Coban Rais dan 5 Aktivitas Seru di Dalamnya

Coban Rais

Kota Batu yang terkenal dengan sejuta keindahan potensi alamnya, tak lantas membiarkan begitu saja potret keindahan itu terlewat tanpa makna.

Berbagai potret keindahan alam yang terpancar dari pegunungan, persawahan, hutan, hingga mengerucut ke sumber mata airnya seakan mampu menghipnotis setiap mata yang melihatnya.

Alamat : Jalur Lingkar Barat No. 8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur, 65316.
Map : klik disini.
Jam Buka : 07.00 – 15.00 WIB .
Harga Tiket : Rp 10.000 – 25.000

Kali ini, Teman Setapak akan mengajak kamu untuk mengintip sejenak keindahan salah satu dari sekian banyak wana wisata air di kota wisata Batu, yakni Coban Rais.

Beralamatkan di Desa Oro-Oro Ombo Kecamatan Batu, Coban Rais merupakan sebuah wisata air terjun yang cukup legendaris di seantero Batu – Malang.

Keindahan panorama yang dipancarkan membuat tempat wisata Coban Rais ini seakan tak pernah lekang oleh zaman. Meskipun banyak tempat-tempat wisata baru yang modern dan kekinian, namun nyatanya wisata air terjun ini tetap memiliki andil di hati para wisatawan.

Berawal dari sebuah air terjun biasa, yang lagi-lagi dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pemerintah setempat menjadi sebuah wisata yang asyik dengan sejuta wahana dan aktivitas seru di dalamnya.

Ya, air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter ini menawarkan beragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga.

Untuk masalah harga? Jangan khawatir, hanya dengan merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati keindahan air terjun Coban Rais tersebut.

Namun untuk menikmati wahana-wahana yang lain, kamu harus membayar tiket mulai dari 10 hingga 25 ribu rupiah saja lho! Sangat terjangkau bukan?

Apa saja aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini? Yuk, intip keseruannya!

1. Menikmati Panorama Sekitar Air Terjun

IMG 20220807 153139 COLLAGE
Panorama Indah Kawasan Air Terjun

Sebagai ikon utama wisata Coban Rais, tentu saja kamu akan disambut langsung oleh air terjun yang jatuh berirama dari ketinggian 20 meter ini.

Berada di ketinggian sekitar 1025 meter dari permukaan laut, membuat air terjun ini memiliki suhu yang cukup dingin.

Air terjun Coban Rais berada di antara beberapa perbukitan. Ketika melewati pintu masuk, tepatnya di sisi kiri jalan menuju air terjun, kamu akan disambut oleh perbukitan Gumuk namanya.

Selain menyaksikan keeksotisan air terjun Coban Rais, ternyata kamu juga bisa menikmati aneka keindahan di sekitarnya lho!

Dari bukit Gumuk, kamu bisa menyaksikan keindahan kota wisata Batu hanya dari atas bukit. Bukan hanya itu, seiring berjalannya waktu pemerintah setempat semakin gencar mengembangkan beberapa spot di kawasan wisata tersebut.

Kamu bisa menemukan beberapa area yang menawarkan pemandangan yang memikat, seperti taman bunga Batu Flower Garden (BFG), Rumah Hobbit dan Gardu Pandang berbentuk tulisan I Love U yang berada di perbukitan Bulu, dan masih banyak lagi pemandangan indah yang akan memanjakan mata dan hati kamu.

Wisata Menarik Lainnya :  Mampir Ke Istana Anak Anak Indonesia, Seolah Masuk ke Dunia dongeng

Jalan-jalan menuju air terjun juga telah didesain sedemikian indah dengan pemandangan serba alami di sekelilingnya, sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman untuk berjalan santai menuju air terjun eksotis tersebut.

2. Berkemah/Camping

Bumi Perkemahan Coban Rais Copy
Camping Ground Coban Rais

Memiliki panorama alam yang indah sekaligus menantang, kawasan wisata ini juga kerap dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berkemah/camping.

Di area wisata ini juga telah disediakan area khusus untuk berkemah yang biasa disebut dengan Camping Ground. Di sini kamu bisa merasa nyaman dengan segala fasilitas yang mendukung.

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat jalur pendakian menuju puncak Panderman, sangat cocok untuk kamu yang suka berpetualang.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan area Hammock Camp untuk menambah keseruan saat berkemah. Kamu bersama keluarga ataupun kerabat bisa memanfaatkan tower-tower bersusun yang ada untuk bersantai sekaligus memacu adrenalin.

3. Menikmati Berbagai Wahana Menakjubkan

Selain menikmati keindahan yang terpancar di sepanjang kawasan air terjun Coban Rais, kamu juga akan disuguhkan dengan beberapa wahana yang menarik bahkan dapat menguji adrenalinmu.

Apa saja wahana menakjubkan yang bisa kamu nikmati? Yuk, intip satu persatu!

  • Sepeda Udara
Aktivitas Coban Rais
Wahana Sepeda Udara

Kamu bisa merasakan sensasi mengayuh sepeda di udara dengan ketinggian yang cukup fantastis. Namun tak perlu khawatir, wahana itu sudah dilengkapi dengan beberapa perlengkapan untuk pengamanan, seperti sabuk pengaman, tali gantung, dan sejenisnya.

  • Hammock Camp
HammockBukitBuluCobanRaisBatu
Hammock Tower Coban Rais

Di area ini kamu akan dipertemukan dengan berbagai macam wahana hammock yang bergelantungan indah, seperti pada Hammock Tower dengan lebih dari 7 tower hammock yang tersusun dari bawah hingga ke atas.

Selain Hammock Tower, kamu juga bisa menikmati sensasi bersantai di atas Spider Hammock yang tersusun menyerupai sarang laba-laba yang bertumpu pada pohon-pohon di sekitarnya.

Yang lebih seru lagi, kamu bisa mencoba menaiki hammock yang bergelantungan di atas tali lintasan atau Flying Hammock. Hampir menyerupai flying fox, namun kali ini kamu akan bergelantungan di atas papan ayunan hammock itu sendiri.

  • Paragliding
paragliding
Sensasi Melayang Bersama Paragliding

Apakah kamu pernah mencoba paralayang? Ya, wahana yang satu ini mirip sekali dengan paralayang.

Dengan bentuk menyerupai sayap pesawat terbang, kamu akan diajak melayang-layang di udara dengan ketinggian yang cukup fantastis.

Jangan takut, karena paragliding ini sudah dilengkapi dengan perlengkapan pengamanan seperti sabuk pengaman, tali, dan sebagainya.

  • Rumah Eskimo
hipwee 66880266 345790566358908 3797944311484671197 n 750x750 1
Sensasi Rumah Eskimo ala BFG

Bukan hanya di luar negeri, di area taman bunga Batu Flower Garden kamu juga bisa merasakan sensasi musim salju lho!

Dengan cat serba putih yang memenuhi kawasan, pepohonan yang dipenuhi kapas-kapas putih, serta boneka-boneka salju buatan yang tersebar di setiap sudut kawasan membuat taman yang satu ini benar-benar tampak seperti rumah Eskimo sungguhan.

Tak heran jika wahana yang satu ini kerap menjadi incaran para wisatawan yang datang untuk mencicipi bagaimana sensasi berada di rumah eskimo ala BFG.

  • Rumah Hobbit
Rumah Hobbit Coban Rais 2
Rumah Hobbit di Perbukitan Bulu

Di sekitar air terjun ternyata juga terdapat sebuah perbukitan yang menyajikan pemandangan yang sangat memukau bak di negeri dongeng.

Wisata Menarik Lainnya :  9 Daftar Tempat dan Kegiatan Wisata Ungaran Semarang

Di atas tanah yang memiliki kemiringan cukup terjal, didirikan rumah-rumah kecil menyerupai rumah kelinci seperti yang ada di film -film kartun.

Rumah-rumah mungil dengan aneka tanaman hias di sekelilingnya seakan sengaja menyambut setiap pengunjung yang melewati perbukitan tersebut.

  • Gardu Pandang
Wisata Coban Rais 04 Gardu Pandang Finansialku
Gardu Pandang Berbentuk I Love U

Lagi-lagi tempat wisata yang satu ini menyuguhkan wahana yang terlihat santai namun cukup menegangkan.

Bagaimana tidak? Kamu harus menaiki beberapa anak tangga dengan ketinggian yang cukup fantastis untuk mencapai gardu berbentuk tulisan I Love U ini.

Gardu menakjubkan ini biasa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk berswafoto. Tapi siapa sangka jika dibalik foto yang ciamik ini ternyata membutuhkan keberanian yang cukup tinggi.

4. Outbond

IMG 20220807 155424 COLLAGE
Wahana yang Memacu Adrenalin

Selain memikat mata dan hati, beberapa wahana menegangkan yang ada juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai media outbond.

Wahana yang dapat mendukung kamu untuk beraktivitas outbond seperti menaiki anak tangga menuju Gardu Pandang, mencoba sensasi bersepeda di udara, menaiki paragliding, bergelantungan di flying Hammock, dan masih banyak lagi aktivitas outbond seru yang bisa kamu lakukan di sana.

Selain itu, jarak dari area parkir menuju wahana utama air terjun cukup terbilang jauh, yakni harus menempuh waktu sekitar 40 menit dengan berjalan kaki. Ditambah lagi jalan setapak yang dilalui untuk menuju air terjun tersebut cukup menguras tenaga.

Fenomena itu seakan menambah keseruan para petualang untuk melakukan aktivitas outbond di tempat wisata yang satu ini.

5. Berswafoto Unik

IMG 20220807 155508 COLLAGE
Spot Foto Instagramable

Berjuta keindahan yang tersimpan di taman wisata Coban Rais ini menjadi sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

Hampir semua wahana di tempat ini memiliki keindahan yang sangat memukau, sehingga sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang kekinian dan Instagramable.

Kamu bisa memanfaatkan wahana utama air terjun, taman bunga Batu Flower Garden, Gardu Pandang, Hammock Camp, Rumah Hobbit, bahkan hingga sebuah replika ‘apel krowak’ raksasa untuk berswafoto yang indah dan unik.

Demikian beberapa keindahan wisata air terjun Coban Rais dengan segala aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di dalamnya.

Beberapa aktivitas yang ada juga telah didukung oleh beragam fasilitas umum untuk menambah kenyamananmu beraktivitas di sana.

Mulai dari lahan parkir yang cukup luas, toilet umum, mushola, gazebo-gazebo, foodcourt, bahkan hingga penginapan juga tersedia di sekitar kawasan wisata tersebut.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk menghabiskan waktumu di tempat wisata yang eksotis ini.

Tips dan Saran Berkunjung di Wisata Air Terjun Coban Rais Batu

Sebelum mengunjungi tempat wisata yang satu ini, pastikan kondisi tubuhmu dalam kondisi prima, karena kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 40 menit dari area parkir untuk menuju wahana utama air terjun.

Selain itu, kenakan juga baju hangat karena suhu udara di area wisata tersebut cukup dingin, apalagi ketika kamu berada di sekitar air terjun.

Yang tidak kalah penting, kamu bisa membawa makanan atau bekal dari rumah. Mengingat banyaknya aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini, termasuk berjalan kaki menuju air terjun itu sendiri.

Tetap terapkan protokol kesehatan di manapun kamu berada dan selamat mencoba Wisata Air Terjun Coban Rais Batu!

Rate this post
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.
Avatar for Risqi Isrotul Maghfiroh
Hal paling disukai adalah mengungkapkan perasaan/aspirasi lewat tulisan. Lewat pena serta story yang baik, saya harap kamu menyukai tulisan ini.

Vanaprasta Gedong Songo Park, Wisata Hutan Pinus Alternatif Refreshing…

Lokasi Vanaprasta Gedong Songo Park ini berdekatan dengan lokasi Candi Gedong Songo yang merupakan...

Taman Wisata Matahari, Wisata Rekreasi Legend di Bogor

Liburan di Bogor menjadi kegiatan favorit yang selalu di tunggu-tunggu oleh para wisatawan. Kawasan...

Curug Tirto Wening, Air Terjun Indah Sebening Kristal di…

Semarang memang terkenal dengan potensi objek wisatanya yang begitu indah dan beragam, mulai dari...