Goa Pinus Malang – Spot Instagramable Hits, Info Wisata & Harga Tiket 2022

Goa Pinus Malang
  • Lokasi: Pujon, Gg. Mbah Ba’i, Ds. Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Rute ke Goa Pinus Malang
  • Harga Tiket: Rp 10.000 per orang
    • Tiket Masuk Spot Lego Rp 10.000 per orang
    • Tiket masuk Rumah Papua Rp 10.000 per orang
    • Parkir Rp 10.000 per mobil
  • Jam Buka: 07:00-17:00

Wisata Goa Pinus Malang adalah sebuah contoh dari kreativitas yang patut dijadikan contoh. Bagaimana tidak, sebuah area yang dulunya bekas penggalian pasir (tambang) kini menjadi salah satu destinasi Wisata di Malang yang di gemari kaum muda milenial.

Dengan mengubah area tersebut yang dulunya bisa dibilang “antah berantah” menjadi wisata alam dengan banyak spot-spot yang nyaman dan instagramable. Beberapa spot yang menjadi favorit pengunjung telah “viral” di media sosial dan menjadi magnet wisatawan.

Tapi sesuai namanya, ini memang salah satu spot wisata disini adalah “goa jepang” yang nanti akan di ulas secara rinci. Secara Administratif, Destinasi ini berada di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Sering di Sebut Goa Pinus Malang karena kedua Kota ini berdekatan.

1. Spot-spot Viral di Goa Pinus Malang

– Spot Lego

Ini adalah salah satu yang viral di media sosial dan tiktok, yaitu lego spot. Merupakan area spot untuk selfi maupun berfoto biasa. Yang membuat orang tertarik adalah spot foto yang desain Lucu dan menggemaskan namun tetap elok ketika di foto.

Di Lego Goa Pinus Malang ada beberapa spot yang tersedia yaitu:

  • Spot Balon udara
  • Perahu
  • Sangkar Burung
  • Rumah hobbit

Semua spot ini begitu diminati wisatawan terutama kaum milenial para pemburu “postingan”. Diluar biaya tiket masuk, untuk memasuki dan bebas berfoto atau bersantai di lego spot kamu dikenai biaya tambahan sebesar Rp 10.000 per orang.

Wisata Menarik Lainnya :  Telusur Jejak Peradaban Wisata Candi Prambanan

– Rumah Papua

Rumah Papua Goa Pinus Malang
Rumah Papua Goa Pinus Malang

Spot foto instagramable berikutnya adalah rumah papua, sebuah bangunan rumah tradisional unik ini memikat banyak pengunjung. Kita jadi tau bagaimana rumah papua, dan juga bagi pecinta sosial media, ini spot foto ini tidak biasa dan harus di abadikan.

Dilokasi ini, terdapat tempat bersantai untuk ngopi, udara dan suasananya cocok untuk ngopi santai karena di kelilingi oleh panorama hijau pegunungan. Ada biaya tambahan juga untuk mengunjungi dan bersantai disini sebesar Rp 10.000 per orang, dan kamu akan diberi segelas susu segar.

– Keindahan dan Suasana Alam

Kesegaran udara dan view pemandangan disini tidak perlu diragukan lagi, karena berada di ketinggian yang di kelilingi oleh deretan pohon-pohon pinus yang memberi kesan “fresh” dan tenang.

– Gardu Pandang

Lokasi Goa pinus yang memang berada di ketinggian, dimanfaatkan pengelola dengan maksimal. Banyak spot-spot foto yang tidak hanya instagramable tapi juga yang mengutamakan pemandangan.

Contoh nya gardu pandang, dari sini kamu bukan hanya ingin berfoto tapi juga takjub dengan pemandangan pedesaan dan Gunung Arjuno yang bisa dilihat jelas dari sini.

– Goa jepang

Yang ini menarik, menurut warga sekitar jepang membangun goa tersebut untuk sebagai area pengamatan bagi tentara jepang dalam mengawasi pergerakan musuh dari jauh. Itulah mengapa mereka membangun di tempat yang tinggi seperti ini agar jarak pandang lebih luas.

Goa ini nampak nya tidak sempat rampung saat di gali oleh jepang, karena hanya sedalam 5 meter.

2. Sarana bagi Wisatawan

Goa pinus Malang sudah tergolong destinasi wisata yang populer dan juga memiliki fasilitas yang sangat layak bagi pengunjung. Fasilitas di Goa Pinus terbaru di tahun 2022 adalah:

  • Parkiran
  • Toilet
  • Tempat Ibadah (mushola)
  • Warung-warung, cafe dan Kantin
  • Toko oleh-oleh

yang menjadi kekurangan untuk Objek Wisata Goa Pinus Batu saat ini adalah belum adanya wahana permainan. Semoga saja kedepannya di adakan seperti flying fox, trekking tour, jogging trek semacam itu untuk menarik minat wisatawan keluarga. Ataupun mendirikan cottage-cottage kecil bagi pelancong yang ingin menginap, karena suasana dan pemandangan alam dari ketinggian cukup untuk membuat orang ingin stay lebih lama.

Wisata Menarik Lainnya :  4 Tempat Menikmati Negeri di Atas Awan Bromo

3. Akses ke Goa Pinus Malang

Untuk menuju kesini sangat kami rekomendasikan menggunakan kendaraan pribadi saja, karena tidak ada angkutan umum selain ojek. Jika kamu datang dari luar kota malang, lebih baik kamu sewa mobil plus sopir atau lepas kunci.

Jika kamu hanya berdua saja, kamu bisa menyewa motor harian dan menggunakan Google maps sebagai navigasi.

4. Tips saat mengunjungi Goa Pinus Malang

  1. Membawa jaket atau sweater, karena cuaca cukup dingin.
  2. Datang pagi-pagi, karena pagi-pagi udara masih sangat segar dan belum banyak pengunjung jadi kamu tidak perlu lama-lama antri saat ingin berfoto
  3. Membawa kendaraan pribadi, hanya ada ojek untuk menuju kesini.
  4. Jaga kebersihan
  5. Membawa autan berjaga-jaga jika ada serangga atau nyamuk

Jika ingin menginap, di sekitar area dekat dengan goa pinus tersedia beberapa akomodasi seperti homestay, penginapan, dengan harga bervariatif tergantung fasilitas.

Rate this post
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.