Alun-Alun Batu – Rekomendasi Liburan Asyik Menghemat Duit

Alun-Alun Batu

Jika berkunjung ke Kota Batu, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak turut mengunjungi pusat kota yakni Alun-Alun Batu.

Alamat : Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65314.
Map : Klik disini.
Jam Buka : 24 jam.
Harga Tiket : Gratis

Sebagai pusat kota yang beralamatkan di Jalan Diponegoro Kota Batu, alun-alun ini menyuguhkan berbagai fasilitas yang cukup komplit.

Di setiap sudut kawasan kamu akan menemukan berbagai bentuk patung-patung unik, mulai dari replika binatang seperti kelinci, sapi perah, hingga ornamen buah raksasa yang menjadi ikon kota itu sendiri yakni apel.

Selain pemandangan yang indah dari deretan replika tersebut, kamu juga akan dimanjakan dengan wahana khas Alun-Alun Batu lho! Sebut saja bianglala.

Ya, di salah satu sudut alun-alun, terdapat bianglala raksasa yang akan mengajakmu berputar hingga bisa menikmati pemandangan indah Alun-Alun Batu dari atas.

Bukan hanya itu, fasilitas pendukung lain seperti arena playground, air mancur, hingga aneka kuliner yang berjajar mengelilingi alun-alun tersebut akan semakin menambah kenyamananmu menghabiskan waktu di sana.

Di balik keindahannya, ternyata alun-alun ini menyimpan sejuta cerita lho! Dulunya, Alun-Alun Batu ini konon merupakan sebuah pasar, seiring berjalannya waktu berkembang menjadi sebuah alun-alun yang cantik.

Sekitar tahun 1982, peristiwa memilukan terjadi. Pasar yang berada di Kecamatan Batu itu terbakar hebat hingga hanya menyisakan puing-puing bangunan.

Berselang satu tahun, tepatnya pada tahun 1983, pemerintah setempat menyulap bekas reruntuhan bangunan tersebut menjadi sebuah alun-alun kota.

Seiring berjalannya waktu, perombakan demi perombakan dilakukan. Alhasil, jadilah Alun-Alun Batu yang cantik seperti yang bisa kamu nikmati hingga saat ini.

Daya Tarik Alun-Alun Batu

Alun-alun memang kerap kali menjadi pusat kegiatan masyarakat, baik untuk sekedar ‘nongkrong’ maupun sebagai sarana rekreasi bersama keluarga tercinta.

Di Alun-Alun Batu ini, pertama kali kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Berbagai replika binatang hingga buah-buahan menghiasi setiap sudutnya.

Tidak sampai di situ, salah satu yang menjadi ciri khas dari alun-alun tersebut adalah bianglala permanen yang berdiri kokoh di salah satu sudut kawasan.

Selain itu, ada juga arena playground untuk anak-anak. Kamu bisa bersantai di area gazebo sambil mengawasi buah hati bermain ria.

Yang juga tidak kalah menarik, tepat di tengah alun-alun tersebut ada sebuah bundaran taman air mancur yang mengalir indah setiap saat.

Di beberapa sisi alun-alun juga terdapat beragam air mancur kecil yang memancar indah dari balik ubin alun-alun.

Tempat ini memang sangat cocok kamu manfaatkan untuk rekreasi atau sekedar ‘nongkrong’ santai bersama keluarga ataupun kerabat.

Wisata Menarik Lainnya :  Intip 2 Wisata Pemandian Air Panas Alami di Batu

Ditambah lagi kuliner ala kaki lima yang berjejer mengelilingi alun-alun, berbagai jajanan kekinian ada di sana. So, dijamin pasti kamu akan bingung dengan aneka jajanan yang menggiurkan itu.

Rekreasi santaimu akan terasa semakin sempurna dengan keindahan malam yang disuguhkan alun-alun tersebut.

Bagaimana tidak? Lampu-lampu taman yang menyala saat hari semakin gelap, beberapa replika yang juga memancarkan cahaya indah saat malam tiba, ditambah lagi cahaya gemerlap dari bianglala yang berputar perlahan, akan membuat suasana malam semakin berkesan.

Wahana dan Fasilitas di Alun-Alun Batu

Ketika berjalan-jalan di area Alun-Alun Batu, kamu akan menemukan beberapa wahana serta fasilitas yang tentunya akan membuat aktivitasmu di sana semakin nyaman. Yuk, intip beberapa wahana dan fasilitas yang ada di Alun-Alun Batu!

1. Bianglala

623b25d097a97
Bianglala – Alun-Alun Batu

Seakan menjadi ciri khas dari Alun-Alun Batu, sebuah bianglala yang berdiri kokoh di salah satu sudut alun-alun tersebut. Wahana yang bisa dinikmati anak-anak maupun orang dewasa.

Uniknya, bianglala ini sengaja dipasang permanen oleh pemerintah setempat, seakan ingin menunjukkan eksistensinya sebagai ikon dari Alun-Alun Batu itu sendiri.

Dengan diameter yang cukup besar, ditambah lampu-lampu kecil yang menghiasi setiap anting-antingnya ketika malam tiba, kamu akan diajak berputar perlahan menikmati keindahan panorama Alun-Alun Batu dari atas angin.

Untuk menikmati sensasi unik tersebut, kamu hanya akan dikenakan tarif mulai dari 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja. Sangat terjangkau bukan?

2. Playground

DSCF2806
Arena Playground – Alun-Alun Batu

Selain bianglala, kamu bisa mengajak buah hati untuk bersenang-senang di area playground.

Ada beberapa papan seluncuran dengan beraneka bentuk, dilengkapi dengan anak tangga sebagai pengaitnya. Area ini begitu bersih karena beralaskan semacam karpet di sepanjang area.

3. Taman Air Mancur

IMG 20220718 003224 COLLAGE
Taman Air Mancur – Alun-Alun Batu

Tepat di tengah alun-alun, terdapat sebuah taman air mancur dengan replika buah apel raksasa berwarna hijau di tengahnya.

Selain air mancur utama, di beberapa sisi juga terdapat air mancur kecil yang kurang lebih berjumlah 16 titik air, yang akan memancar indah dari balik ubin secara bergantian tiap 10 detik.

Pada malam hari, taman air mancur ini akan terlihat semakin mengagumkan dengan pancaran cahaya di tiap sisinya.

Pancaran air mancur kecil ini juga kerap kali dimanfaatkan para pengunjung terutama anak-anak untuk bermain bersama air yang memancar secara bergantian. Sangat seru bukan?

4. Lampion-lampion Malam

IMG 20220718 003418 COLLAGE
Lampion – Alun-Alun Batu

Selain keindahan pancaran air mancur, kamu juga akan dibuat takjub dengan beberapa replika binatang serta buah-buahan yang akan menyala terang bak lampion-lampion di malam hari.

Ada berbagai bentuk seperti sapi, singa, buah labu, dan masih banyak lagi bentuk-bentuk unik lainnya.

5. Aneka Kuliner

IMG 20220718 054307 COLLAGE
Aneka Kuliner – Alun-Alun Batu

Ketika merasa lapar, kamu tidak perlu khawatir. Di area luar alun-alun terdapat beraneka pedagang kaki lima yang berjajar mengelilingi area alun-alun tersebut.

Bukan hanya street food, di beberapa lokasi juga tersedia beberapa kedai seperti kafe hingga restoran yang menyajikan aneka makanan yang akan siap menggoyang lidahmu.

Wisata Menarik Lainnya :  10 Referensi Beli Batik di Cirebon 2022

Di salah satu sisi alun-alun terdapat Pasar Laron yang menyuguhkan berbagai macam jajanan enak dan kekinian yang wajib kamu coba.

Salah satu jajanan legendaris yang cukup menjadi favorit para pengunjung di Alun-Alun Batu ialah ketan susu, yang berada di kedai Pos Ketan Legenda.

Kamu juga bisa mencoba beberapa jajanan favorit lainnya seperti sate lok-lok, ceker setan, susu sapi murni, dan masih banyak lagi jajanan favorit pengunjung yang bisa kamu coba.

6. Zona Air Minum Prima (ZAMP)

Ketika kamu merasa haus, tidak perlu repot-repot pergi mencari warung, karena di alun-alun ini sudah tersedia ZAMP, yakni berupa kran air siap minum yang tersebar di beberapa sudut taman. Sangat unik bukan?

7. Pusat Informasi Unik

pusat informasi alun alun kota wisata batu jpg 5687dd99c322bd390fbbf588
Pusat Informasi – Alun-Alun Batu

Seperti di tempat-tempat wisata lainnya, di alun-alun ini juga menyediakan pusat informasi. Yang membuat berbeda ialah pusat informasi ini memiliki bentuk yang sangat unik yakni berbentuk buah strawberry.

8. Gazebo

Kamu bisa beristirahat atau duduk santai di area gazebo yang tersebar di setiap sudut alun-alun ini. Dengan pemandangan indah dari patung-patung replika serta tanaman indah di sekelilingnya.

9. Toilet Apel

Alun Alun Kota Batu 2
Toilet Umum – Alun-Alun Batu

Tempat ini juga menyediakan toilet umum bagi para pengunjung. Uniknya, toilet tersebut berbeda dari toilet pada umumnya. Karena toilet ini berbentuk buah apel berwarna hijau yang menggambarkan ikon kota wisata itu sendiri.

10. Smoking Area

Photo4766
Smoking Area – Alun-Alun Batu

Untuk para perokok jangan khawatir, karena di area pinggiran alun-alun disediakan kurang lebih 4 smoking area, yang diperuntukkan bagi para perokok yang memang tidak bisa merokok sembarangan di area alun-alun ini.

11. Masjid

Masjid An Nur Gunung Terang
Masjid An-Nur – Alun-Alun Batu

Di sebelah barat alun-alun terdapat sebuah masjid agung An-Nur berikut dengan perlengkapan shalat yang lengkap. Jadi, kamu tidak perlu risau untuk tetap menjalankan ibadah di tengah aktivitas berliburmu.

Tips dan Saran Berkunjung di Alun-Alun Batu

Jika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu di taman alun-alun ini, alangkah lebih baiknya jika kamu datang pada sore atau malam hari.

Karena keindahan alun-alun ini akan semakin terpancar pada malam hari. Suasana yang begitu syahdu akan kamu dapatkan dengan keindahan lampu-lampu taman serta lampion-lampion yang menyala terang di tiap sisinya.

Selain itu, bianglala raksasa yang anggun biasanya mulai beroperasi pada sore hari. Jadi, kamu bisa langsung menikmatinya tanpa berlama-lama menunggu.

Di luar dari semua keindahan yang dimilikinya, Kota Batu merupakan kota yang bersuhu cukup dingin. Jadi, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kesehatan dengan mengenakan baju hangat selama beraktivitas di sana.

Taman alun-alun ini memang pilihan yang sangat tepat untuk mengisi liburanmu, dengan segala fasilitas dan keindahan yang dimiliki, kamu tidak perlu membayar alias gratis. Sangat menghemat kantong bukan? Selamat mencoba!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Kota Lama Semarang, Cagar Budaya Hingga Wisata Edukasi Sejarah

Kota Lama Semarang juga sering disebut Outstadt atau Little Netherland oleh para wisatawan asing....

Masjid Agung Kauman Semarang, Masjid Tertua Dengan Arsitek Belanda

Liburan ke Semarang rasanya tidak akan cukup jika dihabiskan hanya dengan satu hari. Banyaknya...

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...