Truck Collision Attorney, Construction Accident Lawyer Near Me, Accident Attorney Fresno CA, Pedestrian Accident Attorney Near Me, Truck Accident Attorney Near Me, Oil Rig Injury Lawyer, Motorcycle Accident Lawyer Near Me, Offshore Accident Lawyer, El Paso Accident Lawyers, Birth Injury Lawyer Near Me, Car Accident Lawyer Near Me, Personal Injury Attorney Nearby, Mesothelioma Attorney Assistance, 18 Wheeler Accident Lawyer San Antonio, Mesothelioma Law Firm, Wrongful Death Attorney Near Me, Houston Trucking Accident Attorney, Truck Accident Attorney Dallas, Aviation Accident Lawyer, Car Accident Lawyer Jacksonville, DUI Defense Lawyer, Maritime Lawyer New Orleans, California Auto Accident Lawyer, Auto Accident Attorney California.

Taman Rekreasi Sumber Sira Putukrejo, Sumber Mata Air Sebening Kaca di Malang

Sumber Sira Putukrejo

Wisata Malang memiliki potensi alam yang tak bisa diragukan lagi. Kenampakan alam seperti hutan, pegunungan, hingga mata air-mata air yang mengalir bersamanya selalu mampu menghadirkan pemandangan alam yang luar biasa.

Salah satunya yakni Sumber Sira, ketika kamu merasa penat usai bekerja ataupun beraktivitas sehari-hari, maka pilihan objek wisata alam di Malang yang satu ini dapat dijadikan tempat refreshing.

Alamat : Jl. Sunan Kalijaga, Putuk Utara, Putukrejo, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang, Jawa Timur.
Lokasi : Google Maps
Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket Masuk : Rp5.000,-

Ya, Sumber Sira merupakan salah satu wisata sumber mata air di Malang yang sampai saat ini masih sangat terjaga kebersihan serta kealamiannya.

Hal itu bisa dibuktikan dari fenomena airnya yang sangat bersih dan jernih bahkan kerap disebut-sebut sebening kaca.

Saking jernihnya, semua biota air yang ada di dalamnya dapat terlihat dengan sangat jelas, bahkan hingga ikan-ikan kecil yang berlalu lalang di sana pun dapat terekam dengan jelas dengan mata telanjang.

Daya Tarik Sumber Sira

Mendengar nama Sumber Sira, mungkin yang membekas di benak para wisatawan yang pernah datang ke sana adalah airnya yang sangat bersih dan jernih.

Ya, saat datang ke sana dijamin kamu akan terkesima dan dibuat takjub oleh air sungainya yang sangat bening sebening kaca.

Bagaimana tidak? Semua ekosistem yang ada di perairan tersebut terlihat sangat jelas. Bahkan ketika kamu berenang ataupun berjalan, maka kaki ataupun badan kamu bisa nampak sangat jelas dari dasar air.

Ikan-ikan kecil warna-warni yang berenang kesana-kemari pun juga tak akan luput dari pandangan kamu saat berada di sungai yang penuh dengan biota laut itu.

Di tengah-tengah perairan juga terdapat pohon besar berusia ratusan tahun yang seakan menjadi simbol keasrian Sumber Sira itu sendiri.

Tak hanya itu, di setiap sudut kawasan wisata juga dipenuhi oleh pohon-pohon rindang serta bunga-bunga yang kian menambah syahdu suasana di sana.

Selain itu, fasilitas di Sumber Sira juga tergolong lengkap dan akan siap menemani aktivitas seru kamu bersama keluarga tercinta.

Mau tau apa saja fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana? Yuk simak baik-baik dalam pembahasan selanjutnya!

Jam Buka & Harga Tiket Masuk 2024

Sumber Sira beroperasi setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB, tanpa terkecuali saat weekend maupun weekday.

Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri tergolong sangat murah meriah, yakni hanya 5.000 rupiah saja tiap orang. Harga itu pun juga berlaku baik untuk weekend ataupun weekday. Tapi, harga sewaktu-waktu bisa berubah ya!

Fasilitas di Sumber Sira

Berdiri di atas lahan yang cukup luas, Sumber Sira memiliki beragam fasilitas yang akan membuat aktivitas kamu di sana semakin nyaman. Simak baik-baik ya!

Sungai/Kolam Sebening Kaca

ataristiawan putra 5d9cac2b0d823062334c3522
Indahnya Pemandangan Bawah Air dengan Biota Air yang Eksotis.

Sumber Sira merupakan sumber mata air yang mengalirkan debit air yang melimpah, hingga membentuk sungai yang berarus cukup deras di salah satu sisinya.

Di bagian air yang tenang, kamu bisa melihat bagaimana beningnya air yang tak begitu dalam itu. Ditambah lagi fenomena biota laut yang terlihat sangat jelas bak lukisan di bawah permukaan air.

Banyak sekali tumbuhan-tumbuhan air nan hijau yang menghiasi dasar sungai di sana. Ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berlalu-lalang pun turut menambah eksotis pemandangan di air sebening kaca itu.

Kamu bisa berenang dan menyelam untuk melihat keindahan pemandangan bawah air di sana. Dijamin segala rasa penat dan lelah kamu akan terbayar lunas oleh keindahan air Sumber Sira yang menakjubkan.

Kolam Renang

Kabar baik untuk anak-anak, karena selain air sungai sebening kaca, ternyata di Sumber Sira juga menyediakan kolam renang khusus anak lho!

Di salah satu sudut terdapat 2 kolam renang cukup dangkal yang hanya dipisahkan oleh dinding keramik di tengahnya.

Kedalamannya kira-kira hanya selutut orang dewasa. Airnya pun juga bersih dan jernih. Kalau mau pakai pelampung juga bisa lho! Karena di sekitar sungai Sumber Sira juga menyediakan tempat penyewaan perlengkapan renang.

Gazebo

Jangan khawatir saat berlama-lama berada di Sumber Sira. Karena tempat duduk ataupun gazebo yang nyaman juga tersedia cukup banyak di sana.

Ada beberapa gazebo yang berkonsep semacam pendopo dengan kayu dan bambu sebagai material utamanya. Pendopo ini sangat luas lho bahkan sangat bisa untuk dijadikan tempat pertemuan ataupun acara-acara semacamnya.

Selain pendopo, gazebo-gazebo sederhana juga turut memenuhi kawasan wisata Sumber Sira, salah satunya yakni tempat duduk berbahan semen yang melingkar mengikuti pohon-pohon besar di tengahnya.

Selain itu, kursi-kursi taman berbahan kayu juga tersebar di beberapa titik Sumber Sira. Jadi, kamu tak perlu khawatir kehabisan tempat saat pengunjung di sana membludak.

Ayunan

Kabar baik lagi untuk si kecil, karena di beberapa sudut Sumber Sira juga terdapat beberapa ayunan dengan beragam warna dan bentuk.

Ada ayunan tunggal yang cuma bisa diduduki oleh 1 atau 2 orang saja, ada juga ayunan yang lebih panjang dan berhadapan yang bisa dinikmati oleh 4 sampai 6 orang.

Jadi, di sela-sela aktivitas seru bersama keluarga tercinta di Sumber Sira, kamu juga bisa mengajak si kecil untuk bermain ayunan. Dijamin si kecil tidak akan bosan meskipun berlama-lama di sana.

FoodCourt

Tak sempat bawa bekal? Jangan risau, karena di Sumber Sira ternyata juga ada area food court yang menyediakan berbagai pilihan makanan yang lezat dan kekinian.

Ada 2 food court yang bisa kamu pilih di sana. Jika kamu ingin jajanan ala pedagang kaki lima seperti sempol, jamur krispi, lupis, bakso, hingga gorengan, kamu bisa menuju food court yang ada di ujung dekat persawahan warga.

Sementara berada di lahan yang sedikit lebih tinggi, kamu juga akan menemukan area food court yang menjual aneka makanan-makanan berat seperti ayam krispi, nasi pecel, aneka lalapan, serta beberapa makanan menggugah selera lainnya.

Untuk harga? Jangan khawatir! Sumber Sira menawarkan kuliner-kuliner yang lezat dengan harga yang dijamin tak akan membuat kantong kamu jebol!

Pusat Informasi

Dengan lahan yang cukup luas, Sumber Sira menyediakan pusat informasi sebagai sarana informasi bagi para pengunjung yang mungkin kebingungan untuk mencari informasi-informasi terkait Sumber Sira.

Di sana kamu bisa mendapatkan informasi tentang fasilitas-fasilitas Sumber Sira, lokasi-lokasi yang kamu ingin tuju, hingga beberapa kondisi darurat seperti berpisah dengan rombongan atau mungkin kehilangan barang bawaan.

Toilet Umum

Tak perlu khawatir meskipun berlama-lama di Sumber Sira, karena tempat wisata yang satu ini juga menyediakan toilet ataupun kamar mandi yang bersih dan nyaman untuk para pengunjung.

Di sekitar sungai juga terdapat kamar mandi sekaligus kamar ganti yang bisa kamu manfaatkan untuk membilas diri usai bercumbu ria dengan air Sumber Sira yang begitu bening dan eksotis.

Mushola

Senada dengan pohon-pohon rindang yang ada di sana, mushola Sumber Sira juga terpampang indah dengan warna hijau yang mendominasi setiap sudut bangunannya.

Kondisinya pun juga cukup bersih, rapi dan tentunya nyaman untuk para pengunjung yang ingin menunaikan ibadah shalat. Beberapa perlengkapan shalat pun juga ada di sana, jadi kamu tak perlu khawatir saat tidak membawa alat shalat sekalipun.

Tempat Parkir

Sumber Sira juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas baik untuk kendaraan roda 2 maupun roda 4. Dengan biaya parkir Rp3.000 untuk kendaraan roda 2, serta Rp5.000 untuk kendaraan roda 4.

Demikian beberapa ulasan tentang Sumber Sira yang yang ada di Desa Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang.

Sebelum berkunjung pastikan dulu kondisi badan kamu dalam keadaan yang prima ya! Dan jangan lupa bawa beberapa perlengkapan seperti handuk, baju hangat, serta minyak angin jika diperlukan, karena usia berenang di sumber yang segar itu pasti badan kamu kedinginan.

Yuk, segera ajak keluarga ataupun kerabat tercinta untuk berlibur di Sumber Sira yang alami dan eksotis! Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000 saja, kamu sudah bisa sepuasnya beraktivitas di sana. Murah meriah bukan?

Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Risqi Isrotul Maghfiroh Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments