obat-obatan jika diperlukan, serta beberapa perlengkapan lain yang bisa mendukung aktivitas kamu di sana. Selamat berpetualang!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments