setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Kawasan Wisata Gunung Bromo Wajib di Kunjungi

Destinasi Wisata Gunung Bromo

Wisata gunung Bromo atau gunung Brahma selalu jadi destinasi favorite traveller. Ratusan ribu pengunjung selalu memadati kawasan itu karena pamandangan alamnya yang indah jadi daya tarik tersendiri.

Salah satu surga wisata alam tersembunyi di Indonesia letaknya ada di Provinsi Jawa Timur. Terutama potensi wisata gunungnya yang punya pemandangan menakjubkan.

Wisata gunung bromo hari ini yang merupakan destinasi wisata alam yang luar biasa termasuk dalam tempat wisata Indonesia yang mendunia lho. Jadi jangan sampai kelupaan untuk berkunjung ke beberapa rekomendasi tempat wisata terdekat dari sini juga ya.

1. Tentang Gunung Bromo

Gunung Bromo atau menurut dari bahasa Sansekerta disebut dengan gunung Brahma, merupakan sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, lokasi gunung Bromo ada diantara empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Bagi penduduk suku asli sekitar Gunung Bromo yang disebut dengan suku Tengger, Gunung Bromo/Gunung Brahma dipercayai merupakan gunung suci. Karena dalam kepercayaan agama Hindu, Brahma merupakan salah seorang Dewa Utama yang dalam bahasa Tengger dieja “Brama”.

2. Lokasi Gunung Bromo

Lokasi Wisata Gunung Bromo terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berbentuk tubuh yang saling bertautan antar lembah serta menyatu dengan kaldera atau lautan pasir yang luas.

Kaldera itu berkisar 10 kilometer persegi dengan view yang megah. Diantara viewnya yang menarik adalah lokasi pasir berbisik yang hits dan golden sunrise Bromo yang sangat cantik.

3. Harga Tiket Masuk Bromo

Harga tiket masuk gunung Bromo yang di tawarkan di kawasan wisata tersebut relatif terjangkau. Berikut ini daftar Harga tiket masuk wisata Gunung Bromo 2020.

Bromo dan Sekitarnya Hari Biasa Hari Libur
Wisatawan Nusantara IDR 29.000,- IDR 34.000,-
Wisatawan Mancanegara IDR 220.000,- IDR 320.000,-

4. Tips Wisata ke Bromo

Nah, jika tertarik untuk berkunjung ke sana, ada beberapa tips wisata gunung bromo terbaru yang harus diperhatikan sebagai berikut ini.

  • Pilih Waktu Yang Pas Untuk Berkunjung

Tips berwisata ke gunung Bromo yang pertama adalah memilih waktu untuk berkunjung yang tepat. Bulan Mei hingga Agustus adalah rekomendasi yang tepat untuk berlibur di sana.

Sebab, di bulan tersebut padang savana di sekitaran gunung masih terlihat hijau alami. Jadi pas sekali dijadikan spot foto natural yang bagus.

  • Siapkan Kondisi Tubuh yang Prima

Ada beberapa lokasi wisata yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan tenaga lebih. Jadi sebaiknya kondisi tubuhmu juga harus prima. Nggak lucu kan kalau sampai di sana badan nggak fit dan nggak bisa menikmati pemandangan bagus.

  • Booking Hardtop Beberapa Minggu Sebelum Keberangkatan

Nggak lengkap rasanya jika liburanmu ke kawasan wisata gunung Bromo tanpa menyewa jeep hardtop. Nah sebaiknya kamu booking jauh-jauh hari, paling tidak seminggu sebelum keberangkatan karena bisa jadi banyak yang akan menggunakan jeep hardtop terutama di saat musim liburan.

Sementara itu, untuk harga sewa jeep Bromo berkisar antara 400 ribu hingga 600 ribuan. Cukup terjangkau ya..

  • Siapkan Jaket

Sudah pasti udara di daerah pegunungan sangat dingin. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa jaket dan perlengkapan lainnya seperti sepatu.

  • Periksa Kondisi Kendaraan Pribadi
Wisata Menarik Lainnya :  Fasilitas, HTM, dan Rute Menuju Tlogo Putri Kaliurang

Berkunjung ke sana dengan kendaraan pribadi? Boleh banget! Tapi jangan lupa cek terlebih dahulu kondisi kendaraanmu. Nggak lucu kan kalau kendaraanmu bermasalah di tengah jalan.

  • Bawa Kamera

Jika tak ingin menyesal, maka sebaiknya bawa kamera mu untuk abadikan momen indah di sana. Karena banyak pemandangan cantik yang sayang untuk dilewatkan.

Berfoto-di-Pasir-Berbisik
foto: instagram.com/explorebromo

5. Objek Wisata Gunung Bromo dan Sekitarnya

Jika sudah memperhatikan semua tips di atas, langsung saja kita cek tempat-tempat menarik di sana. Berikut destinasi tempat di kawasan wisata gunung Bromo yang wajib untuk kalian singgahi!

a. Wisata Kawah Bromo

Jika berkunjung ke Wisata Kawah Bromo, pasti kamu bakal disuguhi pemandangan yang luar biasa epic. Apalagi jika mencoba untuk naik ke puncak dengan ketinggian 4000 mdpl itu.

Keindahan Kawah Bromo
foto: instagram.com/svbtravelbatu/

Romantisme keindahan alamnya akan sangat terasa. Terutama jika wisatawan bisa melihat golden sunrise di puncaknya.

Bukan hanya itu saja, jika beruntung, wisatawan yang berkunjung ke kawah Bromo juga bisa melihat upacara adat. Ritual budaya itu dinamakan Yadya Kasada atau Kasodo.

Upacara itu dilakukan oleh masyarakat setempat dari Pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo. Yadya Kasada dilakukan untuk meminta keselamatan dari para Dewa.

Biasanya ritual ini dilakukan di pertengahan tahun. Jadi, sebaiknya atur liburan mu ke wisata gunung Bromo ini di bulan pertengahan tahun ya.

b. Wisata Padang Rumput Savana

Masyarakat suku Tengger, menyebut kawasan Wisata Padang Rumput Savana ini dengan sebutan Lembah Jemplang.

Pesona Padang Rumput Savana Bromo
foto: instagram.com/xstellasx/

Hamparan padang rumput yang sangat luas membuat lokasi ini sering dijadikan spot foto yang menarik. Apalagi jika berkunjung pada saat musim penghujan. Rumputnya tumbuh subur dan pemandangan alam hijau siap menyambut mu.

Meski begitu, jika datang di musim kemarau pun tak jadi soal. Pemandangan dengan rumput kecoklatan akan membuat fotomu makin instagenic.

Sementara itu, untuk menuju ke lokasi ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 4 km dari Cemoro Lawang. Jadi harus benar-benar menjaga stamina tubuh ya jika ingin berkunjung ke kawasan wisata gunung Bromo yang satu ini.

c. Wisata Pasir Berbisik (Watu Singa)

Berbeda dengan padang rumput savana, di lokasi ini kamu tak akan menemukan banyak rerumputan.

Pesona Wisata Pasir Berbisik Bromo
foto: instagram.com/yoedha82/

Hamparan pasir yang luas akan menyambutmu jika berkunjung ke wisata pasir berbisik. Terpaan angin yang kencang menambah kesyahduan di lokasi tersebut. Seolah-olah kamu akan mendengarkan pasir yang berbisik.

Di sana juga ada batu besar yang bentuknya mirip dengan singa. Oleh karena itu, orang-orang menyebutnya dengan watu singa. Lokasinya berjarak 1 km dari pasir berbisik.

Watu singa menjadi daya tarik tersendiri di kawasan wisata gunung Bromo. Awal mula terkenalnya watu singa ini karena menjadi tempat syuting film pada tahun 2001.

d. Wisata Pura Luhur Poten

Di sekitar wisata gunung Bromo, memang masyarakatnya terkenal banyak menganut agama Hindu. Terutama untuk suku aslinya yakni suku Tengger.

Pesona Pura Luhur Poten
foto: instagram.com/dickywahyudi0412/

Tak heran bila di area tersebut terdapat destinasi Wisata Pura Luhur Poten. Hingga saat ini pun, Pura tersebut masih digunakan warga untuk beribadah.

Pada pertengahan tahun, saat upacara Yadya Kasada, Pura Luhur Poten juga digunakan untuk ritual sebelum akhirnya semua persembahan dibawa ke kawah gunung.

Pesonanya juga tak usah diragukan lagi. Jika berfoto di sini, niscaya hasilnya bakal instagenic. Sebab, arsitekturnya sangatlah unik dan nuansa Hindunya sangat terasa.

Perlu diingat jika tempat peribadatan ini tak setiap hari dibuka untuk wisatawan. Sebab, fungsinya adalah sebagai tempat pribadatan orang Hindu. Jika berkeinginan untuk mengambil foto di depan Pura pun harus selalu jaga kesopanan ya.

e. Wisata Spot Foto Widodaren

Tak jauh dari kawasan Wisata Gunung Bromo, terdapat satu destinasi wisata yang juga wajib untuk dikunjungi. Sebab, pesona alamnya juga sangat mempesona.

Puncak Gunung Widodaren
foto: instagram.com/iwansetiawan27/

Lokasinya masih berada di kaldera Tengger. Wisata Gunung Widodaren namanya. Memang belum terlalu familiar seperti destinasi wisata lainnya di kawasan Bromo ya.

Wisata Menarik Lainnya :  Keindahan Penanjakan Bromo yang Penuh Tantangan

Meski begitu, keindahan alamnya sangat memukau. Terutama di puncaknya saat matahari terbit. Semburat cahaya oranye membuat viewnya makin cantik.

Dari puncaknya juga, wisatawan bisa melihat Gunung Bromo tampak dari kejauhan. Untuk menuju lokasi gunung Widodaren ini sama halnya dengan rute menuju kawasan Wisata Gunung Bromo lainnya.

Pelancong bisa memulai perjalanan melalui kabupaten Probolinggo, Pasuruan. Lumajang dan Malang. Tinggal pilih saja dan semua rute itu bisa sampai ke gunung Widodaren.

f. Wisata Milky Way Bromo

Tak hanya pemadangan fajar dan senja saja yang indah di wisata gunung Bromo. Tapi ada juga yang namanya Milky Way yang artinya adalah melihat gugusan bintang di galaksi Bima Sakti.

Milky Way Bukit Kingkong Bromo
foto: instagram.com/bukitkingkong/

Wisata Milky Way Bromo sangat digemari oleh turis asing. Sebab pemandangannya pada malam hari sangat indah. Mereka juga banyak mengabadikan momen dengan berbagai foto yang instagenic.

Untuk melihat fenomena Milky Way Bromo yang megah, wisatawan bisa menikmatinya di atas bukit. Ada beberapa rekomendasi bukit terbaik berburu Milky Way di Bromo.

Salah satunya adalah Bukit Mentigen dan Bukit Pananjakan. Di bukit Mentigen, wisatawan bisa menyaksikan gugusan bintang pada malam hari yang sangat cantik. Suasana romantis dengan ditemani bintang-bintang pasti tak akan terlupakan.

Sementara itu, di bukit Pananjakan, Milky Way Bromo juga bisa dinikmati. Meski dibagi menjadi bukit Pananjakan 1 dan bukit Pananjakan 2, namun di kedua lokasi kita bisa melihat bintang-bintang.

g. Wisata Negeri di Atas Awan Gunung Bromo

Di Kawasan Wisata Gunung Bromo, traveller juga bisa menikmati Wisata Negeri di Atas Awan.

Negeri di Atas Awan Bukit Kingkong Bromo
foto: instagram.com/bukitkingkong/

Yang diberi label wisata negeri di atas awan Gunung Bromo adalah puncak B29 dan puncak B30. Keduanya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Seperti halnya puncak B30 yang mempunyai puncak lebih tinggi dari gunung Bromo. Selisihnya sekitar 306 meter dengan Bromo. Jadi jika berada di puncaknya, kamu bakal melihat dengan jelas keindahan puncak Bromo dari atas.

Bahkan puncak B30 ini lebih tinggi dari B29. Sebab, jika ingin sampai ke sana, kamu harus melewati puncak B29 terlebih dahulu. Jika berjalan kaki, kamu akan menghabiskan waktu 15 menit.

Namun demikian, rasa lelah mu akan terbayar dengan keindahan negeri atas awan wisata gunung Bromo. Terutama jika kamu berkunjung ke sana menjelang terbitnya matahari. Pesona golden sunrice Bromo yang cantik pasti kamu dapatkan.

h. Wisata Air Terjun Kawasan Bromo

Destinasi yang tak boleh ketinggalan jika liburan ke wisata Bromo selain gunung adalah melihat keindahan alam di air terjunnya.

Keindahan Wisata Air Terjun Madakaripura
foto: instagram.com/belle__famme/

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata air terjun di Bromo. Tentunya pesona alamnya sangat mewah dan wisatawan tak akan kecewa. Salah satunya adalah air terjun Tumpak Sewu.

Kamu pasti akan dibuat takjub dengan keindahan alamnya. Jernihnya air yang turun dari tebing yang tinggi membuatnya semakin menarik. Apalagi ditambah dengan gardu pandang di sekitar lokasi.

Yang tak boleh terlewatkan selanjutnya adalah wisata air terjun Madakaripura. Di sana juga ada cerita rakyat yang terkenal perihal misteri air terjun Madakaripura. Konon katanya berhubungan dengan meninggalnya patih Gajah Mada saat bersemedi di sana.

Terlepas dari itu semua, wisata air terjun Bromo punya banyak spot foto yang instagenic. Tak ayal jika destinasi ini masuk ke dalam kawasan wisata gunung Bromo yang wajib dikunjungi.

Saat ini pesona Bromo tak hanya terkenal dengan keindahan sunrisenya saja. Akan tetapi Bromo juga memiliki destinasi lain yang sayang untuk dilewatkan. Jadi kapan tujuan perjalanan wisata kamu bakal mulai direncanakan untuk ke kawasan wisata Bromo?

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *