setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Pesona Air Terjun Coban Pelangi yang Mempesona

Air Terjun Coban Pelangi

Kota Malang banyak sekali menyimpan pesona wisata-wisata alam yang menarik, apalagi wisata ke Kota Apel ini terbilang ramah kantong serta merupakan tempat wisata terdekat dari kawasan wisata sekitar gunung Bromo. Sehingga tidak heran jika kota ini kerap menjadi destinasi liburan.

Salah satu wisata di Malang yang kerap dijadikan destinasi tujuan perjalanan wisata tersebut adalah Air Terjun Coban Pelangi yang berada di kaki Gunung Semeru kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dari pengelolaan Perum Perhutani Malang.

Kisah-kisah tentang Air Terjun Coban Pelangi ini terbilang sedikit. Di beberapa legenda, menyebutkan bahwa tempat ini dulunya adalah tempat pemandian para raja.

1. Lokasi Air Terjun Coban Pelangi

Coban Pelangi terletak di bagian Pronojiwo, Lumajang dan Gubuklakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang. Berdasarkan arah GPS, air terjun ini berada di titik koordinat 8˚ 1’32.27’’ S 112˚49˚ 1.06’’ E.

Wisata alam satu ini belum begitu tereskspos luas seperti air terjun Umbulan apa lagi air terjun Madakaripura yang merupakan tempat wisata di indonesia yang terkenal. Apalagi akses menuju lokasi Air Terjun Coban Pelangi terbilang cukup sulit untuk orang umum.

Berbeda dengan para pendaki Gunung Semeru yang sudah dipastikan tidak asing dengan wisata air terjun kawasan Bromo. Air Terjun Coban Pelangi berada persis di kaki Gunung, di ketinggian 1400 m dari permukaan laut.

2. Rute Menuju Air Terjun Coban Pelangi

Untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Coban Pelangi, ada beberapa jalan alternatif yang bisa kamu coba, baik itu dari Malang, Pacet, Surabaya, ataupun Batu.

Kamu tinggal menuju ke bagian Timur Malang, tepatnya Ke Arah Kecamatan Tumpang. Rute jalan yang akan kamu lalui juga mudah, termasuk kendaraan roda empat.

Wisata Menarik Lainnya :  Menikmati Bromo Dari Desa Ngadas, Paduan Budaya Luhur dan Keindahan Alam

Dengan menggunakan kendaraan apapun, kamu hanya perlu mengingat dari Pusat Kota Malang menuju ke arah timur. Dari sini, kamu hanya tinggal mengikuti rute menuju Gunung Semeru dan Bromo.

Ada sekitar 78 km yang harus kamu lalui dari pusat Kota Malang. Terbilang cukup jauh ya. Namun jangan khawatir, karena perjalanan bisa menjadi lebih cepat, karena jalannya sudah diaspal dengan baik sehingga mudah dilalui.

Lokasi Air Terjun Coban Pelangi
foto: instagram.com/ayodolan/

Ketika sudah masuk ke Desa Gubuk Klakah, perjalanan akan mulai terhambat dan dipenuhi kesulitan. Agar tetap aman, pastikan kendaraan dalam keadaan bagus, rem aman, dan mesin prima. Akan ada banyak jalan curam dan berliku, sehingga selain fokus nyetir, kondisi kendaraan juga wajib menjadi perhatian utama.

Usai melewati Desa Gubuk Klakah, kamu akan menemukan pertigaan ke arah Gunung Bromo dan Semeru, ambil akses ke Gunung Semeru, terus berjalan hingga sejauh 10 km. Ketika kamu mengendarai kendaraan umum, maka kamu harus melanjutkan perjalanan menggunakan ojek yang ada.

Setelah berada di gerbang menuju Coban, kamu bisa memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jaraknya tidak jauh, hanya sekitar 1 km saja.

Kamu akan mulai merasakan sensasi dingin, sehingga pastikan kamu telah membawa jaket sebagai pelindung. Untuk mencapai pusat lokasi Air Terjun Coban Pelangi, kamu juga bisa memperhatikan peta pada papan penunjuk jalan ketika masuk.

3. Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Pelangi

Akan ada penjaga pos, kamu mesti membayar Rp. 3.000 di luar harga parkir untuk tiket masuk Air Terjun Coban Pelangi per orang.

Dari pos tiket masuk kamu akan mulai merasakan tantangan berat untuk mencapai Coban Pelanginya. Akan ada tanjakan di sisi tebing dengan kemiringan 45˚, apalagi ditambah dengan bebatuan yang meski dipanjat.

4. Daya Tarik Air Terjun Coban Pelangi

Terdapat beberapa warung yang berada di sepanjang jalan dari jalan utama wisata bromo selain gunung ini. Suhu di sana bisa mencapai 18 hingga 23˚C. Sehingga sekedar berhenti dan menikmati teh hangat adalah pilihan yang tepat.

Wisata Menarik Lainnya :  Potret Wisata Tahura, Taman Hutan Raya Karanganyar

Di sekitaran air terjun, kamu sudah disambut dengan pohon yang rapat-rapat. Suasana asri akan memanjakan penglihatanmu dengan udara yang menusuk tulang namun menarik untuk terus dinikmati.

Pesona Air Terjun Coban Pelangi
foto: instagram.com/roellah/

Keasrian dan keaslian hutan di Coban Pelangi ini adalah tanggungjawab wisata loh. Jadi, sudah menjadi kewajiban kita ya untuk terus menjaganya agar tetap indah dan asri. Setelah menjelajah, berjalan melewati banyak cobaan kurang lebih 1 km, kamu telah tiba di Air Terjunnya.

Tinggi air terjun hanya kisaran 100 m dengan air yang sangat deras dari atas tebing. Pemandangan yang sangat indah, dipadu dengan suasana hening nan damai, serta gemericik-gemericik air akan menyambutmu dengan hangat.

Akan ada sahutan burung yang ramai berkicau di sana. Ada banyak satwa liar di sana, hanya saja, kamu tak perlu khawatir, karena selagi tidak diganggu, dijamin akan tetap aman.

Mengapa dinamakan Air Terjun Coban Pelangi?

Dinamakan Air Terjun Coban Pelangi dikarenakan ketika pukul 9 – 1 siang, air terjun akan menangkap sinar dari matahari, lalu menghadirkan bias cahaya berwarna-warni layaknya pelangi di atas danaunya.

Pemandangan ini tak bisa disaksikan di banyak air terjun loh, apalagi bentuk spectrum warna-warninya hanya ada di musim tertentu.

Fasilitas wisata Air Terjun Coban Pelangi juga terbilang lengkap, sudah ada mushalla, kamar mandi, tempat makan, dan gazebo-gazebo. Jadi tak perlu ragu untuk beristirahat ketika lelah serta nuansa hijaunya akan membuatmu enggan untuk pulang.

Siapkan mental dan fisik yang fit ketika akan berlibur ke sini ya. Jangan lupa untuk menikmati jajanan yang dijajakan warga lokal di sepanjang jalan. Rasakan perpaduan nikmat dari rasa hangat, dingin, dan asrinya sekeliling.

setapaklangkah Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe to updates    OK No thanks