Mau Jalan-jalan Santai di Sore Hari? Yuk, Coba Kunjungi Taman Kunang-Kunang yang Eksotis di Klojen Malang

Taman Kunang-Kunang Malang

Setelah menjelajahi beberapa objek wisata yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang, kini saatnya Setapak Langkah ajak kamu untuk mengintip sejenak sebuah taman wisata yang ada di Kecamatan Klojen Kota Malang.

Ya, di sepanjang Jalan Jakarta atau persimpangan Jalan Ijen terdapat sebuah taman kota yang eksotis dan cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga saat sore ataupun malam hari.

Sebut saja Taman Kunang-Kunang. Pernahkan kamu mendengarnya? Jika kamu orang Malang tentu sudah tak asing lagi dengan taman eksotis yang satu ini.

Alamat : Jalan Jakarta, Oro-Oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket Masuk : Gratis.

Kota Wisata Malang seperti tak henti-hentinya mempersembahkan destinasi wisata yang apik dan menarik, baik yang berkonsep alami, edukasi, maupun penuh fantasi.

Bukan Malang namanya jika tak memiliki sejuta destinasi wisata yang apik dan digemari banyak orang, tak heran jika kota dengan luas wilayah lebih dari 1.000 km2 ini kerap dijuluki sebagai ‘kota wisata’.

Seperti namanya, Taman Kunang-Kunang merupakan sebuah taman kota yang menyajikan aneka lampu-lampu hias yang akan menyala indah saat hari semakin larut.

Para pengunjung biasanya datang pada sore atau malam hari untuk menikmati panorama indah Taman Kunang-Kunang, ditambah lagi beberapa tumbuhan yang semakin menyegarkan suasana di sana.

Sejarah Singkat Taman Kunang-Kunang

Pembangunan Taman Kunang-Kunang ini telah dilakukan beberapa tahun silam yang diprakarsai oleh PT. Bentoel Group melalui dana CSR (Corporate Social Responsibity).

Di bawah naungan PT. Bentoel Group dan Pemkot setempat, akhirnya Taman Kunang-Kunang telah rampung dan diresmikan pada 2015 silam oleh walikota Malang Moch. Anton kala itu.

Berdirinya taman wisata tersebut bisa dikatakan sebagai hadiah bagi Kota Malang, lantaran peresmiannya bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Malang yang ke 101 waktu itu.

Pembangunan taman kota di tengah jalan raya yang ramai itupun disambut antusias oleh masyarakat setempat terutama yang berada di kawasan Jalan Jakarta dan Simpang Ijen.

Karena pembangunan tersebut memang dilakukan dengan mempertimbangkan keseimbangan lingkungan, yakni antara polusi udara yang kian meningkat dengan reboisasi yang sengaja diciptakan di tengah polusi tersebut.

Fasilitas di Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang memiliki beberapa fasilitas yang akan semakin membuat aktivitas kamu di sana lebih nyaman. Apa saja? Simak baik-baik berikut ini!

Kelap-kelip 96 Lampu LED

Seperti namanya, Taman Kunang-Kunang memang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah saat malam hari dengan kelap-kelip lampu LED yang menyala bergantian.

Tak tanggung-tanggung, ada 96 lampu yang terpasang di setiap sudut taman kota tersebut. Tak heran jika taman itu terlihat begitu indah bak diterangi oleh kunang-kunang saat malam hari.

Lampu-lampu yang indah itu akan menyala dan padam dengan sendirinya secara bergantian, jadi kamu tidak perlu terkejut ya saat lampu-lampu itu tiba-tiba padam lalu menyala sendiri!

Ada 5 Zona/Plaza

Taman Kunang Kunang 2 3183
Eksotisme Salah Satu Zona/Plaza di Taman Kunang-Kunang.

Kawasan hutan kota sepanjang Jalan Jakarta ini terbagi menjadi 5 bagian taman, setiap bagiannya biasa disebut dengan plaza yang hanya dipisahkan oleh jalan setapak. Nah, jadi kamu bisa merasakan 5 sensasi plaza yang berbeda di dalamnya!

Setiap plaza memiliki tatanan serta jumlah lampu yang berbeda. Misalnya di plaza pertama terdapat 18 lampu, zona kedua 20 lampu, begitu juga zona-zona lainnya yang memiliki jumlah lampu berbeda.

Tatanan tamannya pun juga berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri lho! Misalnya konsep dan jumlah kursi gazebo, hingga bunga-bunga serta pepohonan yang mengitarinya.

Tapi jangan khawatir, setiap zona menyuguhkan pemandangan yang sama-sama cantik kok, apalagi gemerlapan lampu-lampu yang sangat Indah saat malam hari.

Gazebo

taman kunang kunang 560c08dc337b61c70a67bd60
Fenomena Gazebo Taman Kota dengan Penutup.

Sebuah taman tak akan lengkap rasanya jika tanpa gezebo sebagai tempat untuk bersandar ataupun bersantai sejenak dari lelahnya aktivitas jalan-jalan.

Di Taman Kunang-Kunang ini terdapat beberapa gazebo yang tersebar di berbagai sudut taman. Ada yang berbentuk kursi-kursi panjang di sisi-sisi jalan setapak, ada juga yang berupa bangunan permanen di beberapa sudut taman, disertai dengan penutup yang akan membuat pengunjung semakin nyaman.

Toilet Umum

Sebagai taman yang seringkali menjadi tempat singgah masyarakat umum, taman yang satu ini juga memiliki beberapa toilet ataupun kamar mandi untuk mendukung kenyamanan para pengunjung di sana.

Kondisinya juga cukup bersih dan terawat, karena ada petugas yang memang rutin membersihkan area taman tersebut setiap beberapa hari sekali. Jadi, kamu tak perlu khawatir meskipun seharian berada di sana.

Sarana Edukasi

Di sepanjang Taman Kunang-Kunang ada banyak sekali ragam tanaman mulai dari bunga-bunga hingga pohon-pohon yang berjajar memenuhi setiap sudut taman.

Kabar baiknya, tanaman-tanaman itu tak dibiarkan begitu saja, melainkan selalu dirawat dan diberi tag nama pada setiap tanamannya. Jadi, sembari jalan-jalan santai kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang jenis-jenis tanaman apa saja yang ada di sana.

Tempat Parkir

Meskipun berada di antara jalan raya, namun tempat parkir juga tersedia lho di taman kota ini!

Kamu bisa memarkirkan kendaraanmu di beberapa tempat yang sudah disediakan. Tarifnya pun juga tak jauh berbeda dengan tempat-tempat lainnya yakni mulai 2.000 rupiah saja.

Demikian beberapa ulasan tentang Taman Kunang-Kunang yang ada di sepanjang Jalan Jakarta dan Simpang Ijen Malang. Saat melintasi jalan tersebut jangan lupa mampir ya!

Kamu bisa beristirahat sejenak sembari menikmati sejuknya taman kota di tengah lalu lintas kendaraan yang berlalu-lalang di sekitaran jalan tersebut.

Jika ingin menyaksikan indahnya lampu-lampu taman yang menyala indah bak kunang-kunang, kamu bisa datang di malam hari. Selamat beraktivitas!

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments