Ingin Menjadi Orang Jepang dalam Sehari? The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti Batu Jawabannya!

The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti

Kota Wisata Batu telah menghadirkan banyak sekali destinasi wisata yang berhasil memikat banyak wisatawan, baik lokal maupun luar daerah. Fenomena itu juga dibarengi dengan beberapa fasilitas pendukung yang tentunya akan menambah kenyamanan berlibur para wisatawan.

Salah satu fasilitas pendukung yakni tempat penginapan atau hotel. Kota Wisata ini menawarkan beberapa penginapan dengan fasilitas serta ciri khas masing-masing.

Seperti halnya The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti yang menawarkan kegiatan wisata bak kamu sedang berada di Jepang nih.

Alamat : Jl. Arumdalu No. 98, Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur, 65312.
Map : klik disini.
Jam Buka : 24 Jam .
Harga Tiket Masuk : Rp 50.000/orang.

Jika kamu ingin merasakan sensasi berpiknik ala Negeri Sakura ini, kamu wajib mengunjungi penginapan yang berada di salah satu desa di Kota Batu ini, yakni di Songgokerto.

Ya, di desa tersebut kamu akan menemukan sebuah penginapan atau resort yang sangat unik yakni bernuansa ala Jepang. Bernama The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti, wisata ini memang cocok untuk pada wibu sepertinya.

Bagaimana tidak? Ketika memasuki area resort ini, kamu akan disambut dengan pohon-pohon sakura yang berdiri indah di setiap sudut kawasan.

Jembatan berwarna merah yang menghubungkan area resort dengan restoran juga akan menambah kesan nuansa Jepang bagi setiap pengunjung yang menapakinya.

Tak hanya itu, ornamen-ornamen yang ada seperti tulisan Jepang, patung-patung sumo, serta gapura berwarna merah yang ada di salah satu sudut kawasan juga akan semakin membuat kamu merasa bak berada di Negeri Sakura.

Untuk harga sewa kamar yang dipatok memang cukup fantastis, mulai dari Rp 3.000.000 hingga 5.000.000 tiap malamnya.

Namun jangan khawatir, untuk kamu yang hanya sekedar ingin berjalan-jalan menikmati suasana Jepang, atau mungkin hanya ingin berendam di air panas/onsen, kamu tidak harus menginap lho!

Kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos sebesar 50 ribu rupiah untuk tiket masuk The Onsen Hot Spring Resort, serta biaya tambahan sebesar 75 hingga 150 ribu rupiah saja untuk berendam di Onsen yang dibuka untuk umum.

Suasana yang begitu indah dengan nuansa tradisional Jepang seperti tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Untuk kamu yang penasaran bagaimana suasana ala Jepang menyelimuti The Onsen Resort, yuk, simak baik-baik!

Langkah Setapak akan mengajak kamu menelisik satu persatu fasilitas serta ornamen-ornamen khas Jepang yang semakin menambah kental nuansa tradisional Negeri Sakura di The Onsen Hot Spring Resort Songgoriti Batu.

Fasilitas/Ornamen-Ornamen Khas Jepang di The Onsen Hot Spring Resort Batu

Ada beberapa fasilitas serta ornamen-ornamen ikonik yang siap membuat para pengunjung merasakan sensasi bak benar-benar berada di Negeri Sakura.

Apa saja ornamen-ornamen unik tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut!

1. Pohon Sakura

Kampung Jepang 1
Pepohonan Sakura yang Berjajar di Sepanjang Kawasan Resort

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman eksotis yang satu ini? Walaupun pohon sakura tumbuh subur di Jepang hingga menjadi ikon negara itu sendiri, namun nyatanya di Indonesia juga telah banyak dibudidayakan.

Bahkan orang-orang yang tidak pernah menginjakkan kakinya sekalipun di Negeri Sakura tersebut pasti juga tau dan setidaknya pernah melihat keindahan pohon sakura yang telah fenomenal ini.

Ya, pohon yang memiliki bunga berwarna pink ini memang telah lama melekat menjadi Puspa Nasional Bangsa Jepang. Karena dianggap mampu mempresentasikan kearifan budaya Negara Matahari Terbit tersebut.

Ketika memasuki The Onsen Hot Spring Resort yang unik ini, kamu akan disambut oleh pohon-pohon sakura yang tumbuh subur memenuhi setiap sudut kawasan.

2. Gapura Merah (Torii)

japanese view
Torii Khas Jepang The Onsen Resort Batu

Bagi orang-orang yang pernah atau bahkan sering berkunjung ke Negeri Sakura, pasti sudah tidak asing lagi dengan bangunan menyerupai gapura yang berwarna merah dengan bentuk yang khas tersebut.

Wisata Menarik Lainnya :  Garuda Park Waterland, Akhir Pekan Menyenangkan di Kolam Renang

Gapura Merah atau yang biasa orang Jepang menyebutnya Torii, merupakan gerbang tradisional yang biasa ditemui di jalan masuk ke kuil-kuil Buddha di Jepang.

Di resort bernuansa Jepang ini, kamu akan menemukan Torii tepat di sebelah jembatan kecil yang juga berwarna merah, tepatnya berada di area kolam air yang dikelilingi oleh tanaman-tanaman indah serta bebatuan yang tersusun eksotis.

Gapura Merah ini juga tak jarang dimanfaatkan para pengunjung sebagai salah satu spot foto unik ala Jepang.

3. Kamar-kamar Hotel Berkonsep Jepang (Ryokan)

the onsen hot spring
Nuansa Doraemon di The Onsen Resort Batu

Sebagai fasilitas utama dari sebuah penginapan tentunya adalah kamar hotel. Di resort ini, kamu akan disambut hangat dengan kamar-kamar yang bernuansa Jepang.

Kurang lebih ada 25 kamar yang terbagi ke dalam 2 tipe, yakni kamar dengan tipe Deluxe Suite dan Executive Suite. Secara umum fasilitasnya hampir sama. Namun yang membedakan hanyalah ukuran serta jumlah kamar tidur yang tersedia.

Konsep kamar hotel yang digunakan benar-benar menyerupai tempat tinggal orang-orang Jepang. Apakah kamu pernah menonton serial televisi Doraemon? Samurai X? Atau mungkin Chibi Maruko Chan?

Ya, konsep kamar hotel yang diusung tak jauh berbeda bahkan sangat mirip dengan tempat tinggal Doraemon dan kawan-kawannya tersebut.

Bangunan rumah berbentuk Ryokan, yakni tersusun dari bahan kayu-kayuan, dengan lantai yang dilengkapi dengan bantal duduk (tatami), kasur-kasur tipis tanpa dipan (futon), serta ruangan yang alami tanpa AC dijamin akan semakin membuat kamu merasa bak berada di padepokan Doraemon.

Fasilitas pendukung lain seperti kulkas, televisi, coffee maker, shower, hair dryer hingga air minum kemasan juga turut melengkapi fasilitas di setiap tipe kamar.

Selain itu, di setiap kamar juga dilengkapi dengan tempat berendam air panas pribadi yang biasa disebut dengan ‘private onsen’, tepatnya berada di halaman belakang masing-masing kamar.

Onsen sendiri merupakan istilah bagi tempat pemandian air panas umum di Jepang. Di Private Onsen ini kamu bisa sepuasnya berendam air panas mulai dari jam 8 hingga 10 malam.

Sambil berendam, kamu juga bisa menikmati view yang menakjubkan lho! Kamu bisa melihat indahnya gemerlap lampu-lampu kota pada malam hari dari balik balkon tersebut. Sangat menakjubkan bukan?

4. Jembatan Merah (Shinkyo)

fcc8a67f eee9 46c4 b7df 7ee64e03a8a0
Sensasi Shinkyo Jepang Versi Batu Resort

Di Jepang, jembatan shinkyo konon merupakan jembatan terbaik yang ada di Negeri Sakura tersebut. Jembatan itu berada di kuil Futasaran yang membentang di atas sungai Daiya di Kota Nikko.

Fenomena tersebut nampaknya sukses menginspirasi The Onsen Hot Spring Resort Batu untuk menghadirkan jembatan ikonik khas Jepang yang semakin menambah kesan ala Jepang di resort tersebut.

Jembatan ikonik ini juga seringkali dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berswafoto yang unik bergaya Jepang. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati jembatan shinkyo yang fenomenal ini.

5. Genki Onsen

136837627
Genki Onsen Ala The Onsen Resort Batu

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berendam air panas namun tak ingin menginap, jangan khawatir! Genki Onsen ini telah dibuka untuk umum dengan tarif mulai 75 ribu rupiah.

Kamu bisa berendam di onsen ini mulai jam 3 hingga 6 sore . Onsen ini dijamin akan membuat kamu merasa lebih nyaman karena tempatnya yang dibedakan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan.

Untuk tarif yang dipatok yakni 75 ribu rupiah untuk Genki Onsen anak-anak, serta masing-masing 150 ribu rupiah untuk Genki Onsen laki-laki dan perempuan.

Harga yang terbilang cukup fantastis tersebut akan terbayar lunas ketika kamu mencoba sensasi berendam dengan air belerang yang bersumber langsung dari pegunungan di sekitar Candi Songgoriti tersebut.

Air panas dengan suhu mencapai 42 derajat Celcius tersebut juga dipercaya banyak akan kandungan mineral, sehingga selain menghangatkan tubuh, air belerang ini juga diyakini mampu mengobati beberapa penyakit kulit serta dapat menghilangkan pegal-pegal.

6. Fushimi Japanese Restaurant

0a993884 ecc0 4f3b aa82 9817bddcf5b8 1631962521845 711029c0fa179ce5270f3f99541663b8
Restoran Bergaya Jepang – Fushimi Japanese Restaurant

Setelah berjalan-jalan menikmati suasana ala Jepang, kamu juga bisa menikmati aneka kuliner khas Jepang yang akan siap menggoyang lidah para pengunjung.

Wisata Menarik Lainnya :  Museum De Tjolomadoe, Daya Tarik Wisata Bersejarah Bekas Pabrik Gula Terbesar

Di salah satu sudut kawasan terdapat sebuah restoran yang tetap menggunakan konsep Japanese, yakni Fushimi Japanese Restaurant.

Di restoran bergaya Jepang ini kamu bisa menikmati berbagai makanan khas Jepang mulai dari dorayaki, aneka sushi, sashimi, ramen, sukiyaki, dan masih banyak lagi menu makanan fenomenal lainnnya.

Untuk kamu yang tidak doyan makanan Jepang, jangan risau! Di resto ini juga menyediakan beragam makanan khas Indonesia bahkan sampai internasional.

Kamu juga tidak perlu khawatir akan kehabisan kursi, karena resto yang satu ini telah menyediakan lebih dari 150 kusri untuk para pengunjung.

7. Menjadi Orang Jepang dengan Yukata

Kyoto Floating Market Lembang
Kostum Tradisional Khas Jepang – Yukata

Bagi para tamu The Onsen Hot Spring Resort, di setiap kamar telah disediakan baju kimono atau dalam istilah Jepang disebut dengan Yukata, yakni jenis kimono yang terbuat dari bahan katun tipis tanpa pelapis.

Yukata sendiri biasanya dipakai oleh orang-orang Jepang pada saat sore atau malam hari setelah berendam air panas, agar suhu tubuh menjadi lebih segar dan sejuk.

Yukata yang disediakan juga telah dilengkapi dengan segala pernak-perniknya, mulai dari bakiak, pita, Obi, hingga aksesoris rambut untuk wanita.

Untuk kamu yang tidak menginap di kamar hotel The Onsen Hot Spring Resort, kamu juga bisa mencoba sensasi yukata untuk berswafoto dengan membayar biaya sewa sebesar 150 ribu rupiah/ 2 jam untuk yukata perempuan, masing-masing 100 ribu rupiah untuk yukata anak-anak dan laki-laki.

Harga sewa yang kamu bayarkan dijamin tidak akan sebanding dengan kesan yang akan kamu dapatkan ketika mengenakan pakaian serta aksesoris khas Jepang yang unik ini.

Karena hanya dengan mengeluarkan beberapa rupiah saja, kamu sudah bisa merasakan sensasi menjadi orang Jepang dalam sehari. Sangat unik bukan?

8. Bushido Hall

5 2 Bushido Hall
Bushido Hall – Balai Serbaguna The Onsen Resort Batu

Selain menikmati kamar-kamar khas Jepang yang unik, ternyata di resort ini juga menyediakan tempat khusus untuk acara-acara besar seperti meeting, pesta ulang tahun, pertemuan keluarga, resepsi pernikahan, dan acara-acara besar lainnya.

Dengan tetap mengusung konsep ala Negeri Sakura, balai serbaguna atau yang dalam istilah Jepang disebut Bushido Hall ini ternyata mampu menampung hingga 150 orang.

9. Chaya Venue

9 2 Chaya Venue by yennykartikadewi @ ninimamaliyati
Chaya Venue – Tempat Ritual Upacara Minum Teh

Upacara minum teh merupakan tradisi yang telah dilakukan turun-temurun di Jepang. Dalam upacara ini, acara minum teh tidak serta-merta dituang lalu diminum, namun ada beberapa ritual yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Di The Onsen Hot Spring Resort yang satu ini, kamu bisa mengikuti upacara tradisional minum teh pada sore hari (afternoon tea) di tempat khusus yang telah disediakan yakni Chaya Venue, dengan mengenakan baju yukata.

10. The Onsen Garden

Gallery 17
Taman Onsen dengan Suasana yang Asri

The Onsen Garden merupakan sebuah taman bergaya Jepang dengan beragam tanaman indah dilengkapi formasi unik bebatuan yang tersebar di sekeliling taman.

Dikelilingi oleh padang rumput serba hijau serta beberapa pegunungan di sekitarnya, membuat udara di taman ini menjadi semakin sejuk dan asri.

Dengan berkostum yukata lengkap dengan aksesorisnya, tempat ini memang sangat cocok untuk kamu bersantai menikmati sensasi menjadi orang Jepang dalam sehari, sembari berfoto ria dengan background yang serba alami.

Demikian beberapa fasilitas serta ornamen-ornamen yang mendukung kentalnya nuansa tradisional Jepang di The Onsen Hot Spring Resort Batu. Sekarang, giliran kamu yang mencobanya!

Daftar Harga Tiket The Onsen Hot Spring Resort Batu 2022

Jika kamu ingin bermalam ataupun sekedar menikmati suasana ala Jepang, Langkah Setapak akan memberikan informasi mengenai harga tiket masuk sampai tarif kamar hotel serta beberapa fasilitas lainnya. Yuk, intip harga tiketnya!

Daftar Harga Tiket

  • Tiket masuk : 50.000/orang
  • Tiket Genki Onsen Anak : 75.000
  • Tiket Genki Onsen Pria : 150.000
  • Tiket Genki Onsen Wanita : 150.000
  • Sewa Kostum Yukata (anak-anak & pria) : 100.000
  • Sewa Kostum Yukata (wanita) : 150.000
  • Foto dengan Yukata : 100.000
  • Tiket Kamar Hotel (Deluxe Suite) : 3.750.000
  • Tiket Kamar Hotel (Executive Suite) : 5.500.000

Sebagai informasi, harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah sesuai kebijakan pihak resort terkait.

Namun daftar harga yang telah tercantum di atas setidaknya dapat menjadi acuan mengenai perkiraan biaya yang harus kamu keluarkan untuk mengunjungi resort ala Jepang yang satu ini.

Meskipun tarif yang dibanderol cukup fantastis, tapi pengalaman serta fasilitas yang akan kamu dapatkan dijamin akan jauh lebih fantastis.

Kapan lagi bisa menikmati liburan unik dengan sensasi ala Jepang kalau tidak di The Onsen Hot Spring Resort Batu ini? Penasaran? Silahkan mencoba!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.