Coban Jodo, Wisata Alam di Malang buat Para Jomblo!

Coban Jodo Malang

Lokasi: Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rute ke Coban Jodo
Tiket masuk: Rp 10.000,- per orang.
Jam Buka: 24 Jam

Kali ini akan kita rekomendasikan satu objek wisata coban yang indah di Malang yaitu Coban Jodo. Destinasi Wisata Air Terjun Bromo ini masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger semeru, yang artinya keasrin alam nya harus dijaga.

Salah satu wisata di Malang ini buka untuk umum di tahun 2016, artinya masih baru. Ada beberapa hal yang membuat kami ingin merekomendasikan Wisata alam di Malang ini adalah, karena dalam satu hari , dengan mengunjungi Coban jodo ini kamu dalam satu hari akan merasa puas full menikmati alam yang luar biasa asri.

1. Mitos Nama Coban Jodo

Nama Coban Jodo di ambil dari cerita rakyat yang beredar bahwa jaman dahulu ada seorang pemuda yang lari bersembunyi di Coban Jodo Saat di kejar penjajah, lalu lama berdiam di situ dan akhirnya menemukan jodohnya. 

Memang agak tidak masuk akal, tapi ya begitulah cerita rakyat. Namun ada versi lain yang lebih masuk akal, nama Coban Jodo berasal dari adanya 2 air terjun di tempat ini yang berdampingan tidak jauh, makanya disebut Coban Jodo atau “sepasang”.

Yang menarik adalah, ada mitos yang beredar jika seseoran yang jomblo mengharapkan ingin cepat punya pasangan, maka harus berkunjung kesana maka akan cepat di pertemukan dengan jodonya.

2. Dari Malang ke Coban Jodo

Jalan atau akses ke Coban Jodo tidaklah sulit, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi hanya berjarak 25 Km atau hanya sekitar 1 jam perjalanan. Pertama ambil arah Tumpang dahulu, setelah tiba di Tumpang ada pertigaan lalu ambil arah kiri menuju Desa Ngadirejo.

Wisata Menarik Lainnya :  Kota Mini Lembang, Review Wisata & Akomodasi Terdekat

Tidak lama kamu akan melihat Papan petunjuk yang mengarahkan kita ke Coban Jodo, ikuti arah tersebut hingga sampai di daerah Bendolawang, dan artinya kamu sudah dekat ke Lokasi.

3. Hiking menuju air terjun

Setelah sampai, parkirkan kendaraan selanjut kamu harus berjalan kaki atau lebih tepatnya “trekking” sejauh kurang lebih 2 km. Kamu akan menuruni sungai, menggunakan sepatu yang sesuai sangat di rekomendasikan karena memang kamu akan trekking di hutan dan juga berjalan di air di beberapa bagian.

Kamu yang mungkin tidak terbiasa berjalan turun naik di alam, atau kebetulan sedang kurang fit , akan ada beberapa tempat untuk istirahat. Sembari menikmati suasana alam dan suara air dari sungai, terkadang saat musim hujan kita di selimuti kabut saat trekking menuju coban.

4. Terdapat 3 Air Terjun di Coban Jodo

Keindahan Coban Jodo Malang
Keindahan Coban Jodo Malang

Perjalanan menuju Coban Jodo, kita akan melewati beberapa air terjun lain yang menurut kami juga cukup indah, melengkapi asiknya perjalanan.

  • Coban Suko

Memang air terjun nya tindak tinggi. Disini biasanya para pengunjung beristirahat dahulu sebelum melanjutkan perjalanan, banyak dari mereka membawa alat kompor mini untuk sekedar ngopi atau menghangatkan makanan. Ini adalah stop pertama, dan disarankan jangan lama-lama karena perjalanan masih cukup jauh.

  • Coban Arema

Orang –orang biasanya tida banyak yang stop disini karena mereka sudah beristirahat di Coban suko, tempat isitirahat yang pertama. Walaupun sesekali mereka hanya melihat dan mengambil gambar saja.

  • Coban Cokro

Sebagai pecinta alam, selama perjalanan kamu akan menyukai setiap momen di sana, alamnya yang segar untuk kita melakukan trekking, juga pemandangan baik dari pepohonan tinggi di sekitar dan juga suara gemericik dari sungai membuat perjalanan semakin semangat.

Setelah beberapa lama trekking, kamu tiba di Air terjun utama, kamu akan takjub melihat Tingginya Coban Jodo, begitu spektakuler. Ada saja pengunjung biasanya yang berkemah disini, karena saat musim kemarau disaat debit air tidak terlalu tinggi, ada beberapa spot yang lebih tinggi dan rata cocok untuk mendirikan tenda. Namun lokasi nya memang agak sedikit berjarak, mungkin untuk alasan keamanan dan kenyamanan wisatawan juga.

Wisata Menarik Lainnya :  Air Terjun Aek Sijorni yang Wajib Kamu Kunjungi

5. Air terjun Coban Jodo dari dekat

Dari jauh memang air terjun setinggi 100 meter ini sangat indah, cocok untuk berfoto dan di post di media sosial. Nah, kamu juga bisa mencoba mendekati air terjun, dan bermain air. Dan rasakan cipratan air dari coban yang deras.

Kamu tidak bisa mandi disini karena bawah air terjun sangat dangkal dan bebatuannya licin, jadi tidak nyaman dan beresiko. Paling cocok adalah berfoto ala-ala intagram, bila permpuan berfoto dengan menggunakan selendang yang sedikit terhempas oleh angin dari coban.

6. Tips Untuk Pengunjung

Buat kamu yang ingin berkunjung kesana berikut ini beberapa hal yang harus kamu siapkan yaitu:

  • Stamina yang fit
  • Anti nyamuk
  • Pakai celana panjang
  • Pakai sepatu hiking
  • Pakai baju yang cepat kering
  • Bawa makanan
  • Bawa air minum
  • Janngan lupa bawa kembali sampah yang di bawa
Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...