Masjid Agung Baitussalam Magetan, Wisata Religi Terbaik dengan Kemegahan Arsitektur

Masjid Agung Baitussalam Magetan

Apakah kamu ingin mencoba wisata religi yang ada di Kabupaten Magetan? Jika iya, jangan lupa mampir ke Masjid Agung Baitussalam Magetan.

Masjid ini tidak hanya memukau dengan desain arsitektur yang indah dan unik, tetapi juga sangat ideal untuk wisata religi bersama keluarga. Teratarik berkunjung? Simak dulu yuk informasi Masjid Agung Baitussalam Magetan dibawah ini!.

Sekilas Tentang Masjid Agung Baitussalam Magetan

b 8
Instagram.com/silminabilll_

Masjid Agung Baitussalam Magetan diresmikan pada tahun 1886 Masehi atau setara dengan tahun 1553 Hijriah, selama masa kepemimpinan Bupati Magetan, Raden Mas Haryo Hadipati. Pada awalnya, bangunan ini memiliki desain tradisional dengan bentuk joglo limas khas arsitektur Jawa dan tiang kokoh dari kayu jati asli. Meskipun sederhana, masjid ini sudah dilengkapi dengan pintu ukiran dan bedug.

Perubahan signifikan terjadi pada tahun 1993 dan 2012, di mana dilakukan perbaikan dan renovasi. Seiring dengan perkembangan zaman, struktur bangunan masjid mengalami transformasi menjadi lebih modern. Saat ini, pengunjung dapat melihat dua menara yang menjulang tinggi, menciptakan tampilan yang sangat berbeda dari masa lalu.

Pesona Masjid Agung Baitussalam Magetan

Banyak keindahan yang dapat dinikmati ketika kamu mengunjungi Masjid Agung Baitussalam Magetan. Bahkan dari alun-alun sekalipun, kamu bisa melihat dengan jelas bagian-bagian indah dari area masjid ini. Untuk memastikan kamu tak melewatkan pesona-pesona yang ada, mari kenali beberapa di antaranya di bawah ini:

Mihrab Dengan Hiasan Keramik

Kamu akan menemukan pesona keindahan pada bagian mihrab masjid yang dihiasi dengan keramik. Pola yang digunakan memiliki ukuran kecil, menjadikan detail seperti ini langka ditemui di masjid-masjid lain. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunjungi masjid ini.

Desain mihrab tidak hanya memberikan sentuhan modern, tetapi juga menghadirkan nuansa klasik yang memukau dari berbagai sudut. Pengunjung akan merasakan suasana yang unik saat melihatnya langsung, pengalaman yang jarang ditemui pada mihrab-mihrab lainnya.

Memiliki Desain Khas Timur Tengah

Masjid mewah di Kabupaten Magetan ini memiliki desain bangunan yang sangat unik. Konsepnya mengusung desain modern, menciptakan suasana yang sangat nyaman untuk pengunjung. Selain itu, arsitektur bangunannya juga mengadopsi unsur budaya Timur Tengah.

Semua bagian interior dan eksterior bangunan ini dirancang dengan kenyamanan sebagai prioritas, cocok untuk kegiatan ibadah. Meskipun memadukan unsur modern, masjid ini tidak memberikan kesan kaku. Tidak heran jika lokasinya selalu ramai dikunjungi, terutama oleh mereka yang ingin melaksanakan sholat.

Lantai Keramik yang Sangat Indah

c 4
Instagram.com/dedipeyek1339

Masjid ini memiliki lantai yang terbuat dari keramik berwarna coklat dan putih, dengan batas saff yang menggunakan keramik berwarna coklat tua. Ketika dilihat dari dalam, keindahan dan kemegahannya sangat terasa.

Ibadah di dalam masjid ini pastinya akan terasa nyaman. Luasnya area masjid ini memberikan suasana yang mendalam untuk melaksanakan sholat dengan penuh khushu’. Jadi, ketika kamu berada di Kabupaten Magetan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi masjid ini secara langsung agar kamu dapat sepenuhnya menikmati keindahannya.

Mempunyai Dua Menara Kembar

d 4
Instagram.com/_barety

Masjid ini awalnya memiliki arsitektur bangunan tradisional khas adat Jawa, dengan bentuk joglo dan dilengkapi satu menara di salah satu sisinya. Namun, kemudian mengalami pembangunan lebih megah dengan gaya modern, yang menjadikan keindahannya saat ini sangat memukau.

Kini, masjid ini memiliki dua menara kembar yang sangat tinggi, menambah pesona tempat beribadah di Kabupaten Magetan. Keindahannya bisa terlihat dengan jelas dari arah alun-alun, karena tinggi menara yang menjulang memudahkan untuk menemukan lokasi masjid ini.

Memiliki Lukisan Pola yang Sangat Indah

Saat menelusuri bagian dalam masjid, kamu akan menemukan banyak lukisan pola dengan warna kuning dan hijau yang sengaja dirancang untuk memberikan kesan unik pada masjid ini. Keindahan desainnya pasti akan memukau siapa pun yang melihatnya.

Lebih dari itu, lukisan pola berbentuk diametris ini tidak hanya terbatas pada satu bagian, tetapi tersebar di seluruh struktur bangunan. Detail-detail dalam masjid ini tidak hanya menambah kemewahan dan keindahan, tetapi juga menjadi elemen seni yang menarik dan bernilai tinggi.

Terdiri Dari Dua Lantai

Masjid Agung Baitussalam Magetan didesain dengan dua lantai yang mengusung konsep mezanin. Lantai dua tersebut mengelilingi ruang sholat utama, dengan tiang beton berukuran besar yang memberikan kekokohan pada struktur di lantai tersebut. Hal ini membuat aktivitas beribadah menjadi lebih aman dan nyaman.

Keindahan masjid ini dapat kamu saksikan secara langsung dari lantai dua. Untuk mencapai lantai atas, para pengunjung dapat menggunakan tangga yang telah disediakan. Beribadah di lantai atas masjid ini pastinya sangat nyaman, dan sensasinya semakin mengagumkan ketika kamu dapat menikmati keindahan masjid dari ketinggian.

Memiliki Kubah yang Indah

Di bagian atas masjid, terdapat kubah utama yang dirancang dengan ukuran yang sangat besar, mengadopsi gaya arsitektur masjid di Timur Tengah, khususnya selama masa keemasan Usmaniyah. Keberadaan ini menjadi salah satu daya tarik yang khas bagi masjid ini.

Kubah ini menampilkan lukisan pola geometris dengan warna kuning dan hijau yang cerah, menambah kemegahan dan keindahan masjid. Pesona kubah yang terlihat jelas bahkan dari kejauhan ini memberikan ciri khas unik pada masjid ini.

Alamat Masjid Agung Baitussalam Magetan

Masjid mewah ini terletak di Jalan Basuki Rahmad Barat Dusun Magetan, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Lokasinya sangat mudah dijangkau karena berada di pusat kota dan dekat dengan jalan raya. Masjid ini terletak di sisi barat Alun-alun Magetan.

Bagi wisatawan yang berada di sekitar alun-alun, berkunjung ke masjid ini merupakan keharusan. Semua orang diperbolehkan untuk datang dan menikmati keindahannya, tanpa memandang agama.

Masjid ini juga telah menyediakan fasilitas parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan. Toilet juga tersedia untuk kebutuhan buang air. Masjid ini selalu terbuka setiap hari, 24 jam, sehingga jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjunginya.

Inilah beberapa daya tarik keindahan yang dimiliki oleh Masjid Agung Baitussalam Magetan. Dengan desain yang unik dan menarik seperti itu, tentu saja hal tersebut akan meningkatkan minatmu untuk tetap melaksanakan sholat lima waktu, meskipun tengah sibuk dengan aktivitas perkotaan.

Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
Avatar for Yeni Susanti
Yeni Susanti Freelance Writer yang memiliki hobi menulis, nonton drama korea serta menulis artikel dengan berbagai tema mulai dari wisata, teknologi, kecantikan, kesehatan dan lain sebagainya.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments