Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Taman Ngronggo Kediri, Tempat Nongkrong Asyik Buat Anak Muda yang Suka Hangout Seru

Taman Ngronggo Kediri

Kediri bukanlah kota yang menyimpan keindahan wisata alam berupa bukit atau gunung saja. Masih banyak objek wisata Kediri lainnya yang tak kalah menarik buat kamu kunjungi.

Salah satu destinasi paling terkenal adalah Taman Ngronggo. Ruang Terbuka Hijau atau RTH yang menyuguhkan pemandangan alam super hijau nan asri.

Ragam Aktivitas di Taman Ngronggo

Taman Ngronggo Kediri sudah lama ada. Taman ini dibangun sejak tahun 2014 di bawah kepemimpinan Walikota Abdullah Abu Bakar. Sengaja dibangun guna memenuhi area ruang terbuka hijau di Kediri yang kian menipis saja setiap tahunnya. Diharapkan dengan kehadirannya dapat memberikan suasana asri dan sejuk untuk Kota Kediri.

Taman ini bisa menjadi alternatif objek wisata buat kamu yang ingin jalan-jalan gratis. Pasalnya pengunjung bisa masuk tanpa perlu membayar biaya sepeserpun. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektare dengan pemilihan lokasi yang cukup strategis. Dari arah manapun wisata ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Baik hari kerja atau hari libur kondisinya pasti selalu ramai pengunjung. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa kerap kali menghabiskan waktu di taman tersebut bersama teman atau keluarga. Biasanya mereka akan melakukan berbagai macam aktivitas seru sebagai berikut.

Jalan-Jalan Santai

2022 06 02
Sumber : Google Maps/Dewi Alfiana

Aktivitas pertama yang biasa dilakukan pengunjung kala liburan di Taman Ngronggo adalah jalan-jalan santai. Setelah memarkir kendaraan di tempat parkir, pengunjung akan mengisi waktunya sejenak dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Sambil sesekali memandangi pemandangan alam sekitar taman yang sangat indah.

Sepanjang perjalanan kamu akan melihat hamparan rerumputan hijau bersanding dengan pepohonan rindang. Ada yang berukuran kecil, sedang, dan besar. Keindahan alamnya kian terpancar sewaktu matahari bersinar cerah. Langit kebiruan berpadu dengan area taman hijau memang tampak sedap dipandang mata.

Jalan-jalan santai di sana sungguh membuat pengunjung semakin betah. Lantaran udara sekitarnya yang masih terasa sejuk dan menyegarkan. Rasa lelah seketika terlupakan dan tergantikan suasana hati yang menggembirakan. Sungguh momen semacam ini merupakan anugerah terindah yang mungkin jarang sekali ditemui di kota-kota besar.

Bersantai Melihat Pemandangan

2019 01 02
Sumber : Google Maps/Muzadur Risqi

Selesai menjelajahi seisi Taman Ngronggo, kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan duduk santai sambil melihat pemandangan alam sekitar. Tenang saja, pihak pengelola telah menyediakan sarana tempat duduk memadai. Hampir di setiap titik sudah ada bangku taman.

Selain bangku, taman ini juga menyediakan fasilitas gazebo untuk tempat bersantai. Bangunan tersebut merupakan sebuah pondok kecil yang menyerupai bentuk rumah. Bedanya tidak ada dinding di keempat sisinya. Hanya ada empat tiang penyangga untuk menopang bagian atapnya.

Bersantai di dalam gazebo sangatlah nyaman. Kamu bisa duduk sambil selonjoran kaki dan bersandar di salah satu tiangnya. Kamu juga tak usah takut kepanasan karena ada atap yang akan melindungi kamu dari paparan sinar matahari.

Selain tempat bersantai. Gazebo juga sering dimanfaatkan para pengunjung untuk aktivitas lainnya. Misalnya sebagai tempat mengerjakan tugas kelompok, mengobrol, menikmati makan siang, dan berswa foto. Jumlahnya cukup banyak, jadi jangan takut tak kebagian tempat.

Bermain di Area Playground

2023 06 19 1
Sumber : Google Maps/Miss Indri

Taman Ngronggo tidak hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja. Anak-anak juga diperbolehkan mengunjungi taman ini. Pihak pengelola sudah membuatkan area khusus yang bisa digunakan anak-anak bermain sepuasnya. Masih berada dalam satu kawasan yang sama, pengunjung akan menemukan area playground di salah satu sudut taman.

Area playground menyuguhkan sejumlah wahana permainan seru. Ada perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan wahana outbound. Anak-anak bebas memilih wahana manapun sesuai keinginannya. Dikarenakan pengunjung bisa bermain secara gratis tanpa perlu membayar tiket masuk.

Playground di Taman Ngronggo memiliki area yang cukup luas. Dengan begini anak-anak bisa berlarian ke sana ke mari secara lebih leluasa. Kamu jangan kaget bila nanti terdengar suara riuh gelak tawa dari anak-anak yang tengah asyik bermain. Bagi sebagian orang justru hal tersebut menjadi hiburan tersendiri.

Hunting Foto

IMG 20230526 154205
Sumber : Google Maps/elyana nanna

Taman Ngronggo juga punya banyak spot foto loh. Salah satunya ada di area playground. Di sana ada patung jerapah lucu berukuran mini. Warnanya kuning dengan bulatan kecokelatan menghiasi setiap bagian tubuhnya. Anak-anak bisa berpose dengan duduk di atas patung tersebut

Keluar dari area playground, kamu akan menemukan spot gardu pandang. Ukurannya tidak terlalu tinggi. Jadi masih aman jika dinaiki anak-anak. Gardu tersebut terlihat indah ketika malam hari. Pada sisi anak tangga dan dua kayu melengkung bagian atasnya akan memancarkan kilauan cahaya putih.

Cahaya yang bersinar terang itu tampak mencolok dalam kegelapan. Spot tersebut sangat cocok dijadikan background foto. Pasti hasilnya akan bagus ketika dipajang di media sosial instagram. Kesan natural dan instagrammeble menyatu dengan sempurna.

Harga Tiket Masuk

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal. Bahwasanya Taman Ngronggo Kediri tidak membebankan biaya tiket masuk kepada para pengunjung. Siapapun bebas keluar masuk taman dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada secara gratis. Namun jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir.

Jam Buka

Taman Ngronggo Kediri buka setiap hari. Baik itu hari kerja, hari libur, maupun tanggal merah tetap menerima kunjungan wisatawan seperti biasa. Untuk jam operasionalnya buka Pukul 05.00 dan tutup Pukul 22.00 WIB.

Fasilitas Umum

Taman Ngronggo dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum memadai. Fasilitas pertama ada area parkir. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan pribadinya disana dengan aman. Dikarenakan sudah ada petugas yang menjaganya.

Fasilitas kedua ada toilet umum. Bentuk bangunannya cukup unik karena didominasi dinding batu bata dan pintu berwarna hijau. Meskipun hanya bangunan toilet, pihak pengelola sengaja membuatnya tampak instagrammeble.

Fasilitas ketiga ada mushola. Pengunjung taman bisa melaksanakan ibadah disana tanpa harus keluar dari area taman. Tempatnya memang kecil, tapi terbilang cukup untuk menampung beberapa orang.

Fasilitas keempat ada drinking water atau biasa disebut dengan air siap minum. Kini pengunjung tak perlu repot-repot membawa botol dari rumah. Pihak pengelola sudah menyediakan spot air minum gratis yang bisa dinikmati pengunjung taman.

Fasilitas kelima ada akses Wi-Fi gratis. Buat kamu yang ingin berselancar di dunia bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Namun sayang, WiFi di taman ini terkadang sering eror atau malah tidak bisa digunakan.

Fasilitas yang terakhir ada warung makan. Di sekitar taman ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Rasanya enak dan tak kalah dengan sajian di cafe maupun restoran.

Tips Berkunjung

Rencanakan waktu yang tepat jika ingin liburan ke Taman Ngronggo Kediri. Pilihlah hari yang sekiranya tidak terlalu ramai dengan cuaca mendukung. Waktu paling pas itu saat hari kerja. Bisa datang pas pagi atau malam hari.

Sebelum ke sana pastikan sudah tahu rute mana saja yang harus kamu lewati. Jika kamu merasa bingung bisa meminta bantuan google maps. Tinggal masukkan alamat lengkapnya dan secara otomatis aplikasi akan menunjukkan rutenya.

Saat berkunjung ke taman usahakan mengenakan pakaian yang buat kamu nyaman. Termasuk soal alas kaki. Kalau kamu datang ke sana dengan maksud ingin joging sebaiknya kenakan sneakers. Akan tetapi jika hanya jalan-jalan biasa bisa menggunakan flat shoes untuk perempuan dan sepatu sandal untuk laki-laki.

Selama liburan selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah sembarangan yang mana bisa merusak pemandangan sekitar. Buanglah pada tempat sampah yang sudah disediakan.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu tertarik mengunjungi Taman Ngronggo di akhir pekan nanti? Jika iya segera buat persiapan dari sekarang. Agar saat hari keberangkatan kamu tidak akan repot. Selamat liburan dan bersenang-senang.

Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
Avatar for Indriani
Indriani Memiliki kesibukan sebagai content writer dan menyukai bidang gambar, baca, dan menulis.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments