Desa Wisata Peniwen: Wisata Alam dan Edukasi Info Terbaru 2022

Desa Wisata Peniwen
  • Lokasi: Kromengan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Map klik disini
  • Harga Paket: Rp 60.000 per orang.
  • Jam Buka: 24 Jam

Desa wisata peniwen – Pernah mendengar tempat wisata Malang ini? Jika iya tau nggak kamu di mana tempatnya? Jadi, desa peniwen itu berada di kecamatan Kromengan, kabupaten Malang. Tidak jauh dari kota Malang sekitar 1 jam berkendara 36 km ke arah selatan.

Belum banyak wisatawan yang mengetahui lokasi wisata ini, jadi desa peniwen itu adalah desa wisata. Desa wisata peniwen berada di lereng gunung Kawi, maka ketika cuaca cerah yang akan kamu lihat selain hamparan sawah dan para petani maka Gunung Kawi lah paling mencolok pandangan. 

Sebagian besar penduduk di desa di desa wisata penilaian adalah petani, maka dari itu tidak heran sawah begitu luas akan disuguhkan.

1. Pemandangan Sawah Terasering

Desa wisata peniwen benar-benar dianugerahi alam yang subur dan panorama terasering sistem dari pesawahan, yang bagi sebagian orang luar biasa indah. Pemandangan seperti ini mirip seperti jatiluwih di Bali dan ciboer Majalengka. Dimana hamparan sawah yang berteras-teras begitu hijau dan rapi sehingga kita melihatnya sebagai sebuah karya seni.

2. Senja di Desa wisata Peniwen

Satu area dengan desa peniwen, desa bernama jambuwer. Uniknya di sini tersedia Kedai Kopi, yang biasa dikunjungi wisatawan untuk menikmati senja dengan pemandangan alam sekitar.

Tempat Ngopi ini bernama “kedai kopi jambuwer”. Di kedai ini kamu bisa menikmati kopi robusta, coklat hangat dan dingin, dan juga tersedia makanan ringan lain. Catatan bahwa yang dijual adalah hasil dari berkebun warga sekitar, jadi bisa dipastikan coklatnya fresh.

Harga yang dibanderol untuk minuman dan makanan di kedai ini cukup terjangkau dimulai yang paling murah seharga Rp 8.000 hingga Rp 20.000. Pada saat akhir minggu tempat ini biasanya cukup ramai pengunjung dengan wisatawan, mati secangkir coklat dan kopi panas sembari menunggu matahari terbenam.

Wisata Menarik Lainnya :  8 Wisata Religi Masjid di Jogja yang Penuh dengan Sejarah

3. Aktivitas di desa wisata Peniwen

Panorama Desa Wisata Peniwen
Panorama Desa Wisata Peniwen

Hal yang bisa kamu coba jika berwisata ke desa peniwen adalah merasakan pengalaman secara langsung hidup sebagai petani yang tinggal di desa. Desa peniwen melalui koordinasi antar warganya, menyajikan paket wisata bagi pengunjung. Paket yang dibuat oleh warga desa memungkinkan para wisatawan pengalaman yang Tak Terlupakan berikut ini adalah mengenai paket wisata di desa wisata peniwen.

4. Paket wisata sunrise

Kegiatan yang ditawarkan di paket wisata ini adalah

  • Menikmati sunrise di pagi hari
  • Belajar menanam padi
  • Belajar alat musik gamelan
  • Dan belajar menari
  • Tour desa

Harga paket Rp 60.000 per orang saja. Jadi paket ini dimulai di pagi hari diawali dengan menikmati sunrise, sedangkan sarapan akan disiapkan. Dan setelah sarapan kita akan diajak oleh pemandu lokal dan dan petani untuk belajar menanam padi. Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan membawa anak ini akan cukup mengedukasi, dan tidak perlu khawatir karena ada juga area tempat main anak dan dan taman.

– Wisata budaya peniwen

Harga yang kamu bayar sebesar Rp60.000, juga termasuk dengan belajar alat musik gamelan menari dan juga diajak berkeliling desa. Dalam tur Desa biasanya kamu akan diajak melihat gereja tertua di peniwen yang bernama galeri Injil, dan Monumen affair peniwen, sangat bersejarah karena pernah terjadi pembantaian beberapa warga di desa peniwen oleh kolonial Belanda. 

Menurut kami harga yang ditawarkan oleh warga desa sangatlah murah jika dibandingkan dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan di sini. Akomodasi atau penginapan di sini belum tersedia, tetapi jangan khawatir karena banyak homestay yang dikelola oleh warga. Harga homestay rata-rata Jika kamu menginap di sini adalah Rp100.000 per malam sudah termasuk sarapan.

– Mayoritas beragama Kristen

Sebagian besar penduduk yang ada di desa wisata peniwen adalah beragama Kristen karena dahulu sempat ada misionaris yang tinggal di sini dan menyebarkan agama Kristen. Maka jika kamu berencana untuk datang mengunjungi Desa ini, akan terlihat sepi karena warganya pasti beribadah ke gereja.

Wisata Menarik Lainnya :  4 Tempat Menikmati Negeri di Atas Awan Bromo

– Fasilitas yang tersedia untuk wisatawan

  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Foto.

Saran kami kamu ingin berkunjung dan merasakan pengalaman bersama warga desa wisata peniwen, lebih baik datang ke sana langsung dan booking paketnya secara langsung ke warga. Atau kamu bisa reservasi paketnya melalui tour operator hanya saja harga yang ditawarkan akan sedikit lebih mahal.

Sebagai tambahan, terkadang tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi tempat-tempat seperti ini dibandingkan destinasi wisata yang besar yang dimiliki oleh korporasi. Di sini, dana yang kamu keluarkan baik untuk homestay ataupun aktivitas secara langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga dampaknya secara ekonomi akan langsung dirasakan oleh warga sekitar.

5/5 - (1 vote)
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.
Avatar for Setapak Langkah
Portal setapak langkah lahir untuk mengajak semua orang menikmati keindahan bumi pertiwi. Mulai dari Wisata alamnya yang manakjubkan, situs wisata sejarah yang penuh makna dan kuliner-kuliner nusantara yang nikmat rasanya.